Gaji Kerja di Batam

Diposting pada 88 views

Gaji Kerja di Batam – Batam adalah kota yang terletak di provinsi Kepulauan Riau, yang mencakup tiga pulau khusus, yakni Batam, Rempang, Galang, dan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Daerah batam ramai akan adanya industri sehingga dijuluki sebagai kota industri, yang tentu saja sangat diminati oleh para pencari kerja, tak terkecuali para fresh graduate. 

Banyak alasan yang melatarbelakangi banyaknya pekerja dari luar Batam yang tertarik untuk mencoba peruntungan di kota ini, salah satunya adalah dekat dengan Singapura. Lalu, berapa sih gaji kerja di Kota Batam ini? Alasan apa saja yang menjadikan Kota Batam sebagai daerah favorit para pencari kerja? 


Nah, supaya kamu tidak bingung akan hal tersebut, yuk simak ulasan berikut ini!

Mengenal Kota Batam

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai berapa gaji yang ada di Kota Batam, ada baiknya apabila kamu mengetahui sejarah dari kota yang dijuluki sebagai Singapura-nya Indonesia ini. 

Kota Batam adalah sebuah kota besar yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau. Wilayah Kota Batam terdiri atas tiga pulau utama dan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Tiga pulau utama tersebut adalah Pulau Batam, Pulau Rempang, dan Pulau Galang, yang terhubung satu sama lain melalui Jembatan Barelang. 

Wilayah Batam ini menjadi kawasan khusus untuk perdagangan bebas dengan jalur Batam-Bintan-Karimun (BBK). Hal tersebut karena wilayah Batam ini mempunyai letak yang sangat strategis, yakni berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia, serta berada di jalur pelayaran internasional.

Pada tahun 1970-an, wilayah Batam hanya dihuni sekitar 6.000 penduduk saja, tetapi dalam tempo empat puluh tahun lamanya, akhirnya Batam dapat tumbuh berkali-kali lipat dengan penduduk yang makin padat. 

Penduduk pertama di Pulau Batam adalah orang Melayu yang kala itu sudah menempati sejak tahun 231 M. Pulau ini juga menjadi saksi perjuangan Laksamana Hang Nadim dalam usahanya melawan penjajah. 

Pada awal tahun 1970-an, wilayah Batam memang sudah direncanakan untuk menjadi Singapura-nya Indonesia. Maka dari itu, Pulau Batam ditetapkan sebagai lingkungan kerja daerah industri yang didukung secara penuh oleh pemerintah, yakni Otorita Pengembangan Daerah Industri Pulau Batam atau lebih dikenal dengan Badan Otorita Batam (BOB) sebagai penggerak pembangunan wilayah Batam.

Atas perkembangan Kota Batam ini, wilayah Kecamatan Batam yang mulanya adalah bagian dari Kabupaten Kepulauan Riau, kemudian ditingkatkan statusnya menjadi Kotamadya Batam. Penaikan status ini menjadikan wilayah Batam memiliki tugas berupa menjalankan administrasi pemerintahan dan kemasyarakatan serta mendukung penuh pembangunan yang dilakukan oleh pihak Otorita Batam (BP Batam). 

Wilayah Batam memiliki luas wilayah daratan seluas 715 km², sedangkan luas wilayah keseluruhan mencapai 1.575 km². Selain itu, iklimnya sekitar pada suhu rata-rata 26 hingga 34 derajat celcius. Untuk kenampakan geografisnya, wilayah ini memiliki dataran yang berbukit dan berlembah. Tidak hanya itu saja, tanah di wilayah Batam cenderung kurang subur akibat perubahan cuaca yang terlalu sering, sehingga menjadikan lahan pertanian hanya diperuntukan untuk tanaman yang dapat tumbuh tanpa mengikuti musim tertentu. 

Gaji Kerja di Batam

Berdasarkan Surat Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia No. 11/HK04/2020 tentang Penentuan Gaji Minimal di tahun 2022, ternyata tidak ada kenaikan dalam gaji minimal tersebut, meskipun saat ini tengah dilanda pandemi Covid-19. 

Meskipun Penentuan Gaji Minimal tersebut tidak ada kenaikan, tetapi di wilayah Provinsi Kepri, justru menaikkan UMR (Upah Minimum Regional) sebesar Rp20.651,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada tahun 2022 ini, UMR Batam adalah sebesar Rp4.186.359,00

Pada setiap tahunnya, UMR Kota Batam akan selalu naik, sehingga apabila kamu memang tertarik untuk bekerja di Batam, tenang saja karena UMR di wilayah ini memiliki nominal yang cukup tinggi. 

