tugas picker gudang

Tugas Picker Gudang: Kualifikasi, Skill, Jenjang Karir dan Gajinya

Diposting pada 3,284 views

Jika kamu pernah berbelanja online, mungkin kamu tidak menyadari bahwa ada banyak proses yang terjadi di balik layar sebelum barang pesananmu sampai di tanganmu.

Salah satu proses penting yang menentukan kecepatan dan akurasi pengiriman barang adalah pekerjaan picker gudang. Lalu, siapa itu picker gudang dan apa saja tugasnya?

Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang profesi picker gudang yang mungkin belum banyak diketahui orang.

Pengertian Picker Gudang

Picker gudang adalah orang yang bertugas mengambil pesanan di gudang sebelum menyerahkannya ke bagian pengepakan . Picker gudang harus memiliki ketelitian dan kecepatan dalam pengerjaannya, sebab jika tidak, akan berisiko tinggi dalam kesalahan pengiriman barang ke konsumen . Maka dari itu, pekerjaan picker gudang adalah salah satu peran penting bagi kelancaran perusahaan dan loyalitas pelanggan .

Tugas dan Tanggung Jawab Picker Gudang

Tugas seorang picker gudang tidaklah mudah. Berikut ini adalah beberapa tugas utama yang harus dilakukan oleh picker gudang :

1. Memastikan barang yang masuk ke gudang

Picker gudang harus mengidentifikasi barang yang masuk ke gudang, apakah tergolong laris atau tidak. Staf akan mendapatkan list mengenai barang dengan daya jual tinggi sehingga tugas picker gudang selanjutnya adalah mengkategorikannya sesuai kode unik dan menaruhnya sesuai pada tempatnya. Kegiatan ini pun berpengaruh ke peletakan barang, dimana barang yang laku keras perlu ditaruh di dekat divisi packing supaya mempercepat pengiriman dari gudang ke konsumen .

2. Membuat laporan inventaris dan barang keluar-masuk

Picker gudang juga harus membuat laporan terkait inventaris, yakni melaporkan barang-barang apa saja yang tersedia dan jumlah stoknya. Selain itu, mereka juga wajib mencatat jumlah dan deskripsi barang masuk serta keluar. Kemudian, catatan berikut akan dilaporkan ke kepala gudang.

3. Mengonfirmasi jumlah barang yang tersedia di gudang sama dengan catatan

Tugas Picker gudang selanjutnya yaitu memastikan jumlah barang di gudang sama dengan catatan inventaris. Perlu ketelitian lebih pada tugas ini, lantaran perannya dalam memberikan informasi ke pelanggan mengenai stok barang yang ada.

4. Menggunakan barcode scanner supaya pekerjaan picker gudang efisien

Penggunaan barcode scanner untuk efisiensi pekerjaan juga menjadi tugas picker gudang. Sebab meneliti satu per satu stok atau kategori barang memakan banyak energi. Oleh karenanya, menggunakan barcode scanner guna mencatat barang yang masuk dan keluar akan membantu mengurangi kesalahan serta mempermudah pekerjaan mereka. Selain itu, kemampuan penggunaan sistem manajemen inventaris dengan tugas yang mirip sama barcode scanner akan membantu efisiensi tugas picker gudang.

5. Klasifikasi barang berdasarkan kode unik guna menata gudang

Tugas selanjutnya picker gudang adalah mengklasifikasikan barang sesuai kode unik. Kode ini akan membantu dalam proses kerapihan dan peletakan produk dalam gudang.

6. Mengumpulkan pesanan produk dari daftar yang diberikan dan memastikan keakuratan dan kelengkapan pesanan.

Sebagai seorang Picker Gudang, tugas utamanya adalah mengumpulkan pesanan produk sesuai dengan daftar yang diberikan. Picker gudang akan membaca daftar pesanan dengan seksama, memahami instruksinya, dan mengunjungi lokasi penyimpanan yang ditentukan. Dengan ketelitian dan kejelian yang baik, seorang picker gudang akan memastikan bahwa pesanan diambil dengan akurat dan tidak ada kesalahan dalam pengumpulan produk.

7. Menggunakan alat bantu seperti pengangkat atau gerobak untuk mengambil produk dari lokasi penyimpanan yang ditentukan.

