contoh kalimat dengan kata impresif

Arti Kata Impresif dan Contoh Kalimat

Diposting pada 5 views

Arti Kata Impresif – Memahami kata tidak hanya untuk mengerjakan tugas sekolah atau kuliah. Kamu pernah ngak sih tiba-tiba penasaran saat mendengar temanmu memakai kata baru? Terdengar keren bukan? Makin banyak memahami kosa kata baru, akan meningkatkan skill kamu dalam berkomunikasi bahkan menulis.

Kata impresif akhir-akhir ini sering kita temui saat berkomunikasi dengan orang lain. Biasanya pemilihan kata impresif untuk menggambarkan segala sesuatu baik itu orang, kejadian bahkan momen tertentu yang mampu menimbulkan kesan tertentu.

Sederhanya, penggunaan kata impresif untuk mengungkapkan tentang sesuatu yang begitu mengesankan atau menakjubkan.

“Penampilannya sangat impresif!”

Lalu sebenarnya apa arti kata impresif dan apa saja contoh kalimatnya? Yuk simak artikel ini agar kamu bisa lebih memahami arti kata impresif dan selanjutnya bisa kamu terapkan untuk komunikasi.

Arti Kata Impresif

Kata impresif adalah kata serapan dari bahasa inggris. Menurut KBBI arti kata impresif /im·pre·sif/ /imprésif/ adalah dapat memberi atau meninggalkan kesan yang dalam, mengharukan, mengesankan serta dapat memengaruhi perbuatan atau tindakan.

Dalam KBBI kata impresif dikategorikan dalam kelompok adjektiva yang berfungsi untuk menerangkan nomina (kata benda) atau pronomina (kata yang menggantikan nomina).

Bahasa yang Impresif

Dari pengertian kata impresif sebelumnya, bahwa kata impresif dapat menimbulakan kesan serta mampu memengaruhi tindakan. Kita dapat menarik kesimpulan seperti apa bahasa yang impresif itu. Bahasa impresif artinya bahasa yang mengesankan atau bahasa yang sangat berkesan sehingga mampu membuat orang yang mendengarnya melakukan suatu perbuatan atau tindakan.

Contoh sederhanya, kamu mengikuti seminar disitu kamu mendengarkan narasumber menyampaikan materi-materi baru yang belum pernah kamu dapat. Kamu merasa berkesan saat mengikuti seminar tersebut. Artinya kejadian tersebut impresif bagimu.

Lebih jauh lagi, saat mendengar pidato gubernur bahkan presiden terkadang kita kagum dengan apa yang mereka sampaikan. Kita pun melakukan tindakan sesuai yang mereka jabarkan. Artinya pada pidato tersebut kemungkinan besar mereka menggunakan bahasa yang impresif.

Namun, kamu jangan membayangkan kalau bahasa impresif hanya untuk acara formal. Bahasa yang impresif ini bisa kita gunakan saat presentasi, promosi bisnis bahkan saat interview.

Contoh Kalimat dengan Kata Impresif

  1. Tim badmintoon Indonesia tampil sangat impresif di pertandingan tadi malam.
  2. Ruben menjadi sorotan atas penampilannya yang impresif bersama Manchester City musim ini.
  3. Presentasi mahasiswa sangat impresif dalam menyampaikan gagasan baru terkait pentingnya belajar bisnis di usia muda.
  4. Pidato Presiden Jokowi impresif dan bergaya millenial.
  5. Berkomunikasi yang efektif dan impresif mampu menimbulkan kesan menarik bagi audience.
  6. Pemilihan warna dipilih dengan komposisi yang impresif.

Kesimpulan

Berdasarkan pengertian di atas dan beberapa referensi, secara umum kata impresif dapat diartikan sebagai sesuatu yang mengesankan, menimbulkan kesan bahkan mengharukan.

Sedangkan bahasa yang impresif adalah pemilihan kalimat dalam berkomunikasi yang mampu menimbulkan kesan bagi pendengarnya.

Nah, itulah arti kata impresif dan contoh kalimat yang sering ditemukan.  Semoga artikel ini mampu menambah insight baru bagi teman-teman. Sampai jumpa di update arti kata selanjutnya.

Temukan arti kata lainnya di kitapunya.net : Kumpulan Arti Kata

Frasa
Dahaga
Insight
Justifikasi