jurusan kuliah ips yang jarang diminati

10 Daftar Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati

Diposting pada 114 views

Jurusan kuliah IPS yang jarang diminati – Kamu sedang duduk di bangku SMA/SMK? Terlebih lagi jika kamu sudah duduk di kelas 12 sudah pasti akan mempersiapkan untuk masuk ke bangku kuliah.

Kamu kini mulai mencari tahu informasi mengenai berbagai jurusan dan universitas favorit yang akan kamu pilih. Untuk kamu yang sebelumnya jurusan IPA tentu saja banyak sekali jurusan favorit idaman seperti kedokteran, analisis kesehatan, teknik, sistem informasi dan lain sebagainya.

Nah bagaimana dengan jurusan IPS? Banyak juga kok jurusan IPS favorit hingga peminat jurusan-jurusan tersebut biasanya sangat banyak.

Nah maka dari itu kamu harus mempersiapkan strategi dalam memilih jurusan-jurusan IPS yang biasanya jarang diminati agar peluangmu untuk masuk juga semakin besar.

Berikut ini 10 daftar jurusan kuliah IPS yang jarang diminati.

Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati

1. Jurusan Sastra Indonesia

Walaupun jurusan ini terbilang cukup populer dan sudah banyak tersedia di beberapa universitas seluruh Indonesia, tapi nyatanya jurusan sastra Indonesia merupakan termasuk jurusan yang jarang diminati.

Terbilang jarang diminati karena mayoritas masyarakat masih menganggap bahwa sastra Indonesia memiliki prospek kerja yang kurang menjanjikan dan hanya berkutat pada pembelajaran puisi-puisi dan drama.

Padahal jurusan sastra Indonesia sesungguhnya memiliki prospek kerja yang lebih luas dan kekinian seperti content writer, penulis, jurnalis, sutradara, dan lain sebagainya.

Sastra juga erat sekali dikaitkan dengan seni maka dari itu kuliah sastra Indonesia juga cukup menyenangkan.

Tidak usah ragu lagi untuk mendaftar jurusan ini walaupun terbilang masih jarang diminati. Karena jarang diminati, peluang masuk jurusan ini pun cukup lebar.

2. Jurusan Ilmu Perpustakaan

jurusan ilmu perpustakaan

Pernah mendengar jurusan ilmu perpustakaan? Ilmu perpustakaan merupakan jurusan yang melibatkan keahlian di bidang manajemen, informasi teknologi, pendidikan, mengumpulkan, menyimpan data, pengarsipan, dan merapikan.

Ilmu perpustakaan juga dikatakan sebagai jurusan kuliah ips yang jarang diminati karena terkesan memiliki prospek kerja yang sangat terbatas.

Sebenarnya, ilmu perpustakaan merupakan jurusan yang menarik lo, ini karena nanti kamu akan diajarkan bagaimana mengelola manajemen perpustakaan dengan baik.

Nah tak ada salahnya kamu mencoba untuk mengambil peluang di jurusan ilmu perpustakaan untuk masuk di universitas negeri favoritmu.

3. Sastra Jepang

jurusan sastra jepang

Sastra Jepang jadi salah satu juga yang masuk dalam jurusan kuliah IPS yang jarang diminati. Ini karena sebagian orang menganggap mempelajari bahasa Jepang masih terbilang kurang penting.

Nah kamu bisa memanfaatkan strategi ini untuk masuk perguruan tinggi favoritmu.

Justru, sastra Jepang biasanya memiliki prospek kerja yang sangat bagus melihat perkembangan dunia yang semakin maju dan sangat sering menjalin kerjasama Indonesia dengan Jepang.  

Baca juga : Daftar 6 Politeknik Dengan Jurusan Teknik Mesin Terbaik

4. Jurusan Ilmu sejarah

jurusan ilmu sejarah

Jurusan ini memang terbilang bukan jurusan baru tapi termasuk jurusan kuliah IPS yang jarang diminati karena pandangan beberapa orang mengenai prospek kerjanya hanya berkutat dan menjadi sejarahwan.

Ilmu sejarah merupakan studi yang mempelajari rekontruksi suatu perisiwa masa lampau secara kronologis. Walaupun jarang diminati, nyatanya belajar sejarah cukup seru dan menyenangkan.

Prospek pekerjaannya pun tak hanya sebagai sejarahwan tapi juga sebagai pengajar, peneliti, kearsipan, dan lain sebagainya.

Kamu bisa mencari tahu lebih dalam mengenai jurusan ini dan membaca peluang dengan baik agar memiliki potensi yang besar untuk masuk perguruan tinggi yang dipilih.

5. Jurusan Filsafat

jurusan ilmu filsafat

Sudah tahu jurusan filsafat? Yah jurusan filsafat merupakan program studi yang mempelajari permasalahan mendasar manusia dan hubungannya dengan realita.

Kamu yang memiliki karakteristik pemikir sebenarnya sangat cocok masuk di jurusan ini.

Walaupun terbilang sepi peminat karena masih terbilang jurusan yang cukup langka, tapi jurusan filsafat terbilang cukup keren lo.

