Tegese Pepalang

Arti Kata Pepalang: Tegese dan Contoh Kalimat

Diposting pada 8 views

“Apa arti kata pepalang bu?,” tanya adik.
“Ing sajroning uripe manungsa pasti ana pepalang sing kudu dilewati nak,” jawab ibu. Kemudian mereka berdua melanjutkan obrolan.

Perkembangan teknologi saat ini turut serta dalam perkembangan bahasa. Kalau dahulu, masyarakat daerah akan sangat hafal dengan bahasa daerahnya karena digunakan dalam bersosialisasi rutin setiap hari. Namun, saat ini sebagian besar remaja dan generasi millenial hidup di tengah perkotaan entah untuk melanjutkan pendidikan dan meraih pekerjaan. Hal ini menjadi salah satu penyebab mulai kurangnya pemahaman kata dari bahasa daerah misalnya Bahasa Jawa.

Percakapan singkat sebelumnya menimbulkan pertanyaan apa sebenarnya arti kata pepalang. Kata pepalang berasal dari Bahasa Jawa. Pepalang masih terdengar asing dalam percakapan sehari-hari, terutama untuk anak muda. Untuk itu artikel kali ini akan membantu teman-teman untuk mengetahui lebih dalam tentang kata pepalang.

Apa Arti Kata Pepalang

Pepalang berasal dari Bahasa Jawa. Dalam Bahasa Indonesia arti kata pepalang adalah halangan. Menurut KBBI arti halangan adalah hal yang menjadi sebab tidak terlaksananya rencana (kegiatan) atau terhentinya suatu pekerjaan.

Dari definisi di atas pepalang atau halangan menggambarkan sebuah rintangan atau cobaan yang menjadi penghambat untuk melakukan sebuah kegiatan.

Tegese Pepalang dalam Bahasa Jawa

Kata pepalang dalam bahasa jawa yang masih terdengar asing ini memiliki arti yang sama dengan kata alangan.

Sinonim Kata Pepalang

Dalam bahasa indonesia halangan memiliki beberapa persamaan kata yaitu: rintangan, gangguan, godaan,hambatan dan usikan.

Contoh Kalimat dengan Kata Pepalang

Beberapa contoh kalimat di bawah ini menunjukkan penggunaan kata pepalang. Bisa kamu gunakan untuk menambah referensi ketika ada tugas membuat contoh kalimat.

  1. Lebaran taun iki keluargaku ora bisa mudik amarga ana pepalang virus corona.
  2. Wina neruske kuliah tahun iki amarga tahun wingi ana pepalang bayar kuliah.
  3. Urip iku biasane ora mulus, ning njerone ana pepalang sing kudu dilewati kanthi sabar.
  4. Fitra ora sida budhal kerja amarga ana pepalang sepedahe rusak.
  5. Dewi bocah sing kuat, pepalang opo wae bakal dilewati kanthi sabar lan semangat.
  6. Urip kuwi aja mikir pepalang sing bakal kedaden, nanging luwih apik golek solusi.

Kesimpulan

Berdasarkan pengertian di atas dan beberapa referensi, pepalang sama dengan alangan. Dalam Bahasa Indonesia halangan memiliki makna hal yang menjadi sebab tidak terlaksananya rencana (kegiatan).

Nah itulah arti kata, sinonim dan contoh kalimat dari kata pepalang. Semoga artikel ini mampu menambah insight dan kosa kata baru kamu dalam bahasa jawa kedepannya. Sampai jumpa di artikel kitapunya selanjutnya.

Temukan arti kata lainnya di kitapunya.net : Kumpulan Arti Kata

Loma
Tutur
Kawak
Ngelih