situs jurnal indonesia

12 Situs Jurnal Indonesia Tempat Mencari Referensi KTI

Diposting pada 158 views

12 Situs Jurnal Indonesia Tempat Mencari Referensi KTI – Membuat karya tulis ilmiah memang seolah sudah menjadi sesuatu yang wajib dalam dunia pendidikan. Tapi sayangnya, ternyata tidak sedikit siswa dan mahasiswa masih kebingungan saat dihadapkan pada tugas pembuatan KTI. Padahal, ada banyak sekali situs website jurnal Indonesia yang dapat dijadikan pedoman dan referensi dalam menyusun karya ilmiah.

Situs-situs terpercaya tersebut biasanya menyediakan ribuan hingga jutaan jurnal yang dapat dibaca, dan diunduh secara gratis oleh publik. Tentunya ini menjadi keuntungan tersendiri, khususnya bagi Anda yang low budget, karena sekarang tidak perlu lagi membeli buku cetak untuk mempelajari cara penulisan, dan penyusunan jurnal secara baik dan benar.

Daftar Situs Jurnal Indonesia Terbaik

1. Perpustakaan Nasional

perpustakaan nasional tempat mencari jurnal nasional
Perpustakaan Nasional

Situs website Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ini merupakan langganan para akademisi saat berburu jurnal, ebook, maupun karya referensi online lain. Namun, supaya bisa mengakses e-resources ini, Anda diwajibkan untuk menjadi anggota terlebih dahulu. Cara mendaftarnya sangat mudah, Anda tinggal klik https://e-resources.perpusnas.go.id/.

Setelah itu, klik tulisan “Daftar Anggota” dan ikuti instruksi yang muncul di layar. Dengan begitu, Anda bisa mengakses jurnal digital ini kapanpun dan di manapun. Sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, e-resources satu ini sudah diakses oleh jutaan orang. Hal tersebut menjadi bukti bahwa Perpusnas online sangat populer.

2. ISJD-LIPI

isjd database jurnal ilmiah indonesia

Salah satu situs website jurnal Indonesia paling terpercaya adalah LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Situs ini available dalam 2 bahasa, yaitu Indonesia dan Inggris, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. LIPI merupakan lembaga pemerintah non kementerian yang dikoordinatori oleh Kemendristekdikti. Cek di : isjd.lipi.go.id

Selain menyajikan berbagai jurnal terbaru, LIPI juga terkenal kerap mengadakan berbagai kompetisi, di mana karya ilmiah dari finalis terpilih akan diikutsertakan dalam pameran nasional. Jadi, sangat recommended sekali untuk Anda yang memiliki minat di bidang penelitian ilmiah. Informasi selengkapnya bisa diakses di https://kompetisi.lipi.go.id/.

3. DOAJ

doaj jurnal internasional

DOAJ atau Directory Open Access Journal merupakan direktori khusus untuk jurnal yang memiliki status akses terbuka. Situs ini menyediakan fasilitas berupa pencarian link untuk menemukan laman jurnal internasional yang dapat digunakan secara gratis. Cara penggunaannya sangat gampang, Anda tinggal ketik keyword jurnal yang diinginkan.

DOAJ menjalankan situs berbasis program pendidikan dengan jangkauan seluruh dunia. Hingga saat ini, ada sekitar 15.289 link jurnal, dan 5,345,191 link artikel dari 134 negara yang dapat Anda akses dan unduh dengan gratis. Jadi, pasti akan sangat helpful sekali untuk Anda yang sedang melakukan penelitian, dan membutuhkan banyak referensi.

Link: https://doaj.org/ 

4. IJERN

Selanjutnya, ada International Journal of Education and Research. Situs ini mereview jurnal penelitian yang dipublikasi Kontemporer Research Center atau yang lebih dikenal dengan CRC Publications. Dengan kata lain, situs ini merupakan platform para akademisi, peneliti, praktisi, profesional, dan mahasiswa untuk berbagai ilmu pengetahuan.

IJERN termasuk salah satu situs jurnal terupdate yang selalu menyajikan isu-isu terbaru. Selain bergabung sebagai pembaca, Anda juga bisa join as reviewer, atau menjadi mempublikasikan karya di situs tersebut. Menariknya lagi, Anda bisa mengirim pesan ketika menemukan poin yang tidak dimengerti pada salah satu jurnal. Menarik sekali, bukan?

Link: http://ijern.com/ 

5. Google Scholar

google scholar

Salah satu referensi situs website jurnal Indonesia yang sangat direkomendasikan, adalah Google Scholar. Kalau Anda klik link https://scholar.google.co.id/, maka akan tampil halaman penelusuran Google seperti pada umumnya. Hanya saja, search engine ini dikhususkan untuk pencarian jurnal ilmiah, dan kawan-kawannya.

Namun, Anda tidak perlu merasa khawatir mengenai masalah bahasa. Anda tinggal ketik saja kata kunci dari jurnal yang ingin dicari dalam bahasa Indonesia, maka akan muncul sederetan referensi akurat. Jadi, tidak harus setting bahasa terlebih dahulu, Anda tinggal ketik saja menggunakan bahasa yang diinginkan karena pasti akan terdeteksi.

