Gaji Kerja di Bandara: Berbagai Posisi dan Jurusan

Diposting pada 372 views

Gaji Kerja di Bandara – Pernahkah kamu berpikir berapa gaji yang diterima oleh para pegawai di bandara? Tentu saja gaji mereka berada di atas rata-rata, bahkan ada juga totalnya menyentuh angka dua digit! Sangat menggiurkan bukan?

Namun, tidak semua pegawai yang bekerja di bandara mendapatkan gaji dua digit tersebut. Hal tersebut bergantung pada jabatan dan lamanya mereka bekerja. Nah, berikut adalah ulasan mengenai gaji kerja di bandara.


Berapa Gaji Bekerja di Bandara?

Perlu diketahui bahwa kisaran gaji pegawai di bandara ini bergantung pada sistem bandara itu sendiri. Maka dari itu, setiap perusahaan yang mengatur bandara pasti mempunyai kisaran gaji kepada para pegawainya yang tentu saja berbeda antar perusahaan. Ambil contoh adalah PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa II yang merupakan perusahaan besar sekaligus perusahaan yang mengatur bandara di Indonesia. 

Terutama pada PT Angkasa II yang mengatur 15 lapangan terbang atau bandara di seluruh penjuru Indonesia, mulai dari wilayah Surabaya, Banjarmasin, Kupang, Surakarta, Balikpapan, Ambon, Yogyakarta, hingga Jayapura. 

Nah, berikut adalah uraian gaji pegawai beserta jabatannya. 

No.Jabatan atau PosisiGaji Per Bulan (Rp)
1.AD Sales Manager8,0 juta
2.Administration Staff4,0 juta
3.Apron Movement Control4,0 juta
4. Aviation Security6,5 juta
5.Avsec6,0 juta
6.Buyer Administration Staff4,0 juta
7.Cleaning Service Staff3,0 juta
8.Customer Service5,6 juta
9.Department Head15,0 juta
10.Employee Specialist5,0 juta
11.General Manager36,2 juta
12.HR and GA5,0 juta
13.Information Technology App Development8,0 juta
14.Intern Magang2,6 juta
15.Junior Engineer4,0 juta
16.Junior Manager10,0 juta
17. Junior Officer8,1 juta
18.Junior Staff/ Account Staff4,6 juta
19.Magang2,5 juta
20.Management Trainee5,0 juta
21.Manager32,0 juta
22. Network Security Administrator5,0 juta
23.Operational Administration4,0 juta
24.Operational Manager11,0 juta
25.Operational Staff4,0 juta
26.Operator8,0 juta
27.Outsource2,0 juta
28.Pelaksana6,0 juta
29.Pelaksana Utama6,0 juta
30. Perjanjian Kerja Waktu Tertentu4,0 juta
31.Project Management Office Staff6,0 juta
32.Public Relations Executive4,0 juta
33.Secretary7,0 juta
34.Senior Officer12,0 juta
35.Staff4,0 juta
36.Staff Kantor Pelayanan Pajak Pratama4,0 juta
37.Staf Teknik Umum6,0 juta
38.Supervisor8,0 juta
39.Technical Specialist10,0 juta
40.Teknisi Listrik8,6 juta
41.Vice President55,0 juta
42.Flight Operation Officer (FOO)20,0 juta
43.Staf Administrasi9,0 juta
44.Marketing Penerbangan10,0 juta
45.Staff Penerbangan19,0 juta

Tunjangan Pegawai di Bandara

Meskipun gaji yang diterima oleh para pegawai di bandara terbilang sangat besar, tetapi ternyata mereka masih dapat tunjangan di luar gaji, terutama pada hari dan momen tertentu.

Tunjangan tersebut berupa tunjangan transportasi, uang makan, tunjangan lisensi dan rating, tunjangan kesejahteraan keluarga, tunjangan cuti, insentif produksi, tunjangan hari tua, hingga sumbangan untuk perkawinan, kelahiran, dan kematian. 

Layanan Apa Saja yang Tersedia di Bandara?

Secara umum, di sebuah bandara mempunyai dua jenis pelayanan, yakni Ground Handling Technical dan Ground Handling Pax. Nah, berikut adalah penjelasannya. 

1. Ground Handling Technical

Layanan jenis ini adalah diperuntukkan kepada sifat teknis kebutuhan pesawat yang ada di bandara tersebut. Pelayanan ini berupa pengisian bahan bakar; pembersihan pesawat mulai dari kursi pesawat, pantry, hingga toilet; pax transportation, air operation, dan pemberian aba-aba kepada pesawat ketika hendak mendarat. 

