tugas business representative

Tugas Business Representative: Kualifikasi, Jenjang Karir dan Gajinya

Diposting pada 1,999 views

Apa itu Business Representative?

Business representative adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk mewakili perusahaan atau organisasi dalam berbagai situasi bisnis, seperti negosiasi, pemasaran, penjualan, atau hubungan masyarakat. Business representative harus memiliki keterampilan komunikasi, negosiasi, dan persuasi yang baik, serta pengetahuan tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan atau organisasi. Business representative juga harus mampu beradaptasi dengan situasi yang berbeda dan menyesuaikan strategi sesuai dengan kebutuhan dan tujuan klien.

Tujuan utama dari business representative adalah untuk meningkatkan kesadaran, reputasi, dan penjualan dari perusahaan atau organisasi yang diwakilinya. Business representative dapat bekerja secara mandiri atau sebagai bagian dari tim, tergantung pada ukuran dan struktur dari perusahaan atau organisasi. Business representative dapat berinteraksi dengan berbagai pihak, seperti pelanggan, mitra, pemasok, media, atau pemerintah.

Tugas Business Representative

Tugas business representative sangat bervariasi tergantung pada bidang, ukuran, dan tujuan dari perusahaan atau organisasi yang diwakilinya. Namun, secara umum, tugas business representative meliputi:

  1. Membuat dan mengimplementasikan strategi komunikasi dan pemasaran yang sesuai dengan target pasar dan sasaran perusahaan atau organisasi.
  2. Menjalin dan mengembangkan hubungan profesional dengan pihak-pihak eksternal yang relevan, seperti pelanggan potensial, mitra strategis, pemasok kunci, media, atau pejabat pemerintah.
  3. Menyajikan dan menjelaskan produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan atau organisasi kepada pihak-pihak eksternal, baik secara langsung maupun melalui media cetak, elektronik, atau sosial.
  4. Menangani pertanyaan, keluhan, atau masalah yang muncul dari pihak-pihak eksternal terkait dengan produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan atau organisasi.
  5. Mengumpulkan dan menganalisis data pasar, tren konsumen, pesaing, dan feedback pelanggan untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan atau organisasi.
  6. Melakukan riset pasar dan survei kepuasan pelanggan untuk mengidentifikasi kebutuhan, harapan, dan preferensi pelanggan.
  7. Membuat dan menyampaikan laporan berkala tentang kinerja komunikasi dan pemasaran kepada manajemen perusahaan atau organisasi.
  8. Mengikuti perkembangan terbaru di bidang industri yang terkait dengan perusahaan atau organisasi.
  9. Menjaga citra positif dan reputasi perusahaan atau organisasi di mata publik.

Kualifikasi Business Representative

  • Gelar Sarjana dalam Bisnis, Pemasaran, atau bidang terkait.
  • Pengalaman sebelumnya dalam penjualan atau peran yang berhubungan dengan pelanggan adalah nilai tambah.
  • Keterampilan komunikasi verbal dan tulisan yang luar biasa.
  • Kemampuan bernegosiasi dan beradaptasi dengan berbagai tipe pelanggan.
  • Keterampilan analitis dalam mengidentifikasi peluang dan mengatasi hambatan penjualan.
  • Ketahanan terhadap tekanan dan kemampuan untuk tetap fokus pada mencapai target.
  • Pengetahuan tentang industri dan produk kami akan menjadi keuntungan.
  • Kemampuan dalam menggunakan alat teknologi dan perangkat lunak penjualan.

Keterampilan Yang Harus Dimiliki Business Representative

Untuk menjadi business representative yang handal, dibutuhkan keterampilan dan kompetensi tertentu, seperti:

  • Kemampuan komunikasi yang baik, baik lisan maupun tulisan, dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing (terutama bahasa Inggris).
  • Kemampuan negosiasi dan persuasi yang tinggi untuk meyakinkan dan mempengaruhi pihak-pihak eksternal.
  • Kemampuan presentasi dan public speaking yang menarik dan profesional untuk menyampaikan informasi secara efektif dan efisien.
  • Kemampuan interpersonal dan networking yang luas untuk menjalin dan mengembangkan hubungan dengan berbagai pihak.
  • Kemampuan analitis dan kritis untuk mengolah dan menafsirkan data secara akurat dan objektif.
  • Kemampuan kreatif dan inovatif untuk menciptakan dan mengimplementasikan ide-ide baru yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan sasaran perusahaan atau organisasi.
  • Kemampuan adaptif dan fleksibel untuk menghadapi situasi yang berubah-ubah dan menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat.
  • Kemampuan organisasi dan manajemen waktu yang baik untuk menyelesaikan tugas-tugas secara efektif dan efisien.
  • Pengetahuan yang luas tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan atau organisasi, serta bidang industri yang terkait.
  • Sikap profesional, etis, bertanggung jawab, dan berorientasi pada hasil.

Business representative adalah profesi yang menantang sekaligus menarik. Dengan menjadi business representative, Anda dapat berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan dan pengembangan perusahaan atau organisasi yang Anda wakili. Anda juga dapat memperluas wawasan dan pengalaman Anda dalam berinteraksi dengan berbagai pihak dari berbagai latar belakang.

Jenjang Karir Business Representative

Jenjang karir seorang Business Representative dapat bervariasi tergantung pada perusahaan, industri, dan tujuan karir individu. Berikut adalah contoh umum dari jenjang karir yang mungkin ditempuh oleh seorang Business Representative:

  1. Business Representative: Ini adalah posisi awal sebagai perwakilan bisnis di perusahaan. Sebagai Business Representative, Anda akan bertanggung jawab untuk menjalin hubungan dengan pelanggan, mengidentifikasi peluang penjualan, dan menyampaikan informasi produk atau layanan kepada klien.
  2. Senior Business Representative: Setelah memperoleh pengalaman dan keberhasilan dalam peran sebagai Business Representative, Anda dapat naik ke posisi Senior Business Representative. Di sini, tanggung jawab Anda akan lebih luas dan mungkin melibatkan manajemen akun pelanggan yang lebih besar, kolaborasi dengan tim internal, dan mungkin juga pelatihan atau mentoring tim junior.
  3. Business Development Executive: Sebagai Business Development Executive, Anda akan memiliki peran yang lebih strategis dalam mengembangkan peluang bisnis baru dan mengelola hubungan dengan klien utama. Ini mungkin melibatkan pencarian aktif untuk mendapatkan klien baru, menegosiasikan perjanjian besar, dan mengambil peran dalam perencanaan strategis bisnis.
  4. Business Development Manager: Dalam peran ini, Anda akan memimpin tim bisnis pengembangan dan berfokus pada pengembangan strategi bisnis jangka panjang. Anda akan bertanggung jawab untuk mengidentifikasi peluang pertumbuhan baru, mengelola tim, dan mengambil keputusan besar tentang arah bisnis.
  5. Sales Manager: Beralih ke peran Sales Manager akan mengarahkan Anda untuk mengelola tim penjualan lebih luas. Anda akan memimpin dan menginspirasi tim penjualan, mengembangkan strategi penjualan, serta mengawasi pelaksanaan kampanye penjualan.
  6. Sales Director: Sebagai Sales Director, Anda akan menjadi bagian dari tim eksekutif perusahaan dan berkontribusi dalam pengambilan keputusan strategis secara keseluruhan. Anda akan memiliki tanggung jawab yang lebih besar dalam pengembangan strategi penjualan, memastikan pencapaian target, dan berinteraksi dengan berbagai tingkat manajemen.
  7. Vice President of Sales: Dalam posisi ini, Anda akan menjadi pemimpin utama departemen penjualan dan mungkin juga memiliki peran dalam keputusan strategis perusahaan secara keseluruhan. Anda akan mengawasi operasi penjualan di seluruh organisasi dan memimpin tim eksekutif dalam mencapai tujuan bisnis.
  8. Chief Sales Officer (CSO) atau Chief Revenue Officer (CRO): Posisi ini adalah salah satu posisi senior tertinggi dalam departemen penjualan. Sebagai CSO atau CRO, Anda akan memiliki tanggung jawab keseluruhan atas pendapatan dan pertumbuhan bisnis melalui upaya penjualan. Anda akan berkolaborasi dengan tim eksekutif dan memiliki dampak besar pada strategi bisnis perusahaan.

Tips Menjadi Business Representative

Jika Anda ingin menjadi business representative yang handal dan profesional, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

  • Selalu update pengetahuan dan informasi mengenai produk atau layanan yang Anda tawarkan, serta perkembangan pasar dan industri terkait.
  • Selalu siapkan materi presentasi yang menarik, informatif, dan persuasif. Gunakan alat bantu seperti slide, video, grafik, atau demo jika perlu.
  • Selalu berpakaian rapi, sopan, dan sesuai dengan etika bisnis. Tunjukkan sikap percaya diri, ramah, dan santun saat berinteraksi dengan klien atau mitra bisnis.
  • Selalu dengarkan dan pahami kebutuhan dan harapan klien atau mitra bisnis. Tanyakan pertanyaan yang relevan dan berikan solusi atau produk yang sesuai dengan kepentingan bersama.
  • Selalu jujur, transparan, dan bertanggung jawab dalam setiap transaksi atau kerjasama. Jangan berikan janji atau informasi yang tidak bisa Anda tepati atau buktikan.
  • Selalu minta feedback atau masukan dari klien atau mitra bisnis mengenai produk atau layanan yang Anda tawarkan. Gunakan feedback tersebut untuk meningkatkan kualitas dan kepuasan pelanggan.
  • Selalu evaluasi dan refleksi diri mengenai kinerja dan hasil penjualan atau kerjasama. Pelajari dari kesalahan dan keberhasilan yang Anda alami. Tetapkan tujuan dan rencana perbaikan untuk masa depan.

Demikianlah beberapa informasi mengenai cara menjadi business representative. Semoga bermanfaat dan sukses selalu!

Cara Menjadi Business Representative

Untuk menjadi business representative yang sukses, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, antara lain:

  • Menyusun resume dan portofolio yang menarik dan profesional, yang mencerminkan pengalaman, keterampilan, dan pencapaian dalam bidang bisnis.
  • Mencari peluang untuk memperluas jaringan dan membangun hubungan dengan orang-orang yang relevan dalam industri yang diminati.
  • Mengikuti perkembangan terbaru dan tren dalam industri yang berkaitan dengan produk atau layanan yang diwakili.
  • Mengembangkan kemampuan berbicara di depan umum dan presentasi yang efektif dan menarik.
  • Melakukan riset pasar dan analisis kompetitor untuk mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan dari produk atau layanan yang diwakili.
  • Menyusun rencana dan strategi bisnis yang sesuai dengan tujuan dan sasaran dari perusahaan atau organisasi.
  • Menjalin komunikasi yang baik dan profesional dengan klien dan calon klien, serta memberikan informasi, saran, dan solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan mereka.
  • Menegosiasikan kontrak, harga, syarat, dan kondisi yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.
  • Memonitor dan mengevaluasi kinerja dan hasil dari aktivitas bisnis yang dilakukan, serta memberikan laporan dan umpan balik yang konstruktif.

Business representative adalah profesi yang menantang namun juga menarik dan bermanfaat. Business representative dapat mempelajari banyak hal tentang dunia bisnis dan berbagai industri, serta meningkatkan keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan dalam karir. Business representative juga dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dan pertumbuhan dari perusahaan atau organisasi yang diwakilinya.

Kisaran Gaji Business Representative

Business representative adalah salah satu profesi yang menarik bagi banyak orang, karena memiliki potensi penghasilan yang besar dan tantangan yang beragam. Business representative bertugas untuk menjalin hubungan dengan pelanggan, mempromosikan produk atau jasa perusahaan, dan mencapai target penjualan yang ditetapkan.

Namun, berapa sih kisaran gaji business representative di Indonesia? Apakah ada perbedaan antara kota-kota besar di Indonesia? Bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaji business representative?

Dalam artikel ini, kami akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan mengacu pada data dari beberapa sumber terpercaya, seperti JobStreet, Indeed, dan OCBC NISP. Kami juga akan memberikan beberapa tips untuk meningkatkan gaji sebagai business representative.

Menurut data dari JobStreet, kisaran gaji business representative di Indonesia adalah antara Rp 5 juta hingga Rp 5,5 juta per bulan. Namun, angka ini bisa berbeda tergantung pada spesialisasi, posisi, industri, dan pengalaman kerja.

Menurut data dari Indeed, rata-rata gaji business representative di Indonesia adalah Rp 4.229.622 per bulan. Data ini didasarkan pada 297 gaji yang dilaporkan oleh para business representative yang bekerja di berbagai perusahaan di Indonesia.

Berikut adalah tabel yang menunjukkan kisaran gaji business representative di 15 kota besar di Indonesia, berdasarkan data dari Indeed:

KotaGaji Rata-Rata per Bulan
JakartaRp 5.673.459
BekasiRp 5.542.724
BogorRp 4.719.995
SurabayaRp 4.634.553
TangerangRp 4.460.875
BandungRp 4.363.912
SemarangRp 3.944.002
MedanRp 3.676.512
DenpasarRp 3.177.299
MakassarRp 3.142.500
YogyakartaRp 3.000.000
PalembangRp 2.950.000
BalikpapanRp 2.900.000
MalangRp 2.800.000
BatamRp 2.700.000

Dari tabel tersebut, kita bisa melihat bahwa Jakarta adalah kota dengan gaji business representative tertinggi di Indonesia, yaitu sekitar Rp 5,6 juta per bulan. Sedangkan Batam adalah kota dengan gaji business representative terendah di Indonesia, yaitu sekitar Rp 2,7 juta per bulan.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Gaji Business Representative

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi besarnya gaji business representative, antara lain:

  • Spesialisasi: Business representative yang memiliki spesialisasi tertentu, seperti teknologi informasi, farmasi, atau asuransi, biasanya memiliki gaji yang lebih tinggi daripada business representative yang bersifat umum.
  • Posisi: Business representative yang memiliki posisi lebih tinggi, seperti business development manager atau head manager konstruksi, biasanya memiliki gaji yang lebih tinggi daripada business representative yang memiliki posisi lebih rendah.
  • Industri: Business representative yang bekerja di industri tertentu, seperti perbankan, telekomunikasi, atau minyak dan gas, biasanya memiliki gaji yang lebih tinggi daripada business representative yang bekerja di industri lain.
  • Pengalaman: Business representative yang memiliki pengalaman kerja lebih lama, biasanya memiliki gaji yang lebih tinggi daripada business representative yang baru lulus atau baru bekerja.
  • Kinerja: Business representative yang memiliki kinerja baik, seperti mencapai target penjualan, mendapatkan feedback positif dari pelanggan, atau mendapatkan bonus atau insentif, biasanya memiliki gaji yang lebih tinggi daripada business representative yang memiliki kinerja buruk.

Tips untuk Meningkatkan Gaji sebagai Business Representative

Bagi Anda yang ingin meningkatkan gaji sebagai business representative, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, antara lain:

  • Meningkatkan keterampilan
    Anda bisa meningkatkan keterampilan Anda sebagai business representative dengan mengikuti pelatihan, kursus, atau sertifikasi yang relevan dengan bidang Anda. Anda juga bisa belajar dari para senior, mentor, atau kolega yang lebih berpengalaman.
  • Mencari peluang
    Anda bisa mencari peluang untuk mendapatkan proyek, klien, atau pasar baru yang bisa meningkatkan penjualan Anda. Anda juga bisa mencari peluang untuk bekerja di perusahaan yang lebih besar, lebih terkenal, atau lebih menguntungkan.
  • Menegosiasikan gaji
    Anda bisa menegosiasikan gaji Anda dengan atasan Anda dengan cara yang profesional dan rasional. Anda bisa menunjukkan prestasi, kontribusi, atau nilai tambah yang Anda berikan kepada perusahaan. Anda juga bisa meneliti kisaran gaji business representative di pasar dan menyesuaikannya dengan kualifikasi dan harapan Anda.

Kesimpulan

Gaji business representative di Indonesia bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti spesialisasi, posisi, industri, pengalaman, dan kinerja. Kisaran gaji business representative di 15 kota besar di Indonesia adalah antara Rp 2,7 juta hingga Rp 5,6 juta per bulan.

Untuk meningkatkan gaji sebagai business representative, Anda bisa meningkatkan keterampilan Anda, mencari peluang baru, dan menegosiasikan gaji Anda dengan cara yang profesional dan rasional.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menjadi atau sudah menjadi business representative. Selamat bekerja dan sukses!

Baca Juga:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.