Tugas Admin Online Shop: Pengertian, Skills, Dan Gajinya

Diposting pada 2.004 views

Tugas Admin Online Shop – Admin online shop saat ini menjadi salah satu pekerjaan yang cukup diminati banyak orang. Hal tersebut tidaklah mengejutkan, mengingat kita sekarang sedang berada pada era digital yang semua kegiatan dapat dilakukan secara online.

Lowongan pekerjaan untuk menjadi admin online shop-pun sekarang banyak ditawarkan sekaligus diincar, baik itu oleh orang-orang yang telah berpengalaman maupun para fresh graduate.


Menjadi admin online shop mungkin terdengar mudah, namun untuk menjadi admin online shop yang baik juga memerlukan keahlian khusus, karena selain harus memahami mengenai platform jual-beli online, menjadi admin juga perlu bertanggung jawab atas keuangan suatu perusahaan.

Bagi anda yang masih kurang paham mengenai apa itu admin online shop, apa saja tugasnya, dan keahlian apa saja yang diperlukan, tenang saja, kitapunya.net akan menjelaskan kepada anda melalui artikel di bawah ini.

PENGERTIAN ADMIN ONLINE SHOP

Sebelum membahas lebih dalam mengenai admin online shop, akankah lebih baik apabila kita mengerti dahulu apa itu admin online shop. Menurut KBBI, administrator atau yang biasa disebut admin ialah orang yang mengurus serta memimpin di bidang pelaksanaan, peraturan, prosedur, dan kebijakan.

Sedangkan online shop sendiri biasa diartikan sebagai toko daring atau toko yang menjual barang dan atau jasa yang transaksinya dilakukan melalui platform Internet. Admin online shop diperlukan untuk memenuhi segala keperluan promosi maupun untuk menyampaikan informasi dari perusahaan kepada pengguna internet. Selain itu admin online shop juga harus mengikuti perkembangan dunia digital dalam melakukan pekerjaannya.

Tugas & Tanggung Jawab Admin Online Shop

Admin online shop berperan penting bagi sebuah bisnis, karena seorang admin memiliki tugas untuk membujuk dan atau meyakinkan calon konsumen untuk membeli barang dan atau menggunakan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Selain itu, admin online shop juga bisa menjadi image sebuah perusahaan sebagai pemberi layanan. Jika admin melakukan pelayanan dengan baik dan benar, maka konsumen biasanya akan langsung memberikan impresi yang bagus terhadap perusahaan.

Era digital adalah era di mana semua hal diusahakan untuk menjadi serba mudah dan cepat, terutama dalam bidang bisnis. Pelayanan yang baik dan cepat dalam sebuah bisnis dapat menjadi tolok ukur bagi customer untuk memilih apakah mereka akan membeli produk itu lagi atau tidak. Admin online shop memiliki peran untuk memberikan layanan yang ramah, cepat tanggap, serta konsisten.

Keberadaan admin online shop juga diharapkan untuk memenuhi atau bahkan meningkatkan target penjualan dengan cara memberikan kepuasan terhadap pelanggan dari segi pelayanannya.

Hal ini dikarenakan admin online shop harus siap menjawab dan merespon segala pertanyaan, komplain, serta komentar-komentar di media sosial. Secara tidak langsung, konsumen akan merasa lebih nyaman dan bisa membuatnya merasa memiliki kedekatan dengan perusahaan.

TUGAS ADMIN ONLINE SHOP

Admin online shop memiliki tugas utama yaitu mengelola media-media online yang dimiliki oleh perusahaan. Dimulai dari merespon segala pertanyaan calon konsumen, membalas komentar yang masuk, hingga melayani komplain. Disamping itu, masih ada tugas-tugas serta tanggung jawab yang harus diperhatikan oleh para admin online shop, yakni :

1. Memberikan Informasi Mengenai Produk

Salah satu tugas utama admin online shop ialah menjelaskan informasi secara terperinci mengenai produk/jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Penjelasan yang disampaikan sangat menentukan bagi calon konsumen yang masih ragu supaya menjadi yakin dan tertarik untuk membeli.

