tugas mantri bank

Apa itu Mantri Bank? Tugas, Kualifikasi dan Gajinya

Diposting pada 10,107 views

Apa itu Mantri Bank?

Mantri bank adalah sebutan untuk Account Officer (AO) atau petugas pemasaran produk bank yang bertugas menawarkan berbagai layanan keuangan kepada nasabah, baik perorangan maupun korporasi. Mantri bank juga bertanggung jawab untuk menganalisis kelayakan kredit, mengelola portofolio nasabah, dan melakukan penagihan.

Mantri bank biasanya bekerja di bank umum atau bank perkreditan rakyat (BPR) yang memiliki fokus pada segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Mantri bank harus memiliki kemampuan komunikasi, negosiasi, dan persuasi yang baik, serta pengetahuan tentang produk dan regulasi perbankan.

Mantri bank berperan penting dalam meningkatkan inklusi keuangan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Mantri bank tidak hanya menjual produk, tetapi juga memberikan solusi dan bantuan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Mantri bank juga harus menjaga hubungan baik dengan nasabah dan membangun kepercayaan.

Untuk menjadi mantri bank, biasanya dibutuhkan lulusan pendidikan minimal D3 dari berbagai jurusan, terutama ekonomi, manajemen, atau akuntansi. Selain itu, mantri bank juga harus mengikuti pelatihan dan sertifikasi yang diselenggarakan oleh lembaga perbankan atau asosiasi profesi. Mantri bank juga harus siap bekerja di lapangan dan berpindah-pindah tempat.

Tugas Mantri Bank

Mantri bank adalah seorang pegawai bank yang bertugas untuk mengembangkan usaha mikro dan kecil di wilayah kerjanya. Mantri bank memiliki peran penting dalam meningkatkan inklusi keuangan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Berikut adalah 10 tugas mantri bank yang perlu Anda ketahui:

  1. Melakukan survei dan identifikasi potensi nasabah mikro dan kecil di wilayah kerjanya.
  2. Menyampaikan informasi dan sosialisasi produk dan layanan bank kepada calon nasabah mikro dan kecil.
  3. Membantu calon nasabah mikro dan kecil dalam mengajukan permohonan kredit, menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, dan melakukan analisis kelayakan usaha.
  4. Melakukan verifikasi dan validasi data calon nasabah mikro dan kecil, termasuk melakukan kunjungan lapangan untuk mengecek kondisi usaha dan jaminan.
  5. Menyampaikan rekomendasi kredit calon nasabah mikro dan kecil kepada unit terkait di bank untuk mendapatkan persetujuan.
  6. Melakukan penandatanganan perjanjian kredit dengan nasabah mikro dan kecil yang telah disetujui, serta menyerahkan dana kredit kepada nasabah.
  7. Melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap nasabah mikro dan kecil yang telah menerima kredit, termasuk melakukan kunjungan rutin untuk mengecek perkembangan usaha dan pembayaran angsuran.
  8. Menyampaikan laporan perkembangan nasabah mikro dan kecil kepada unit terkait di bank secara berkala.
  9. Menangani masalah-masalah yang timbul terkait dengan kredit nasabah mikro dan kecil, seperti keterlambatan pembayaran, kesulitan usaha, atau penyalahgunaan dana kredit.
  10. Melakukan evaluasi dan penilaian terhadap kinerja nasabah mikro dan kecil yang telah menerima kredit, serta memberikan saran-saran perbaikan atau pengembangan usaha.

Demikianlah 10 tugas mantri bank yang harus Anda ketahui. Mantri bank adalah profesi yang menantang sekaligus bermanfaat bagi masyarakat.

Syarat dan Kualifikasi Mantri Bank

Bagaimana cara menjadi mantri bank? Apa saja syarat dan kualifikasi yang dibutuhkan? Apa saja tanggung jawab dan tugas seorang mantri bank? Bagaimana prospek karir dan gaji seorang mantri bank? Jika Anda tertarik untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka artikel ini adalah untuk Anda.

Mantri bank adalah sebutan untuk pegawai bank yang bertugas melakukan pelayanan langsung kepada nasabah, baik di kantor cabang maupun di luar kantor cabang. Mantri bank juga bertanggung jawab untuk mengembangkan bisnis bank, seperti menawarkan produk dan jasa perbankan, menggaet nasabah baru, dan menjaga hubungan baik dengan nasabah lama.

Untuk menjadi mantri bank, Anda harus memenuhi beberapa syarat dan kualifikasi, antara lain:

  • Lulusan minimal D3 dari berbagai jurusan, dengan IPK minimal 2,75.
  • Usia maksimal 25 tahun untuk fresh graduate dan 28 tahun untuk berpengalaman.
  • Memiliki kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik.
  • Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang produk dan jasa perbankan.
  • Memiliki motivasi dan integritas yang tinggi.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

Gaji Mantri Bank

Sebagai mantri bank, Anda juga akan memiliki prospek karir yang menjanjikan. Anda akan mendapatkan gaji pokok yang kompetitif, ditambah dengan tunjangan-tunjangan lainnya, seperti uang makan, transportasi, kesehatan, dll. Anda juga akan mendapatkan insentif berupa bonus atau komisi sesuai dengan target yang dicapai.

Selain itu, Anda juga akan memiliki kesempatan untuk naik jabatan menjadi supervisor, manager, atau bahkan direktur cabang.

Gaji mantri bank bervariasi tergantung pada bank tempat bekerja, jabatan, pengalaman, dan kinerja. Gaji rata-rata mantri bank di Bank Mandiri adalah Rp 3.500.000 per bulan.

Kisaran gaji rata-rata mantri bank di Bank BRI adalah Rp 3.000.000 per bulan. Gaji ini belum termasuk tunjangan, insentif, dan bonus yang mungkin diberikan oleh bank.

Jadi, jika Anda tertarik untuk menjadi mantri bank, Anda harus mempersiapkan diri dengan baik. Anda harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi mantri bank yang profesional. Anda juga harus memiliki sikap yang positif dan proaktif dalam bekerja. Dan yang terpenting, Anda harus memiliki passion dan dedikasi untuk memberikan layanan terbaik kepada nasabah.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin meniti karir sebagai mantri bank. Semoga sukses kawan!

Baca juga:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, HR, dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.