pralaya tegese mati

Pralaya Tegese: Sinonim lan Gawe Ukara

Diposting pada 1,768 views

 Pralaya tegese? Kata pralaya berasal dari Bahasa Jawa. Bagi teman-teman yang tinggal di daerah Jawa apakah mengetahui arti dari kata pralaya? Kata in masih terdengar asing bagi sebagian orang, utamanya bagi generasi milenial.

Belum lagi, Bahasa Jawa mempunyai ragam bahasa yang lebih banyak dibandingkan Bahasa Indonesia. Satu arti bisa diwakili oleh banyak kata. Hal ini tidak terlepas dari unggah-ungguh dalam Bahasa Jawa. Saat kita berbicara dengan orang yang lebih tua akan berbeda dengan teman sebaya.

Apa kamu sedang mencari apa arti kata (tegese) pralaya? Temukan jawabannya di artikel ini! Kamu akan menemukan arti kata dilengkapi dengan contoh kalimat (ukara) dari tembung pralaya.

Tembung Pralaya Tegese

Dalam Bahasa Jawa, pralaya berarti mati. Pralaya juga merupakan bagian dari tembung dasanama mati dalam bahasa jawa. Tembung dasanama yaiku tembung-tembung kang nunggal teges (padha utawa meh padha tegese), artinya kata dasanama adalah kata yang mempunyai persamaan kata. Hanya saja, persamaan kata bagi tembung yang masuk dalam kategori ini lebih banyak dari tembung (kata) yang lain. Perlu diingat, tidak semua kata dalam bahasa jawa termasuk tembung dasanama. Dalam bahasa indonesia, tembung dasanama juga dikenal dengan sinonim atau persamaaan kata.

Lalu untuk apa penggunaan tembung pralaya ini? Penggunaan tembung pralaya untuk menggambarkan kematian seseorang. Meskipun mempunyai arti mati, kata ini tidak tepat untuk menggambarkan hewan dan tumbuhan yang mati.

Sinonim Pralaya (Padha Tegese Pralaya)

Sekarang kita sudah paham kalau arti (teges) dari pralaya adalah mati. Mencari persamaan kata tembung pralaya sangatlah mudah. Kita tinggal melihat dasanama dari tembung mati. Inilah, sinonim (padha tegese) pralaya dalam bahasa jawa:

Mati = antaka, ngemasi, seda, lalis, lampus, layon, mancal donya, lena, murud, padhem, palastra, pralaya, pralena, tinggal donya.

Kalau kita hitung sinonim dari kata mati sangat banyak bukan? Nah, inilah yang dimaksud dasanama dalam bahasa jawa, dimana sebuah kata mempunyai sinonim yang sangat banyak bahkan bisa lebih dari sepuluh kata. Sinonim tersebut tinggal kamu sesuaikan penggunaanya dengan makna dalam kalimat.

Baca Juga Artikel Basa Jawa Lainnya:

Ngrembaka Tegese lan Gawe Ukara
Wasis Tegese lan Gawe Ukara

Antonim Pralaya (Kosok Balen Pralaya)

Kosok balen pralaya yaiku urip, artinya lawan kata mati adalah hidup. Sama halnya dengan tembung pralaya, tembung urip juga termasuk tembung dasanama. Berikut merupakan dasanama tembung urip dalam bahasa jawa:

Urip =gêsang, atma, hidhup, juwita, tuwuh, jiwana, kayun, satmaka.

Gawe Ukara Saka Tembung Pralaya

Beberapa contoh kalimat yang kami buat di bawah ini menunjukkan penggunaan tembung pralaya. Kamu bisa menggunakannya sebagai contoh membuat kalimat sendiri. Selain itu, membuat kalimat akan memudahkan kamu dalam mengingat arti dan makna sebuah kata. Inilah contoh kalimat (ukara) dari tembung pralaya:

  1. Akeh prajurit sing padha nemahi pralaya.
  2. Kurawa akeh sing pralaya nalika Perang Baratayudha.
  3. Budi pralaya amarga dipateni karo penjahat wingi bengi.

Berdasarkan pengertian di atas dan beberapa referensi, pralaya berarti mati atau meninggal. Nah itulah arti kata (tegese) sinonim dan contoh kalimat dari kata pralaya. Semoga artikel ini mampu menambah pemahaman kamu terkait kata dalam Bahasa Jawa. Bila bermanfaat, jangan lupa bagikan ya!

Gambar Gravatar
Winarsih adalah seorang profesional yang ahli dalam bidang pendidikan. Memberikan banyak tips, tutorial dan informasi akurat untuk para pembaca KitaPunya.net.