jurusan ekonomi pembangunan

4 Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan

Diposting pada 429 views

Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan – Ilmu ekonomi memiliki banyak sekali prodi atau cabang. Salah satunya ialah ekonomi pembangunan. Jurusan ekonomi pembangunan merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang pembangunan ekonomi yang sudah, sedang dan akan terjadi di suatu negara, terutama negara yang sedang berkembang. 

Kita tahu bahwasannya indonesia merupakan negara yang sedang berkembang. Jadi bisa dipastikan, ilmu ini akan sangat dibutuhkan di negara kita. Itu merupakan salah satu alasan memilih jurusan ekonomi pembangunan.

4 Alasan Kamu Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan

Tapi bukan hanya itu saja, ada beberapa alasan lainnya. Berikut ini adalah 4 Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan.

alasan memilih jurusan ekonomi pembangunan
alasan memilih jurusan ekonomi pembangunan

1. Prospek Kerja yang Nyata

Seperti yang telah dibicarakan di atas, ilmu ekonomi pembangunan akan sangat banyak dibutuhkan oleh negara kita yang sedang berkembang. Lalu apa saja sih job desc dari lulusan ekonomi pembangunan? Salah satu diantaranya ialah sebagai tenaga ahli analisis ekonomi untuk suatu perusahaan.

Akan banyak sekali perusahaan perusahaan entah itu dibidang industri atau keuangan akan membutuhkan lulusan ekonomi pembangunan untuk menjadi analis pasar. Jangan kamu bayangkan jika analis pasar memiliki gaji pas pas an, karena gaji lulusan ekonomi pembangunan juga lumayan besar.

Selain itu, kamu bisa bekerja menjadi PNS atau bahkan BUMN. Sama halnya dengan perusahaan, kamu akan ditempatkan dalam bagian keuangan yang mengatur dan menganalisis pasar sehingga perusahaan atau negara bisa membangun ekonomi dengan baik dan maksimal.

Tidak sebatas itu saja jika membicarakan masalah prospek kerja lulusan ekonomi pembangunan. Kamu juga bisa menjadi tenaga pengajar seperti guru ekonomi atau dosen. Untuk menjadi dosen, kamu harus melanjutkan pendidikan S2 dengan jurusan ekonomi juga. Karena peluang menjadi dosen akan sangat besar, apalagi dosen jurusan ekonomi pembangunan. 

2. Dapat Membuka Lapangan Pekerjaan

Selain menjadi pegawai di suatu instansi pemerintah maupun perusahaan, seorang lulusan ekonomi pembangunan juga dibekali ilmu untuk memanajemen uang. Jadi serasa kamu bisa belajar banyak tentang akuntansi, manajemen, ekonomi mikro, dan lain sebagainnya. Inilah yang menjadikan alasan memilih jurusan ekonomi pembangunan.

Dengan memanfaatkan semua ini, kamu bisa membuka sebuah usaha. Semisal saja, kamu memiliki modal cukup, kamu bisa menjadi broker atau pialang. Jadi tugasmu di sini sebagai penghubung antara penjual dengan konsumen. Selain bisa mendapatkan komisi dari penjualan, kamu juga bisa ikut serta dalam membangun ekonomi di indonesia.

3. Bisa Bekerja untuk Negara Lain

Dengan berbekal ilmu ekonomi pembangunan, berarti kamu bisa merencanakan pembangunan untuk sebuah negara. Jadi kamu berpeluang untuk bisa bekerja untuk negara lain yang sedang berkembang atau bahkan sudah maju. Namun alangkah baiknya, kamu mengabdikan ilmumu untuk negara sendiri.

4. Jumlah Mahasiswanya Sedikit sehingga Saingan Mencari Kerja Juga Sedikit

Itulah yang berada di benak mahasiswa ekonomi pembangunan. Memang jumlah mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan lebih sedikit ketimbang prodi ilmu ekonomi lainnya. Karena jumlahnya yang sedikit ini, kamu berpeluang besar untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah, apalagi di negara yang sedang berkembang.

Selain itu, jumlah mahasiswa yang sedikit dipercaya lebih memiliki hubungan yang erat ketimbang mahasiswa yang banyak. Jadi kamu bisa memiliki channel yang luas dan berkualitas. Channel ini nantinya bisa saling mempertemukan lulusan ekonomi pembangunan dengan lowongan pekerjaan. Inilah salah satu alasan memilih jurusan ekonomi pembangunan. 

Di atas 4 alasan memilih jurusan ekonomi pembangunan. Alasan alasan tersebut dibuat seringkas mungkin sehingga lebih mudah untuk dipahami. Dengan mempertimbangkan alasan tersebut, kamu bisa menentukan apakah hendak mengambil jurusan ekonomi pembangunan atau tidak.