literasi dan literasi digital

Apa Itu Literasi? Contoh Literasi Lengkap

Diposting pada 75 views

Apa Itu Literasi? Literasi memiliki peran penting dalam pembangunan suatu bangsa, khususnya kualitas SDM. Negara-negara di dunia berusaha seoptimal mungkin meningkatkan budaya baca. Bahkan, di Negara Jepang program budaya baca dikenalkan kepada anak semenjak mereka masih bayi melalui pemberian bingkisan yang berisi buku cerita anak hingga terdaftar menjadi anggota perpustakaan semenjak masih bayi.  

Sayangnya, tidak semua negara mampu mengajak masyarakat agar minat baca tinggi. Negara Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat minat baca yang rendah, meskipun pemerintah telah melakukan berbagai macam pendekatan. Dilansir dari survei yang dilakukan oleh Program for International Student Assesment (PISA) pada tahun 2019, Indonesia menempati posisi 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah. Indonesia menempati ranking ke 62 dari 70 negara.

Artikel kali ini, kita akan membahas pengertian literasi secara lengkap dan contohnya. Yuk simak sampai habis.

Apa Itu Literasi?

Literasi secara sederhana didefinisikan sebagai kemampuan membaca dan menulis. Dahulu saat perkembangan teknologi belum maju seperti sekarang, literasi identik dengan membaca buku, koran, majalah dan sumber bacaan cetak yang lain. Nyatanya, tidak sesederhana membaca dan menulis loh. Dilansir dari Wikipedia literasi adalah seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Dari definisi tersebut, apakah literasi hanya sebatas kemampuan membaca dan menulis saja? Di era sekarang ini, pemahaman dan lingkupnya semakin berkembang. Literasi mencakup kemampuan memahami bacaan atau informasi, menyampaikan informasi hingga berkomunikasi. Apalagi, kemunculan berbagai sumber berita dan informasi sangat beragam akhir-akhir ini. Hal ini tentunya membutuhkan kemampuan memahami dan mengolah informasi yang kita terima. Jangan sampai kita mudah percaya dengan berita hoax dong.

Apa Itu Literasi Digital?

Perkembangan teknologi menciptakan sebuah kebiasaan baru yaitu literasi digital. Dilansir dari Wikipedia literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, menurut UNESCO literasi digital adalah kecakapan (life skills) yang tidak hanya melibatkan kemampuan penggunaan perangkat teknologi, informasi dan komunikasi, tetapi juga melibatkan kemampuan dalam bersosialisasi, berpikir kritis, kreatif, serta inspiratif sebagai kompetisi digital.

Kita dapat menarik kesimpulan bahwa literasi digital tidak hanya membaca dan mendapatkan informasi dengan bantuan teknologi informasi, namun juga melibatkan kemampuan dalam berpikir kritis dan bijak dalam menjalin interaksi dengan sarana teknologi informasi.

Literasi digital juga dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menemukan, mengevaluasi, membuat, dan mengomunikasikan informasi, yang membutuhkan keterampilan kognitif dan teknis.

 Contoh Literasi                     

Literasi sangat beragam bentuknya, kita bisa menemukan contohnya yang sering kita temui dikehidupan sehari-hari. Berikut merupakan beberapa contohnya:

  1. Membaca buku-buku yang disediakan perpustakaan sekolah atau daerah.
  2. Majalah dinding yang sering kita temui pada ujung-ujung ruang kelas dan sekolah.
  3. Sumber berita terkini yang bisa kita akses melalui surat kabar atau media online.
  4. Buku-buku pengetahuan terkini seperti teknologi, bisnis, sosial dan masih banyak lagi.

Contoh Kalimat

Semakin sering menemui kata dalam sebuah kalimat akan memudahkan kita untuk menyusun kalimat dari kata tersebut. Nah, di bawah ini beberapa contoh kalimat dari kata literasi:

  1. Sekolah-sekolah telah membuat program baru gerakan literasi agar para siswa tidak bosan saat kegiatan ini berlangsung.
  2. Literasi tidak bisa dianggap sebelah mata karena berkaitan erat dengan kemajuan sumber daya manusia suatu bangsa.
  3. Orang tua bisa membiasakan literasi kepada anak sejak mereka masih balita dengan membacakan dongeng anak.

Nah itulah artikel Apa itu literasi dan contoh lengkapnya. Semoga artikel ini mampu menambah insight dan kosakata baru bagi teman-teman. Sampai bertemu di artikel KitaPunya edisi selanjutnya.  See you

Temukan arti kata lainnya di kitapunya.net :