Becik Ketitik Ala Ketara tegese

Becik Ketitik Ala Ketara Tegese lan Gawe Ukara

Diposting pada 12,968 views

Purwakanthi guru swara becik ketitik ala ketara penuh dengan makna. Apa tegese becik ketitik ala ketara? Tembung ini pasti sering kita dengar bahkan temui saat pelajaran Bahasa Jawa bahkan berkomunikasi dengan orang-orang di lingkungan Suku Jawa.

Artikel kali ini, akan mengulas tegese becik ketitik ala ketara lan gawe ukara (contoh kalimatnya). Setelah membaca artikel ini, kamu akan memahami makna peribahasa becik ketitik ala ketara. Yuk langsung saja kita simak!

Becik Ketitik Ala Ketara Tegese

Becik Ketitik Ala Ketara dalam Bahasa Jawa merupakan tembung (kalimat) yang penuh makna. Oleh karenanya, arti (tegese) dari kalimat ini sering kita temui pada pembelajaran Bahasa Jawa.

Becik Ketitik Ala Ketara tegese wong sing kelakuane bener bakal dipandang apik karo wong liyo, sebalike wong sing kelakukane ala bakal dianggap elek. Sing jenenge tumindak salah meh ditutupi koyo opo tetep bakal ketoro. Artinya dalam Bahasa Indonesia, orang yang berkelakuan benar akan dilihat baik oleh orang lain, sebaliknya orang yang perilakunya buruk juga akan dipandang jelek sifatnya oleh orang lain. Kelakuan yang salah atau jahat, meskipun disembunyikan dengan cara apapun pasti akan terlihat juga.

Sekarang marilah kita uraikan arti dari tembung Becik Ketitik Ala Ketara setiap kata, agar mudah dipahami.

Becik tegese kelakuan apik (artinya perilaku yang baik, dalam hal budi pekerti dan perbuatan)

Ketitik tegese yaiku konangan (kawêruhan) amarga kasumurupan (artinya ketahuan karena dipergoki oleh orang lain)

Ala tegese elek, jahat lan ora apik (artinya jelek, buruk, culas, jahat dan perbuatan buruk yang lainnya)

Ketara tegese yaiku katon cetha, ketok jelas (artinya terlihat jelas)

Sehingga, Becik Ketitik Ala Ketara tegese tumindak ala utawa becik wusanane bakal konangan (artinya perbuatan baik atau buruk pada akhirnya akan ketahuan).

Becik Ketitik Ala Ketara Kalebu Tembung

Dalam Bahasa Jawa, tembung dikategorikan menjadi beberapa jenis. Sama halnya, dengan kalimat Becik Ketitik Ala Ketara juga masuk dalam kategori tembung Bahasa Jawa. Unen unen Becik Ketitik Ala Ketara kalebu jinise paribasan (peribahasa).

Peribahasa adalah ungkapan atau sekumpulan kata yang berisi makna tersirat, yang dapat dipahami pendengar dan pembaca karena keduanya berada dalam lingkup budaya yang sama. Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat Jawa menggunakan peribahasa untuk menyampaikan makna tersirat atau tersembunyi.

Peribahasa Becik Ketitik Ala Ketaramemiliki makna bahwa sifat baik dan buruk akan terlihat oleh orang lain. Peribahasa ini, mengandung pesan agar manusia senantiasa berbuat baik, karena perbuatan yang baik akan tampak baik, sebaliknya perbuatan buruk dan jahat sekuat apapun kita sembunyikan pasti akan ketahuan. Baik atau buruk, akan terlihat bukan?

Baca Juga Artikel Basa Jawa Lainnya:
Pralaya Tegese: Sinonim lan Gawe Ukara
Jembar Segarane Tegese Lan Contoh Ukara
Edi Peni Tegese lan Gawe Ukara

Becik Ketitik Ala Ketara Kalebu Purwakanthi

Purwakanthi dalam Bahasa Jawa berarti mengulang atau mengikuti kata yang di awal atau kata sebelumnya. Purwakanthi identik dengan rima (bunyi yang sama) sehingga mudah ditangkap oleh pendengar. Purwakanthi dibagi menjadi tiga jenis yaitu: guru swara, guru sastra dan guru basa.

Becik Ketitik Ala Ketara termasuk purwakatanthi guru swara. Purwakanthi guru swara adalah purwakanthi yang memiliki persamaan bunyi huruf vokalnya (a,i,u,e,o). Coba kita uraikan, mengapa termasuk purwakanthi guru swara?

  • Becik dan ketitik mempunyai persamaan bunyi huruf vokal i
  • Ala dan ketara mempunyai persamaan bunyi huruf vokal a

Nah, agar makin jelas inilah beberapa purwakanthi guru swara yang lainnya:

  • Ayem tentrem
  • Bagas waras
  • Bungah susah iku lumrah
  • Gemah ripah
  • Gemi setiti ngati-ati
  • Gelem obah, mesthi mamah.

Gawe Ukara Saka Tembung Becik Ketitik Ala Ketara

Membuat kalimat akan memudahkan dalam memahami makna. Kalau sudah paham makna, saat menemui kalimat yang sama pasti akan teringat artinya bukan? Yuk, mari kita buat kalimat dengan tembung becik ketitik ala ketara!

  1. Bapak menehi pesan supaya anake iling karo paribasan Becik Ketitik Ala Ketara.
  2. Manungsa ora bisa ngapusi, amarga tumindake kene bakal Becik Ketitik Ala Ketara.
  3. Becik Ketitik Ala Ketara, paribasan ingkang mupangati kanggo uripe manungsa.

Kesimpulan:   

Tegese Becik Ketitik Ala Ketara yaiku tumindak ala utawa becik wusanane bakal konangan (artinya perbuatan baik atau buruk pada akhirnya akan ketahuan). Becik Ketitik Ala Ketara termasuk purwakatanthi guru swara.

Peribahasa ini mengajarkan agar manusia berusaha menjadi orang yang baik, karena baik akan terlihat baik dan buruk akan tampak buruk. Keburukan dan kejahatan tidak akan bisa kita sembunyikan, apa pun caranya.

Nah, itulah artikel terkait tegese becik ketitik ala ketara. Bila artikel ini menambah pengetahuan baru dan bermanfaat, bagikan juga ke teman-teman yang lain. Kitapunya juga menyediakan artikel menarik yang berkaitan dengan pendidikan dan karir.

Gambar Gravatar
Winarsih adalah seorang profesional yang ahli dalam bidang pendidikan. Memberikan banyak tips, tutorial dan informasi akurat untuk para pembaca KitaPunya.net.