tugas teller bank

Tugas Teller Bank

Diposting pada 132 views

Tugas teller bank – Ketika kamu pergi ke suatu bank hal pertama yang kamu temui adalah menuju pegawai teller bank untuk melakukan transaksi yang kamu butuhkan. Para teller tersebut adalah bagian terdepan untuk melayani segala transaksi para nasabah.

Profesi yang bergerak di bidang jasa ini nyatanya saat ini cukup banyak diminati masyarakat. Nah apa sih sebenarnya profesi teller bank? Jika kamu hanya mengetahui sekilas, berikut ini akan dijelaskan secara mendalam apa itu teller bank, tugas, tanggung jawab, dan syarat menjadi teller.

Pengertian Teller Bank

pengertian dan tugas teller bank

Sebelum masuk pada penjelasan tugas teller bank, kali ini akan dijelaskan dulu tentang apa yang dimaksud dengan teller bank.

Teller bank adalah seorang yang bertugas untuk melayani para nasabah bank dalam keperluan transaksi sehari-hari dengan pelayanan terbaik yang diberikan.

Teller akan mengurus segala transaksi terkait keuangan dan hal-hal administrasi lain maka dari itu seorang teller harus sangat berhati-hati dalam melaksanakan tugasnya.

Tugas Teller Bank

Berikut ini tugas seorang teller bank yang harus diperhatikan dan dilaksanakan dengan baik.

1. Melayani transaksi nasabah

Sudah menjadi tugas pokok seorang teller bank untuk melayani segala transaksi nasabah terkait setor dan tarik uang pada bank.

Teller harus memiliki ketelitian daalm melakukan transaksi yang berhubungan dengan keuangan seperti menghitung uang, memastikan jumlah uang yang diberikan atau disetor pada nasabah dan pengecekan uang palsu dibantu dengan alat bantu.

2. Melakukan pemeriksaan kas

Tugas teller juga adalah melakukan pemerikasaan kas dan menghitung transaksi yang dilakukan perhari menggunakan kakulator dan mesin penghitung lainnya.

3. Memproses transaksi nasabah yang lain

Teller juga wajib melayani bentuk transaksi lainnya seperti tagihan pembayaran, rencana tabungan pensiun atau deposito.

4. Memasukkan data transaksi pada komputer

Teller harus memasukkan segala data transaksi dan mengeluarkan tanda terima dari komputer yang biasanya akan divalidasi dengan teller.

5. Memeriksa cek dan uang deposit

Teller akan melayani segala transaksi nasabah termasuk juga dalam pelayanan cek uang tunai deposit, memastikan dan memverifikasi jumlh uang, dan memeriksa keakuratan slip setoran.

6. Cek data nasabah

Teller harus teliti dan memverifikasi segala data nasabah yang sedang melakukan transaksi seperti informasi lain terkait tanggal, nama bank, identifikasi orang yang menerima pembayaran dan legalitas dokumen.

7. Identifikasi kesalahan transaksi

Tugas teller juga harus mampu mengidentifikasi kesalahan transaksi ketika debit dan kredit tidak seimbang.

8. Melakukan tugas administrasi bank

Tugas teller akan selalu berhubungan dengan administrasi seperti pencatatan, pengarsipan, penginpiutan data ke komputer dan lain sebagainya. Maka dari itu ia juga harus memiliki skill komputer yang cukup baik.

9. Memberikan pelayanan ramah tamah kepada nasabah

Karena tugas teller terkait dengan pelayanan, maka dari itu tugas teller yang paling utama adalah memberikan pelayanan secara baik dan ramah sehingga akan menciptakan hubungan yang baik pada nasabah. Hal ini sangatlah penting untuk citra perbankan.

10. Menjaga tetap berada di counter

Teller tidak boleh sembarang untuk meninggalkan area counternya. Jika harus terpaksa meninggalkan harus memastikan terdapat teller lain yang mampu menggantikan maupun berada di satu tempat.