2. Ground Handling Pax

Pelayanan yang kedua ini diberikan kepada penumpang, baik ketika hendak terbang maupun setelah mendarat. Pelayanan ini dilakukan oleh Departure Section, berupa check-in, document clearance, baggage handling, load and balance, dan boarding

Pilihan Jurusan Kuliah Untuk Dapat Bekerja di Bandara

Bekerja di bandara merupakan impian banyak orang dan belum tentu semua orang dapat meraih impian tersebut. Namun, kamu jangan patah semangat, sebab ternyata ada banyak pilihan jurusan kuliah yang dapat menjadikanmu pegawai di bandara. 

Lagipula, bekerja di bandara itu tidak harus berkaitan dengan teknis penerbangan itu sendiri. Ada banyak profesi yang terdapat di bandara dan operasional bandara. Perlu diketahui juga bahwa ternyata, sarjana dari berbagai program studi bisa lho berkarir di dunia penerbangan!

Bahkan untuk posisi tertentu, lulusan SMA/SMK juga dapat mendaftar. Nah, berikut adalah beberapa pilihan jurusan kuliah yang sekiranya dapat membantumu untuk berkarir di bandara. 

1. Jurusan Pendidikan Pilot

Apabila kamu dari dulu ingin menjadi seorang pilot, maka kamu dapat melanjutkan pendidikanmu di jurusan pendidikan pilot ini. Biasanya, lulusan SMA terutama dari jurusan IPA akan diterima dalam jurusan ini, meskipun tidak menutup kemungkinan juga bahwa dari jurusan lain juga dapat diterima.

Di Indonesia, sekolah penerbangan ada banyak jumlahnya, rata-rata berada di Pulau Jawa. Nah, sebelum dapat masuk ke sekolah penerbangan ini, kamu harus melewati serangkaian tes berupa TPA, tes kesiapan fisik, psikologi, ketahanan fisik, tes kesehatan organ dalam, wawancara, dan menyelesaikan proses administrasi. 

Setelah kamu berhasil masuk ke sekolah penerbangan ini dan menempuh pendidikannya, nantinya akan mendapatkan kualifikasi pilot berupa Commercial Pilot License, Multi Engine, dan Instrument Rating. 

2. Jurusan Manajemen Penerbangan

Jurusan yang memungkinkanmu untuk bekerja di bandara adalah Manajemen Penerbangan. Jurusan ini banyak menerima lulusan SMA dari berbagai jurusan. Selain itu, prospek kerja dari jurusan Manajemen Penerbangan ini sangat luas lho, sebut saja pengelolaan administrasi dan manajemen bandara, penanganan asuransi, serta operasional bandara. 

Dalam jurusan Manajemen Penerbangan ini terdapat banyak program studi, misalnya Operasi Bandar Udara, Administrasi Perhubungan Udara, dan Manajemen Transportasi Udara. Lulusan dari jurusan ini nantinya dapat bekerja di bisnis penerbangan yang berhubungan erat dengan manajemen keudaraan. 

Apalagi jika terdapat pembukaan bandara baru, maka peluang untuk pekerjaan ini semakin meningkat dan menjanjikan. 

3. Jurusan Pendidikan Flight Attendant

Flight Attendant adalah sebutan lain untuk pramugara atau pramugari. Lulusan dari jurusan ini biasanya akan diterjunkan langsung menjadi pramugara atau pramugari. 

Untuk durasi lamanya pendidikan di jurusan Flight Attendant ini sekitar 6-12 bulan. Setelah lulus, biasanya sekolah Flight Attendant ini akan menyediakan fasilitas khusus berupa penempatan kerja. Perlu diketahui juga bahwa dalam Pendidikan Flight Attendant mewajibkan peserta didiknya untuk mengikuti ikatan dinas. 

Tidak hanya itu, beberapa maskapai penerbangan tertentu juga menetapkan beberapa persyaratan tambahan kepada calon pramugara dan pramugari untuk fasih berbahasa asing, mempunyai skor TOEIC tinggi, memiliki postur tubuh dan BMI (Body Mass Index) yang telah ditentukan. 

4. Jurusan Teknik Penerbangan

Jurusan Teknik Penerbangan ini biasanya diminati oleh lulusan SMA yang menyukai hal-hal berkaitan dengan elektro dan keinginannya untuk mencoba peluang karir di dunia aviasi. Lulusan jurusan Teknik Penerbangan ini justru memegang peranan penting terhadap sistem penerbangan lho… Bahkan saking pentingnya, peluang kerjanya adalah berupa perekrutan langsung oleh PT Angkasa Pura. 

Lulusan jurusan Teknik Penerbangan ini biasanya akan bekerja di bagian maintenance peralatan bandara, perawatan dan perbaikan pesawat. Jurusan ini sangat memerlukan pemahaman di bidang matematika, kimia, dan fisika. 