Berikut adalah daftar UMR Kota Batam yang meningkat untuk setiap tahunnya. 

No.TahunBesaran Gaji
1.2022Rp4.186.359.00
2.2021Rp4.150.930.00
2.2020Rp4.130.279.00
3.2019Rp3.806.358.00
4.2018Rp3.523.427.00
5.2017Rp3.241.126.00

Namun, apabila melihat dari masing-masing kabupaten yang terletak di wilayah Batam ini, tentu saja besaran gajinya berbeda. Hal tersebut disesuaikan dengan peraturan daerah pada setiap kabupaten. Nah, berikut adalah besaran gaji di masing-masing kabupaten di wilayah Batam.

ProvinsiKabupaten/ KotamadyaBesaran Gaji





Kepulauan Riau
Kota BatamRp4.130.279
Kabupaten NatunaRp3.106.975
Kabupaten LinggaRp3.036.220
Kabupaten Kepulauan AnambasRp3.501.441
Kabupaten KarimunRp3.335.902
Kabupaten BintanRp3.648.714
Kota TanjungpinangRp3.006.999

Beberapa Alasan Mengapa Orang Tertarik Untuk Bekerja di Batam

Meskipun Batam ini bukanlah wilayah Jabodetabek atau berdekatan dengan Ibukota Jakarta, tetapi ternyata banyak lho yang tertarik untuk mencoba peruntungan finansial di kota ini. Mungkin alasan paling klise adalah karena wilayah Batam dekat dengan Singapura, sehingga apabila hendak berlibur ke negara tersebut, dapat lebih murah dan efisien. Namun, alasan tersebut adalah salah satu dari banyaknya alasan mengapa orang begitu tertarik untuk bekerja di Batam. Berikut adalah uraiannya.

1. Besaran Gaji yang Hampir Sama dengan Ibukota

Sebelumnya telah dituliskan bahwa UMK wilayah Batam pada tahun 2022 ini adalah Rp4.186.359, sementara untuk UMK di wilayah Jakarta adalah sebesar Rp4.453.935. Tidak jauh berbeda bukan?

Alasan inilah yang membuat orang-orang begitu tertarik untuk bekerja di wilayah Batam.

2. Biaya Hidup yang Jauh Lebih Murah

Lain halnya dengan wilayah Jabodetabek, di wilayah Batam justru memiliki biaya hidup yang relatif murah untuk gaji yang hampir setara dengan Jakarta. Baik itu makanan hingga barang-barang tersier dapat diperoleh dengan harga yang murah. Bahkan untuk harga barang elektronik, dapat diperoleh dengan harga setengahnya lho…

3. Sektor Pendidikan yang Terjangkau

Jenjang pendidikan yang tersedia di wilayah Batam sangat beragam, mulai dari TK hingga perguruan tinggi dapat ditemukan serta biayanya yang relatif terjangkau. 

4. Dapat Belajar Bahasa Inggris Gratis

Berhubung wilayah Batam ini dekat dengan Singapura, sehingga menjadikan wilayah ini juga sebagai pintu masuk wisatawan asing menuju Indonesia. Maka dari itu, penduduk di Batam banyak yang mahir akan bahasa Inggris. Kamu juga secara tidak langsung dapat belajar Bahasa Inggris secara gratis dan berkomunikasi langsung dengan orang asing. 

5. Tempat Liburan yang Mudah Didapatkan

Yap, ketika hidup di wilayah Batam, apabila hendak berlibur, banyak sekali pilihan tujuannya, tidak hanya di Singapura saja. Batam memiliki banyak pulau indah yang terdapat di sekitar pulau utama, yang tentu saja tak kalah mengesankan dari Singapura. 

6. Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Apabila kamu seorang fresh graduate, ada baiknya untuk mencoba peruntungan pekerjaan di wilayah ini, sebab ada banyak sekali pilihan pekerjaan yang siapa tahu akan cocok dengan keterampilanmu. 

Terutama jika kamu adalah lulusan dari jurusan perhotelan, maka wilayah Batam adalah pilihan yang cocok untukmu bekerja. Hal tersebut karena di wilayah ini terdapat banyak sekali sektor perhotelan yang membuka peluang pekerjaan mulai dari daily worker, season worker, hingga pekerja kontrak.

Nah, itulah ulasan mengenai berapa gaji di wilayah Batam dan alasan apa saja yang membuat orang-orang tertarik untuk bekerja di wilayah ini. Apakah kamu tertarik untuk bekerja disini?

Baca Juga:

Gaji Kerja di Mall

Gaji Kerja di Hongkong