alasan memilih jurusan teknologi pangan

5 Alasan Memilih Jurusan Teknologi Pangan

Diposting pada 205 views

5 Alasan Memilih Jurusan Teknologi Pangan – Kita tidak bisa memungkiri lagi jika teknologi akan terus berkembang. Bukan hanya teknologi informasi, internet dan komputer saja yang akan berkembang, namun ada juga teknologi yang akan terus dibutuhkan, yaitu teknologi pangan.

Kita tahu bahwasannya manusia dan makhluk hidup lainnya pasti akan membutuhkan makanan. Maka dari itulah muncul ilmu baru yang membahas mengenai teknologi makanan. Ilmu tersebut bisa kamu pelajari di jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan.

5 Alasan Memilih Jurusan Teknologi Pangan

Ada banyak sekali alasan memilih jurusan teknologi pangan. Diantara beberapa nih kami sebutkan :

1. Lulus Bisa Merintis Karir atau Menjadi Entrepreneur

Ilustrasi lulusan teknologi pangan menjadi pengusaha
Ilustrasi lulusan teknologi pangan menjadi pengusaha

Ketika kamu masuk jurusan teknologi pangan, kamu akan mempelajari pengolahan pangan untuk meningkatkan nilai jual. Nah dengan bermodal ilmu tersebut, kamu bisa menjadi seorang entrepreneur mandiri berbasis teknologi pangan. Ini merupakan alasan memilih jurusan teknologi pangan yang paling logis dan berpeluang besar.

Selain menjadi entrepreneur, kamu juga bisa merintis karir mu untuk menjadi seorang supervisor di bidang produksi makanan atau seorang ahli gizi. Selain itu pula, kamu bisa menjadi seorang peneliti di bidang pangan, semisal di LIPI atau perusahaan besar lainnya. 

2. Jurusan yang Selalu Dibutuhkan Di Sepanjang Zaman

Pangan atau makanan akan selalu dibutuhkan oleh siapapun. Dengan hadirnya teknologi pangan ini, diharapkan nantinya makanan tersebut yang awalnya bersifat “classic” diubahnya menjadi sedikit lebih bermutu dengan menambahkan bahan lainnya atau merubah sifat.

Dengan masuk ke jurusan teknologi pangan, kamu sudah berkontribusi dalam menjaga ketahanan pangan. Inovasi inovasi makanan yang kamu miliki, nantinya secara tidak langsung bisa membantu masyarakat dunia untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka. 

3. Prospek Kerja Luas, Bahkan Hingga ke Luar Negeri

Jurusan teknologi pangan bisa ke luar negeri lho
Jurusan teknologi pangan bisa ke luar negeri lho

Jangan tanyakan lagi masalah prospek kerja lulusan teknologi pangan. Rata rata, serapan lulusan teknologi pangan adalah di bidang industri. Terutama di industri bagian pengolahan makanan, pertanian dan lain sebagainnya. Biasanya sebagai supervisor, quality control, assurance control, audit dan lain sebagainnya.

Selain itu, biasanya negara negara yang memiliki kemakmuran di bidang pangan akan membutuhkan banyak tenaga ahli teknologi pangan. Semisal saja Jepang. Jepang kemaren pernah membuka lapangan pekerjaan bagi lulusan teknologi pangan. Prospek kerja yang luas inilah yang dapat kamu jadikan untuk memilih jurusan ini.

4. Pengembang Produk Makanan

ahli teknologi rasa

Jika kalian berpikir, bagaimana sih kok bisa ada rasa pada makanan. Semisal mie goreng yang kini banyak di jual di warung. Kenapa ada yang rasanya seperti soto, sate dan bahkan rendang. Kenapa bisa begitu? Semua itu hadir karena orang dari jurusan teknologi pangan.

Kamu bisa menjadi pengembang suatu produk makanan yang ada di suatu perusahaan. Bisa dibilang, kamu menjadi penelitinya di perusahaan tersebut. Memang untuk masuk menjadi bagian dari pengembang di perusahaan, akan ada seleksi yang ketat. Karena kamu akan memegang kunci kesuksesan dari suatu perusahaan. Maka tak heran jika gajimu akan sangat besar pada karir ini. 

5. Pengabdian Untuk Negeri Besar

prospek kerja teknologi pangan

Ternyata bukan hanya TNI atau polisi saja yang bisa mengabdikan dirinya untuk negeri, lulusan teknologi pangan pun juga bisa. Kamu bisa menjadi peneliti untuk mengembangkan produk makanan yang bahan dasarnya mudah didapat namun bisa memenuhi kebutuhan gizi masyarakat indonesia. Pengabdianmu untuk menjadi peneliti bisa menjaga ketahanan pangan indonesia.

Di atas merupakan 5 alasan memilih jurusan teknologi pangan. Memang tidak bisa dipungkiri lagi jika jurusan pangan sangat banyak dibutuhkan dan memiliki prospek cerah kedepannya.