arti adigang adigung adiguna

Adigang Adigung Adiguna Tegese

Diposting pada 373 views

Adigang Adigung Adiguna Tegese – Dadi manungsa kuwi aja nduweni watak adigang adigung adiguna.” Perkataan nasihat ini sering sekali orang tua atau kerabat kita sampaikan. Mereka berharap agar putra-putrinya tidak mempunyai sifat yang buruk seperti peribahasa adigang adigung adiguna dalam kehidupan sehari-hari. Kalau dipikir-pikir semua orang tua pasti menginginkan anaknya mempunyai budi pekerti yang baik.

Selain nasihat yang sering disampaikan orang tua, kata tersebut juga ditemui dalam mata pelajaran bahasa Jawa. Bagi sebagian remaja kata ini masih terdengar asing, apalagi mereka yang hidup diperkotaan. Untuk itu artikel kali ini akan membantu teman-teman untuk mengetahui arti adigang adigung adiguna. Yuk langsung aja.


Arti Adigang Adigung Adiguna

Adigang adigung adiguna kalebu purwakanthi guru swara artinya adigang adigung adiguna termasuk purwakanthi guru swara. Purwakanthi guru swara memiliki persamaan bunyi atau rima yang huruf vokalnya sama. Selain purwakanthi guru swara, terdapat dua purwakanthi lain yaitu : guru sastra dan guru basa.

Adigang tegese sifat kang ngendelake kekuwataning awak (raga). Adigang digambarake kaya kidang,  amarga tandang tanduke cukat lan trengginas. Adigung tegese sifat kang ngendelake kekuasaan, keluhuran moyang, pangkat, drajat, keturunan kraton. Watak iki digambarake kaya gajah. Awake gedhe, padudon akeh menange lan ora ana sing madhani awake. Dene Adiguna yaiku sifat kang ngandelake kapinteran, kecerdasan lan akal. Sifat iki digambarake kaya kewan ula. Ula iku kewan kang sawangane ringkih, nanging wisane bahaya.

Kalimat di atas berarti:

  • Adigang adalah sifat atau watak yang membanggakan kekuatannya ( kekuatan tubuh atau badan), digambarkan dengan hewan kijang.
  • Adigung  adalah sifat atau watak yang membanggakan kekuatan, kebesaran, pangkat dan keturunan. Watak ini digambarkan dengan hewan gajah.
  • Adiguna adalah sifat atau watak yang membanggakan kecerdasan atau kepandaian. Watak adiguna digambarkan dengan hewan ular.

Peribahasa adigang adigung adiguna tegese yaiku ngendelake kekuwatan, kekuasaan, lan kapinteran sing diduweni.

Wong Kang Diarani Adigang Adigung Adiguna Yaiku

wong sing nduweni sifat adigang adigung adiguna

Orang yang memiliki watak adigang adigung adiguna yaitu orang yang bersifat sombong dan mengandalkan kekuatan, kekuasaan dan kecerdasan yang dimilikinya. Manusia yang memiliki sifat seperti ini akan sering bertindak dengan tidak memikirkan perasaan orang lain, sehingga tak jarang orang lain merasa terluka karena perbuatannya.

Kita bisa menemukan watak adigang dalam masyarakat seperti preman dan penjahat yang menggunakannya kekuatannya untuk menakuti orang lain.

Watak adigung secara umum bisa kita temukan pada orang-orang yang memiliki kedudukan dan pengaruh besar dilingkungan masyarakat, misalnya pengusaha kaya yang memiliki kekuasaan, pejabat dan pegawai pemerintah. Oleh karenanya, sebagai orang yang diberi amanah harus bisa menanamkan rasa tanggung jawab agar sifat kesombongan tidak menghancurkan kepercayaan yang diemban.

Watak adiguna biasanya kita temui pada orang yang pandai namun menyombongkan kepintaran dan tidak mau menyalurkan ilmu yang dimilikinya.

Baca Juga : Cangkriman Bahasa Jawa

Kesimpulan:

Adigang adigung adiguna artinya menyombongkan dan mengandalkan kekuatan, kekuasaan dan kecerdasan yang dimilikinya. Apabila diberikan kelebihan baik dari segi kekuatan, kekuasaan dan kepandaian kita tidak boleh merasa paling tinggi dibandingkan orang lain.

Nah itulah artikel adigang adigung adiguna tegese. Semoga artikel ini mampu menambah pengetahuan bahasa Jawa kamu. See you.