Admin online shop harus pula mampu menjelaskan kepada calon konsumen mengenai informasi terbaru yang dimiliki produk tersebut. Hal ini diharapkan supaya konsumen bisa menemukan nilai tambah dari produk perusahaan yang mungkin tidak dapat ditemukan dari produk kompetitor.

Maka dari itu, admin online shop harus memahami informasi mengenai produk yang ditawarkan dengan sebaik mungkin.

2. Menanggapi Komplain

Dalam dunia bisnis, salah satu kunci kesuksesan untuk memenangkan hati konsumen ialah komunikasi yang baik. Admin online shop memiliki tanggung jawab penuh atas performa perusahaan. Dalam penjualan online, nilai dari sebuah perusahaan dan atau produk dapat dilihat berdasarkan rating, jika perusahaan dan atau produk memiliki rating yang buruk maka konsumen akan ragu untuk membeli produk tersebut.

Rating yang baik selain didapatkan dari produk/jasa yang berkualitas, juga bisa didapatkan dari pelayanan pasca beli yang biasa dipasrahkan kepada admin online shop.

Jika konsumen mengajukan komplain, admin online shop diwajibkan responsif, membalas dengan ramah, santun, dan membantu untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi konsumen mengenai produk yang telah dibelinya.

Admin online shop diwajibkan menjaga komunikasi dengan para konsumen agar supaya membentuk hubungan yang baik antara perusahaan dengan konsumen.

3. Mengecek Persediaan Barang

Admin online shop juga diharuskan untuk mengecek jumlah persediaan produk yang tersisa supaya bisa dicocokkan dengan jumlah pesananan yang masuk dan juga bisa untuk memberikan informasi kepada konsumen mengenai jumlah ketersediaan produk yang akan mereka beli.

Pengecekan perlu dilakukan secara rutin dan juga teratur untuk mrnghindari berbagai macam kesalahan yang dapat terjadi.

4. Menjaga Kerahasiaan Data Serta Keamanan Akun

Sebagai pihak yang dipercayai perusahaan untuk memegang akun sosial media, admin online shop diharuskan melek teknologi, minimal memahami mengenai keamanan akun sosial media.

Seperti menggunakan password yang aman, mengaktifkan autentikasi dua faktor, memasang pertanyaan keamanan dengan baik, serta tidak sembarangan membeberkan kata kunci dari sosial media perusahaan. Tugas ini merupakan tugas yang sangat penting, mengingat di era digital ini banyak sekali bentuk dari kejahatan siber.

5. Merancang Penayangan Konten

Admin online shop biasanya juga diberikan tugas untuk merancang konten untuk diunggah ke media sosial. Konten yang diunggah biasanya bersifat informatif dan berguna sebagai sarana perusahaan untuk berpromosi. Admin online shop perlu melakukan riset, mencari informasi mengenai konten media sosial yang sekiranya akan disukai oleh audiens yang dituju. Konten dapat dibuat beraneka rupa seperti seputar produk, kuis, permainan, promosi, dan masih banyak lagi.

Admin online shop biasanya perlu mempersiapkan gambar dan atau video, diedit, hingga membuat caption yang menarik dan sesuai dengan konten yang akan diunggah. Setelah konten siap, admin harus menjadwalkan mengenai kapan konten tersebut akan diunggah. Menurut Allstars, jam tayang di sosial media juga menentukan berapa banyak audiens yang akan menjangkau konten tersebut. Oleh karena itu, admin perlu melakukan riset kecil-kecilan untuk mendapatkan waktu yang tepat untuk mengunggah konten supaya dapat menjangkau audiens secara luas.

