gugur gunung tegese
Arti gugur gunung

Gugur Gunung Tegese: Lirik Tembang lan Gawe Ukara

Diposting pada 3.413 views

Gugur Gunung Tegese ? Kegiatan gugur gunung sudah mulai luntur pada masyarakat perkotaan. Padahal, selain meringankan beban pekerjaan, kegiatan ini sebagai sarana untuk mengumpulkan orang dan saling berkomunikasi dengan masyarakat sekitar.

Tak jarang pula, istilah gugur gunung masih asing bagi kaum milenial. Hal ini karena pengaruh modernisasi pada masyarakat yang tinggal di perkotaan.


Artikel kali ini, akan mengulas arti (tegese) gugur gunung, contoh kalimat dan lagu (tembang) gugur gunung. Yuk langsung saja!

Gugur Gunung Adalah (Tegese)

Gugur gunung berasal dari daerah Jawa. Tradisi gugur gunung sering dilakukan oleh masyarakat agar pekerjaan cepat selesai. Menurut teman-teman, apa arti gugur gunung?

Kata lain dari gugur gunung adalah gotong royong. Gugur Gunung adalah kerja bakti bersama yang  bertujuan membantu sesama manusia sebagai makhluk sosial. Bukankah kita sebagai makhluk sosial saling membutuhkan orang lain?

Selain itu,  dilansir dari Kementerian Pertahanan RI, gotong royong merupakan salah satu bentuk pengamalan sila ke 5 dalam pancasila yang berbunyi “Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.

Seperti yang kita bahas sebelumnya istilah gugur gunung diadopsi dari bahasa Jawa, maka tidak jarang kita menemukan pertanyaan apa tegese gugur gunung dalam pelajaran bahasa Jawa di sekolah. Nah, inilah pengertian (tegese) gugur gunung dalam bahasa Jawa :

Gugur gunung tegese yaiku wujud kerjasama sing ditindakake dening masyarakat kanggo tujuan mbiyantu sesama manungsa.

Definisi gampange, gugur gunung yaiku nyambut gawe bebarengan karo wong akeh, tujuaene supaya penggawean cepet rampung.

Contoh Kegiatan Gugur Gunung

Kegiatan gugur gunung sangat mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Coba teman-teman sebutkan apa saja contoh kegiatan gugur gunung? Kami juga ada beberapa contohnya di bawah ini:

  • Kerja bakti membersihkan lingkungan
  • Gotong royong membangun tempat ibadah
  • Gotong royong membersihkan tempat ibadah
  • Kerja sama membangun rumah salah satu warga
  • Kerja bakti membersihkan selokan yang tersumbat
  • Gotong royong mempersiapkan acara peringatan hari kemerdekaan

Nah, itulah beberapa contoh kegiatan gugur gunung atau kerja bakti yang sering kita temui di lingkungan sekitar. Coba bayangkan bila pekerjaan tersebut hanya dilakukan oleh satu orang, pasti akan lebih sulit bahkan tidak kunjung selesai.

Sayangnya, tradisi gugur gunung (gotong royong) mulai memudar. Tradisi ini sudah jarang ditemui pada kehidupan masyarakat perkotaan. Gotong royong digantikan dengan menyewa jasa, misalnya untuk memperbaiki rumah, tempat ibadah dan acara-acara lainnya.

Padahal, selain meringankan pekerjaan tradisi gugur gunung sebagai salah satu sarana untuk mengumpulkan orang hingga saling berkomunikasi dengan masyarakat sekitar.

Tembang Gugur Gunung

Tembang gugur gunung kalebu tembang dolanan (termasuk tembang dolanan). Lagu (tembang) ini diciptakan oleh seorang seniman terkenal dari Jawa Tengah yaitu Ki Narto Sabdo.

Dalam liriknya tembang gugur gunung berisi ajakan untuk melakukan sesuatu yang dilakukan secara bersama-sama, hal ini sebagai wujud bahwa manusia merupakan makhluk sosial.

Tidak hanya ajakan untuk bergotong royong, tembang gugur gunung mengandung nilai-nilai karakter antara lain: kerja sama, disiplin dan tanggung jawab.

Lirik Tembang Gugur Gunung dan Arti

Ayo kanca ayo kanca (Ayo kawan ayo kawan)

Ngayahi karyaning praja (Melaksanakan pekerjaan Negara)

Kene kene (Kemari kemari)

Gugur gunung tandhang gawe (Tanggung jawab dan gotong royong melakukan pekerjaan)

Sayuk sayuk rukun (Menciptakan kerukunan)

Bebarengan ro kancane (Bersama dengan teman)

Lila lan legawa (Dengan rasa ikhlas)

kanggo kamulyaning negoro (Untuk kesejahteraan Negara)

Siji loro telu papat… (Satu dua tiga empat)

Maju papat papat (Maju empat empat)

Diulang ulungake (Dikerjakan bersama sama secara estafet)

Enggal rampunge (Agar cepat selesai)

Holobis kuntul (Seperti kuntul yang berbaris)

Ukara Nganggo Tembung Gugur Gunung

Membuat kalimat (ukara) merupakan alternatif agar bisa mengingat arti dengan lebih mudah. Sama halnya dengan tembung gugur gunung yang akan kita buat contoh kalimatnya. Yuk langsung saja simak contoh kalimat (ukara) dari tembung gugur gunung.

  1. Warga Desa Pepe lagi gugur gunung bangun jembatan.
  2. Bapak-bapak lagi gugur gunung ngresiki got.
  3. Karang taruna lagi gugur gunung mbangun taman baca kanggo bocah-bocah sekolah.
  4. Gugur gunung bisa ngawe urip sing rukun karo tonggo.
  5. Senajan ora ono sing meksa melu gugur gunung, kene kudu ngerti yen ono sing mbutuhake bantuan.

Baca Juga :
Adigang Adigung Adiguna Tegese
Arti Pepalang
Arti Njanur Gunung

Kesimpulan:

Arti gugur gunung (gotong royong) adalah kerja bakti bersama yang bertujuan membantu sesama manusia sebagai makhluk sosial.

Tradisi ini berasal dari Jawa. Dalam Bahasa Jawa gugur gunung tegese yaiku wujud kerja sama sing ditindakake dening masyarakat kanggo tujuan mbiyantu sesama manungsa.

Kegiatan ini dilakukan agar sesuatu yang dikerjakan cepat selesai, karena dilakukan secara bersama pasti pekerjaan menjadi lebih ringan. Tidak hanya itu saja, gugur gunung sebagai salah satu sarana mengumpulkan orang hingga timbul komunikasi dengan masyarakat sekitar.

Nah itulah artikel gugur gunung tegese. Jangan sampai budaya Jawa ini luntur.  Semoga artikel ini mampu menambah pengetahuan bahasa Jawa kamu. See you.