Mingkar Mingkuring Angkara Tegese

Mingkar Mingkuring Angkara Tegese

Diposting pada 9,567 views

Apa tegese Mingkar Mingkuring Angkara? Artikel ini akan mengulas arti (tegese) tembung Mingkar Mingkuring Angkara. Tidak hanya itu, kita juga akan mengulas arti setiap lirik tembang macapat pangkur. Yuk langsung saja kita simak!

Mingkar Mingkuring Angkara Tegese 

Tembung mingkar mingkuring angkara merupakan bagian dari tembung macapat pangkur. Mingkar mingkuring angkara ngemu teges nyingkirke utawa ngendalikake hawa nafsu kang ana ing njero awak.  Dalam Bahasa Indonesia, mingkar mingkuring angkara berarti mengendalikan atau mengontrol hawa nafsu.

Hawa nafsu disini menggambarkan keinginan atau sifat yang mengarah kepada hal yang buruk. Oleh karenanya, sebagai manusia kita harus mampu mengendalikan hawa nafsu yang ada di dalam diri kita.

Mingkar Mingkuring Angkara Tembung Angkara Tegese

Sekarang, mari kita lanjutkan arti (tegese) angkara pada tembung mingkar mingkuring angkara. Tembung angkara duweni teges podo karo hawa nafsu sing ala (jahat). Hawa nafsu disini menggambarkan sifat yang pemarah.

Baca Juga Artikel Basa Jawa Lainnya:

Jembar Segarane Tegese Lan Contoh Ukara
Edi Peni Tegese lan Gawe Ukara
Pralaya Tegese: Sinonim lan Gawe Ukara

Lirik Tembang Pangkur Mingkar Mingkuring Angkara

Sebelumnya, kita membahas arti dari tembung mingkar mingkuring angkara. Nah sekarang mari kita bahas tembang pangkur secara keseluruhan.

Tembang pangkur termasuk tembang macapat. Dalam Bahasa Jawa tembang macapat yaiku puisi jawa gagrag lawas kang dilagokake lan kaiket dening paugeran tartamtu (puisi tradisional Jawa yang disusun dengan aturan tertentu).

Tembang Pangkur memiliki arti mundur, mungkur atau mengundurkan diri, artinya tembang ini memberikan gambaran bahwa manusia memiliki fase dimana ia ingin menyingkirkan kehidupan duniawi yang telah dilaluinya, kemudian beralih ke kehidupan spiritual yang tenang.

Banyak yang mengartikan tembang pangkur menggambarkan seseorang yang telah memasuki usia senja, dimana orang tersebut mulai mundur dari kehidupan duniawi. Oleh karenanya, di dalam tembang pangkur berisi nasihat bagi para anak muda. Nah, inilah tembang pangkur beserta artinya:

Mingkar mingkuring angkara = Menghindarkan diri dari angkara
Akarana karenan mardi siwi = Oleh karena puas dengan anak didik
Sinawung resmining kidung = Dihiasi dalam keindahan syair
Sinuba sinukarta = Disambut diselamatkan,
Mrih kretarta pakartining ngèlmu luhung = Agar tujuan ilmu luhur ini tercapai
Kang tumrap ning tanah Jawa = Bagi orang tanah Jawa,
Agama ageming aji = Agama adalah pedomannya.

Secara sederhana, tembang pangkur ini memberikan pesan atau nasihat agar manusia mampu mengendalikan diri dari hawa nafsu dunia yang jahat dan berpedoman kepada agama agar mempunyai budi pekerti yang baik.

Tembang Pangkur Mingkar Mingkur Kecipta Dening

Tembang pangkur diciptakan oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IV (lahir pada tanggal 3 Maret 1811 – meninggal pada tahun 1881). Beliau adalah seorang Adipati keempat Mangkunegaran yang memerintah dari tahun 1853 sampai 1881.

Mingkar Mingkuring Angkara Guru Wilangan Lan Guru Lagune

Sebelumnya, kita simak definisi guru wilangan dan guru lagu:

  • Guru wilangan adalah banyaknya jumlah suku kata (wanda) dalam setiap baris tembung macapat.
  • Guru lagu adalah persamaan bunyi sajak vokal (a,I,u,e,o) pada akhir kata dalam setiap baris tembung macapat.

Nah, sekarang mari kita uraikan guru wilangan dan guru lagu dari tembang pangkur:

Mingkar mingkuring angkara (8a)
Akarana karenan mardi siwi (11i)
Sinawung resmining kidung (8u)
Sinuba sinukarta (7a)
Mrih kretarta pakartining ngèlmu luhung (12u)
Kang tumrap ning tanah Jawa (8a)
Agama ageming aji (8i)

Kesimpulan:

Mingkar mingkuring angkara ngemu teges nyingkirke utawa ngendalikake hawa nafsu kang ana ing njero awak, yang berartimengendalikan atau mengontrol hawa nafsu. Tembung ini merupakan bagian dari tembang pangkur.

Nah, itulah artikel terkait tegese mingkar mingkuring angkara dan lirik tembang macapat pangkur. Bila artikel ini memberikan jawaban terkait pertanyaan yang kamu cari, bagikan juga ke teman yang lain. Kitapunya juga menyediakan artikel menarik yang berkaitan dengan pendidikan dan karir. Dapatkan update tiap minggu ya!

Gambar Gravatar
Winarsih adalah seorang profesional yang ahli dalam bidang pendidikan. Memberikan banyak tips, tutorial dan informasi akurat untuk para pembaca KitaPunya.net.