daftar website jurnal internasional dan nasional

Daftar Website Jurnal Internasional & Nasional

Diposting pada 367 views

23 Daftar Website Jurnal Internasional & Nasional – Referensi merupakan hal yang penting bagi penulis artikel tersebut. Biasanya setiap karya tulis ilmiah yang makin banyak memiliki referensi, akan semakin baik.

Nah untuk mencari referensi artikel yang kamu buat tak hanya di dapat dari buku tapi juga diambil dari beberapa jurnal nasional atau internasional.

Berikut ini akan mengulas 17 daftar website jurnal internasional dan 5 website jurnal nasional yang dapat membantumu untuk mencari jurnal internasional guna membantu penulisan artikel atau penelitian ilmiahmu.

17 Daftar Website Jurnal Internasional

1. Google Scholar

Google Scholar - Sius Jurnal Internasional
Google Scholar – Sius Jurnal Internasional

Google scholar atau Google Cendekia ini https://scholar.google.com/ merupakan sebuah layanan pencarian khusus untuk para akademisi.


Google Scholar memberikan pencarian atas karya-karya ilmiah dengan cakupan luas dan gratis.

Di Google Scholar kamu bisa mencari berbagai karya ilmiah dengan mengetikkan judul atau kata kunci di kolom pencarian dan akan memunculkan berbagai jurnal maupun artikel ilmiah yang berkaitan dengan kata kunci yang kamu cari.

Kamu bisa memilih susuai kebutuhanmu karena banyak pilihan karya tulis ilmiah yang bisa dijadikan referensi.

Cara Mencari Jurnal di Google Scholar

a. Buka google scholar di alamar scholar.google.com
b. Setelah itu tinggal tulis jurnal yang ingin kamu cari. Misalnya kamu ingin mencari jurnal tetang “manajemen sdm” maka tinggal ketikkan saja “manajemen sdm”

Note : Jika Anda ingin mencari jurnal internasional, gunakan kata kunci dalam bahasa inggris.

c. Maka akan muncul hasil penelusuran[2]. Kamu dapat mengatur hasil penelusuran berdasarkan tahun pembuatan jurnal di sisi kiri [1]. Anda juga dapat memilih dokumen yang bisa didownload dalam bentuk PDF [3].

cari jurnal internasional di google scholar

Anda juga dapat melihat sumber jurnalnya dibawah judul. Pilih sumber jurnal yang terpercaya.

2. DOAJ (Directory of Open Accesss Journals)

doaj situs jurnal internasional

Situs ini juga penyedia layanan open jurnal gratis dan berkualitas yang dapat kamu akses dengan mudah.

Doaj telah memiliki 15,259 Jurnal lebih dari 134 negara, selain itu didalamnya juga ada 5,323,413 artikel Cukup banyak bukan?

Kamu bisa menampilkan artikel secara full text atau hanya sekadar cuplikan abstrak saja.

Format artikel dapat berupa pdf. Artikel berasal dari berbagai negara dan universitas seluruh dunia. Silakan mencoba mencari artikel ilmiah yang kamu butuhkan di sini https://doaj.org/.

Untuk mulai mencari jurnal, Anda dapat menggunakan fitur pencarian. Anda bisa menfilter apakah mau mencari jurnal, mencari artikel atau kedua-duanya.

3. Academia.edu

academia edu situs jurnal internasional

Academia merupakan jejaring sosial yang berfungsi untuk membagikan sebuah dokumen berupa kara-karya ilmiah yang dibuat para akademisi seperti mahasiswa, murid, guru, dosen, dan lainnya.

Kamu bisa mengakses berbagai karya tulis ilmiah yang dibutuhkan. Tak hanya dapat mendownload kamu juga bisa membagikan karya tulis ilmiahmu untuk dapat dimanfaatkan oleh pengguna lain sebagai referensi.

Tapi yang perlu diperhatikan, Anda harus selektif dalam memilih jurnal di academia.edu, mengingat setiap orang bebas untuk upload dokumen apapun. Sehingga pastikan judul, isi dan sumbernya terpercaya.

Sangat menarik dan bermanfaat. Silakan bergabung di Academia jangan lupa melengkapi profilmu ya. Kamu bisa akses Academia di sini https://www.academia.edu/.

Cara download file journal di academia.edu :

a. Untuk download sebuah dokumen Anda harus REGISTER sebagai anggota terlebih dahulu, setelah itu Anda bisa LOGIN dengan akun yang baru saja Anda daftarkan.

b. Anda dapat mulai mencari jurnal dengan kata kunci yang sesuai dengan yang Anda.

download jurnal di academia edu

c. Ketika muncul jurnal yang sesuai, tinggal klik “download” dan tunggu sampai file selesai di dwonload.

d. Anda juga bisa menambahkan ke library untuk koleksi dan bisa kapanpun Anda buka.

4. FreeFullPDF

website jurnal internasional - free full pdf

Tenang saja, jika kamu masih kurang yakin dan mencari referensi artikel ilmiah lain kamu dapat mencoba mencarinya di FreeFullPDF.

Di sini kamu dapat mengetikkkan kata kunci yang kamu cari. Anda tidak hanya bisa mencari jurnal saja, tapi juga jenis dokumen lain seperti :

  • Thesis
  • Review
  • Patent
  • Clinical trial
  • Proceedings
  • Curriculum Vitae
  • Poster

Pada intinya freefullpdf.com ini sangat mirip dengan google schoolar, fungsinya sebagai mesin pencari namun lebih berfokus pada dokuman.

Terdapat beberapa artikel dengan konsentrasi ilmu sains, kedokteran, sosial, dan humaniora. Kamu dengan mudah dapat mengakses di alamat ini http://freefullpdf.com/.

5. Cambridege Core

website jurnal internasional

Website jurnal internasional Cambridge Core termasuk situs pencarian yang cukup komprehensif dan memiliki kualitas terbaik.

Di sini terdapat 10.000 pengguna untuk memberikan kontribusi berupa tulisan ilmiah pada Cambridge Core.

Cambridge Core memiliki tujuan untuk pembca dan peneliti mengakses berbagai jurnal ilmiah. Kamu bisa mengunjunginya di situs ini www.cambridge.org.

6. Ijea (International Journal of Education & the Arts)

international journal of education the arts

Ijea merupakan sebuah website sama seperti yang lain yaitu menyediakan akses terbuka untuk jurnal dan karya-karya ilmiah.

Ijea menyediakan berbagai jurnal dan artikel berkaitan dengan topik seni seperti pendidikan seni visual, pendidikan musik, teori seni, pendidikan drama, pendidikan tari, pendidikan sastra.

Kamu bisa mengakses beberapa artikel ilmiah tersebut di laman berikut ini http://www.ijea.org/.

Untuk mengakses jurnal atau artikel ilmiah, Anda bisa mengakses di menu “Article”.

Setelah itu pilih volume berdasarkan tahun. Katakanlah kita akan mencari jurnal yang terbit di tahun 2020, maka kita pilih volume 21 – 2020.

Anda tinggal mencari jurnal yang cocok dengan kriteria yang Anda inginkan. Jika ingin cepat, bisa memanfaatkan fitur pencarian dengan menekan tombol keyboard CTRL + F lalu ketikkan kata kuncinya.

7. BookSC

jurnal internasional bookscorg

BookSC situs penyedia artikel dan jurnal ilmiah yang dapat menjadi alternatif kamu dalam mencari beberapa referensi untuk mendukung penelitianmu.

Dalam halaman beranda tertera jumlah buku dan artikel yang ada dalam database mereka, saat ini lebih dari 5,7 juta buku dan 77,5 juta artikel tersedia. Kamu bisa mengaksesnya di web berikut ini https://booksc.org/.

Untuk mulai mencari buku atau artikel ilmiah dapat mengikuti langkah berikut ini :

1. Ketikkan kata kunci dalam kolom pencarian, bisa berupa judul, penulis DOI, journal, md5 dll.

2. Gunakan “Search Option” untuk mengatur hasil pencarian. Exact matching berarti yang ditampilkan hanya yang paling sesuai. Kamu juga dapat mengatur rentang tahun terbit jurnal.

3. Akan ada dua tab yaitu Books dan Articles.

download buku internasional

4. Klik buku atau article yang ingin Anda lihat secara lebih detail.

5. Dibagian bawah terdapat 3 buttons :

cara download jurnal internasional
  • Download : untuk mendownload dokumen
  • Preview : untuk melihat isi tanpa mendownload
  • Send-to Kindle or Email : untuk mengirim dokumen via email atau kindle.

8. Microsoft Academic

microsoft academic website mencari jurnal

Salah satu website untuk mencari artikel dan jurnal ilmiah ini bernama Microsoft Academic.

Di sini kamu dapat mencari berbagai jurnal ilmiah internasional maupun nasional. Kamu juga bisa mendapatkan hasil konferensi.

Terdapat 40.000 jurnal, 200 juta publikasi dari 25.000 institusi yang masuk dalam Microsoft Academic. Sangat banyak dan bermanfaat untuk menambah referensimu membuat karya tulis ilmiah.

Baca juga : Perbedaan Jurnal dan Paper

9. Taylor and Francis Online

website taylor francis online

Kamu bisa mencari referensi artikel atau jurnal ilmiah di salah satu penyedia situs jurnal internasional satu ini yaitu di Taylor and Francis Online.

Kamu bisa scroll websitenya sedikit ke bawah dan menemukan banyak macam bidang konsentrasi yang tersedia carilah sesuai jurusan atau fokus ilmu mu dan kemudian pilihlah artikel ilmiah sesuai kebutuhanmu.

Terdapat sekitar 4 jutaan artikel publikasi di Taylor and Francis Online. Kamu bisa mengaksesnya di situs ini https://www.tandfonline.com/.

10. ScienceDirect

website science direct

Untuk kamu yang bergerak di bidang kesehatan, engineering, dan ilmu sosial, situs akses jurnal internasional ini layak menjadi pilihanmu untuk mencari banyak referensi artikel ilmiah terkait bidang-bidang tersebut.

Di bagian atas website terdapat kolom pencarian mulai dari keywords artikel yang akan kamu cari, nama penulis, judul jurnal atau buku, volume, persoalan, atau halaman. Kamu bisa mencobanya di situs ini https://www.sciencedirect.com/.

11. Research Gate

research gate website mencari jurnal

Research Gate juga merupakan situs layanan untuk mengakses jurnal-jurnal ilmiah yang dapat dijadikan sebagai referensi untukk karya tulis ilmiahmu untuk S1 dan S2.

Kamu bisa bergabung dengan gratis dengan mengklik tombol di kanan atas “Join For Free”.

Di situs Research Gate, tidak semuanya jurnal atau artikel terbuka secara bebas dan umum ada juga beberapa yang harus membutuhkan ijin akses dari penulisnya.

Kamu bisa mencoba Research Gate di laman ini https://www.researchgate.net/

12. JSTOR

jstor-website-mencari-jurnal

Situs JSTOR menyediakan akses ke lebih dari 12 juta artikel jurnal akademik atau buku yang tersedia dari 75 disiplin ilmu.

Kamu bisa secara sepuasnya mencari berbagai artikel ilmiah di sini.

JSTOR juga berkolaborasi dengan komunitas-komunitas akademik yang membantu para mahasiswa untuk memberikan akses pada jurnal ilmiah.

Kamu bisa mencoba dengan menulis kata kunci topik yang kamu cari di mesin pencarian JSTOR. Untuk mencobanya kamu bisa mengakses website JSTOR berikut ini https://www.jstor.org/.

13. Sage Journals

sage journals

Terakhir, ada situs penyedia jurnal dan artikel ilmiah bernama Sage Journals, di sini kamu dapat mengakses jurnal-jurnal ilmiah yang disediakan dari beberapa disiplin ilmu.

Kamu bisa masuk dari individu, institusi, atau komunitas. Silakan dicoba dan sangat membantu dalam pencarian akses jurnal internasional. Kamu dapat mengunjungi situsnya di https://journals.sagepub.com/.

14. Biomed Central

bmc journals

Kamu seorang akademika yang memiliki disiplin ilmu biologi dan farmasi? Website jurnal internasional satu ini akan membantumu menyediakan berbagai jurnal dan artikel ilmiah terkait topik biologi dan farmasi.

Di sini menyediakan 65 jurnal inklusif yang berfokus pada kebutuhan individu, institusi, atau komunitas. Kamu bisa mencoba akses Biomed di link berikut ini www.biomedcentral.com.

15. IOSR Journals

iosr journal

IOSR journals merupakan sebuah organisasi perkumpulan para ilmuwan, peneliti, professor, direktur, insinyur, dan segala dari bidang Teknik yang menyediakan situs penyedia jurnal internasional berkualitas untuk kebutuhan pendidikan di seluruh dunia.

Kamu dapat mengakses jurnal ilmiah dengan gratis dan mudah. Kunjungi situsnya di sini http://iosrjournals.org/.

16. CiteSeer

cite seer x tempat mencari jurnal

CitiSeer merupakan situs perputakaan digital yang menyediakan berbegai literatur ilmiah terutama pada bidang komputer.