Baca juga : 10 Tugas Administrasi Umum – Pengertian, Fungsi, dan Skill yang Dibutuhkan

Tanggung Jawab Teller Bank

tanggung jawab teller bank

Fungsi utama teller bank adalah sebagai bagian pelayanan nasabah atau calon nasabah. Agar lebih jelas lagi, berikut ini beberapa fungsi teller bank :

  • Kontrol cashing, penyetoran, transfer, transfer kawat
  • Bertanggungjawab dalam layanan rekening tabungan dan penarikan dana milik nasabah
  • Menginformasikan dan mempromosikan produk/layanan bank kepada nasabah (utang, hipotik, dll)
  • Melacak, mencatat, melaporkan, dan menyimpan informasi yang berkaitan dengan transaksi, persediaan bank, dan pelanggan, memastikan semua informasi akurat dan lengkap.
  • Menjaga dan menyeimbangkan jumlah uang dalam cash drawers (laci kas) serta menyelesaikan permasalah ketika terjadi ketidaksesuaian.
  • Mengemas uang tunai dan koin secara rapi kemudian menyimpannya ke cash drawers atau brankas besi.
  • Bertanggung jawab terhadap transaksi maupun konversi mata uang oleh nasabah.
  • Mampu menjaga informasi rahasia pihak perusahaan.
  • Menggunakan komputer dan software didalamnya untuk melacak informasi nasabah dan membuat laporan.
  • Mengikuti semua peraturan dan prosedur keuangan dan keamanan bank.

Fungsi teller sangat penting dan perlu diperhatikan karena teller selalu berhubungan dengan nasabah secara langsung maka dari itu mereka harus benar-benar memperhatikan kinerja, pelayanan yang diberikan dan penampilannya.

Requirement / Persyaratan

Jika kamu berminat untuk mencoba berkarir menjadi teller bank, berikut ini terdapat syarat-syarat yang harus diperhatikan.

1. Syarat Pendidikan

Pendidikan seorang teller rata-rata di seluruh bank akan mengharuskan gelar S1 di bidang keuangan atau ekonomi. Tapi sebenarnya semua jurusan dapat melamar pekerjaan sebagai pegawai bank khususnya teller.

2. Hard skill yang harus dimiliki

Usahakan menguasai keahlian-keahlian yang penting dan terkait dengan tugas teller bank seperti menguasai penggunaan komputer, karena tentu saja tugas teller akan selalu dihadapkan dengan perangkat komputer untuk memasukkan banyak data keuangan.

Selanjutnya kuasai bahasa asing khususnya bahasa Inggris untuk berkomunikasi secara baik pada nasabah warga negara asing yang membutuhkan bantuan untuk transaksi.

3. Soft skill yang harus dimiliki

Soft skill sangat penting dikuasai seperti disiplin, mampu bertanggung jawab, teliti, ramah dan sopan, sabar, dan mampu berkomuikasi dengan baik.

Karena tugas teller akan selalu berhubungan dengan berbagai macam nasabah berbagai karakter maka dari itu ia harus memberikan pelayanan terbaik seperti ramah, sabar untuk memberikan citra yang baik dan kepuasan nasabah.

4. Good Looking

Syarat selanjutnya adalah memiliki penampilan yang menarik (good looking). Good looking yang dimaksud adalah rapi, mampu berhias diri, memiliki tinggi badan yang ideal.

Baca juga : 10 Tugas dan Tanggung Jawab Administrasi Perkantoran

Keahlian yang Dibutuhkan

Jika kamu berniat untuk menjadi teller bank kamu harus memenuhi syarat untuk menguasai hard skill dan soft skill.

1. Menguasai komputer

Sangat wajib seorang teller menguasai segala aspek terkait program komputer dalam perbankan karena sudah pasti tugas teller akan berhubungan dengan alat satu ini.

