Taberi Tegese

Taberi Tegese lan Gawe Ukara

Diposting pada 2,884 views

Apa tegese taberi? Pernahkah teman-teman mendengar kata taberi? Kata ini sering kita jumpai dalam percakapan sehari-hari masyarakat Suku Jawa. Tidak hanya itu, kata ini juga sering muncul dalam pertanyaan pelajaran Bahasa Jawa.

Lalu, apa arti taberi dalam Bahasa Jawa? Artikel kali ini, akan mengulas arti (teges) dan contoh kalimat (gawe ukara) dari kata taberi. Yuk langsung saja kita simak!

Tembung Taberi Iku Tegese

Kata Taberi berasal dari Bahasa Jawa. Apa yang kamu ketahui ketika mendengar kata taberi? Bila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, arti taberi adalah rajin.

Tak jarang kita menemui pertanyaan terkait ‘apa tegese taberi?’ dalam pelajaran bahasa daerah di sekolah. Taberi tegese sregep.

Kata taberi digunakan untuk menggambarkan seseorang yang mempunyai sifat rajin dalam mengerjakan suatu hal, misalnya belajar dan bekerja. Seseorang yang mempunyai sifat taberi, kemungkinan besar akan disenangi oleh orang lain. Misalnya, seseorang yang rajin belajar akan disenangi oleh orang tua, teman dan guru di sekolah. Kemudian, orang yang rajin dalam bekerja akan disenangi oleh atasan dan teman lingkungan sekitar. Tidak dapat dimungkiri, masih ada beberapa orang yang kurang menyenangi seseorang yang rajin. Biasanya, mereka tidak menyukai karena perasaan iri hati.

Bagaimana teman-teman mudah bukan arti kata taberi? Sederhananya, taberi berarti rajin (sregep).

Taberi Sinau Tegese

Sebelumnya, kita sudah mendiskusikan arti kata (tegese) taberi. Taberi berarti rajin, sinau berarti belajar. Sehingga taberi sinau berarti rajin belajar. Dalam Bahasa Jawa taberi sinau tegese sregep sinau.

Baca Juga Artikel Basa Jawa Lainnya:
Ngrembaka Tegese lan Gawe Ukara
Pralaya Tegese: Sinonim lan Gawe Ukara

Marma Den Taberi Kulup Tegese

Pertanyaan terkait ‘apa tegese marma den taberi kulup?’ pasti teman-teman temukan dalam pembelajaran di sekolah. Kalimat ini merupakan bagian dari tembang macapat Kinanthi karya KGPAA Sri Mangkunegara IV, berikut tembang lengkapnya:

Marma den taberi kulub,

angulah lantiping ati.

Rinda wengi den anedya,

pandak panduking pambudi.

Bengkas kahardaning driya,

supaya dadya utami

Sekarang, mari kita terjemahkan arti marma den taberi kulup setiap katanya.

Marma berarti: oleh karena itu

Den taberi berarti: rajinlah

 Kulub berarti: anakku

 Angulah berarti: berlatih

 Lantiping berarti: menajamkan

 Ati berarti: hati, perasaan

Sehingga Marma den taberi kulub berarti Oleh karena itu, rajinlah anakku. Marma den taberi kulub, angulah lantiping ati berarti Oleh karena itu, rajinlah anakku berlatih menajamkan hati.

Gawe Ukara Saka Tembung Taberi

Ukara saka tembung taberi

Sekarang, mari kita buat kalimat (ukara) dari tembung taberi. Inilah beberapa ukara saka tembung taberi:

  1. Amarga duweni sipat taberi, Budi dadi wong sukses ing penggaweyane.
  2. Dina dadi juara ing kelas amarga taberi sinau.
  3. Danang taberi budhal kerja isuk dadi ora tau telat.
  4. Saben sore Rina taberi ngaji lan mulang kancane.
  5. Wiwit cilik Wina taberi sinau, saiki dheweke oleh penggaweyan sing kepenak.

Kesimpulan:   

Taberi tegese sregep. Dalam Bahasa Indonesia taberi berarti rajin. Kata ini digunakan untuk menggambarkan seseorang yang rajin dalam belajar, bekerja atau melakukan kegiatan positif lainnya.  Seseorang yang mempunyai sifat rajin, akan banyak disenangi oleh orang lain.

Nah, itulah artikel terkait arti taberi dan contoh kalimatnya (gawe ukara). Bagaimana mudah bukan arti dari kata taberi? Kitapunya juga menyediakan artikel menarik lainnya yang berkaitan dengan pendidikan, bahasa jawa dan karir. Semoga artikel ini bermanfaat.

Gambar Gravatar
Winarsih adalah seorang profesional yang ahli dalam bidang pendidikan. Memberikan banyak tips, tutorial dan informasi akurat untuk para pembaca KitaPunya.net.