5. Jurusan Keselamatan Penerbangan

Dalam jurusan ini, nantinya akan bekerja mengurusi keselamatan dan lalu lintas penerbangan, yang memiliki program studi berupa Studi ATC, Penerbangan Aeronautika, Studi Komunikasi Penerbangan, dan Studi Pertolongan Kecelakaan Penerbangan. Tentu saja lulusan dari jurusan ini dapat bekerja di bandara. 

Sejalan dengan profesinya yang menjanjikan, maka tanggung jawabnya pun juga besar karena berkaitan langsung dengan keselamatan penerbangan penumpang beserta pilotnya. 

6. Jurusan Hubungan Masyarakat

Ternyata lulusan jurusan Hubungan Masyarakat juga bisa bekerja di bandara lho! Jurusan ini biasanya ada di berbagai perguruan tinggi, baik itu negeri maupun swasta. Fungsi seorang humas adalah berperan untuk memberikan keterangan terkait situasi yang tengah terjadi di bandara. 

Seorang humas biasanya akan berurusan dengan media, pemberitaan, hingga penanganan masalah dan keluhan dari calon penumpang. Dalam proses pendidikannya, mahasiswa jurusan Hubungan Masyarakat cenderung akan mempelajari tentang bagaimana mengelola informasi, menganalisis kemudian menyajikannya dalam bentuk visual dan audio. 

Selain itu, seorang humas juga berperan penting dalam sebuah publikasi bagi kelangsungan bandara tersebut. 

7. Jurusan Kedokteran/Keperawatan/Kesehatan Masyarakat

Di sebuah bandara, tentu saja harus ada petugas medis yang memenuhi aspek K3 (Keselamatan, Kesehatan, dan Kesejahteraan Manusia). 

Untuk lulusan jurusan kedokteran dan keperawatan, nantinya akan bertugas mengurusi penumpang atau kru bandara yang tengah sakit serta memerlukan perawatan. Tidak hanya itu, para dokter dan perawat ini akan memberikan rekomendasi kepada calon penumpang apakah mereka boleh ikut terbang atau tidak. 

Lalu, untuk lulusan jurusan Kesehatan Masyarakat akan bertugas pada administrasi kesehatan di bandara dan penyusunan kebijakan terkait program K3 untuk diterapkan di bandara. 

8. Jurusan Teknik Informatika

Pada zaman yang serba digital seperti saat ini, tentu saja lulusan jurusan Teknik Informatika sangat dibutuhkan di berbagai tempat, terutama di bandara. Apalagi dengan adanya penerapan digitalisasi pada sistem dan manajemen bandara, pastilah lulusan jurusan ini sangat dicari. 

Saat ini, sudah banyak program-program di bandara yang berhubungan dengan digitalisasi dan sasarannya adalah para milenial. Tidak hanya itu, lulusan jurusan Teknik Informatika ini juga diharapkan mampu menciptakan sistem yang terintegrasi sehingga menjadikan pelayanan di bandara semakin berkualitas. 

9. Jurusan Manajemen Keuangan

Pada dasarnya, bandara itu bangunan tempat berlangsungnya beberapa bisnis, sehingga tentu saja harus ada perencanaan keuangan yang matang supaya sistem operasionalnya berjalan lancar. Nah, pengelolaan keuangan tersebut hanya dapat dikerjakan oleh sarjana atau diploma di bidang keuangan dan akuntansi. 

10. Jurusan Manajemen Perhotelan (Konsentrasi Chef atau Ahli Tata Boga)

Apakah kamu tahu bahwa makanan yang tersaji di pesawat itu sebenarnya diolah oleh ratusan staff ahli di bidang tata boga? Yap, jurusan Tata Boga ternyata dapat juga lho bekerja di bandara, terutama di pesawat. 

Biasanya, dalam jurusan Manajemen Perhotelan, akan ada program studi Tata Boga, nah lulusannya tentu saja dapat bekerja di dapur sebuah maskapai. Pekerjaannya mulai dari menerima bahan baku, menyimpan bahan baku tersebut supaya tidak membusuk, membagi ke dalam bentuk porsi, mengolah bahan baku menjadi makanan, hingga mencuci peralatan makan. 

11. Jurusan Hukum

Dalam pengelolaan bandara, tentu saja harus ada seseorang yang mengurusi legalitas dari bandara tersebut. Nah, biasanya seseorang tersebut berasal dari jurusan Hukum yang nanti tugasnya adalah menangani perjanjian-perjanjian dan kegiatan hukum lainnya yang bersangkutan dengan bandara. Selain itu, lulusan jurusan Pendidikan Hukum juga bisa menjadi In House Lawyer dari sebuah perusahaan lho…

Nah, itulah penjelasan mengenai berapa gaji para pegawai yang bekerja di bandara. Apabila kamu memang tertarik untuk bekerja di bandara, usahakan mencari informasi perekrutan pegawai dari sumber yang jelas ya…

Sumber: