tugas helper tambang

14 Tugas Helper Tambang: Kualifikasi, Jenjang Karir dan Gajinya

Diposting pada 6,311 views

Helper tambang adalah pekerja yang mendukung kegiatan operasional di industri pertambangan. Mereka bekerja di bawah pengawasan langsung dari pekerja tambang yang lebih berpengalaman, seperti operator alat berat atau pekerja penambangan.

Tugas utama helper tambang adalah membantu dalam menjalankan berbagai tugas dan pekerjaan di area tambang.

Pengertian Helper Tambang

Helper tambang adalah orang yang membantu kegiatan operasional di sektor pertambangan, seperti menyediakan dan mengisi bahan bakar, membawa makanan, membuat tanda pancang, dan mengganti operator alat berat pada kondisi tertentu.

Helper tambang memiliki peran penting dalam menunjang sistem perusahaan dan memastikan keselamatan kerja.

Helper tambang harus memiliki keterampilan dasar dalam mengoperasikan dan merawat alat berat, serta memahami proses ekskavasi dan transportasi material.

Helper tambang juga harus bersedia bekerja di lingkungan yang keras dan berisiko, serta mengikuti aturan dan standar yang berlaku di sektor pertambangan.

Tugas Helper Tambang

Berikut adalah 15 tugas helper tambang yang harus Anda ketahui:

  1. Membantu operator alat berat dalam mengoperasikan dan merawat mesin-mesin tambang seperti excavator, loader, dump truck, dll.
  2. Membantu pekerja tambang lainnya dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan fisik seperti mengangkut material, membersihkan lokasi kerja, memasang peralatan keselamatan, dll.
  3. Membantu mengawasi dan menjaga keamanan dan keselamatan lingkungan kerja tambang dengan mengikuti prosedur dan aturan yang berlaku.
  4. Membantu melakukan pemeriksaan rutin dan pengecekan kondisi alat-alat dan peralatan tambang sebelum dan sesudah digunakan.
  5. Membantu melaporkan segala masalah, kerusakan, atau kecelakaan yang terjadi di lokasi tambang kepada atasan atau pihak yang berwenang.
  6. Membantu menyediakan dan mengisi bahan bakar, pelumas, air, dan bahan kimia yang dibutuhkan oleh alat-alat dan peralatan tambang.
  7. Membantu melakukan perbaikan dan pemeliharaan alat-alat dan peralatan tambang yang rusak atau mengalami gangguan.
  8. Membantu mengukur dan mencatat data-data produksi, kualitas, dan kuantitas material tambang yang dihasilkan atau diproses.
  9. Membantu menyiapkan dan mengirimkan sampel material tambang untuk dianalisis di laboratorium.
  10. Membantu mengatur dan mengelola persediaan dan gudang alat-alat dan peralatan tambang yang ada di lokasi kerja.
  11. Membantu melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pekerja tambang lainnya, atasan, dan pihak-pihak terkait dalam menjalankan tugas-tugas tambang.
  12. Memberikan bantuan dan pertolongan pertama kepada pekerja tambang yang terluka atau sakit akibat kecelakaan atau penyakit kerja.
  13. Terus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan tentang pekerjaan tambang dengan mengikuti pelatihan, kursus, atau seminar yang diselenggarakan oleh perusahaan atau pihak lain.
  14. Membantu mematuhi dan menegakkan standar kesehatan, keselamatan, dan lingkungan (K3L) yang berlaku di industri tambang.

Kualifikasi Helper Tambang

Berikut ini adalah kualifikasi helper tambang:

  • Minimal lulusan SMK Pertambangan, atau D3 Teknik
  • Memiliki sertifikat kompetensi sebagai helper tambang dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) atau lembaga yang diakui.
  • Memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun di bidang pertambangan atau industri terkait.
  • Mampu bekerja di bawah tekanan, beradaptasi dengan lingkungan kerja yang berbeda, dan bersedia ditempatkan di lokasi tambang yang ditentukan.
  • Memiliki keterampilan komunikasi, kerjasama tim, dan penyelesaian masalah yang baik.
  • Memahami dan mengikuti prosedur keselamatan kerja, kesehatan kerja, dan lingkungan (K3L) yang berlaku di tambang.
  • Mampu melakukan pekerjaan bantuan seperti membersihkan area kerja, membantu peralatan dan material, mengawasi operasi mesin, dan melaporkan kondisi lapangan.
  • Mau bekerja di lingkungan yang keras dan berisiko.

Jenjang Karir Helper Tambang

Jenjang karir dalam profesi sebagai helper tambang dapat beragam tergantung pada perusahaan, industri, dan kemampuan serta ambisi individu.

Berikut adalah beberapa contoh jenjang karir yang mungkin ada untuk helper tambang:

1. Helper Tambang

Posisi awal sebagai helper tambang, di mana individu memberikan dukungan dalam tugas-tugas operasional dan membantu pekerja tambang yang lebih berpengalaman.

2. Operator Alat Berat

Setelah memperoleh pengalaman dan keterampilan yang cukup, seorang helper tambang dapat naik ke posisi operator alat berat. Mereka bertanggung jawab untuk mengoperasikan dan mengendalikan alat berat seperti truk tambang, ekskavator, loader, atau bulldozer.

3. Supervisor Tambang

Dalam beberapa kasus, seorang helper tambang yang memiliki pengalaman yang signifikan dan kemampuan kepemimpinan dapat naik ke posisi supervisor tambang. Sebagai supervisor, mereka bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengkoordinasikan pekerjaan di area tambang, mengatur jadwal, dan memastikan keselamatan serta kepatuhan terhadap prosedur kerja.

4. Teknisi Tambang

Jika seorang helper tambang memiliki minat dan keterampilan di bidang teknis, mereka dapat memilih untuk menjadi teknisi tambang. Teknisi tambang bertanggung jawab untuk perawatan, perbaikan, dan pemeliharaan peralatan dan mesin tambang.

5. Spesialis Keselamatan Tambang

Seiring dengan pengalaman dan pemahaman yang mendalam tentang aspek keselamatan di industri pertambangan, seorang helper tambang dapat beralih ke peran sebagai spesialis keselamatan tambang. Mereka akan fokus pada pemantauan dan peningkatan langkah-langkah keselamatan, mengembangkan kebijakan keselamatan, dan memberikan pelatihan kepada pekerja tambang.

6. Manajer Operasional Tambang

Dalam kasus yang jarang terjadi, seorang helper tambang yang memiliki keterampilan manajerial dan pengalaman yang luas dapat naik ke posisi manajemen operasional tambang. Sebagai manajer, mereka akan memiliki tanggung jawab untuk mengelola dan mengawasi semua aspek operasional tambang, termasuk produksi, anggaran, pengawasan tim, dan pemenuhan target bisnis.

Tips Berkarir Menjadi Helper Tambang

Jika Anda tertarik untuk bekerja di sektor pertambangan, salah satu posisi yang bisa Anda lamar adalah helper tambang. Helper tambang adalah pekerja yang membantu berbagai kegiatan operasional di lokasi tambang, seperti mengoperasikan alat berat, membantu insinyur pertambangan, atau melakukan perawatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pertambangan.

Bekerja sebagai helper tambang tentu memiliki tantangan dan risiko tersendiri, namun juga menawarkan peluang karir dan penghasilan yang menarik. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik sebelum melamar pekerjaan ini. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Cari tahu latar belakang perusahaan tambang yang Anda minati

Setiap perusahaan tambang memiliki jenis, lokasi, dan skala usaha yang berbeda-beda. Anda perlu mengetahui hal-hal seperti visi dan misi perusahaan, kebijakan keselamatan kerja, fasilitas dan kesejahteraan karyawan, serta budaya kerja yang dianut.

Hal ini akan membantu Anda menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja dan menunjukkan minat dan motivasi Anda kepada pihak perusahaan.

2. Persiapkan CV dan resume dengan maksimal

CV dan resume adalah dokumen penting yang akan menentukan apakah Anda layak dipanggil untuk tahap selanjutnya atau tidak. Oleh karena itu, buatlah CV dan resume yang menonjolkan keterampilan dan pengalaman Anda yang relevan dengan pekerjaan helper tambang.

Jelaskan secara singkat dan jelas apa saja tugas dan tanggung jawab Anda di pekerjaan sebelumnya, serta pencapaian atau prestasi yang Anda raih. Hindari kesalahan ejaan, tata bahasa, atau format yang tidak rapi.

3. Ikuti pelatihan atau kursus yang berkaitan dengan pekerjaan helper tambang

Salah satu cara untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi Anda adalah dengan mengikuti pelatihan atau kursus yang sesuai dengan bidang pertambangan. Ada banyak lembaga atau institusi yang menyelenggarakan pelatihan seperti ini, baik secara online maupun offline.

Dengan mengikuti pelatihan, Anda akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan praktis yang dibutuhkan di lapangan, serta sertifikat atau lisensi yang bisa menjadi nilai tambah bagi Anda.

4. Siapkan diri secara fisik dan mental

Bekerja sebagai helper tambang membutuhkan stamina dan ketahanan tubuh yang prima, karena Anda akan berhadapan dengan kondisi kerja yang keras, panas, berdebu, dan berisiko tinggi. Anda juga harus siap menghadapi tekanan kerja, jadwal kerja yang tidak teratur, serta jauh dari keluarga atau teman-teman.

Oleh karena itu, jagalah kesehatan fisik dan mental Anda dengan rutin berolahraga, makan makanan bergizi, istirahat cukup, serta menjaga hubungan baik dengan orang-orang terdekat.

5. Tunjukkan sikap profesional dan antusias saat wawancara kerja.

Jika Anda berhasil lolos seleksi administrasi, maka Anda akan diundang untuk mengikuti wawancara kerja dengan pihak perusahaan. Ini adalah kesempatan Anda untuk meyakinkan mereka bahwa Anda adalah kandidat yang tepat untuk menjadi helper tambang.

Tunjukkan sikap profesional dan antusias saat wawancara, dengan cara berpakaian rapi, datang tepat waktu, menjawab pertanyaan dengan jujur dan percaya diri, serta menanyakan hal-hal yang ingin Anda ketahui tentang pekerjaan tersebut.

Itulah beberapa tips berkarir menjadi helper tambang yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat dan sukses!

Tips Keselamatan Menjadi Helper Tambang

Helper tambang adalah pekerja yang memiliki risiko tinggi terhadap bahaya kerja, seperti kecelakaan, kebakaran, ledakan, longsor, atau penyakit akibat debu atau gas. Oleh karena itu, helper tambang harus mematuhi standar keselamatan dan kesehatan kerja yang berlaku di lokasi tambang. Beberapa contoh tindakan pencegahan yang harus dilakukan oleh helper tambang adalah:

  • Menggunakan alat pelindung diri yang sesuai, seperti helm, sepatu bot, sarung tangan, masker, atau rompi.
  • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan kerja.
  • Melaporkan segala kondisi atau kejadian yang berpotensi membahayakan kepada atasan atau petugas keselamatan.
  • Mengikuti pelatihan atau briefing keselamatan yang diselenggarakan oleh perusahaan tambang.
  • Tidak mengonsumsi alkohol, narkoba, atau zat terlarang lainnya saat bekerja.

Kisaran Gaji Helper Tambang

Gaji helper tambang dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti lokasi tambang, jenis tambang, pengalaman kerja, kualifikasi pendidikan, dan jam kerja. Berdasarkan data dari beberapa sumber online, berikut adalah perkiraan kisaran gaji helper tambang di Indonesia:

  • Gaji rata-rata: Rp 3.500.000 per bulan
  • Gaji terendah: Rp 2.000.000 per bulan
  • Gaji tertinggi: Rp 5.000.000 per bulan

Gaji helper tambang juga dapat dipengaruhi oleh tunjangan, bonus, atau insentif yang diberikan oleh perusahaan tambang. Beberapa contoh tunjangan yang mungkin diterima oleh helper tambang adalah:

  • Tunjangan transportasi
  • Tunjangan makan
  • Tunjangan kesehatan
  • Tunjangan kecelakaan kerja
  • Tunjangan hari raya
  • Bonus kinerja
  • Insentif produksi

Baca juga:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, HR, dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.