Picker gudang akan menggunakan alat bantu seperti pengangkat atau gerobak untuk memudahkan pengambilan produk dari lokasi penyimpanan yang telah ditentukan. Kemampuan mereka dalam mengoperasikan alat bantu akan membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam tugas pengambilan produk.

8. Memeriksa kondisi fisik produk dan memastikan tidak adanya kerusakan sebelum mengemasnya.

Sebelum mengemas produk, picker gudang akan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi fisiknya. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa setiap produk dalam keadaan baik dan tidak ada kerusakan atau cacat yang mungkin mempengaruhi kualitas atau keamanan produk. Dengan kecermatan dan perhatian terhadap detail, mereka akan memeriksa setiap produk dengan teliti.

9. Mengatur dan mengemas produk dengan hati-hati dalam kemasan yang sesuai untuk pengiriman.

Setelah memeriksa produk, picker gudang juga bertugas untuk mengatur dan mengemasnya dengan hati-hati dalam kemasan yang sesuai untuk pengiriman. Melalui keterampilan dan keahlian dalam pengemasan yang rapi, picker gudang akan memastikan bahwa produk tertata dengan baik dan terlindungi dengan aman selama proses pengiriman.

10. Memastikan label dan tanda pengenal produk sesuai dengan pesanan yang diambil.

Salah satu tugas Picker Gudang adalah memastikan bahwa setiap produk yang diambil memiliki label dan tanda pengenal yang sesuai dengan pesanan yang telah ditentukan. Dengan teliti dan akurat, Anda akan memverifikasi kecocokan antara produk yang diambil dan pesanan yang ada. Pemasangan label pengiriman yang benar pada kemasan juga akan menjadi tanggung jawab Anda.

11. Mematuhi prosedur keselamatan kerja dan pedoman gudang dalam setiap kegiatan operasional.

Picker gudang juga bertugas untuk mematuhi prosedur keselamatan kerja yang telah ditetapkan dan mematuhi pedoman gudang yang berlaku dalam setiap kegiatan operasional. Mengikuti aturan keselamatan yang tepat dan memperhatikan pedoman gudang akan membantu menjaga keamanan diri sendiri, rekan kerja, dan memastikan lingkungan kerja yang aman dan teratur.

Kualifikasi Picker Gudang

  • Pendidikan minimal SMA atau setara.
  • Kemampuan fisik yang baik dan mampu mengangkat dan memindahkan produk dengan berat yang sesuai.
  • Kemampuan organisasi yang baik dan mampu bekerja dalam lingkungan yang sibuk.
  • Memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan dapat bekerja dengan baik dalam tim.
  • Teliti dan cermat dalam memeriksa dan mengemas produk.
  • Kemampuan membaca dan memahami instruksi kerja serta daftar pesanan.
  • Pemahaman dasar tentang keselamatan kerja dan prosedur gudang yang baik.
  • Fleksibel dalam menjalani jam kerja yang mungkin termasuk shift dan akhir pekan.

Skills Yang Harus Dimiliki Picker Gudang

Seorang Picker Gudang yang berkualitas harus memiliki keterampilan-keterampilan berikut ini:

1. Memiliki Pemahaman Tentang Produk (Product Knowledge) Yang Baik

Seorang picker gudang harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang karakteristik, jenis, dan kategori produk yang disimpan di gudang. Kemampuan untuk mengenali dan membedakan produk dengan akurasi akan memastikan pengambilan pesanan yang tepat.

2. Memiliki Keterampilan Penggunaan Alat-alat Gudang

Seorang picker gudang harus juga harus mahir dalam pengoperasian alat bantu seperti pengangkat atau gerobak. Kemampuan yang baik dalam menggunakan peralatan ini akan memfasilitasi pengambilan dan pemindahan barang dengan efisiensi dan keselamatan.

3. Ketelitian dan Perhatian terhadap Detail

Seorang picker gudang harus mampu bekerja dengan tingkat ketelitian yang tinggi untuk memverifikasi pesanan dengan benar, memeriksa kondisi fisik produk, dan memastikan kesesuaian label dan tanda pengenal. Keakuratan adalah kunci untuk menjaga kepuasan pelanggan.

4. Keterampilan Organisasi

Seorang picker gudang harus mampu mengatur pesanan dengan baik, mengelompokkan barang secara logis, dan menjaga keteraturan di area kerja. Kemampuan dalam mengatur waktu dan mengelola prioritas akan membantu meningkatkan efisiensi dalam proses pengumpulan pesanan.

5. Keterampilan Komunikasi

Seorang picker gudang harus mampu berkomunikasi dengan baik dalam berinteraksi dengan rekan kerja dan departemen terkait. Kemampuan untuk melaporkan masalah atau kesalahan, berkoordinasi dengan tim, dan menjalin komunikasi yang efektif akan memfasilitasi kerjasama yang lancar dalam lingkungan kerja.

Jenjang Karir Picker Gudang

Jenjang karir bagi seorang Picker Gudang dapat berkembang ke berbagai posisi yang lebih tinggi dalam bidang logistik dan gudang. Berikut adalah beberapa jenjang karir yang mungkin diikuti oleh seorang Picker Gudang:

1. Supervisor Gudang

Sebagai seorang Supervisor Gudang, Anda akan mengawasi dan mengkoordinasikan operasi harian gudang. Tanggung jawab Anda meliputi pengawasan langsung terhadap tim picker, mengelola stok dan inventaris, serta memastikan kepatuhan terhadap prosedur dan kebijakan gudang.

2. Koordinator Logistik

Sebagai Koordinator Logistik, Anda akan bertanggung jawab untuk mengelola proses logistik secara keseluruhan, termasuk koordinasi dengan departemen lain, pengaturan pengiriman barang, pemantauan rantai pasok, dan peningkatan efisiensi operasional.

3. Spesialis Pengiriman dan Distribusi

Dalam peran ini, Anda akan fokus pada manajemen pengiriman dan distribusi barang. Tanggung jawab Anda meliputi perencanaan rute pengiriman, pemilihan kurir atau jasa pengiriman yang tepat, serta memastikan kelancaran dan keakuratan pengiriman barang.

4. Analis Gudang atau Logistik

Sebagai seorang Analis Gudang atau Logistik, Anda akan bertanggung jawab untuk menganalisis data dan kinerja gudang atau proses logistik. Anda akan menggunakan alat analisis dan sistem manajemen untuk mengidentifikasi peluang perbaikan, meningkatkan efisiensi operasional, dan mengoptimalkan rantai pasok.

5. Manajer Gudang atau Logistik

Sebagai seorang Manajer Gudang atau Logistik, Anda akan memiliki tanggung jawab strategis dalam mengelola dan mengawasi operasi gudang atau logistik secara keseluruhan. Anda akan mengelola tim, mengembangkan kebijakan dan prosedur operasional, serta bekerja sama dengan departemen lain untuk mencapai tujuan bisnis perusahaan.

6. Pengembangan Karir ke Bidang Terkait

Seiring dengan pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh, Anda juga dapat memilih untuk mengembangkan karir Anda ke bidang terkait, seperti Manajemen Rantai Pasok, Manajemen Produksi, atau Manajemen Operasi

Tips Meniti Karir sebagai Picker Gudang

Picker gudang adalah pekerja yang bertanggung jawab untuk mengambil barang dari rak gudang dan menyiapkannya untuk pengiriman. Pekerjaan ini membutuhkan kecepatan, ketelitian, dan ketahanan fisik. Picker gudang biasanya bekerja di bawah tekanan waktu dan harus memenuhi target produktivitas.

Meskipun pekerjaan picker gudang terlihat sederhana, ada beberapa kemampuan dan keterampilan yang dapat Anda kembangkan untuk meningkatkan peluang Anda naik jenjang karir. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

1. Pelajari sistem inventaris gudang

Sistem inventaris gudang adalah cara untuk melacak lokasi, jumlah, dan kondisi barang yang disimpan di gudang.

Dengan memahami sistem ini, Anda dapat bekerja lebih efisien dan mengurangi kesalahan dalam mengambil barang. Anda juga dapat membantu manajer gudang dalam mengelola stok dan melakukan audit.

2. Tingkatkan kemampuan komunikasi dan kerjasama

Komunikasi dan kerjasama adalah kunci untuk bekerja dengan baik di lingkungan gudang. Anda harus dapat berkomunikasi dengan rekan kerja, supervisor, dan pelanggan secara jelas dan sopan.

