arti tutur

Arti Kata Tutur dan Contoh Penggunaan dalam Kalimat

Diposting pada 4 views

Arti Kata Tutur dan Contoh Penggunaan dalam Kalimat – Pernah mendengar kalimat “bertutur kata yang baik saat berbicara dengan orang tua”? Kalimat ini mengisyaratkan agar kita menggunakan tutur kata yang baik saat berbicara dengan orang tua. Jangan sampai menggunakan kalimat yang tidak sopan, tidak menghargai bahkan berkata kasar.

Kata tutur identik dengan ucapan dalam kehidupan sehari-hari. Kita bisa menilai seseorang dari tutur katanya. Artikel kali ini akan membahas beberapa poin penting terkait arti kata tutur dan contoh kalimatnya.

Arti Kata Tutur

Kata tutur berperan sebagai kata benda (nomina) dalam sebuah kalimat. Menurut KBBI arti kata tutur adalah ucapan, kata dan perkataan.

Berdasarkan pengertian di atas kata tutur menggambarkan ucapan atau kata yang keluar dari mulut kita. Oleh karena itu, usahakan kita terbiasa bertutur kata yang baik agar orang lain merasa nyaman dengan yang kita sampaikan. Jangan sampai tutur kata kita membuat orang lain marah bahkan sakit hati.

Arti Tutur Kata

Sebelumnya tutur berarti adalah ucapan,kata dan perkataan. Kata ‘tutur’ biasanya dikombinasikan dengan kata ‘kata’ sehingga menjadi tutur kata. Tutur kata berarti perkataan (yang diucapkan) dan kata yang diujarkan.

Antonim Kata Tutur 

             

Arti kata tutur dan contoh kalimat

Setelah kamu memahami arti kata tutur,sekarang kita akan mencari antonim dari kata tutur ini. Seperti yang sudah kita pahami sebelumnya, tutur secara umum berarti ucapan atau yang berhubungan dengan kata yang keluar dari mulut seseorang. Sehingga antonim dari tutur adalah diam. Yap, orang yang sedang diam pasti tidak mengeluarkan tutur kata.

Contoh Kalimat dengan Kata Tutur

Setelah kita memahami arti kata tutur. Rasanya kurang kalau kita belum membuat contoh kalimat. Di bawah ini ada beberapa kalimat yang sudah kami buat:

  1. Rendi selalu menggunakan tutur kata yang sopan saat berbicara.
  2. Karena tutur kata yang sering menyakitkan Dani dijauhi kerabatnya.
  3. Menjaga lisan dan  tutur kata akan menjauhkan manusia dari kebencian antar umat manusia.
  4. Tindak tutur siswa dalam kegiatan belajar bahasa indonesia di SMP 10 Sidoarjo sangat mengesankan.
  5. Dari tutur katanya, Ia terlihat sangat sedih karena kehilangan adiknya.
  6. “Anak muda harus kreatif, namun jangan lupakan sopan santun” tutur Pak RT.

Kesimpulan

Berdasarkan pengertian di atas dan beberapa referensi, secara umum tutur berarti ucapan, kata dan perkataan

Nah itulah arti kata, antonim dan contoh kalimat dengan kata tutur. Semoga artikel ini mampu menambah insight dan kosa kata baru untuk teman-teman. KitaPunya menyediakan artikel pendidikan dan pengetahuan terbaru yang cocok untuk upgrade ilmu. See you di next artikel.

Temukan arti kata lainnya di kitapunya.net : Kumpulan Arti Kata

Berkelakar
Gusar
Culas
Impresif
Dahaga