gaji kerja di dealer

Gaji Kerja di Dealer Motor Berbagai Posisi dan Jenjang Karirnya

Diposting pada 9,211 views

Gaji Kerja di Dealer – Kamu pasti tidak asing dengan keberadaan dealer yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Umumnya, dealer adalah sebuah tempat yang menyediakan pelayanan kepada masyarakat, berkaitan dengan fasilitas barang, berupa motor atau mobil. Tidak hanya itu saja, dealer juga memberikan pelayanan untuk kendaraan pribadimu, misalnya jasa service, jasa pencucian, jasa modifikasi, hingga jasa pelayanan berupa test-drive bagi calon pembeli.

Di Indonesia, kebanyakan dealer motor adalah merk Suzuki, Yamaha, dan Honda. Sementara itu, untuk dealer mobil, kebanyakan adalah merk Toyota, Daihatsu, Honda, dan lain sebagainya. 

Ketika hendak membeli sepeda motor, biasanya orang-orang akan menggunakan jasa FIF sebagai pembiayaan sepeda motor tersebut. FIF ini biasanya fokus ke pelayanan pembiayaan sepeda motor merk Honda. Sehingga secara tidak langsung, jasa FIF nanti akan berkaitan dengan dealer motor setempat. 

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai gaji kerja di dealer motor. Yuk simak ulasan berikut ini!

Gaji Kerja di Dealer Motor 

Berikut adalah beberapa posisi pekerjaan yang biasa tersedia di dealer motor beserta kisaran gaji yang mungkin diterima oleh karyawan:

Posisi PekerjaanKisaran Gaji Bulanan (Rp)
Sales ExecutiveRp 4.000.000 – Rp 8.000.000
Sales SupervisorRp 6.000.000 – Rp 10.000.000
Marketing ExecutiveRp 4.500.000 – Rp 8.500.000
Customer ServiceRp 3.500.000 – Rp 6.500.000
Finance StaffRp 4.000.000 – Rp 8.000.000
Parts StaffRp 3.500.000 – Rp 6.500.000
Mekanik HondaRp 3.500.000 – Rp 7.000.000
Service AdvisorRp 4.500.000 – Rp 7.500.000
Branch ManagerRp 10.000.000 – Rp 20.000.000
General ManagerRp 15.000.000 – Rp 30.000.000
Admin Dealer MotorRp 1.500.000 – Rp 3.000.000
Counter Sales Dealer MotorRp 2.000.000 – Rp 5.000.000
Pembiayaan Dealer MotorRp 2.300.000 – Rp3.500.000

Perlu diketahui bahwa penjualan 1 unit sepeda motor maka sales akan mendapatkan bonus sebesar Rp100.000 hingga Rp300.000. Jadi, semakin banyak penjualan sepeda motor maka sales juga akan mendapatkan banyak bonus. 

Gaji Profesi Marketing Dealer Motor Berdasarkan Tahun Pengalaman Kerja

Nah, dalam dealer tersebut pasti terdapat jabatan Marketing atau Pemasaran. Sebagai staff marketing, pasti gaji yang diperoleh juga akan lebih tinggi berdasarkan pengalaman kerja dan tingkat pendidikannya. Berikut adalah uraiannya.

Jabatan atau PosisiTahun Pengalaman Kerja
Tanpa Pengalaman Kurang Dari 5 Tahun 5-10 tahun Lebih Dari 10 Tahun 
Pegawai (Staff) PemasaranRp3.167.315Rp3.230.498 – Rp3.252.215Rp3.258.075 – Rp5.287.981> Rp5.533.588
Manajer PemasaranRp5.692.425Rp5.734.132 – Rp6.071.687> Rp6.202.401

Gaji Profesi Marketing Berdasarkan Tingkat Latar Belakang Pendidikan

Jabatan atau PosisiTingkat Latar Belakang Pendidikan
Diploma 3 (D3)Program Sarjana (S-1)Program Sarjana KejuruanProgram Magister (S-2)
Pegawai (Staff) PemasaranRp2.850.458Rp3.230.498 Rp4.693.772 atau lebih

Tunjangan Kerja di Dealer Motor

Terutama di dealer motor merk Honda, terdapat berbagai tunjangan yang diperuntukkan kepada pegawainya. Beda dealer, mungkin juga akan beda tunjangannya ya… Kali ini kita akan membahas mengenai tunjangan kerja yang ada di dealer motor Honda. 

  • Tunjangan kehadiran
  • Untuk posisi sales, biasanya akan ada bonus dari penjualan produk
  • Untuk posisi mekanik, akan ada gaji insentif perbaikan motor
  • BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan
  • THR Tahunan

Jenjang Karing Kerja di Dealer Motor

Bekerja di dealer motor dapat memberikan peluang karir yang menarik bagi individu yang berminat dalam industri otomotif. Berikut adalah beberapa jenjang karir yang dapat ditempuh di dealer motor:

