gelar sarjana komunikasi

Gelar Sarjana Komunikasi : Cara Penulisan dan Fungsinya

Diposting pada 126 views

Gelar Sarjana Komunikasi – Saat Kamu lulus dari  perguruan tinggi maka akan mendapatkan gelar akademik sesuai dengan bidang studi yang diambil. Beda bidang studinya maka gelar kademik yang diberikan pun juga berbeda. Ada tiga macam gelar akademik, yaitu sarjana, master dan doktor.  Berikut ini akan dibahas mengenai gelar sarjana komunikasi dan contoh penulisannya.

Jurusan komunikasi tidak kalah pentingnya dengan program studi lainnya di perguruan tinggi. Komunikasi mempelajari mengenai tata cara berkomunikasi dengan baik dan bergaul menggunakan alat komunikasi sebagai sarana untuk saling berhubungan antar masyarakat.

Cara Penulisan Gelar Sarjana Komunikasi

Gelar sarjana diberikan kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan masa studinya di sebuah perguruan tinggi selama jangka waktu tertentu dan dinyatakan lulus. Pada umumnya, mahasiswa menyelesaikan masa studinya selama empat tahun.

Syarat kelulusan tidak hanya ditentukan dari hasil skripsi atau tugas akhir saja. Namun, juga dilihat apakah mahasiswa tersebut telah memenuhi jumlah minimal SKS (Satuan Kredit Semester) sesuai kebijakan masing-masing perguruan tinggi.

Apabila Kamu adalah lulusan perguruan tinggi di dalam negeri maka gelar yang disandang oleh sarjana komunikasi adalah S.Kom.

Cara penulisannya adalah nama kemudian koma, lalu ditulis huruf S dan titik, terakhir Kamu tulis Kom dan titik lagi.

Contohnya adalah Nurul Kamila, S.Kom.

S merupakan kependekan dari kata sarjana dan Kom adalah kependekan dari kata komunikasi. Namun, apabila  Kamu adalah lulusan perguruan tinggi luar negeri maka penulisan gelarnya adalah B.Commun atau Bachelor of Communication. Contohnya adalah Nurul Kamila, B.Commun.

Baca juga : Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Fungsi Gelar Sarjana Komunikasi

1. Sebagai sarana untuk menjadi event organizer

Suatu event organizer tentu sangat membutuhkan lulusan sarjana komunikasi. Hal ini dikarenakan sarjana tersebut memiliki skill dalam merancang sebuah acara dengan baik sehingga mampu menyampaikan pesan dari acara tersebut.

Agar suatu acara bisa sukses memberikan reputasi baik maka perlu dikelola secara profesional. Selain itu, juga membutuhkan skill berkomunikasi yang baik agar pihak penyelenggara event puas dengan hasil kinerja event organizer tersebut. Hal inilah yang menjadi tantangan seseorang yang menggeluti bidang event organizer

2. Sebagai syarat untuk menjadi presenter

Salah satu tantangan menjadi seorang presenter adalah harus mampu menyampaikan pesan secara menarik dengan bahasa yang mudah dimengerti khalayak umum. Skill tersebut dapat Kamu jumpai pada diri para lulusan sarjana komunikasi. Misalnya untuk menjadi presenter di televisi dalam acara gossip, memandu tayangan olahraga seperti sepak bola dan lain-lain.

Skill yang menjadi modal utama lulusan komunikasi adalah kemampuannya dalam mengolah kata sehingga bisa berbicara di depan umum dengan lancar. Dengan demikian, maksud dan tujuan yang ingin disampaikan dapat ditangkap dengan baik.

3. Sebagai syarat untuk menjadi public relation

Public relation merupakan salah satu jenis pekerjaan yang menjanjikan bagi sarjana komunikasi. Kamu bisa memanfaatkan kemampuan berbicara dan menyampaikan pesan untuk bekerja  di perusahaan.

Tugas dan tanggung jawab seorang public relation adalah menjaga nama baik dan reputasi perusahaan. Selian itu, menciptakan hubungan yang baik dan harmonis antara perusahaan dengan klien.

4. Sebagai sarana untuk bekerja dibidang periklanan

Berbicara mengenai dunia periklanan tak lepas dengan lulusan sarjana komunikasi. Hal ini dikarenakan sarjana komunikasi memiliki kemampuan dalam mempengaruhi publik untuk memakai suatu barang atau jasa dengan menyampaikan pesan-pesan lewat media menggunakan bahasa yang menarik.

Biasanya iklan yang menarik dapat membuat orang penasaran dengan produk yang ditawarkan. Dengan demikian, timbul keinginan dari orang tersebut untuk mencoba produk atau menggunakan jasa yang dipromosikan melalui iklan di media.  

Melalui iklan banyak perusahaan yang sukses memasarkan hasil produksinya. Oleh karena itu, banyak sarjana komunikasi yang terjun ke dunia marketing communication. Tugasnya adalah menyusun sebuah strategi komunikasi agar pemasaran produk perusahaan menjadi efektif.

5. Sebagai sarana untuk menjadi seorang jurnalis

Bekerja menjadi seorang jurnalis harus mampu untuk mengolah suatu berita agar pesan yang ingin disampaikan bisa dikonsumsi masyarakat. Oleh karena itu, seorang jurnalis membutuhkan skill menulis yang bagus, memiliki tingkat kepekaan sosial yang tinggi dan mampu memilah berita mana yang layak dikonsumsi masyarakat.  

6. Berpeluang Sebagai Editor

Sarjana komunikasi juga berpeluang besar untuk menggeluti profesi sebagai editor. Seorang editor harus memiliki kecakapan dalam berbicara yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Merangkai kata menjadi sebuah kalimat agar suatu pesan dapat tersampaikan dengan baik bukanlah pekerjaan yang mudah. Tentu Kamu membutuhkan skill khusus.

7. Sebagai syarat melanjutkan program master (S2 Komunikasi)

Bagi Kamu yang memiliki cita-cita untuk menjadi dosen di program studi komunikasi maka untuk mewujudkannya harus melanjutkan program master atau S2. Salah satu syarat untuk bisa mendaftar S2 adalah memiliki ijazah sarjana.

Informasi di atas dapat Kamu jadikan sebagai sumber referensi untuk menulis gelar sarjana. Selain itu, disajikan juga beberapa contoh penulisan gelar sarjana komunikasi baik untuk lulusan perguruan tinggi di dalam negeri maupun di luar negeri. Dengan demikian, Kamu bisa menulis berbagai gelar sarjana dengan baik dan benar.