6. Membangun Serta Menjaga Interaksi Dengan Para Followers

Sebagai karyawan yang ditugasi untuk memegang akun sosial media, admin juga harus mampu membangun serta menjaga interaksi dengan followers.

Seperti menyukai dan memberikan tanggapan kepada komentar yang relevan, menjawab messenger, hingga menanggapi bahkan mengklarifikasi komentar negatif yang masuk. Admin harus bisa menangani berbagai macam kemungkinan situasi yang akan terjadi pada akun sosial media perusahaan.

Membangun serta menjaga interaksi di sosial media juga menjadi sebuah hal yang penting karena sosial media biasanya dianggap sebagai wajah dari perusahaan. Jadi, jika banyak tanggapan baik dari sosial media maka akan membangun citra perusahaan yang baik pula.

SKILL YANG WAJIB DIMILIKI ADMIN ONLINE SHOP

Agar admin online shop dapat melakukan tugasnya dengan baik, ia juga harus memiliki skill atau keahlian tertentu. Sebenarnya keahlian yang diperlukan bukanlah sesuatu yang sulit, namun tetap perlu dipelajari guna memudahkan dalam pekerjaan.

Komunikasi

Komunikasi merupakan keahlian wajib yang harus dimiliki oleh seorang admin online shop, karena salah satu tugas utama dari admin online shop yaitu berhubungan dengan orang-orang di dunia maya.

Dimulai dari sekadar menjawab pertanyaan, menanggapi komentar, atau bahkan menerima komplain. Jika tidak dibarengi kemampuan komunikasi yang baik, maka admin online shop akan sangat kesulitan dalam mengerjakan tugasnya, serta rating dari pelayanannya akan dinilai rendah.

Aplikasi Office

Admin online shop juga diwajibkan paham dan mampu mengoperasikan Microsoft Office walaupun basic. Hal ini sangat diperlukan karena data dari para konsumen akan diinput dan diolah dengan menggunakan aplikasi office. Hal basic yang perlu dipelajari yaitu minimal memahami dan bisa menggunakan aplikasi word dan excel.

Memahami Teknologi

Pada saat ini hampir semua perusahaan sudah memiliki akun media sosial untuk membangun kedekatan dengan target pasar serta menunjang kegiatan promosi. Selain itu, banyak juga perusahaan yang menawarkan produk dan jasanya menggunakan e-commerce maupun marketplace. Oleh karena itu admin online shop diwajibkan untuk memahami perihal teknologi agar tidak kewalahan dalam melakukan tugas-tugasnya.

Copywriting dan Wording

Admin online shop sebaiknya memiliki kemampuan untuk copywriting dan wording guna membuat caption dan deskripsi yang menarik perhatian calon konsumen di media sosial. Dengan kemampuan copywriting yang baik, diharapkan dapat meningkatkan jumlah traffic pengunjung website sehingga hasil penjualan juga meningkat.

Pengemasan

Pengemasan merupakan salah satu hal krusial dalam kegiatan jual – beli online karena produk akan dikirimkan ke berbagai daerah mulai dari daerah yang dekat hingga ke luar pulau atau bahkan ke luar negeri. Dengan kemampuan pengemasan yang baik, telah terbukti dapat meminimalisir kemungkinan kerusakan pada produk yang akan dikirim ke konsumen sehingga perusahaan bisa mendapatkan penilaian yang baik.

TIPS MENJADI ADMIN ONLINE SHOP YANG BAIK

Jika anda tertarik menjadi admin online shop yang baik dan bisa diandalkan, tenang, kitabisa.net akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam pekerjaanmu sebagai admin.

