Walk in Interview dan Cara Menghadapinya

Diposting pada 61 views

Bagi anda, para job seeker, mungkin acap kali menemukan istilah walk in interview saat akan melamar sebuah pekerjaan di suatu perusahaan. Walk in interview biasanya menjadi suatu hal yang sangat ditunggu bagi para job seeker. Karena pada kesempatan tersebut, kegiatan melamar pekerjaan dapat diselesaikan dengan waktu yang singkat.

Mungkin para job seeker masih ada yang awam atau bahkan baru mengetahui istilah walk in interview atau mungkin pula ada yang ingin mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan supaya sukses menaklukkan walk in interview.


Tenang saja, kitabisa.net siap memberikan informasi mengenai walk in interview di dalam artikel ini.

sumber : pixabay.com

PENGERTIAN WALK IN INTERVIEW

Dilansir dari situs The Balance Careers, walk in interview atau biasa disebut juga open interview adalah salah satu tipe dari wawancara kerja di mana perusahaan merekrut banyak pelamar dalam waktu yang singkat.

Tak seperti interview terjadwal, para job seeker tidak perlu membuat janji resmi dengan pihak perekrut pada sesi ini, karena pihak perusahaan yang akan menjadwalkannya jika mereka memberikan kesempatan bagi anda untuk melanjutkan ke tahap yang berikutnya. Jenis interview ini biasanya hanya berlangsung secara singkat dan hanya ada beberapa pertanyaan krusial yang akan diajukan oleh para perekrut. Walk in interview merupakan salah satu jenis interview kerja yang paling menantang untuk diikuti karena para job seeker akan ditempatkan di tempat yang sama, pada waktu yang bersamaan dan anda akan berada di antara sekelompok orang yang mungkin bersaing untuk pekerjaan yang sama dengan apa yang anda inginkan.

Secara teknis, tidak terdapat perbedaan yang cukup berpengaruh antara walk in interview dengan interview pekerja secara konvensional. Perusahaan akan tetap menerima surat lamaran pekerjaan, CV, portofolio, dan dokumen pendukung lain yang dibutuhkan, lalu dilanjutkan dengan meng-interview para job seeker. Interview dilakukan hanya untuk memastikan apakah anda cocok atau tidak untuk menempati posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Perbedaan interview konvensional dengan walk in interview ialah biasanya dalam walk in interview proses perekrutannya berlangsung secara singkat, karena para job seeker tidak perlu menanti respon dari lamaran yang telah mereka kirimkan sebelumnya yang bisa memakan waktu mulai dari berhari-hari atau bahkan hingga berbulan-bulan. Para job seeker bisa mendapatkan kepastian mengenai apakah lamaran mereka diterima atau tidak dalam waktu yang relatif lebih singkat.

TEKNIS WALK IN INTERVIEW

Setelah memahami informasi mengenai pengertian walk in interview, anda juga perlu mengetahui tata cara atau teknis pelaksanaan walk in interview.

Walk in interview biasanya dibuka untuk umum dengan sasaran utamanya ialah para job seeker. Interview ini kebanyakan berlokasi di hotel, hall, atau tempat-tempat besar yang lainnya. Umumnya, walk in interview diadakan pada satu blok waktu dan dilaksanakan berdasarkan dengan sistem siapa cepat dia dapat atau dengan kata lain bahwa peserta yang lebih dahulu melakukan wawancara memiliki kesempatan yang lebih besar apabila dibandingkan dengan peserta setelahnya. Model walk in interview ini sering diadakan oleh perusahaan yang ingin mengisi banyak posisi sekaligus dan atau membutuhkan tenaga untuk pekerjaan musiman.

Interview dapat dilakukan secara satu per satu di ruang wawancara atau di ruang rapat. Jika tidak, mungkin akan disediakan stan-stan yang tertata sehingga anda dapat dengan mudah memasukkan lamaran dan melakukan interview dengan perusahaan yang anda tuju. Ketika anda mengunjungi stan-stan tersebut, anda juga diperbolehkan untuk mengambil brosur sebagai sarana promosi dan informasi dari perusahaan. Di luar itu, terkadang ada juga perusahaan yang membuka sesi walk in interview ini di kantor mereka.

Singkatnya, acara walk in interview ini hampir sama seperti pasar tenaga kerja yang di dalamnya terdapat interaksi nyata antara perusahaan yang membutuhkan tenaga dengan para job seeker. Karena teknis perekrutannya melalui Interview secara langsung, maka anda wajib menyiapkan fisik serta mental supaya mampu untuk tampil dengan optimal dan sukses direkrut oleh perusahaan yang anda inginkan.