2. Teliti dalam perhitungan

Karena selalu berhubungan dengan perhitungan keuangan, maka dari itu teller juga harus memiliki keahlian dalam perhitungan yang baik dan teliti. Perhitungan sangat penting karena merupakan aspek utama yang harus dikuasai karena teller akan langsung berhubungan dengan urusan keuangan

3. Memahami bentuk pelayanan (pelayanan yang baik)

Tugas teller yang paling utama ialah melayani segala transaksi keuangan seluruh nasabah, maka dari itu ia harus mengerti dan memahami bagaimana cara melayani nasabah dengan baik seperti selalu menerapkan senyum sapa dan salam pada siapapun.

Baca juga : Tugas Resepsionis – Tanggung Jawab, Keahlian dan Gajinya

Cara Mendaftar Sebagai Teller Bank

Sudah mengetahui tugas, syarat dan keahlian yang harus dimiliki seorang teller bank? Nah kini saatnya mengetahui bagaimana tahapan dan cara untuk melamar sebagai teller bank. Simak poin berikut ini.

1. Tahapan seleksi administrasi

Tentu saja tahapan yang pertama adalah dengan mengirimkan berbagai dokumen lamaran pekerjaan ke perusahaan perbankan yang kamu tuju. Biasanya dokumen meliputi CV/daftar Riwayat hidup, portfolio pekerjaan, pengalaman pekerjaan, dan sertifikat penunjang lainnya.

2. Tes kompetensi

Setelah lolos tahap administrasi, kamu akan diarahkan untuk megikuti tes tes ujian kompetensi. Ujian ini biasanya diselangi dengan ujian tes TOEFL untuk mengukur pengetahuanmu terkait bahasa Inggris.

3. Tes psikotes

Selain tes kompetensi kamu juga harus menjalani tes psikotes yang diselenggarakan perusahaan perbankan.

4. Tes FGD (Focus Group Discussion)

FGD berfungsi untuk mengetesmu terkait studi kasus dan memberikanmu kesempatan untuk memecahkan masalah tersebut.

5. Interview HRD

Tahap selanjutnya adalah interview HRD yang mana kamu harus siap dengan segala pertanyaan yang akan dilontarkan seorang rekruter.

6. Interview User

Setelah lolos pada tahap interview user hal selanjutnya kamu akan dihadapkan dengan interview user. User adalah seorang kepala divisi bagian yang akan dilamar.

7. Tes Kesehatan

Perhatikan kesehatanmu baik-baik. Perusahaan juga mengharuskanmu untuk melakukan tes kesehatan.

8. Tes Psikiatri

Beberapa perusahaan juga menerapkan tes psikiatri dalam proses rekrutmen karyawannya untuk mengetahui kesehatan mental kandidat.

9. Tahap internship

Biasanya terdapat beberapa perusahaan yang langsung memperkerjakan karyawannya tapi juga beberapa yang mengharuskan terlebih dahulu menjalani internship beberapa buklan di perusahaan tersebut.

Gaji Teller Bank

gaji teller bank

Gaji menjadi teller bank terbilang cukup lumayan, apalagi tanggung jawabnya yang berhubungan dengan uang pasti lebih memiliki risiko besar seperti tindak kejahatan ataupun kesahalan dalam menghitung.

Di beberapa bank besar seperti Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BCA hingga Bank BTPN umumnya memiliki gaji di atas UMR. Kisarannya antara 1,5 – 2,5 kalinya UMR.

Katakanlah untuk di Yogyakarta dengan UMR 1,8 juta maka gaji teller bank bisa antara 2,7 juta – 4,5 juta rupiah tergantung pengalaman dan jam terbangnya sebagai teller bank.

Namun jika status Anda masih magang tentu gaji tersebut akan berbeda.

Itulah hal mengenai tugas teller dan beberapa aspek penting lainnya terkait teller bank. Semoga ulasan dan informasi terkait tugas teller dapat bermanfaaat untuk kamu yang saat ini berminat untuk berkarir di bidang perbankan.

Baca juga : Cara Transfer Uang Tapi Tidak Punya Rekening di Bank Mandiri

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in