arti kata insight

Arti Kata Insight dan Contoh Penggunaannya

Diposting pada 30 views

Arti Kata Insight – Kata Insight sangat sering kita temui baik melalui tulisan di sosial media atau percakapan yang terjadi di lingkungan sekitar, misalnya kampus atau kantor. Seringnya, orang-orang akan menggunakan kata Insight untuk mengekspresikan sesuatu terkait pengetahuan atau hal-hal yang baru saja mereka pahami dan ketahui.

Pernah tidak teman-teman sedang berdiskusi suatu topik lalu ada teman yang menceritakan hal baru bahkan solusi yang belum pernah terpikirkan? Lalu, teman lain berkata: “Wah, keren. Saran kamu menambah insight baru”. Nah, itu tadi salah satu contoh percakapan yang sering kami temui menggunakan kata Insight.

Nah, apa arti dari kata Insight? Dan apa saja contoh penggunaan kata Insight? Yuk simak artikel ini agar kamu bisa memahami arti dari kata Insight dan menggunakan dengan tepat.

Arti Kata Insight

Kata Insight berasal dari bahasa Inggris dengan suku kata asal /in·sight/. Insight is (the ability to have) a clear, deep, and sometimes sudden understanding of a complicated problem or situation) menurut Cambridge Dictionary. Dapat diartikan sebagai kemampuan untuk memiliki pemahaman yang jelas, mendalam, dan terkadang tiba-tiba tentang masalah atau situasi yang rumit.

Dalam KBBI Insight memiliki arti: wawasan, pengertian, pengetahuan (yang dalam). Wawasan sendiri dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai pandangan atau cara pandang terhadap suatu hal.

Contoh Penggunaan Kata Insight:

  1. Saya mendapatkan insight baru setelah mengikuti seminar wirausaha.
  2. Kata insight juga digunakan untuk analisis sosial media. “Instagram insight merupakan salah satu fitur yang tersedia di Instagram. Fitur ini mampu menganalisa data tentang demografi dan aktivitas followers (pengikut) serta konten.”
  3. Membaca novel mampu menambah insight baru terkait kehidupan sosial, kemanusian, bahkan percintaan.
  4. Insight tidak hanya didapatkan dari membaca buku, namun bisa juga dari menonton film dan membaca novel.
  5. Para mahasiswa membaca buku penelitian untuk memperoleh insight baru terkait bidang yang dipelajari.
  6. Di era serba digital saat ini, kita dapat mengikuti kursus online yang bisa diakses dari mana pun untuk menambah insight baru.
  7. Winar senang mengobrol dengan Rani karena perbincangan selalu asyik dan menambah insight yang tak terduga.

Baca juga ari kata menarik lainnya: Arti Kata Afirmasi

Kesimpulan

Berdasarkan pengertian di atas dan beberapa referensi, secara umum insight dapat diartikan sebagai informasi atau pengetahuan yang bermanfaat dan kita dibutuhkan.

Nah, itulah arti kata insight dan contoh penggunaan dalam kehidupan sehari-hari yang sering ditemukan.  Semoga artikel ini mampu menambah insight baru juga buat teman-teman. Kalau teman-teman KituPunya ada saran terkait topik artikel selanjutnya atau ingin ada yang dibagikan terkait kata Insight silakan tinggalkan jejak dikolom komentar. See you.

Temukan arti kata lainnya di kitapunya.net :