8 Pertanyaan Interview Bahasa Inggris Dan Cara Menjawabnya

Diposting pada 100 views

8 Pertanyaan Interview Bahasa Inggris Dan Cara Menjawabnya – Wawancara dengan menggunakan bahasa Inggris kerap kali dianggap sebagai momok yang menyeramkan bagi para job seeker, terutama mengenai perihal apa-apa saja pertanyaan yang akan diajukan. Tidak sedikit job seeker yang mengkhawatirkan apabila salah memahami pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan. Namun, banyak juga yang merasa kebingungan perihal jawaban apa yang akan diberikan.

Tapi tenang saja. Di artikel kali ini, kitabisa.net akan membeberkan beberapa pertanyaan menggunakan bahasa Inggris yang akan diajukan dalam wawancara kerja serta bagaimana cara menjawabnya.

PERTANYAAN INTERVIEW BAHASA INGGRIS

1. Tell me about yourself!

Arti: Ceritakan tentang dirimu.

Pertanyaan ini adalah pertanyaan utama yang paling umum dan biasa ditanyakan oleh pewawancara. Dengan diajukannya pertanyaan ini, pewawancara memiliki tujuan untuk mengetahui mengenai kehidupan serta latar belakang dari pelamar secara singkat. Usahakan untuk tidak berbohong supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya. Jawablah dengan singkat dan ringkas namun telah mencakup sebagian besar detail yang anda perlukan untuk menawarkan diri anda kepada perusahaan.

Contoh jawaban

My name is Karina and I am twenty three years old. I graduated from Above The Sky University, majoring in accounting.  I live in Bandung and I am the youngest of two siblings. I have experience working in one of the leading multinational companies in Singapore. Currently, I am working on a project related to my background.

Arti : Nama saya Karina dan saya berusia dua puluh tiga tahun. Saya lulusan dari Universitas Above The Sky, jurusan akuntasi. Saya tinggal di Bandung dan saya anak termuda dari dua bersaudara. Saya mempunyai pengalaman bekerja di salah satu perusahaan multinasional yang terkemuka di Singapura. Saat ini, saya sedang mengerjakan proyek yang terkait dengan latar belakang saya.

2. What are your strengths?

Arti : apakah kelebihan kamu?

Apa yang terbesit dalam benak anda, jika anda mendapat pertanyaan seperti ini? Apakah anda hanya akan menjawab mengenai sifat-sifat baik anda? Itu salah. Cobalah untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan semua kelebihan yang anda miliki akan tetapi kelebihan tersebut harus yang masih memiliki hubungan dengan posisi pekerjaan yang anda incar. Misalnya apabila anda adalah orang yang berinisiatif untuk bekerja bahkan sebelum diperintahkan, jangan hanya disebutkan saja. Namun, anda juga perlu memberikan contoh, misalnya

When I’m doing a project, I always have the initiative. I don’t have to wait for instructions, I’ll do it right away. In a project I’ve worked on before, I was able to adjust myself so that there are no blank lags in the project. As a result, the project can ran well and be completed in a faster time. I believe that to achieve any goal in life, initiative like mine is very important.

Arti : Saat saya sedang melakukan suatu projek, saya selalu memiliki inisiatif. Saya tidak perlu menunggu instruksi, saya akan langsung melakukannya. Dalam proyek yang saya kerjakan  sebelumnya, saya dapat menyesuaikan diri sehingga tidak terdapat jeda kosong dalam proyek tersebut. Hasilnya, proyek dapat berjalan dengan baik dan selesai dengan waktu yang lebih cepat. Saya percaya bahwa untuk mencapai tujuan apa pun dalam hidup, sifat berinisiatif seperti yang saya miliki ini sangatlah penting.

3. What Are Your Weakness?

Arti : Apa saja kah kelemahanmu?

