Tegese Edi Peni

Edi Peni Tegese lan Gawe Ukara

Diposting pada 5,949 views

“Pemandangan ing gunung bromo yen disawang pancen katon edi peni.” Pernah nggak teman-teman mendengar kalimat edi peni? Kalimat atau tembung dalam Bahasa Jawa ini sering kita temui dalam pelajaran Bahasa Jawa tingkat SD hingga SMA. Tidak jarang pula kita temui kalimat ini dalam percakapan sehari-hari masyarakat jawa.

Artikel kali ini akan mengulas tegese tembung edi peni dan contoh kalimatnya (gawe ukara saka tembung edi peni). Yuk langsung saja kita simak, buat dapatkan insight baru!

Edi Peni Tegese

Apa arti edi peni? Tegese tembung edi peni yaiku apik banget, sangat indah, indah sekali lan serba indah. Dalam Bahasa Indonesia edi peni artinya sangat indah atau sangat bagus.

Bagaimana penerapan penggunaan kalimat edi peni? Kalimat edi peni digunakan untuk menggambarkan segala sesuatu yang berkaitan dengan hal yang menarik mata atau keindahan.

Edi Peni Kalebu Tembung

Edi peni berasal dari dua kata yaitu edi dan peni. Edi dalam bahasa jawa berarti apik banget. Peni berarti indah sekali, serba indah, apik lan ayu. Dua kata tersebut yaitu edi dan peni mempunyai arti yang sama yaitu indah dan apik.

Lalu mengapa dua kata yang mempunyai arti sama digabungkan? Penggabungan kata-kata tersebut bertujuan agar arti kalimat makin jelas. Edi peni kalebu tembung saroja (edi peni termasuk tembung saroja).

Tembung saroja yaiku tembung loro sing padha utawa meh padha tegese dianggo bebarengan, tujuane duwe teges luwih mandhes (tembung saroja yaitu dua kata yang artinya sama atau hampir sama digunakan secara bersamaan, dengan tujuan memperjelas arti kata tersebut). Contoh tembung saroja yang lain seperti abang mbranang (merah sekali), arum wangi (bau yang sangat harum), campur adhuk (campur tidak karuan), gagah prakosa (sangat gagah) dan masih banyak yang lain.

Sesuai dengan pengertian di atas, kata pada contoh tembung tersebut mempunyai arti yang hampir sama bahkan sama. Biasanya, kata kedua digunakan untuk menegaskan kata pertama.

Baca Juga Artikel Arti Kata Lainnya:

Ngrembaka: Tegese Lan Gawe Ukara
Bangkekane Mbembeng Tegese lan Gawe Ukara

Edi Peni Contoh Ukara

Membuat kalimat (ukara) merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan agar mudah mengingat arti kata. Sama halnya dengan tembung edi peni yang akan kita buat contoh kalimatnya. Nah, inilah beberapa contoh kalimat (ukara) dari tembung edi peni.

  1. Pemandangan ing gunung bromo yen disawang pancen katon edi peni.
  2. Wayang kuwi dadi pagelaran kang edi peni.
  3. Pemandangan pulau merah katon edi peni.
  4. Kota Pacitan nduweni pemandangan pantai lan gunung kang edi peni.
  5. Bocah sekolah seneng liburan menyang Yogyakarta amarga pemandange katon edi peni.

Nah, sekarang coba teman-teman kitapunya buat contoh ukara dari tembung edi peni.

Kesimpulan:   

Edi peni termasuk tembung saroja, dimana tembung ini menggabungkan dua kata yaitu edi yang berarti apik banget dan peni yang berarti indah sekali atau serba indah. Dalam bahasa tembung, edi peni tegese apik banget lan serba indah.

Nah, itulah artikel terkait tegese edi peni. Bila artikel ini bermanfaat, boleh juga share di media sosial teman-teman. Kitapunya juga menyediakan artikel menarik terkait bahasa jawa, mata pelajaran dan karier. Jangan sampai ketinggalan dapatkan updatenya. See you.

Gambar Gravatar
Winarsih adalah seorang profesional yang ahli dalam bidang pendidikan. Memberikan banyak tips, tutorial dan informasi akurat untuk para pembaca KitaPunya.net.