jembar segarane tegese

Jembar Segarane Tegese Lan Contoh Ukara

Diposting pada 4,833 views

“Dadi manungsa sing jembar segarane”. Kalimat nasihat ini mempunyai pesan agar kita menjadi orang yang mudah memaafkan orang lain. Lalu, apa arti tembung jembar segarane dalam Bahasa Jawa? Artikel kali ini, akan mengulas arti (teges) tembung dan contoh kalimat (ukara) dari tembung jembar segarana. Yuk langsung saja kita simak!

Jembar Segarane Kalebu Tembung

Tembung Jembar Segarane berasal dari dua kata yaitu jembar dan segara. Dalam Bahasa Jawa, jembar berarti luas. Selanjutnya, segara berarti lautan atau samudra. Bukankah lautan pasti luas?  Yap, tidak ada lautan yang nggak luas.

Jembar segarane dalam Bahasa Jawa termasuk tembung saroja. Pengertian tembung saroja adalah tembung loro sing padha utawa meh padha tegese dianggo bebarengan, tujuane duwe teges luwih mandhes (tembung saroja adalah dua kata yang memiliki makna sama atau hampir sama yang digunakan bersamaan dengan tujuan mempertajam makna kalimat). Dalam Bahasa Indonesia, tembung saroja berarti kata kiasan.

Tegese Jembar Segarane

Kata jembar berarti luas, segara berarti lautan atau samudra. Bila kita gabungkan keduanya berarti lautan yang luas. Namun, karena jembar segarane termasuk tembung saroja (kata kiasan) maka makna kalimat yang digabungkan berbeda dengan makna kata yang di pisah.

Dalam Bahasa Jawa, jembar segarane artine gampang menehi pangapura. Dalam Bahasa Indonesia, jembar segarane merupakan sebuah ungkapan yang berarti mudah memberi maaf.

Dadi Manungsa Sing Jembar Segarane Tegese

Apa teman-teman pernah mendengar nasihat ini? Dadi manungsa sing jembar segarane artinya jadilah manusia yang mudah memaafkan. Seseorang yang mempunyai sifat jembar segarane, dia mudah memaafkan kesalahan orang lain dengan ikhlas. Dia tidak akan mengungkit kesalahan orang lain pada masa mendatang dan melupakannya.

Baca Juga Artikel Arti Kata Basa Jawa Lainnya:

Ngrembaka Tegese lan Gawe Ukara
Bangkekane Mbembeng Tegese lan Gawe Ukara
Edi Peni Tegese lan Gawe Ukara

Ukara Saka Tembung Jembar Segarane

Membuat kalimat akan memudahkan kamu dalam mengingat makna dari sebuah kata atau kalimat. Bila suatu hari kamu bertemu dengan kalimat yang sama sedikit banyak pasti akan mengingatnya. Mari kita coba buat kalimat dengan tembung jembar segarane.

  1. Pak sudiro iku piyayi sing jembar segarane. (Pak sudiro adalah bangsawan yang mudah memaafkan).
  2. Kamila bocah sing jembar segarane, nalika dinakali karo kanca-kancane. (Kamila anak yang mudah memaafkan, meskipun dijahati oleh teman-temannya).
  3. Ora gampang dadi wong sing jembar segarane, nanging apik gawe ayeme urip. (Tidak mudah menjadi orang yang mudah memaafkan, namun baik untuk hidup yang nyaman)

Nah, itulah contoh kalimat (ukara) dari tembung jembar segarane. Sekarang coba teman-teman kitapunya buat dan tambahkaan di komentar ya..

Kesimpulan:   

Jembar segarane termasuk tembung saroja, tembung ini berasal dari dua kata yaitu jembar yang berarti luas dan segara yang berarti lautan atau samudra. Dalam bahasa tembung, jembar segarane tegese gampang menehi pangapura marang wong liyane.

Nah, itulah artikel terkait tegese tembung jembar segarane. Bila artikel ini membantu dan bermanfaat buat kamu, langsung saja bagikan juga ke yang lainnya. Kitapunya juga menyediakan artikel menarik lainnya yang berkaitan dengan pendidikan dan karir.

Gambar Gravatar
Winarsih adalah seorang profesional yang ahli dalam bidang pendidikan. Memberikan banyak tips, tutorial dan informasi akurat untuk para pembaca KitaPunya.net.