tugas staff sales counter

Apa itu Staff Sales Counter? Tugas, Kualifikasi, Jenjang Karir dan Gajinya

Diposting pada 693 views

Salah satu posisi penting yang ada di industri ritel seperti toko / supermarket / mall ataupun kantor penjualan adalah sales counter. Di Indonesia mungkin kamu bisa menemukan profesi ini di Indomaret, Alfamart, Superindo, Matahari, dan toko ritel lainnnya. Posisi ini memainkan peran penting dalam hal menawarkan dan menjual produk kepada konsumen.

Apakah sama staff sales toko dengan staff sales counter? Ya, keduanya sama. Dalam beberapa kasus, staff sales counter juga berperan sebagai kasir sekaligus. Lihat tugas kasir dalam artikel ini: Tugas Kasir.

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas mengenai apa itu staff sales counter, tugas dan tanggung jawabnya, kualifikasi, jenjang karir dan kisaran gaji yang diterima setiap bulannya.

Apa itu staff sales counter?

Staff sales counter adalah orang yang bertugas menjual produk atau jasa di lokasi tertentu, seperti toko, supermarket, mall, atau kantor. Staff sales counter harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, pengetahuan tentang produk atau jasa yang ditawarkan, dan keterampilan dalam melayani pelanggan. Staff sales counter juga harus bisa bekerja sama dengan tim, mengelola stok barang, dan menyelesaikan transaksi pembayaran.

Staff sales counter memiliki tanggung jawab yang cukup besar, karena mereka adalah wajah perusahaan di depan pelanggan. Staff sales counter harus bisa memberikan informasi yang akurat, menjawab pertanyaan, dan menangani keluhan pelanggan dengan profesional. Staff sales counter juga harus bisa menciptakan suasana yang nyaman dan ramah bagi pelanggan, sehingga mereka merasa puas dan loyal terhadap perusahaan.

Staff sales counter adalah pekerjaan yang menantang dan menyenangkan bagi orang yang suka berkomunikasi dan berjualan. Staff sales counter dapat memberikan kontribusi yang besar bagi perusahaan dan pelanggan dengan memberikan pelayanan yang terbaik.

Tugas dan Tanggung Jawab Staff Sales Counter

Staff sales counter adalah orang yang bertanggung jawab untuk melayani pelanggan yang datang ke toko atau outlet. Staff sales counter harus memiliki pengetahuan produk yang baik, keterampilan komunikasi yang efektif, dan sikap ramah serta profesional. Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab staff sales counter:

  • Menyambut pelanggan dengan sopan dan ramah, serta memberikan informasi produk yang sesuai dengan kebutuhan dan minat pelanggan.
  • Menampilkan produk dengan rapi dan menarik, serta menjaga kebersihan dan kenyamanan area penjualan.
  • Melakukan penjualan produk dengan mengikuti prosedur yang berlaku, seperti mencatat transaksi, menerima pembayaran, dan memberikan kuitansi atau nota.
  • Memberikan layanan purna jual, seperti memberikan garansi, melakukan penukaran atau pengembalian barang, dan menangani keluhan atau komplain pelanggan dengan cepat dan profesional.
  • Membuat laporan penjualan harian, mingguan, atau bulanan, serta melakukan stock opname secara berkala untuk memastikan ketersediaan produk.
  • Meningkatkan pengetahuan produk dan keterampilan penjualan dengan mengikuti pelatihan, workshop, atau seminar yang diselenggarakan oleh perusahaan atau pihak lain.
  • Bekerja sama dengan tim sales counter lainnya, serta berkoordinasi dengan supervisor atau manajer penjualan untuk mencapai target penjualan yang ditetapkan.

Kualifikasi dan Keahlian Staff Sales Counter

Seperti yang sudah di singgung di atas kawan, staff sales counter adalah orang yang bertugas melayani pelanggan yang datang ke toko atau outlet, memberikan informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan, serta melakukan transaksi pembelian. Staff sales counter juga berperan sebagai wajah perusahaan di depan pelanggan, sehingga harus memiliki sikap yang ramah, profesional, dan komunikatif.

Staff sales counter harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti pendidikan minimal SMA atau sederajat, pengalaman kerja di bidang yang sama, dan memiliki sertifikat atau lisensi yang relevan jika diperlukan. Staff sales counter juga harus memiliki penampilan yang rapi dan bersih, sikap yang sopan dan positif, dan motivasi yang tinggi. Staff sales counter harus bersedia bekerja dengan shift, jam kerja yang fleksibel, dan target penjualan yang ditetapkan. Berikut adalah lebih lengkap tentang kualifikasi dan keahlian yang harus dimiliki oleh staff sales counter:

Untuk menjadi staff sales counter, ada beberapa kualifikasi dan keahlian yang harus dimiliki, antara lain:

  • Minimal lulusan SMA/SMK atau sederajat, lebih disukai jika memiliki latar belakang pendidikan terkait dengan bidang penjualan, pemasaran, atau administrasi.
  • Memiliki pengalaman kerja sebagai staff sales counter, sales promotion girl/boy, atau posisi sejenis minimal 1 tahun. Jika belum memiliki pengalaman, harus bersedia mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh perusahaan.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik, baik secara lisan maupun tulisan, dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Jika mampu berbicara dalam bahasa asing lainnya, seperti Mandarin, Arab, atau Jepang, akan menjadi nilai tambah.
  • Memiliki pengetahuan tentang produk atau layanan yang dijual oleh perusahaan, termasuk spesifikasi, fungsi, manfaat, harga, dan cara penggunaannya. Jika belum mengetahui secara detail, harus bersedia belajar dan mengikuti update terbaru dari perusahaan.
  • Memiliki kemampuan menjual yang baik, yaitu mampu menarik minat pelanggan, memberikan penjelasan yang meyakinkan, menawarkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, serta menutup penjualan dengan baik.
  • Memiliki keterampilan interpersonal yang baik, yaitu mampu bekerja sama dengan tim sales counter lainnya, supervisor, dan manajer. Juga mampu berinteraksi dengan pelanggan dengan sopan, santun, dan menghargai.
  • Memiliki keterampilan administrasi yang baik, yaitu mampu mengoperasikan komputer dan aplikasi penjualan yang digunakan oleh perusahaan. Juga mampu membuat laporan penjualan harian, mingguan, atau bulanan sesuai dengan ketentuan perusahaan.
  • Memiliki integritas yang tinggi, yaitu mampu bekerja dengan jujur, bertanggung jawab, dan disiplin. Juga mampu menjaga kerahasiaan data pelanggan dan perusahaan.
  • Memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar dan berkembang bersama perusahaan. Juga mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja yang dinamis dan kompetitif.

Itulah beberapa kualifikasi dan keahlian yang harus dimiliki oleh staff sales counter. Jika Anda tertarik untuk melamar posisi ini, Anda bisa mengirimkan surat lamaran dan CV Anda ke alamat email atau website perusahaan yang Anda tuju. Pastikan Anda menulis surat lamaran dengan baik dan menonjolkan kualifikasi dan keahlian Anda yang sesuai dengan posisi ini. Semoga berhasil!

Perbedaan Sales Counter dan Sales Executive

Sales counter dan sales executive adalah dua posisi yang sering ditemukan di bidang penjualan. Namun, apakah Anda tahu apa perbedaan antara keduanya? Berikut ini adalah beberapa poin yang dapat membantu Anda memahami perbedaan sales counter dan sales executive.

Sales counter adalah posisi yang bertugas melayani pelanggan yang datang ke toko atau outlet. Sales counter harus memiliki pengetahuan produk yang baik, kemampuan komunikasi yang baik, dan keterampilan pelayanan pelanggan yang baik. Sales counter harus bisa menjelaskan fitur, manfaat, dan harga produk kepada pelanggan, serta membantu pelanggan dalam proses pembelian dan pembayaran.

Sales executive adalah posisi yang bertugas mencari dan menawarkan produk kepada pelanggan potensial. Sales executive harus memiliki kemampuan negosiasi yang baik, kemampuan analisis pasar yang baik, dan keterampilan menjalin hubungan dengan pelanggan yang baik. Sales executive harus bisa mengidentifikasi kebutuhan dan minat pelanggan, serta memberikan solusi yang sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Secara singkat, perbedaan sales counter dan sales executive adalah sebagai berikut:

  • Sales counter melayani pelanggan yang datang ke toko atau outlet, sedangkan sales executive mencari dan menawarkan produk kepada pelanggan potensial.
  • Sales counter lebih fokus pada pengetahuan produk, sedangkan sales executive lebih fokus pada kemampuan negosiasi.
  • Sales counter lebih banyak berinteraksi dengan pelanggan secara langsung, sedangkan sales executive lebih banyak berinteraksi dengan pelanggan secara tidak langsung.

Jenjang Karir Staff Sales Counter

Jenjang karir bagi seorang Staff Sales Counter dapat bervariasi tergantung pada perusahaan, industri, dan upaya pribadi Anda dalam mengembangkan keterampilan dan prestasi Anda. Berikut ini adalah contoh jenjang karir yang mungkin ditempuh oleh seorang Staff Sales Counter:

1. Sales Counter Representative / Sales Associate

Sebagai awal karir, Anda akan bekerja sebagai Sales Counter Representative atau Sales Associate. Tugas Anda adalah membantu pelanggan, menjawab pertanyaan mereka, memberikan informasi produk, dan membantu dalam proses pembelian.

2. Senior Sales Associate

Setelah beberapa tahun pengalaman, Anda dapat naik ke posisi Senior Sales Associate. Di sini, Anda mungkin memiliki tanggung jawab tambahan, seperti pelatihan staf baru, mengelola stok barang di toko, dan mungkin merencanakan acara promosi penjualan.

3. Asisten Manajer Penjualan (Assistant Sales Manager)

Langkah berikutnya adalah menjadi Asisten Manajer Penjualan. Sebagai Asisten Manajer, Anda akan bekerja sama dengan Manajer Penjualan untuk mengelola operasi harian toko, merencanakan strategi penjualan, dan mengawasi staf penjualan.

4. Manajer Penjualan (Sales Manager)

Setelah memiliki pengalaman yang cukup, Anda bisa naik ke posisi Manajer Penjualan. Di sini, Anda akan menjadi pemimpin departemen penjualan di toko tersebut. Tanggung jawab Anda termasuk mencapai target penjualan, mengelola staf, dan berkontribusi pada strategi penjualan jangka panjang.

5. Manajer Area / Regional (Area/Regional Manager)

Untuk posisi lebih tinggi, Anda dapat menjadi Manajer Area atau Regional, yang bertanggung jawab atas beberapa toko atau cabang dalam wilayah tertentu. Anda akan mengkoordinasikan operasi penjualan di wilayah tersebut dan memastikan semua toko mencapai target penjualan.

6. Direktur Penjualan (Sales Director)

Bagi mereka yang mencapai tingkat kepemimpinan yang tinggi, Anda dapat menjadi Direktur Penjualan di perusahaan tersebut. Anda akan berperan dalam mengembangkan strategi penjualan untuk seluruh organisasi dan melaporkan langsung kepada manajemen eksekutif.

Gaji Staff Sales Counter

Gaji staff sales counter adalah salah satu hal yang sering ditanyakan oleh para calon pelamar kerja di bidang penjualan. Gaji staff sales counter bisa bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti perusahaan, lokasi, pengalaman, dan kinerja. Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai gaji staff sales counter yang bisa Anda simak.

Gaji staff sales counter berdasarkan perusahaan

Setiap perusahaan tentu memiliki kebijakan sendiri dalam menentukan gaji staff sales counter. Biasanya, perusahaan yang besar dan terkenal akan memberikan gaji yang lebih tinggi daripada perusahaan yang kecil dan kurang dikenal. Namun, hal ini juga tergantung pada tingkat persaingan dan permintaan pasar. Berikut ini adalah beberapa contoh gaji staff sales counter berdasarkan perusahaan:

  • Staff sales counter di Matahari Department Store mendapatkan gaji sekitar Rp 2.500.000 – Rp 3.500.000 per bulan.
  • Staff sales counter di Centro Department Store mendapatkan gaji sekitar Rp 2.000.000 – Rp 3.000.000 per bulan.
  • Staff sales counter di The Body Shop mendapatkan gaji sekitar Rp 2.800.000 – Rp 4.000.000 per bulan.
  • Staff sales counter di Guardian mendapatkan gaji sekitar Rp 2.200.000 – Rp 3.200.000 per bulan.

Gaji staff sales counter berdasarkan lokasi

Lokasi juga mempengaruhi besarnya gaji staff sales counter. Biasanya, lokasi yang strategis dan ramai akan memberikan gaji yang lebih tinggi daripada lokasi yang sepi dan terpencil. Hal ini karena lokasi yang strategis dan ramai memiliki potensi penjualan yang lebih besar dan membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak. Berikut ini adalah beberapa contoh gaji staff sales counter berdasarkan lokasi:

  • Staff sales counter di Jakarta mendapatkan gaji sekitar Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000 per bulan.
  • Staff sales counter di Bandung mendapatkan gaji sekitar Rp 2.500.000 – Rp 4.000.000 per bulan.
  • Staff sales counter di Surabaya mendapatkan gaji sekitar Rp 2.300.000 – Rp 3.800.000 per bulan.
  • Staff sales counter di Medan mendapatkan gaji sekitar Rp 2.100.000 – Rp 3.500.000 per bulan.

Gaji staff sales counter berdasarkan pengalaman

Pengalaman juga menjadi salah satu faktor yang menentukan gaji staff sales counter. Biasanya, staff sales counter yang memiliki pengalaman lebih lama dan lebih banyak akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripada staff sales counter yang baru atau sedikit pengalaman. Hal ini karena staff sales counter yang berpengalaman memiliki kemampuan dan keterampilan yang lebih baik dalam melayani pelanggan, menawarkan produk, dan mencapai target penjualan. Berikut ini adalah beberapa contoh gaji staff sales counter berdasarkan pengalaman:

  • Staff sales counter dengan pengalaman kurang dari 1 tahun mendapatkan gaji sekitar Rp 2.000.000 – Rp 3.000.000 per bulan.
  • Staff sales counter dengan pengalaman 1 – 3 tahun mendapatkan gaji sekitar Rp 2.500.000 – Rp 4.000.000 per bulan.
  • Staff sales counter dengan pengalaman 3 – 5 tahun mendapatkan gaji sekitar Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000 per bulan.
  • Staff sales counter dengan pengalaman lebih dari 5 tahun mendapatkan gaji sekitar Rp 3.500.0000 – Rp 7.000.000

Kesimpulan

Kesuksesan sebuah toko, supermarket atau mall tidak terlepas dari peran profesi sales counter yang satu ini. Profesi ini memiliki peran penting dalam meningkatkan omset penjualan sebuah bisnis.

Nah setelah tahu seluk beluk terkait profei staff sales counter ini, apakah kamu tertarik untuk berprofesi sebagai sales counter? Jika iya, semoga sukses ya! Jangan lupa banyak belajar tentang marketing dan sales.

Baca juga artikel lain:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.