Anda juga harus dapat bekerja sama dengan tim Anda untuk menyelesaikan tugas bersama dan membantu sesama picker gudang jika diperlukan.

3. Ikuti pelatihan dan sertifikasi yang relevan

Pelatihan dan sertifikasi adalah cara untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda sebagai picker gudang. Anda dapat mencari pelatihan dan sertifikasi yang berkaitan dengan keselamatan kerja, pengoperasian alat bantu angkat, pengemasan barang, atau manajemen logistik.

Dengan memiliki pelatihan dan sertifikasi yang relevan, Anda dapat menunjukkan kompetensi dan profesionalisme Anda kepada atasan dan pelanggan.

4. Cari mentor atau role model

Mentor atau role model adalah orang yang telah berhasil meniti jenjang karir sebagai picker gudang atau posisi lain yang terkait. Anda dapat belajar dari pengalaman, saran, dan motivasi mereka untuk mengembangkan diri Anda. Anda juga dapat membangun jaringan profesional dengan mentor atau role model Anda dan mendapatkan kesempatan untuk promosi atau pindah ke posisi yang lebih tinggi.

Dengan menerapkan tips di atas, Anda dapat meningkatkan kinerja dan kualitas kerja Anda sebagai picker gudang. Anda juga dapat menarik perhatian atasan dan pelanggan dengan sikap positif dan proaktif Anda. Dengan demikian, Anda dapat membuka peluang untuk naik jenjang karir sebagai picker gudang atau posisi lain yang lebih menantang dan menguntungkan.

Gaji Picker Gudang

Picker gudang adalah pekerja yang bertugas mengambil barang dari gudang sesuai dengan permintaan pelanggan atau klien. Picker gudang harus memiliki kemampuan fisik yang baik, keterampilan organisasi, dan ketelitian dalam melakukan pekerjaan mereka. Picker gudang juga harus mampu bekerja di bawah tekanan dan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang berbeda-beda.

Gaji picker gudang di Indonesia bervariasi tergantung pada lokasi, pengalaman, dan perusahaan tempat mereka bekerja. Berdasarkan data dari situs web pencari kerja Indeed.com, rata-rata gaji picker gudang di Indonesia adalah Rp 2.600.000 per bulan. Namun, gaji ini bisa lebih tinggi atau lebih rendah di kota-kota besar tertentu.

Berikut adalah beberapa contoh gaji picker gudang di kota-kota besar di Indonesia:

  • Jakarta: Rp 2.800.000 per bulan
  • Surabaya: Rp 2.500.000 per bulan
  • Bandung: Rp 2.400.000 per bulan
  • Medan: Rp 2.300.000 per bulan
  • Makassar: Rp 2.200.000 per bulan

Gaji picker gudang di kota-kota besar biasanya lebih tinggi daripada di kota-kota kecil atau pedesaan karena biaya hidup yang lebih mahal dan permintaan yang lebih besar. Selain itu, gaji picker gudang juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti jam kerja, tunjangan, bonus, dan insentif.

Untuk meningkatkan gaji picker gudang, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Meningkatkan kualifikasi dan sertifikat yang relevan dengan pekerjaan picker gudang, seperti menguasai sistem komputerisasi gudang, mengoperasikan alat bantu angkut, atau memiliki lisensi mengemudi.
  • Mencari pekerjaan di perusahaan-perusahaan besar atau multinasional yang memiliki skala operasi dan omset yang besar, sehingga bisa memberikan gaji dan fasilitas yang lebih baik bagi pekerja.
  • Membangun jaringan dan hubungan baik dengan rekan kerja, atasan, dan pelanggan atau klien, sehingga bisa mendapatkan rekomendasi atau peluang kerja yang lebih baik di masa depan.
  • Mencari pekerjaan tambahan atau sampingan yang sesuai dengan kemampuan dan waktu luang, seperti menjadi kurir online, penjual online, atau freelancer.

Picker gudang adalah pekerjaan yang menantang namun juga menawarkan peluang karir yang cukup baik bagi mereka yang mau bekerja keras dan belajar terus-menerus. Dengan memiliki keterampilan, pengalaman, dan motivasi yang tinggi, picker gudang bisa mendapatkan gaji yang layak dan memenuhi kebutuhan hidup mereka di kota-kota besar.

Baca juga:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.