Sangat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan referensi jurnal ilmiah terkait ilmu komputer. Kamu bisa mengaksesnya di http://citeseer.ist.psu.edu/

17. Economics

Untuk kamu para mahasiswa yang memiliki fokus disiplin ilmu ekonomi. Salah satu situs website jurnal ilmiah ini dapat kamu akses.

Di sini terdapat berbagai artikel dan jurnal ilmiah dalam bidang ekonomi yang dapat membantu menjadikan referensi sebuah karya ilmiahmu.

Akses websitenya di sini http://economics-ejournal.org/.

Baca juga : Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku, Jurnal, Website, Skripsi

Situs Jurnal Nasional

Selain mencari pada jurnal-jurnal ilmiah tentu saja kamu biasanya juga mengakses beberapa jurnal nasional atau yang berbahasa Indonesia melalui Google Scholar atau Academia untuk lebih membantumu dalam penelitian karya tulis ilmiahmu.

Tak hanya Google Scholar atau Academia, ternyata terdapat beberapa situs lain juga yang menyediakan banyak artikel ilmiah nasional yang dapat kamu akses. Berikut ini akan diulas juga mengenai situs penyedia jurnal nasional.

1. Garuda (Garda Rujukan Digital)

garuda jurnal internasional

Merupakan situs online penyedia website jurnal ilmiah dari kementerian riset dan teknologi Indonesia.

Di sini terdapat 1 jutaan artikel atau jurnal ilmiah yang dapat kamu akses dengan mudah menurut disiplin ilmu masing-masing.

Sangat direkomendasikan untuk para mahasiswa atau yang baru pertama kali mencoba membuat sebuah karya ilmiah. Kamu bisa mendatangi situsnya di http://garuda.ristekbrin.go.id/.

2. Perpusnas

perpustakaan nasional tempat mencari jurnal nasional

Tak hanya berbagai macam buku-buku lengkap yang tersedia di perpustakaan nasional, ternyata banyak juga artikel atau jurnal ilmiah yang dapat kamu cari di sini dan manfaatkan sebagai bahan rujukan penelitian kamu.

Sebelum kamu bisa mengakses, kamu diharuskan untuk registrasi menjadi member sebelum menikmati jurnal gratis.

Oh ya tak hanya jurnal nasional saja, untuk jurnal internasional ternyata juga disediakan di sini. Kamu bisa mengaksesnya di situs perpusnas http://e-resources.perpusnas.go.id/.

3. ISJD-LIPI

isjd database jurnal ilmiah indonesia

Salah satu website jurnal nasional dari LIPI. Website ini berisi kumpulan jurnal ilmiah yang terbit di Indonesia yang telah diserahkan ke PDII-LIPI untuk didiseminasikan.

Situs ini memiliki jurnal ilmiah yang diterbitkan kurang dari 5000 jurnal secara berkelanjutan dan dapat diakses yaitu 15.229 jurnal dari Perguruan Tinggi atau Lembaga Penelitian.

Terdapat lebih dari 400.000-an artikel yang sudah terpublikasi. Kamu dapat mengaksesnya di situs berikut ini http://isjd.pdii.lipi.go.id/.

4. Jurnal Sains dan Teknologi Nuklir

jurnal batan publikasi elektronik

Kamu kuliah di teknik nuklir? Inilah situs penyedia jurnal nasional dengan fokus bidang teknik nuklir yang dapat membantumu menemukan berbagai artikel ilmiah untuk belajar atau referensi pendukung karya ilmiahmu. Kamu dapat mengunjunginya di website satu ini http://jurnal.batan.go.id/.

5. Open Journal System BPPT

jurnal bioteknologi dan biosains indonesia

Jurnal nasional terrakhir ada Open Journal System BPPT. Website ini merupakan penyedia jurnal nasional terkait bidang energi dan teknologi.

Seperti situs lain, kamu cukup mencari jurnal yang kamu butuhkan sesuai disiplin ilmumu. Jangan lupa untuk sebelumnya mendaftarkan diri terlebih dahulu. Kamu bisa akses website ini di http://ejurnal.bppt.go.id/.

Nah itulah 23 daftar website jurnal internasional dan jurnal nasional. Kamu dapat mengaksesnya secara gratis maupun berbayar pada link-link yang telah disematkan di setiap nama jurnal di artikel ini.

Jangan lupa untuk selalu menulis sumber-sumber jurnal sebagai rujukanmu di daftar pustaka ya.

Semoga ulasan artikel mengenai daftar website jurnal internasional dan nasional di atas dapat membantumu sebagai referensi pembelajaran maupun pembuatan karya ilmiahmu. Selanjutnya baca juga artikel berikut ini :

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in