Memahami Tugas Admin Online Shop

Untuk menjadi admin online shop, anda harus memahami tugas yang akan diberikan kepada anda. Suatu perusahaan mungkin memiliki jobdesk yang berbeda dengan perusahaan lainnya. Anda harus memastikan apa-apa saja yang perlu dikerjakan. Kebanyakan admin online shop memang hanya bertugas mengelola website, menjawab pertanyaan, menerima orderan, dan melanjutkannya ke tahap pengemasan. Namun, tiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing sehingga mungkin memberikan jobdesk yang berbeda. Seperti terkadang admin online shop juga diharuskan untuk mengedit foto, melakukan promosi melalui siaran langsung,  membuat caption, dan lain sebagainya. Jangan ragu untuk bertanya kepada atasan anda mengenai apa-apa sajakah yang perlu anda kerjakan.

Pelajari Produk Secara Detail

Admin online shop harus memiliki pengetahuan tentang produk dengan baik. Pertanyaan dari para calon konsumen pasti beragam hingga mungkin tidak terduga. Jika anda sudah memahami informasi produk dengan baik maka akan dapat dipastikan bahwa anda akan mudah untuk menjawab semua pertanyaan yang para calon konsumen ajukan. Maka dari itu, cobalah untuk mempelajari detail-detail informasi mengenai produk-produk yang ditawarkan, supaya anda tidak kesulitan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Teliti

Ketelitian juga sangat diperlukan bagi admin online shop. Anda diwajibkan bertanggung jawab atas pesanan yang masuk dan stok barang yang mana hal tersebut memerlukan ketelitian yang tinggi. Jika tidak teliti, bisa saja anda salah mengirimkan produk, berujung pada komplain dan pemberian rating yang buruk.

Cepat, Tanggap, dan Responsif

Sikap yang cepat, tanggap, dan responsif wajib dilakukan oleh semua admin online shop. Keterampilan ini diperlukan ketika menghadapi konsumen yang mengajukan komplain. Jika tidak segera ditanggapi, maka masalah tersebut akan menjadi suatu yang besar dan dapat menyebabkan citra perusahaan menjadi buruk. Oleh karena itu, anda harus memastikan bahwa anda akan selalu cepat, tanggap, dan responsif dalam mengatasi semua pertanyaan dan keluhan yang diajukan oleh konsumen. Responsif juga bisa berarti selalu up to date mengenai kebaruan yang terjadi, dimulai dari tren hingga fitur-fitur terbaru dari sosial media yang dapat menunjang kegiatan promosi.

GAJI ADMIN ONLINE SHOP

Menurut situs Indeed, gaji rata-rata bagi admin online shop berkisar di angka Rp2.729.785,-

Perkiraan gaji tersebut masih bisa naik ataupun turun bergantung dari daerah di mana anda bekerja, jobdesk apa saja yang ditugaskan kepada anda, besar atau tidaknya perusahaan tempat anda bekerja, serta banyak atau tidaknya konsumen yang berminat dengan produk yang perusahaan anda tawarkan.

KESIMPULAN

Admin online shop adalah orang yang bekerja untuk mengurus dan mengatur pelaksanaan jual beli melalui e-commerce dan atau marketplace. Peran admin online shop dalam bisnis yaitu sebagai pembujuk atau sebagai orang yang memberikan keyakinan pada calon konsumen untuk membeli produk dari suatu perusahaan. Selain itu, admin online shop juga berperan untuk menjawab pertanyaan, menerima komplain, serta mengatur berlangsungnya akad jual beli secara online. Gaji yang diberikan juga disesuaikan dengan daerah tempat bekerja, skill yang dimiliki, serta tanggung jawan yang diemban oleh admin online shop.

Demikian penjelasan mengenai admin online shop. Terima kasih telah mengunjungi kitapunya.net , semoga bermanfaat!

Baca juga :

  1. Tugas Admin Proyek
  2. Jobdesk Administrasi Gudang
  3. Admin Produksi – Tugas, Tanggung Jawab, Kualifikasi, dan Gajinya
  4. Admin Sales – Tugas, Tanggung Jawab, Kualifikasi, dan Gajinya
  5. 7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menjadi Admin Marketing