Ngrembaka Tegese lan Gawe Ukara

Diposting pada 385 views

Ngrembaka tegese? Kata ngrembaka berasal dari Bahasa Jawa. Bagi teman-teman yang tinggal di daerah Jawa apakah mengetahui arti dari kata ngrembaka? Kata ini memang masih terdengar asing bagi sebagian orang, utamanya generasi milenial.

Yap, kalau kita amati penggunaan bahasa daerah termasuk Bahasa Jawa mengalami penurunan. Sehingga, tidak heran bila sebagian masyarakat mengalami kesulitan memahami arti kalimat atau berkomunikasi dengan bahasa daerah.


Belum lagi, Bahasa Jawa mempunyai unggah-ungguh untuk membedakan dengan siapa seseorang berkomunikasi. Ketika berkomunikasi dengan orang yang lebih tua pasti menggunakan kata yang berbeda saat berkomunikasi dengan seseorang yang sepantaran.

Apa kamu sedang mencari apa arti kata ngrembaka (tegese ngrembaka)? Artikel ini, akan mengulas arti dan contoh kalimat dari kata ngrembaka. Yuk langsung saja disimak!

Ngrembaka Tegese (Arti Ngrembaka)

Pernah nggak teman-teman mendengar kata ngrembaka? Meskipun sedikit asing, kata ngrembaka berasal dari Bahasa Jawa. Kalau diartikan dalam Bahasa Indonesia, arti ngrembaka adalah berkembang atau tumbuh.

Dalam pelajaran Bahasa Jawa, tak jarang kita menemui pertanyaan ‘apa tegese  ngrembaka?’. Ngrembaka dalam Bahasa Jawa termasuk dalam basa krama. Tegese ngrembaka yaiku ngembangake utawa tuwuh.

Kata ngrembaka digunakan untuk menerangkan suatu hal yang berkembang atau bertumbuh. Maksudnya gimana nih? Sederhananya berkembang atau bertumbuh menjelaskan suatu hal yang terus maju dibandingkan sebelumnya, cakupan yang lebih luas dan semakin dikenal oleh banyak orang. Nanti kamu bisa simak contohnya, agar makin mantap pemahamannya!

Gawe Ukara Saka Tembung Ngrembaka (Membuat Kalimat)

Bagaimana penggunaan kata ngrembaka dalam sebuah kalimat? Mari kita buat kalimatnya dari kata ngrembaka, agar makin paham.

  1. Ketrampilan nggawe paragraf bisa ngrembaka menawa disinaoni. (Keterampilan membuat paragraf bisa berkempang bila dipelajari)
  2. Tanduran punika kedah dipun siram supados ngrembaka. (Tanaman itu harus disiram supaya berkembang/tumbuh)
  3. Seni wayang bisa tansah ngrembaka nganthi sakmenika. (Seni wayang bisa terus berkembang sampai sekarang).
  4. Tembang macapat kalebu sawijining tembang kang ngrembaka ing tanah     Jawa. (Lagu macapat termasuk salah satu lagu yang berkembang di tanah Jawa).
  5. Bu Dinda kagungan bisnis online ingkang ngrembaka se-Jawa Timur. (Bu Dinda mempunyai bisnis online yang berkembang se-Jawa Timur)

Baca Juga :
Adigang Adigung Adiguna Tegese
Arti Pepalang
Arti Njanur Gunung
Gugur Gunung

Kesimpulan :   

Dalam Bahasa Jawa ngrembaka tegese ngembangake utawa tuwuh. Bila diartikan dalam Bahasa Indonesia, arti ngrembaka adalah berkembang atau bertumbuh.

Oke teman-teman, itulah arti (tegese) ngrembaka. Bila teman-teman mendapat insight dari artikel ini, silakan bagikan agar bermanfaat juga bagi yang lain. Silakan kunjungi artikel kitapunya yang lain, temukan beragam pengetahuan menarik seputar pendidikan dan karir.