tugas gaji kerja di pln

Gaji Kerja di PLN Berbagai Posisi

Diposting pada 48 views

Gaji Kerja di PLN – Siapa yang tidak tahu PLN, yang merupakan salah satu BUMN (Badan Usaha Milik Negara) terbesar di Indonesia. PLN adalah persero yang mengurusi listrik negara dan menyediakan tenaga listrik bagi kepentingan umum terutama masyarakat di seluruh penjuru Indonesia. 

Banyak orang yang memiliki minat untuk bekerja di PLN, sebab perusahaan ini termasuk dalam BUMN yang tentu saja gaji, tunjangan, dan segala keuntungan dapat diperoleh dengan menjadi pegawainya. Namun, meskipun begitu, PLN selaku perusahaan besar sangat teliti dalam seleksi calon pegawainya. 


Meskipun begitu, peminat untuk masuk dalam rekrutmen PLN ini sangat besar, bahkan tak jarang terdapat hoaks yang berkaitan dengan rekrutmen tersebut. Lalu, berapa sih gaji kerja di PLN itu? Apakah ada tips supaya lolos dalam proses seleksi pegawai baru di PLN? Bagaimana contoh dari hoaks rekrutmen umum PLN supaya kamu lebih hati-hati dalam memilah informasi? Yuk simak ulasan berikut ini!

Gaji Kerja di PLN

gaji kerja di pln

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa PLN adalah perusahaan yang masuk dalam BUMN sehingga tentu saja gaji para pegawainya sangat besar, dan hal itu juga menjadi incaran oleh banyak para pencari kerja. Nah, berikut adalah ulasan gaji beserta jabatannya. 

No.JabatanGaji per Bulan (Rupiah)
1.Engineering IT11-13 juta
2.IT Auditor12-15 juta
3.Deputy Manager12-17,5 juta
4.Area Manager13-15 juta
5.Assistant Manager6-12 juta
6.Commissioner Staff7-9 juta
7.Account Executive7-9 juta
8.Asisten Analisis Akuntansi7-9 juta
9.Accounting Supervisor7-9 juta
10.IT Supervisor7-9 juta
11.Financial Analyst7-9 juta
12.Manager8,5-25 juta
13. Supervisor Keuangan9-11 juta
14.Legal Officer9-11 juta
15.System Information Analyst9-11 juta
16.Customer Service Supervisor9-11 juta
17.Analyst Akuntansi9-11 juta

Apabila ditinjau dari grade yang dimiliki oleh pegawai PLN, maka berikut adalah ulasan gaji rata-ratanya:

No.GradeGaji per Bulan 
1.Grade 1Rp1.800.000 
2.Grade 2Rp2.250.000
3.Grade 3Rp2.300.000
4.Grade 4Rp3.100.000
5.Grade 5Rp3.400.000
6.Grade 6Rp3.750.000
7.Grade 7Rp4.100.000
8.Grade 8Rp6.000.000
9.Grade 9Rp7.150.000
10.Grade 10Rp8.600.000
11.Grade 11Rp10.300.000
12.Grade 12Rp12.500.000
13.Grade 13Rp18.000.000
14.Grade 14Rp23.350.000
15.Grade 15Rp30.250.000
16.Grade 16Rp39.000.000

Tunjangan Pegawai PLN

Tidak hanya gajinya saja yang memiliki nominal besar, tetapi juga banyaknya tunjangan yang tentu saja memberikan manfaat bagi pegawai, menjadikan rekrutmen di PLN selalu ramai diminati. Tunjangan-tunjangan tersebut diantaranya:

  • Cuti tahunan

Jatah cuti tahunan untuk para pegawai PLN sering diberikan oleh perusahaan bahkan jumlah cutinya lebih besar dibandingkan dengan pegawai pada sektor swasta.

  • Bonus Pay for Performance (P3)

Bonus yang diberikan oleh perusahaan kepada para pegawai, biasanya menggunakan istilah semesteran. Misalnya bonus setiap windu dan bonus tahunan.

  • Mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan
  • Dana Pensiun

Tunjangan dana pensiun ini berikan dalam bentuk Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) yang sekaligus menjadi jaminan pensiunan bagi pegawai PLN untuk dinikmati di hari tua nanti.

  • Fasilitas Kesehatan

Tunjangan berupa fasilitas dan akses kesehatan ini terbilang sangat lengkap. Bahkan tidak hanya pegawai saja yang dapat menikmati fasilitas kesehatan tersebut, tetapi juga dengan keluarga pegawainya. 