Baca juga : Cara Mencari Jurnal Bonus List 25 Situs Download Jurnal [GRATIS]

6. ResearchGate

Situs ini adalah tempat perkumpulan para peneliti, jadi bisa dikatakan komunitas online. Di ResearchGate, peneliti dapat mengunggah jurnal, dan saling request jurnal secara gratis. Untuk bisa mendapatkan akses penuh di ResearchGate, maka Anda diharuskan untuk mendaftar. Jadi, terdapat 2 opsi pendaftaran, yaitu Log in, dan Join for Free.

Selanjutnya, tinggal klik tipe researcher apakah Anda (sesuaikan dengan pekerjaan). Untuk masyarakat umum, bisa memilih “Not a researcher”, kemudian ikuti instruksi yang muncul. Di ResearchGate terdapat lebih dari 100 juta konten ilmiah yang dipublikasikan. Jadi, pilihannya sangat kompleks dan hal ini pastinya akan sangat menguntungkan bagi Anda.

Link: https://www.researchgate.net/ 

7. ScienceDirect

Anda bisa bebas eksplore berbagai pilihan artikel jurnal dan buku ilmiah hasil penelitian asli di situs ini. ScienceDirect adalah sebuah situs web penyedia jurnal, artikel, dan buku yang dapat Anda akses secara gratis (melalui open access), dan berbayar. Jadi, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Kalau sangat penting, tidak ada salahnya membayar.

Di samping itu, ada lagi opsi lain tanpa harus melalui tahapan registrasi, yaitu menggunakan tool “Search ScienceDirect”, kemudian klik search atau enter pada keyboard. Dengan begitu, Anda bisa langsung download dan save artikel yang diinginkan secara gratisan.

Link: https://www.sciencedirect.com/ 

8. Portal Garuda Publikasi Indonesia Index – IPI

Website jurnal Indonesia yang wajib ada dalam daftar Anda selanjutnya adalah IPI. Di situs ini, Anda bisa menemukan ribuan database jurnal berbahasa Indonesia yang bisa diakses gratis.

IPI adalah layanan akses jurnal digital gratisan yang sengaja dirancang untuk indeks, pemantauan, abstrak, serta meningkatkan standar publikasi karya ilmiah di Indonesia.

Link: http://perpus.unimus.ac.id/?page_id=1110 

9. FreeFullPDF

Melalui situs ini, Anda bisa mengunduh karya ilmiah yang dipublikasikan secara gratis. Jurnal dalam FreeFullPDF melingkupi bidang ilmu kehidupan, ilmu kesehatan, ilmu fisika, matematika, serta ilmu sosial & humaniora.

Cara mencarinya juga gampang sekali, Anda tinggal masuk laman FreeFullPDF, kemudian masukkan kata kunci ke kolom pencarian.

Link: https://www.freefullpdf.com/#gsc.tab=0 

10. CiteseerX

Website ini adalah search engine publik sekaligus perpustakaan digital khusus untuk karya ilmiah, akademik, dan paper. Terutama bidang ilmu pengetahuan, dan komputer.

Pencarian jurnal melalui situs ini tidaklah sulit, karena Anda hanya perlu masuk ke beranda website, kemudian ketik keyword dari jurnal yang ingin ditemukan, lalu klik search.

Link: https://citeseerx.ist.psu.edu/index;jsessionid=48878C8D7D568AC60CA611234F7783C4 

11. First Monday

Perlu diketahui, bahwa First Monday adalah situs pertama yang mengaplikasikan jurnal dengan sistem akses terbuka, peer-review jurnal online. Sejak awal berdiri pada tahun 1996 sampai sekarang.

First Monday telah berhasil mengumpulkan lebih dari ratusan isu, dan ada sekitar seribu lima ratusan artikel yang sudah diterbitkan melalui website ini.

Link: https://firstmonday.org/ojs/index.php/fm/issue/view/678 

12. PubMed Central

Situs ini memiliki ribuan karya tulis ilmiah digital gratis yang dapat diunduh pembaca. Bidang KTI yang diterbitkan khususnya adalah biomedis dan ilmu alam. PubMed Central sendiri dikembangkan oleh pihak US National Library of Medicine atau NLM sebagai opsi arsip jurnal biomedis daring.

Link: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/ 

Selengkapnya : 23 Website Jurnal Internasional dan Nasional

Di zaman modern ini, mencari bahan untuk dijadikan referensi menulis karya ilmiah bukan lagi merupakan hal yang sulit. Apalagi, ada banyak website jurnal Indonesia yang dapat dijadikan sebagai referensi.

Untuk mengaksesnya, Anda hanya membutuhkan modal gadget dan sambungan internet saja. Selain itu, jurnal digital dapat diakses kapan dan di mana saja, jadi fleksibel sekali.

Baca juga artikel yang lain :

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.