Loma pada tegese karo

Arti Kata Loma: Tegese lan Kosok Balen

Diposting pada 10 views

“Dadi wong sing loma iku rejekine bakal lancar” kata ibu.
“Apa arti kata loma itu?” sahut adik.

Beberapa hari yang lalu, adikku mendapat tugas bahasa jawa untuk mencari arti kata loma dalam bahasa jawa beserta lawan kata (kosok balen).  Kata loma memang masih sedikit asing didengar.

Apa teman-teman pernah mendengar kata loman dalam bahasa jawa? Kata loman lebih sering didengar dibandingkan loma didaerah jawa timur. Loma dan loman memiliki arti yang sama. Artikel kali ini akan membantu teman-teman untuk mengetahui lebih dalam tentang kata loma.

Arti Kata Loma

Loma berasal dari bahasa jawa. Dalam bahasa indonesia arti kata loma adalah murah hati, dermawan,suka memberi dan tidak pelit.

Loma identik dengan hal-hal yang baik, maka tidak jarang disisi lain loma digunakan untuk memberi nama anak. Di indonesia, nama dengan kata loma paling banyak digunakan oleh masyarakat Kota Bekasi.

Dilansir dari Kamusnama orang dengan nama loma cenderung penuh energi, seolah-olah tidak pernah istirahat. Ia akan bekerja keras dalam karir dan tidak jatuh cinta yang terlalu mendalam.

Apa Sing Diarani Loma? (Sinonim Loma)

Sebelumnya kita sudah membahas arti kata dalam bahasa indonesia. Namun, seringnya loma ini muncul dalam pertanyaan bahasa jawa “Apa tegese loma?”. Loma memiliki arti dermawan yang dalam bahasa jawa biasa kita sebut “wong sing seneng menehi” atau “seneng nulung”.

Apa Kosok Balen Kata Loma? (Lawan Kata Loma)

Sekarang kita sudah sepakat arti kata loma adalah dermawan atau suka memberi. Nah lawan kata dari dermawan adalah pelit atau tidak suka memberi.

Kata yang berarti pelit dalam bahasa jawa adalah cethil. Dari sini kita bisa menyimpulkan lawan kata loma adalah cethil.

Piye Watak Loma Iku? (Bagaimana Sifat Loma Itu?)

Loma atau dermawan diartikan sebagai orang yang suka memberi, menolong dan bersedekah. Orang-orang yang memiliki sifat (watak) loma ini tidak menunggu mereka kaya untuk memberi bantuan ke orang lain. Karena dari dalam dirinya mereka senang dan ikhlas dalam membantu antar sesama manusia.

Contoh Kalimat dengan Kata Loma dalam Bahasa Jawa

Berikut dibawah ini beberapa kalimat yang menggunakan kata loma dalam bahasa jawa:

  1. Pak Basuki uwong sing sederhana nanging loma karo sopo wae.
  2. Dadi uwong sing ngirit iku apik, nanging ojo nganti  ora loma karo wong tuwa lan sedulur.
  3. Dadio wong sing loma marang wong cilik.
  4. Dadio wong seng loma supaya bisa ngrewangi wong sing kasusahan.
  5. “Ora usah ngenteni kowe sukses lagek loma karo wong liya” tuture ibu.

Kesimpulan

Berdasarkan pengertian di atas dan beberapa referensi, secara umum loma memiliki makna dermawan atau murah hati. Dalam bahasa jawa loma memiliki sinonim ora cethi (tidak pelit).

Nah itulah arti kata, antonim dan contoh kalimat dari kata loma. Semoga artikel ini mampu menambah insight dan kosakata baru kamu dalam bahasa jawa. Sampai jumpa di artikel kitapunya selanjutnya.

Temukan arti kata lainnya di kitapunya.net : Kumpulan Arti Kata

Tutur
Kawak