  • COP (Car Ownership Program)

Tunjangan berupa mobil ini ditujukan kepada pegawai PLN yang sudah memenuhi kriteria dan persyaratan tertentu, biasanya adalah mereka yang sudah mencapai jabatan tinggi.

  • Kesempatan Menempuh Pendidikan

Tunjangan selanjutnya adalah para pegawai PLN akan mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan edukasi dan pendidikannya, baik itu pendidikan formal atau non formal. 

Apa Saja Tes yang Terdapat Pada Seleksi Pegawai PLN?

Dalam pelaksanaan seleksi pegawai PLN, sebenarnya tes yang digunakan hampir sama dengan seleksi pegawai di perusahaan besar lainnya. Sebut saja ada tes administrasi, tes soal, tes psikologi, tes fisik, wawancara, dan tes medical check-up. Nah berikut adalah uraiannya.

1. Tes Administrasi

Dalam tes ini, peserta seleksi harus memiliki nilai raport yang tinggi dengan NEM di atas nilai 7. Tes administrasi ini biasanya mudah dilewati sehingga banyak yang lolos untuk menuju ke tes selanjutnya. 

2. Tes Soal

Dalam tes ini, peserta seleksi akan menghadapi soal ujian yang berisikan pertanyaan mengenai listrik, matematika, dan fisika. Maka dari itu, sebelum tes soal dimulai, sebaiknya kamu belajar mengenai ilmu listrik, terutama ilmu Hukum Ohm, Rangkaian Seri Paralel, dan lain-lain. 

3. Tes Psikologi

Tes selanjutnya adalah tes psikologi untuk melihat kemampuan dan keadaan psikologis peserta seleksi. Sebaiknya, kamu banyak membaca buku mengenai “Tips Lolos Tes Psikotes” supaya dapat memberikan gambaran mengenai bagaimana bentuk dari tes psikologi ini. 

4. Tes Fisik

Tes fisik ini meliputi tes tinggi badan, berat badan, keadaan mata, keadaan telinga, dan keadaan fisikmu. Maka dari itu, usahakan untuk tidak merusak tubuh dengan merokok dan minum minuman keras. 

Selain itu, pada tes mata, peserta yang memiliki mata minus akan sulit lolos. Selanjutnya adalah tes kebugaran dan keseimbangan, yakni dengan berjalan di sebuah bambu dengan air di bawahnya. 

5. Tes Wawancara

Ketika masuk dalam tes wawancara, nantinya kamu akan bertemu dengan 2-3 orang yang merupakan pihak PLN dan seorang psikolog. Tes wawancara ini biasanya akan sangat memperhatikan cara berpakaian, sikap seseorang, dan cara berbicara. 

Usahakan untuk tetap tenang dan tidak gugup ketika menjawab pertanyaan yang diajukan. Selain itu, harus jujur karena apabila ketahuan berbohong, maka akan menjadi nilai minus. 

6. Tes Medical Check-Up

 Tes terakhir adalah medical check-up, untuk mengetahui apakah kamu memiliki penyakit dalam atau tidak. Dalam tes ini, nantinya organ dalam dites menggunakan ronsen. Kemudian akan dilakukan tes urine dan tes darah. 

Sebaiknya, sebelum tes medical check-up ini berlangsung, minumlah banyak air putih. 

Contoh Hoaks Informasi Perekrutan Umum PLN

https://www.kominfo.go.id/

Berdasarkan gambar tersebut, terdapat surat rekrutmen yang mengatasnamakan  PT PLN (Persero). Di dalam surat tersebut dijelaskan pendaftaran dibuka mulai tanggal 4 sampai 10 Oktober 2021 dengan posisi yang dibuka adalah operator/teknisi, teknik mesin, teknik sipil, teknik listrik, administrasi, call center, customer service, manajemen dan sekretaris. 

Faktanya, pada website resmi PT PLN (Persero) menegaskan informasi lowongan kerja untuk tingkat SMA/SMK, D-III, D-IV, dan S1 dengan periode pendaftaran 4 Oktober sampai 10 Oktober 2021 adalah informasi yang tidak benar alias hoaks. 

Saat ini,  PT PLN (Persero) tidak melakukan proses rekrutmen calon pegawai apapun.  PT PLN (Persero) menjelaskan bahwa setiap lowongan pekerjaan yang  benar selalu diinformasikan melalui website resmi perusahaan yakni rekrutmen.pln.co.id

Selain itu, seluruh proses rekrutmen dan seleksi di PT PLN (Persero) tidak  dipungut biaya apapun. PT PLN (Persero) mengimbau untuk tetap waspada terhadap upaya penipuan yang beredar baik melalui email maupun media sosial lainnya dengan berkedok rekrutmen calon pegawai.

Baca Juga: