syarat masuk kuliah s2

Mau Lanjut Kuliah Pascasarjana? Simak Syarat S2 dan Hal-Hal Penting Lainnya

Diposting pada 29 views

Syarat S2 – Pendidikan merupakan aspek yang sangat penting bagi semua lapisan masyarakat. Hanya dengan pendidikan segala hal dapat berubah dan berkembang menjadi lebih baik. Maka dari itu saat ini berkuliah tidak lagi menjadi sesuatu yang langka seperti dahulu.

Terlebih lagi pada jenjang Strata 1 kesempatan untuk berkuliah dapat diemban seluruh masyarakat. Ini karena pemerintah juga banyak menyediakan beasiswa untuk membantu masyarakat melanjutkan perkuliah dimanapun perguruan tinggi agar terus mengenyam pendidikan yang lebih baik.

Jenjang perkuliahan pun tak hanya sebatas pada Strata 1 / S1 tapi juga Strata 2 atau biasa disebut dengan pendidkan pascasarjana. Dewasa ini ilmu pengetahuan dan teknologi memang harus dicapai setinggi mungkin agar memberikan manfaat tak hanya untuk kepentingan diri sendiri tapi juga ilmu yang bermanfaat bagi sesama dan negara.

Pendidikan S2 kini seperti sesuatu yang sudah tak jarang lagi ditemui. Bahkan beberapa orang memiliki target pendidikan tersendiri seperti mewajibkan untuk meneruskan S2 setelah lulus S1. Nah untuk kamu yang sudah berniat untuk melanjutkan pendidikan pascasarjana / S2 wajib untuk menyimak ulasan berikut ini mengenai syarat-syarat untuk melanjutkan S2.


Syarat Masuk S2 / Pascasarjana

Ada hal-hal umum yang wajib kamu perhatikan sebelum mendaftar pascasarjana / S2 di perguruan tinggi yang kamu tuju. Berikut ini poin-poinnya.

1. Pilihan kampus tujuanmu sudah jelas

Melanjutkan pendidikan pascasarjana/S2 harus dipikirkan secara matang-matang dan dipersiapkan secara baik. Terutama dalam pemilihan kampus untuk melanjutkan pendidikan S2 mu. Pilihlah kampus yang memiliki program studi yang kamu tuju. Usahakan untuk menggali informasi mengenai kampus dan program studi yang akan dituju. Dengan begitu kamu akan lebih mantap pada kampus tujuanmu.

2. Memenuhi syarat IPK

Sudah pasti seluruh program studi yang akan dituju memiliki syarat masuk dengan minimal IPK yang harus dicapai. Biasanya capaian minimal IPK tiap program studi tidaklah sama. Semua tergantung pada jurusan yang kamu tuju.

3. Riset program studi

Paling penting adalah riset atau menggali informasi terkait pendaftaran maupun program studi pascasarjanamu. Jangan sampai tidak mengetahui sedikitpun jurusan yang akan dituju. Hal ini sangatlah berguna agar kamu dapat mempersiapkan segala perkuliahan S2 mu ya.

4. Perhatikan nilai TOEFL

Jika menempuh pendidikan S1 diwajibkan untuk memiliki nilai minimal TOEFL sesuai standar perguruan tinggi setempat. Maka hal ini berlaku juga pada pendaftaran pendidikan pascasarjana. Biasanya TOEFL yang dibutuhkan memiliki standar 450-500 atau tergantung pada perguruan tinggi setempat. Hal ini sangat wajib karena sudah pasti kamu akan mengulas dan membaca banyak jurnal internasional sebagai referensi dan pembelajarannya.

5. TPA (Tes Potensi Akademik)

Di beberapa universitas kamu diwajibkan untuk melakukuan tes TPA dengan target minimal nilai yang harus dicapai. Maka dari itu sebelum mendaftar untuk S2 kamu juga harus mempersiapkan untuk belajar Tes Potensi Akademik.

6. Mempersiapkan rekomendasi dari dosen

Untuk mendaftar S2, kamu harus memiliki rekomendasi dari dosen S1 dahulu. Untuk memberikan rekomendasi, kamu membutuhkan paling tidak 1-2 dosen. Nah mulailah untuk mencari dosen yang mau untuk memberikanmu rekomendasi untuk melanjutkan S2.

7. Persiapkan dokumen penting

Jangan lupa untuk mempersiapkan dokumen-dokumen penting seperti ijazah dan transkrip S1. Kamu juga harus siap dengan beberapa persyaratan dokumen pendukung lain seperti surat ijin dari instansi kerja, surat pernyataan kesanggupan menyelesaikan studi, surat keterangan jaminan pembayaran dan beberapa dokumen pendukung lain tergantung pada masing-masing perguruan tinggi.

8. Gambaran umum penelitian tesis

Jika kamu berniat untuk melanjutkan S2, Untuk masuk ke jenjang pascasarjana kamu juga harus memiliki rencana untuk gambaran penelitian tesismu. Ini karena dalam pendidikan pascasarjana kamu harus merencanakan karya tulis ilmiah yang berkualitas dan sangat baik sehingga hal ini juga dapat mempengaruhi waktu perkuliahan agar cepat lulus.

9. Persiapan belajar materi program studi yang dituju

Setelah melakukan riset informai mengenai segala aspek jurusanmu, saatnya kemudian untuk mempelajarinya sedikit demi sedikit mengenai materi yang kamu cari terkait jurusan magistermu. Hal ini sangat berguna agar kamu memiliki wawasan dan pengetahuan lebih sebelum menjalani perkuliahan sesungguhnya. Usahakan untuk mencari banyak referensi jurnal internasional terkait program studimu.

10. Biaya pendidikan

Hal ini sudah merupakan aspek penting yang perlu dipertimbangkan. Untuk melanjutkan pendidikan S2 tentu saja tidak sedikit biaya yang dikeluarkan. Maka dari itu, kamu harus siap dengan segala pengeluaran biaya pendidikan di S2 mu nanti. Jangan lupa untuk terus menggali informasi juga mengenai segala beasiswa negeri seperti LPDP untuk pembiayaan pendidikan S2 di perguruan tinggi yang kamu tuju.

Berapa lama kuliah S2?

Pendidikan jenjang strata2/S2 akan ditempuh mahasiswa selama 4 semester atau 2 tahun dengan 36 SKS. Waktu perkuliahan S2 pun sangatlah berbeda dengan perkuliahan dengan S1. Waktu perkuliahan tidak banyak dilakukan di kelas dan lebih banyak untuk melakukan belajar, riset, dan mengerjakan tugas.

Perkuliahan S2 juga memberikanmu pilihan untuk memilih mata kuliah sesuai yang kamu minati karena di sini mata kuliah yang kamu pilih akan dibahas lebih detail dan komprehensif.

Baca juga : Pengertian dan Perbedaan Skripsi, Tesis, dan Disertasi

Manfaat yang Diperoleh Ketika S2

Sebenarnya untuk melanjutkan pendidikan S2 tidaklah wajib bagi semua orang. Tapi, dengan melanjutkan pendidikanmu ke jenjang lebih tinggi akan memberikan banyak manfaat dan peluang yang luas untuk karir maupun kehidupanmu. Nah berikut ini manfat-manfaat yang diperoleh

1. Kesempatan karir terbuka lebih luas

Tentu saja ketika kamu menempuh pendidikan lebih tinggi kamu juga memperoleh manfaat untuk lebih luas dalam perkembangan karirmu. Kesempatanmu untuk bekerja di perusahaan ternama dan besar juga akan terbuka lebar.

2. Banyak dicari perusahaan besar

Menjadi lulusan S2 sangatlah menguntungkanmu ini karena banyak perusahaan besar yang mencari lulusan S2 karena dianggap lebih matang dalam ilmu dan skill yang dimiliki. Sehingga memungkinkan juga jabatan dan gajimu juga akan mengikuti sesuai gelar yang kamu peroleh.

3. Memperbanyak pengalaman dan koneksi

Masuk S2 tentu saja merupakan pengalaman yang sangat berharga bagimu. Metode pembelajaran dan memperdalam ilmu jurusan merupakan hal yang akan kamu lewati jatuh bangun, suka dan duka yang nantinya akan menjadi sebuah kenangan dan pembelajaran yang dapat diambil di kemudian hari. Kamu juga akan bertemu dengan banyak orang baru dan sudah pasti akan menambah relasi pertemananmu.

Nah itulah uraian mengenai syarat dan beberapa hal penting terkait S2 secara umum. Jika kamu ingin mengulik lebih spesifik mengenai syarat dan biaya masuk S2, tentu saja kamu harus menuju laman pendaftaran S2 di perguruan yang dituju. Manfaat lain yang didapatkan ketika menempuh S2 adalah ilmu yang diperoleh lebih banyak sehingga kamu dapat menjadi bermanfaat bagi sekitar dengan berkontribusi pada masayarakat dan negara.

Artikel terkait “syarat masuk kuliah S2” :

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in