Bahkan beberapa orang mengatakan filsafat merupakan jurusan yang cukup sulit ditembus dan menghasilkan individu pemikir yang kritis. Prospek kerjanya pun luas mulai dari pengajar, penasihat, hingga jurnalis. Kamu

6. Jurusan Arkeologi

jurusan arkeologi

Jurusan Arkeologi di Indonesia termasuk jurusan kuliah IPS yang jarang diminati karena sebagian masyarakat juga masih belum banyak mengetahui.

Arkeologi merupakan jurusan yang mempelajari pendekatan sejarah dengan melakukan penelitian menggunakan sumber-sumber primer seperti budaya material dan kondisi lingkungan peradaban sebelumnya.

Kamu dapat mempelajari berbagai peradaban kuno dan sejarah yang sangat menarik di sini.

Sebagai yang termasuk jurusan IPS yang jarang diminati, maka dari itu kamu bisa memanfaatkan strategi masuk perguruan tinggi negeri pilihanmu dengan mengambil jurusan ini.

Baca juga : 8 Alasan Mengikuti Kepanitiaan Kampus Yang Ternyata Banyak Manfaatnya

7. Jurusan Sastra Jawa

Jurusan sastra jawa merupakan studi yang mempelajari segala aspek kebudayaan, linguistik, bahasa, karya sastra Jawa.

Jurusan sastra Jawa tidak melulu dikaitkan dengan profesi dalang, sinden, atau lainnya tapi justru mereka akan banyak mempelajari dan meneliti berbagai naskah-naskah jawa kuno yang memiliki topik filsafat, politik, sampai kesehatan.

Jurusan ini memang terbilang jarang diminati karena terkesan kuno tapi sebenarnya memiliki peluang yang bagus kedepannya untuk menjadi peneliti yang sekaligus tetap melestarikan budaya jawa.

8. Jurusan Ilmu pemerintahan

jurusan ilmu pemerintahan

Ilmu pemerintahan adalah jurusan yang mempelajari mengenai manajemen atau pengelolaan sebuah organisasi publik.

Masih jarang diminati karena merasa ilmu pemerintahan hanya berkutat terbatas pada politik.

Padahal sebenarnya prodi ilmu pemerintahan akan memahami berbagai lembaga pemerintahan dan tugas-tugas terkait administrasi, manajemen, dan organisasi badan-badan publik.

Prospek kerja ilmu pemerintahan biasanya berhubungan dengan birokrasi kantor pemerintahan pusat maupun daerah.

Jika kamu memiliki ketertarikan yang lebih pada dunia pemerintahan tak ada salahnya memilih jurusan ini.

Baca juga : Cara Berorganisasi yang Baik, Simak 10 Hal Ini

9. Jurusan Sastra Prancis

jurusan sastra prancis

Selain sastra Indonesia dan Jepang, sastra Prancis juga masuk kategori jurusan sastra yang masih sepi peminat.

Sama seperti lainnya, studi sastra masih dianggap sebagai studi ilmu yang kurang penting dan memiliki prospek kerja yang kurang.

Padahal sesungguhnya mempelajari sastra tak hanya sekadar menganalisis bahasa dan sebuah karya tapi juga berbagai aspek lainnya seperti kebudayaan dan lainnya.

Sastra Prancis pun memiliki prospek kerja yang menjanjikan seperti menjadi penerjemah maupun berkarir di perusahaan internasional.

10 Jurusan Ilmu Politik

jurusan ilmu politik

Jurusan ilmu politik biasanya mempelajari mengenai teori dan praktik politik.

Ilpol termasuk juga salah satu jurusan kuliah IPS yang jarang diminati karena beranggapan bahwa ilmu politik hanya terpusat pada propek kerja organisasi politik dan pemerintahan saja.

Padahal, jurusan ini sangat menarik karena mengajarkan berbagai teori mengenai sistem politik yang ada di dunia. Prospek kerjanya pun juga cukup luas seperti akademis, analisis politik, pengajar, dan lain sebagainya.

Baca juga : 7 Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja dan Menjanjikan

Itulah 10 jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi sebenarnya memiliki peluang prospek pekerjaan yang tak kalah menjanjikan dengan jurusan kuliah IPS favorit lain.

Sebenarnya, semua jurusan baik IPA maupun IPS masing-masing merupakan jurusan yang baik dan menjanjikan.

Jurusan-jurusan tersebut tentu saja memiliki kelebihan dan keunikannya sendiri-sendiri, untuk masalah prospek pekerjaan sebenarnya semua tergantung pada kerja keras dan keyakinan masing-masing individu.

Jadi, walaupun terbilang jarang diminati, jika kerja keras, fokus dan menekuni satu bidang tertentu semua akan berdampak baik untuk peluang yang akan datang.

Kamu juga sebagai mahasiswa harus diimbangi dengan pembelajaran di luar kelas seperti bergabung dalam UKM dan organisasi-organisasi di kampus agar softskillsmu terlatih dengan baik daik.

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in