Setelah kelebihan yang anda miliki, rekruter juga ingin mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi kelemahan atau kekurangan anda. Ingatlah untuk menerima kekurangan yang anda miliki dan sampaikan denga baik. Tipsnya yaitu cobalah untuk mengubah kelemahan tersebut terlihat sebagai kualitas yang positif. Caranya yaitu dengan menunjukkan bagaimana cara anda untuk menanggulangi atau mengatasi kekurangan yang anda miliki agar terlihat seperti seseorang yang tidak terpaku pada kelemahan. Sehingga, apabila anda diterima kelak, anda bisa bekerja dengan professional. Anda bisa menjawabnya dengan berdasarkan contoh di bawah ini.

Sometimes, I am a little bit slower when I completing my tasks. It is because I really want to get things completely right. I will double or sometimes triple-check files and documents just to make sure that everything has been done exactly like what I wanted.

Arti : Terkadang, saya sedikit lebih lambat ketika saya menyelesaikan tugas-tugas saya. Hal tersebut dikarenakan saya sangat ingin  menyelesaikan semuanya dengan benar.  Saya akan memeriksa dua atau terkadang tiga kali file dan dokumen hanya untuk memastikan bahwa semuanya telah dikerjakan persis seperti apa yang saya inginkan.

4. Why Did You Leave Your Last Job?

Arti : Mengapa anda meninggalkan pekerjaan terakhir anda?

Dalam sebuah wawancara kerja, dengan menggunakan bahasa apapun baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, pertanyaan ini pasti diajukan. Tujuan dari adanya pertanyaan ini adalah, pewawancara ingin menilai sert mengetahui sikap profesional anda. Bagaimana korelasinya? Banyak sekali ditemukan orang yang menjawab pertanyaan ini dengan membicarakan mengenai hal-hal buruk atau kekurangan-kekurangan yang terjadi di tempat kerjanya terdahulu. Nah, jangan sampai anda melakukan hal tersebut karena biasanya pewawancara akan langsung mencoret nama anda jika hal tersebut terjadi.

Walaupun mungkin anda mengalami hal-hal yang buruk di perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya, sebaiknya simpan saja dan dijadikan sebagai pelajaran dan jangan diungkapkan saat wawancara kerja di tempat lain. Maka dari itu sebagai pengganti, anda bisa menjawab dengan beberapa opsi berikut ini :

  • I’m looking for a new challenges.

Arti : saya mencari sebuah tantangan baru

  • I’m looking for a job that suits my skills and qualifications.

Arti : saya mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan kualifikasi yang saya miliki

  • I’m looking for a job where I can grow with the company.

Arti : saya mencari pekerjaan di mana saya dapat berkembang bersama dengan perusahaan.

5. Where Do You See Yourself Five Years From Now?

Arti : Dimanakah Anda Melihat Diri Anda Sendiri Lima Tahun Dari Sekarang?

Dimanakah anda melihat diri anda pada lima tahun mendatang? Apakah menikah dan memiliki anak? Atau memiliki rumah impian? Cobalah untuk menghindari menjawab dengan jawaban yang personal seperti ini. Ingatlah bahwa anda sedang dalam sesi wawancara kerja dan jawaban yang akan anda berikan seharusnya relevan dengan karir yang ingin anda kejar, bukan dengan kehidupan pribadi anda. Namun, anda juga perlu menjawab pertanyaan ini dengan berhati-hati. Jangan sampai anda terlihat terlalu dibuat-buat atau bahkan terlalu ambisius dan akan membuat anda terlihat kurang baik di mata pewawancara.

Tampilkan Pos

Lantas, bagaimanakah cara yang tepat untuk menjawab pertanyaan ini? Anda bisa mulai menjawab dengan kalimat pembuka seperti  “I would like to . . .” (saya ingin) atau bisa juga dengan menggunakan awalan “by then, I would have to . . .” (saat itu, saya akan . . .) lalu anda bisa melanjutkan dengan :

  • Improved my skills.

Arti : mengembangkan kemampuan saya

  • Created a name for myself in the industry

Arti : mencetak nama untuk diri saya sendiri di industri (ini).