  1. Sales Executive
    Sales Executive bertanggung jawab untuk menjual produk dan layanan dealer motor kepada pelanggan. Tugas-tugas utama mereka meliputi menjelaskan spesifikasi produk, memberikan informasi tentang harga, menangani proses penjualan, dan membangun hubungan baik dengan pelanggan. Seorang Sales Executive dapat kemudian naik ke posisi Senior Sales Executive atau Sales Manager.
  2. Service Advisor
    Service Advisor adalah peran kunci di dealer motor yang bertanggung jawab untuk memberikan rekomendasi perawatan dan perbaikan untuk kendaraan pelanggan. Mereka juga menangani proses pemesanan suku cadang dan menyediakan estimasi biaya perbaikan. Seorang Service Advisor dapat kemudian naik ke posisi Service Manager.
  3. Teknisi
    Teknisi bertanggung jawab untuk melakukan perawatan dan perbaikan kendaraan di dealer motor. Tugas mereka meliputi mendiagnosis masalah, melakukan perbaikan, dan melakukan pemeriksaan rutin pada kendaraan. Seorang Teknisi dapat kemudian naik ke posisi Senior Teknisi atau Technical Service Advisor.
  4. Finance & Insurance Manager
    Finance & Insurance Manager bertanggung jawab untuk menawarkan produk keuangan dan asuransi kepada pelanggan dealer motor. Mereka juga bertanggung jawab untuk memproses aplikasi kredit, menangani proses pengajuan klaim asuransi, dan menjaga hubungan baik dengan perusahaan keuangan dan asuransi. Seorang Finance & Insurance Manager dapat kemudian naik ke posisi Finance Director atau General Manager.
  5. Parts Manager
    Parts Manager bertanggung jawab untuk memastikan stok suku cadang yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan. Mereka juga menangani proses pemesanan suku cadang dan menyediakan estimasi biaya perbaikan. Seorang Parts Manager dapat kemudian naik ke posisi After Sales Manager atau General Manager.

Cara Kerja di Dealer Motor

Kualifikasi dan Persyaratan Mendaftar Kerja di Dealer Motor

Sebenarnya, syarat untuk bekerja di dealer motor ini kurang lebih sama dengan persyaratan pekerjaan di tempat lainnya. Nah, berikut adalah kualifikasi dan persyaratan bekerja di dealer motor. 

  • Pria atau wanita usia maksimal 30 tahun
  • Pendidikan minimal SMA/SMK sederajat
  • Berpenampilan menarik, bersih, dan rapi
  • Suka bekerja dengan sistem target
  • Jujur, pekerja keras, dan menyukai tantangan pekerjaan

Syarat Dokumen Mendaftar Kerja di Dealer Motor

Apabila kamu tertarik untuk bekerja di dealer motor, kamu juga harus mempersiapkan surat lamaran kerja beserta dokumen penunjang, yakni:

  • CV (Curriculum Vitae) terbaru
  • Ijazah dan fotocopy Transkrip Nilai pendidikan terakhir
  • Surat Keterangan Sehat (dapat diperoleh dari Rumah Sakit atau dokter)
  • Fotocopy KTP
  • SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

Mengenal Apa Itu Dealer Motor?

Secara umum, dealer adalah tempat pelayanan umum berupa fasilitas penjualan mobil dan motor, jasa service, jasa pencucian motor atau mobil, jasa modifikasi, hingga jasa test-drive untuk calon pembeli. 

Dealer berasal dari kata “deal” yang berarti kesepakatan. Maka dari itu, di dealer inilah biasa terjadi sebuah kesepakatan antara sales dealer dengan calon pembeli mengenai harga dan barang. 

Dealer dapat berperan sebagai pihak utama dalam kegiatan jual beli suatu produk. Tidak hanya itu saja, dealer juga dapat disebut sebagai jembatan bisnis untuk melakukan kesepakatan antara pembeli dan penjual. Oleh sebab itu, setiap perusahaan, terutama yang beroperasi di bidang pengadaan kendaraan, akan menyediakan dealer sebagai tempat jual beli produknya. 

Menurut ahli, dealer dapat berfungsi sebagai dua hal, yaitu:

  • Membantu dalam mendistribusikan atau memasarkan produk-produk atau sebagai supplier.
  • Sebagai salah satu tempat untuk melakukan sebuah kesepakatan dari bisnis.

FAQ tentang Kerja di Dealer Motor

Apa saja persyaratan untuk bekerja di dealer motor?

Untuk bekerja di dealer motor, persyaratan umum yang dibutuhkan adalah lulusan SMA atau setara, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, memiliki pengetahuan tentang produk motor, dan mampu bekerja dalam tim.

Bagaimana cara melamar kerja di dealer motor?

Cara melamar kerja di dealer motor bisa dilakukan dengan mengirimkan surat lamaran dan CV ke alamat dealer motor yang bersangkutan. Selain itu, Anda juga bisa mencari informasi lowongan pekerjaan di dealer motor melalui situs job posting atau situs karir.

Apa saja pekerjaan yang ada di dealer motor selain sebagai sales?

Selain sebagai sales, pekerjaan yang ada di dealer motor antara lain sebagai mekanik, teknisi, administrasi, bagian keuangan, bagian pemasaran, dan bagian layanan pelanggan.

Bagaimana prospek karir di dealer motor?

Prospek karir di dealer motor cukup baik, terutama bagi mereka yang memiliki kemampuan dan dedikasi yang tinggi. Anda bisa naik jabatan dari posisi sales menjadi manajer atau supervisor di bidang yang sama atau di bidang yang berbeda.

Apa saja peluang pengembangan diri di dealer motor?

Peluang pengembangan diri di dealer motor antara lain pelatihan dan sertifikasi untuk menjadi mekanik atau teknisi, pelatihan manajemen untuk naik jabatan menjadi supervisor atau manajer, serta peluang untuk bekerja di cabang dealer motor yang lebih besar dan memiliki pasar yang lebih luas.

Berapa gaji rata-rata untuk posisi sales di dealer motor?

Gaji rata-rata untuk posisi sales di dealer motor bervariasi tergantung pada lokasi, besarnya omzet penjualan yang dihasilkan, dan jenis motor yang dijual. Namun, secara umum gaji untuk posisi sales di dealer motor biasanya berkisar antara 3-5 juta per bulan ditambah bonus penjualan.

Nah, itulah ulasan mengenai gaji kerja di dealer motor dan cara kerjanya. Apabila kamu tertarik untuk bekerja di dealer motor, coba cari informasi mengenai lowongan pekerjaan tersebut di dealer motor sekitarmu ya…

Baca juga: