ratri tegese bengi

Ratri Tegese: Kosok Balen lan Gawe Ukara

Diposting pada 2.509 views

Ratri tegese? Mengetahui arti kata dalam Bahasa Jawa tidak mudah bagi sebagian besar orang. Selain alasan karena jarang digunakan berkomunikasi, bahasa jawa mempunyai unggah-ungguh dan keragaman bahasa yang penggunaannya disesuaikan dengan makna kalimat tersebut.

Apa kamu sedang mencari apa arti kata ratri? Artikel ini, akan mengulas arti ratri, lawan kata dan contoh kalimat dengan kata ratri.  Yuk langsung saja disimak!


Ratri Tegese

Kata ratri berasal dari Bahasa Jawa. Arti ratri menurut Bahasa Indonesia adalah malam.

Pernahkah teman-teman mendengar istilah dasanama dalam Bahasa Jawa? Sederhananya dasanama berarti persamaan kata (sinonim). Kata yang termasuk dalam tembung dasanama mempunyai persamaan kata yang lebih banyak dibandingkan dengan kata lain yang tidak masuk dalam tembung dasanama. Perlu diingat, bahwa tidak semua kata termasuk dalam tembung dasanama.

Tembung ratri termasuk dalam tembung dasanama. Apa saja dasanama dari tembung ratri? Bengi : ratri, dalu, wengi. Dari tembung dasanama tersebut, dapat kita lihat ratri mempunyai beberapa persamaan kata yaitu bengi, dalu lan wengi.

Nah, teman-teman bila menemui pertanyaan apa tegese tembung ratri akan menjawab apa? Inilah jawabannya, tembung ratri tegese wengi, bengi lan dalu.

Den Kaesthi Siyang Ratri Tegese

Pertanyaan apa tegese den kaesthi siyang ratri sering muncul dalam pelajaran Bahasa Jawa. Mari kita ulas arti kalimat tersebut.

  • Den tegese ben
  • esthi tegese karep, eling
  • siyang tegese awan
  • ratri tegese bengi

Sekarang kita gabungkan,  tegese den kaesthi siyang ratri yaiku sing dikarepkae utawa dieling-eling awan lan bengi. Maka, arti den kaesthi siyang ratri dalam Bahasa Indonesia adalah sesuatu yang diharapkan atau diimpikan siang dan malam.

Tembang Ratri Ing Tembang Pangkur Duweni Teges

Pertanyaan ini juga sering ditemukan dalam pelajaran Bahasa Jawa. Ketika sebuah kata berada dalam kalimat manapun sebagian besar pasti mempunyai arti yang sama dengan kata tersebut saat berdiri tunggal. Misalnya kata minum, saat diletakkan di kalimat manapun akan mempunyai arti yang sama yaitu minum, kecuali ketika menjadi kata kiasan.

Nah, di bawah ini merupakan salah satu tembung pangkur.

Sekar Pangkur kang Winarna,

Lelabuhan kang kangge wong aurip,

Ala lan becik punika,

Prayoga kawruhana,

Adat waton punika dipun kadulu,

Miwah ingkang tatakrama,

Den kaesthi siyang ratri

Tegese ratri dalam tembung pangkur diatas adalah bengi (malam).

Kosok Baline Ratri (Lawan Kata Ratri)

Setelah teman-teman mengetahui arti kata ratri, mudah bukan untuk menebak apa lawan kata ratri? Yap, kosok baline ratri yaiku siyang utawa awan (lawan kata ratri adalah siang).

Gawe Ukara Saka Tembung Ratri

Rasanya kurang lengkap, setelah memahami arti kata namun tidak membuat kalimat dari kata tersebut. Membuat kalimat akan memudahkan dalam mengingat arti dari sebuah kata. Yuk kita buat kalimat dari kata ratri!

  1. Wina sregep sinau siyang ratri kangge ngayuh impiane.
  2. Pak Dahlan nyambut damel siyang ratri kangge sekolah putrane.
  3. Petugas bencana alam madosi korban tsunami siyang ratri.

Baca Juga :
Gugur Gunung Tegese
Adigang Adigung Adiguna Tegese
Arti Pepalang
Arti Njanur Gunung

Kesimpulan :   

Dalam Bahasa Jawa ratri tegese bengi utawa wengi. Arti ratri dalam Bahasa Indonesia adalah malam.

Oke teman-teman, itulah arti (tegese) ratri. Bila teman-teman mendapat insight baru dari artikel ini, silakan bagikan agar bermanfaat juga bagi yang lainnya. Silakan kunjungi artikel kitapunya yang lain, temukan beragam pengetahuan menarik.