jurusan kuliah ips yang menjamin masa depan

7 Jurusan Kuliah IPS yang Menjamin Masa Depan Disertai Prospek Kerja

Diposting pada 94 views

Jurusan kuliah IPS yang menjamin masa depan – Untuk kamu seorang siswa SMA kelas 12 yang saat ini akan dihadapkan dengan masa perkuliahan mendatang, kamu harus memilih jurusan yang sesuai minat jurusan SMA mu sebelumnya.

Untuk memilih jurusan perkuliahan tentu saja dirasa semua jurusan adalah baik selama kamu benar-benar berminat dan menekuni jurusanmu.

Berbagai macam jurusan perkuliahan mulai dari IPA hingga IPS yang banyak menjanjikan masa depan.

Untuk kamu siswa SMA dengan minat IPS, nah jurusan apa saja sih yang sesuai dengan minat tersebut dan menjanjikan? Berikut ini ulasan mengenai 10 jurusan kuliah IPS yang menjamin masa depan rekomendasi untuk kamu lengkap dengan prospek kerjanya.

Jurusan Kuliah IPS yang Menjamin Masa Depan

1. Akuntansi

definisi akuntansi

Jurusan Akuntansi merupakan jurusan yang mempelajari metode pencatatan, penggolongan, dan penyusunan dalam transaksi keuangan. Akuntansi di beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia menjadi salah satu jurusan yang masih memiliki minat dan jumlah pendaftar yang cukup banyak.

Ini karena jurusan akutansi terbilang sangat banyak memiliki peluang pekerjaan di berbagai perusahaan.

Tentu hal ini karena setiap perusahaan tentu saja memiliki divisi keuangan untuk mengatur segala urusan dana perusahaan mulai dari pemasukan, pengeluaran hingga pembayaran utang..

Prospek kerja jurusan akuntansi bisa sebagai manajer keuangan, akuntan, dan pemeriksa keuangan.

2. Administrasi Bisnis

administrasi bisnis

Mahasiswa jurusan administrasi bisnis biasanya mempelajari mengenai administrasi secara umum dan manajemen pekerjaan perusahaan.

Mereka yang masuk di jurusan ini masuk kategori dalam fakultas ekonomi yang juga cukup memiliki banyak peminat karena administrasi bisnis memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan.

Prospek pekerjaan jurusan administrasi bisnis ialah seperti manajer produksi industri, sekretaris eksekutif, dan administrasi.

3. Perpajakan

tugas staff pajak

Perpajakan salah satu jurusan dengan prospek kerja yang cukup luas dan banyak dibutuhkan di beberapa perguruan tinggi negeri, perpajakan biasanya ditempuh dengan pendidikan Diploma III atau Diploma IV.

Di sini kamu akan belajar mengenai hal-hal terkait administrasi perpajakan, penyusunan laporan pajak dan semua yang berkaitan dengan perpajakan.

Prospek pekerjaan dari jurusan ini ialah konsultan bea cukai, penilai pajak dan keuangan, dan ahli perencanaan pajak.

Baca juga : Jobdesk Staff Pajak (Tax Accounting) – Tugas, Syarat dan Gaji

4. Sastra Inggris

kata bijak bahasa inggris

Untuk kamu yang memiliki minat dalam dunia bahasa serta memiliki kecintaan dengan karya sastra, jurusan sastra Inggris sangatlah tepat.

Sastra Inggris tak hanya belajar mengenai teks pada karya sastra tapi juga gramatikal dan berbagai aspek kebahasaan.

Jurusan ini juga termasuk kategori jurusan ips yang menjamin masa depan karena menguasai bahasa asing khususnya bahasa Inggris di era saat ini merupakan nilai plus bagi siapapun yang mampu berkomunikasi dengan bahasa asing.

Keahlian bahasa Inggris akan membantumu mendapatkan pekerjaan di banyak perusahaan. prospek pekerjaan jurusan ini cukup luas, beberapa contoh seperti pada bagian diplomat/kedutaan besar, wartawan, penulis, atau penerjemah bahasa, dan masih banyak lagi.

5. Ilmu Komunikasi

pengertian komunikasi

Di beberapa perguruan tinggi, jurusan ini masih terbilang memiliki banyak peminat dan termasuk jurusan favorit.

Merupakan jurusan yang mempelajari pelajaran-pelajaran seperti public speaking, menulis berita, iklan, film, dan lain sebagainya.

Prospek pekerjaan jurusan ini ialah public relation, spesialis hubungan masyarakat, jurnalis, berkecimpung dalam dunia media, dan lain sebagainya.

Baca juga : Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

6. Ilmu Hukum

sistem hukum dan peradilan internasional

Jurusan hukum ialah jurusan yang masuk dalam kategori jurusan IPS yang banyak diminati karena prospek pekerjaan yang cukup menjanjikan.

Jurusan hukum biasanya dihubungkan dengan prospek kerja menjadi pengacara, jaksa, sekretaris legal, notaris, dan beberapa lainnya.

7. Psikologi

gelar sarjana psikologi

Jurusan psikologi merupakan jurusan yang cukup populer di Indonesia. Jurusan ini memiliki disiplin ilmu yang mempelajari mental, pikiran, dan perilaku manusia.

Lulusan jurusan psikologi memoliki prospek kerja yang cukup banyak dicari karena psikologi erat kaitannya dengan kemampuan untuk menganalisis perilaku dan kepribadian manusia.

Prospek pekerjaan jurusan ini ialah seperti rektruter, ahli psikometri, dan pengajar psikologi.  

Itulah 7 jurusan kuliah IPS yang menjamin masa depan. Sebenarnya masih banyak lagi jurusan IPS yang memiliki prospek kerja yang luas dan banyak. Untuk kamu yang masih bimbang dengan jurusan kuliah, semoga ulasan mengenai 7 jurusan tersebut membantu ya.

Baca juga : 10 Daftar Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in