PERSIAPAN UNTUK MENAKLUKKAN WALK IN INTERVIEW

Anda tidak boleh datang ke acara walk in interview dengan tangan kosong, ibarat dalam sebuah peperangan, anda membutuhkan senjata supaya menang dan berhasil meraih apa yang anda inginkan. Maka dari itu, selain memahami informasi mengenai apa itu walk in interview, anda juga perlu menyiapkan hal-hal apa saja yang diperlukan supaya sukses menaklukkan interview tersebut. Berikut, sejumlah hal yang wajib anda persiapkan sebelum datang ke acara walk in interview :

Riset Mengenai Perusahaan

Anda sebaiknya jangan mendatangi walk in interview tanpa informasi apapun sebelumnya. Anda harus mencari informasi sebanyak mungkin mengenai perusahaan peserta yang mengikuti walk in interview tersebut. Anda perlu melakukan riset untuk memilih beberapa lowongan pekerjaan dengan posisi yang sesuai dengan kemampuan serta keinginan anda. Anda bisa membuka situs web perusahaan yang anda cari untuk memahami sifat pekerjaannya. Baca juga bagian ‘Tentang kami’ atau ‘Siapa kami’ untuk memahami latar belakang perusahaan tersebut. Selanjutnya, lihat halaman media sosialnya untuk mempelajari mengenai postingan apa saja yang baru saja dibuat. Anda juga dapat mengetikkan nama perusahaan di internet dan memeriksa apakah ada berita terbaru mengenai perusahaan tersebut. Selain itu, anda juga perlu untuk memastikan bahwa penyelenggara dari walk in interview tersebut benar-benar tepercaya dan terbebas dari penipuan.

Jika anda mendatangi walk in interview tanpa riset sebelumnya, maka bisa muncul kemungkinan bahwa anda akan kebingungan ketika memasuki area walk in interview. Energi dan waktu anda hanya akan terbuang sia-sia saat anda berkeliling-keliling sembari kebingungan memilih stan perusahaan mana yang akan anda datangi.

Dokumen Yang Harus Dipersiapkan

Seperti yang telah disampaikan dalam penjelasan sebelumnya, walk in interview pada dasarnya masih sama dengan interview pekerja secara konvensional. Maka dari itu, anda masih harus menyiapkan sejumlah dokumen yang diperlukan untuk melamar sebuah pekerjaan seperti surat lamaran, CV, cover letter, biodata diri, pas foto, portofolio, dan dokumen lainnya yang dirasa dapat menunjang persentase anda untuk diterima dalam perusahaan tersebut.

Anda harus memastikan bahwa semua dokumen tersebut lengkap dan berada di kondisi yang rapi dan tidak kotor. Dokumen anda akan segera diperiksa oleh pihak rekruter ketika mereka sedang melakukan interview dengan anda.

Mempersiapkan Diri

Sebaik apapun dokumen yang anda bawa, tidak akan berarti apabila anda tidak cukup memiliki rasa percaya diri. Siapkanlah mental anda dengan baik, sehingga anda dapat menjawab segala pertanyaan dengan baik dan tanpa grogi.

Naukri memberikan beberapa tips yang dapat anda ikuti untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam menghadapi interview yaitu :

  1. Sebelum melakukan interview cobalah untuk mempelajari mengenai pertanyaan dan jawaban interview HR yang paling umum untuk meningkatkan kepercayaan diri anda. Anda bisa mempelajari hal tersebut dari buku maupun internet. Anda harus meyakinkan diri bahwa anda punya cukup kualitas untuk diterima kerja di perusahaan yang telah anda pilih. Percayalah, Anda akan merasa jauh lebih santai selama sesi interview sedang berlangsung.
  2. Ada juga salah satu hal penting yang akan menjadi bahan pertimbangan dalam walk in interview yakni penampilan. Pilihlah pakaian formal dan pastikan bahwa ukurannya pas dan nyaman. Berpakaianlah sesuai dengan cuaca. Misalnya, saat cuaca sedang panas hindarilah mengenakan pakaian dengan warna yang sangat gelap, cobalah pilih warna pastel atau cerah. Jaga agar rambut anda tetap tersisir dengan baik dan rapi, kenakan alas kaki yang nyaman, dan yang paling penting, jangan lupa tersenyum.

KESIMPULAN

Walk in interview merupakan salah satu bentuk interview di mana perusahaan menempatkan para job seeker di tempat dan pada waktu yang sama untuk mengisi tenaga yang dibutuhkan oleh perusahaan. Pertanyaan yang diajukan kurang lebih sama dengan interview konvensional pada umumnya, namun pertanyaan yang ditanyakan relatif lebih sedikit, dan juga memakan waktu yang relatif lebih cepat. Kunci dari kesuksesan walk in interview berada di riset, persiapan, bekal mental, dan juga rasa percaya diri yang tinggi.

Demikian informasi lengkap mengenai walk in interview serta strategi untuk menjalankannya. Supaya tidak bingung, jangan lupa untuk bookmark tips dan trik yang sudah kitapunya.net berikan dan semoga sukses!

Baca juga :

  1. 10 Tips Interview dengan User Agar Diterima
  2. 7 Tips Hadapi Interview Kepanitiaan Agar Diterima
  3. Tips Interview Kerja Fresh Graduated
  4. 7 Tips Jawaban Interview Motivasi Kerja
  5. 6 Tips Hadapi Interview Bagi Calon Pramuniaga