  • Enhanced my knowledge.

Arti : mengembangkan pengetahuan saya.

  • Achieved a higher position.

Arti : meraih posisi yang lebih tinggi.

6. What are your expectations from this job?

Arti : Apa yang anda harapkan dari pekerjaan ini?

Melalui pertanyaan tersebut, rekruter ingin mengetahui perihal ekspektasi anda mengenai pekerjaan atau posisi yang anda lamar dan cocok afau tidaknya pekerjaan ini untuk anda.  Untuk menjawab pertanyaan ini, anda harus jujur namun tetap memberikan jawaban yang bersifat positif dan juga masuk akal. Jika anda berekspektasi tinggi kepada perusahaan tempat anda pernah bekerja sebelumnya dan tidak berhasil anda dapatkan, sebaiknya jangan sampaikan hal tersebut dalam sesi wawancara kali ini. Anda bisa menjawab pertanyaan ini berdasarkan contoh berikut :

I’m looking for the opportunity to expand my learning, I want to use all of my skills and experience, I want to work in a team that is inclusive and an environment that helps me growth beyond the job descriptions, and I want to be better than I was before.

Arti : Saya mencari kesempatan untuk memperluas pembelajaran saya, saya ingin menggunakan semua keterampilan dan pengalaman saya, saya ingin bekerja dalam tim yang inklusif dan lingkungan yang membantu saya tumbuh melampaui deskripsi pekerjaan, dan saya ingin menjadi  lebih baik dari saya yang sebelumnya.

7. Why should we hire you?

Arti: Mengapa kami harus merekrut anda?

Untuk menjawabnya, anda perlu membawa kelebihan anda serta menawarkan apa-apa saja hal baik yang bisa anda lakukan untuk perusahaan. Misalnya seperti :

I’m trying to be a punctual person. I always arrive early and finish all of my work on time. My previous projects had a multiple deadlines and I made sure that I managed all my work.

Arti : Saya mencoba menjadi orang yang tepat waktu. Saya selalu datang lebih awal dan menyelesaikan semua pekerjaan saya dengan tepat waktu. Pekerjaan saya sebelumnya mempunyai banyak deadline, dan saya memastikan bahwa semua pekerjaan terorganisasi dengan baik.

8. Do You Have Any Questions?

Arti : Apakah ada yang ingin ditanyakan?

Umumnya, pada proses akhir wawancara, rekruter akan mengajukan pertanyaan ini. Cobalah untuk tidak menjawab “tidak ada” karena rekruter akan menganggap anda kurang berantusias terhadap pekerjaan yang sedang anda lamar. Anda bisa menanyakan sesuatu yang berhubungan dengan perusahaan dan atau posisi yang anda tuju. Anda bisa menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang mendasar namun tetap formal, seperti contoh di bawah ini :

  • What is the next step?

Arti : apa langkah selanjutnya? (setelah sesi wawancara ini selesai)

  • Do you have any examples of projects that I would be working on if I were to be offered the job?

Arti : Apakah anda memiliki contoh-contoh proyek yang mungkin akan saya kerjakan kelak jika seandainya nanti saya berhasil mendapatkan pekerjaan (ini)?

  • Does the company offer in-house training to staff?

Arti : Apakah perusahaan ini menawarkan bagian khusus untuk pelatihan bagi staf baru?

Sekian, catatan mengenai wawancara pekerjaan dalam bahasa Inggris serta cara menjawabnya dari kitabisa.net, jika anda merasa artikel ini berguna, silakan dibookmark. Semoga membantu dan bermanfaat! Terima kasih telah membaca, sukses selalu!

Baca juga :

  1. 10 Tips Interview dengan User Agar Diterima
  2. 7 Tips Hadapi Interview Kepanitiaan Agar Diterima
  3. Tips Interview Kerja Fresh Graduated
  4. Tips Interview Kerja Online
  5. 6 Tips Hadapi Interview Bagi Calon Pramuniaga