Kata Culas dan Contoh Kalimat

Arti Kata Culas dan Contoh Kalimat

Diposting pada 2 views

Arti Kata Culas dan Contoh Kalimat – Kata Culas terkadang kita dengar di lingkungan masyarakat baik melalui sosial media atau di dunia nyata saat berbincang bersama teman-teman. Selain itu culas biasanya kita temui di buku cerita dan serial sinetron atau drama. Sifat culas biasanya dimiliki oleh tokoh-tokoh antagonis yang melawan tokoh utama (protagonis).

Culas identik menggambarkan perilaku yang kurang baik dan cenderung kurang disukai pula oleh orang lain. Karena sifat ini juga mengambil kebahagiaan orang lain bahkan merugikannya. Lalu apa arti kata culas? Dan apa saja contoh kalimat dengan kata culas? Yuk simak sampai habis artikel ini.

Arti Kata Culas Adalah

Culas menggambarkan sifat yang ada pada diri seseorang. Arti kata culas menurut KBBI adalah malas sekali, tidak tangkas, lamban, curang, tidak jujur dan tidak lurus hati. Sedangkan dalam bahasa sunda dan daerah kalimantan culas berarti licik.

Berdasarkan pengertian KBBI di atas culas menggambarkan sifat atau perilaku yang kurang baik dan sebaiknya kita tidak memiliki sifat culas. Sifat ini akan merugikan diri sendiri bahkan orang lain.

Orang yang culas adalah orang yang mempunyai sifat jahat yang senang berbuat curang dalam melakukan apapun demi kepentingan diri sendiri dan tanpa peduli melakukan hal-hal yang merugikan orang lain.

Makna Culas dalam Syair

Kata culas banyak digunakan dalam karya sastra seperti syair, puisi dan pantun. Untuk memahami arti dari karya sastra kita perlu memahami pula kata-kata yang terkandung di dalamnya.

Untuk teman-teman yang masih duduk dibangku sekolah, mungkin pernah menemukan syair yang menggunakan kata culas. Lalu apa arti kata culas yang ada pada syair di bawah ini?

Pergi ke sekolah jangan malas
Belajar yang rajin di dalam kelas
Jaga sikapmu jangan culas
Agar hati tiada keras

Secara keseluruhan syair di atas mengajarkan agar pelajar sebaiknya rajin bersekolah dan belajar. Pelajar juga tidak boleh berbuat curang, agar hati menjadi tenang. Sehingga arti kata culas pada syair di atas adalah curang.

Antonim Kata Culas

Secara umum arti culas adalah curang. Sehingga antonimnya adalah jujur. Orang-orang yang bersikap jujur tidak bersikap curang.

Contoh Kalimat dengan Kata Culas      

Setelah kita belajar arti kata, sekarang kita akan membuat kalimat menggunakan kata culas. Yuk simak di bawah ini:

  1. Karena sifatnya yang culas, ia tidak disenangi oleh teman-teman kelasnya.
  2. Pedagang culas itu kini sedang diamankan polisi.
  3. Serigala merasa berkuasa sehingga ia bersikap culas kepada teman-temannya di hutan.
  4. Polisi akan bertindak tegas kepada pihak yang culas.
  5. Orang culas selalu berusaha menutupi kelemahan dengan menyalahkan orang lain.
  6. Hindari berbuat culas agar hatimu tenang.
  7. Orang yang rajin akan mendapatkan hasil yang sesuai di masa depan, namun orang yang culas akan hidup dalam penyesalan.

Kesimpulan

Berdasarkan pengertian di atas dan beberapa referensi, secara umum culas dapat diartikan sebagai sifat yang curang, tidak jujur dan tidak lurus hati.

Nah, itulah arti kata culas dan contoh kalimatnya. Semoga artikel ini mampu menambah insight baru dan kosa kata untuk teman-teman. Samapi jumpa di artikel selanjutnya.  

Temukan arti kata lainnya di kitapunya.net : Kumpulan Arti Kata

Impresif
Dahaga
Insight