tugas clerical staff

Tugas Clerical Staff: Kualifikasi, Prospek Karir dan Gajinya

Diposting pada 932 views

Apa itu clerical staff?

Clerical staff adalah karyawan yang melakukan pekerjaan administratif atau kantor, seperti mengetik, mengarsipkan, mengatur jadwal, menjawab telepon, dan lain-lain. Clerical staff biasanya bekerja di bawah pengawasan manajer atau supervisor, dan bertanggung jawab untuk mendukung operasi sehari-hari dari organisasi.

Tugas Clerical Staff

Clerical staff memiliki berbagai macam tugas, tergantung pada jenis dan ukuran organisasi tempat mereka bekerja. Beberapa tugas clerical staff adalah:

  • Membuat dan mengedit dokumen, surat, laporan, memo, dan formulir
  • Mengelola data dan informasi, seperti memasukkan data ke dalam sistem komputer, membuat salinan, mengatur file, dan menyimpan dokumen
  • Menangani komunikasi internal dan eksternal, seperti menerima dan mengirim email, fax, surat, dan paket
  • Menyediakan layanan pelanggan, seperti menerima dan menangani pertanyaan, keluhan, permintaan, atau pesanan dari klien, pelanggan, atau pemasok
  • Mengkoordinasikan kegiatan kantor, seperti mengatur rapat, konferensi, perjalanan dinas, atau acara khusus
  • Melakukan pekerjaan keuangan dasar, seperti membuat faktur, memproses pembayaran, merekonsiliasi rekening, atau membuat anggaran
  • Memantau persediaan kantor dan peralatan, seperti mengatur pembelian, pengiriman, atau pemeliharaan barang-barang yang diperlukan
  • Melakukan pekerjaan lain yang ditugaskan oleh atasan atau sesuai dengan kebutuhan organisasi

Keterampilan dan Kualifikasi Yang Harus Dimiliki Clerical Staff

Clerical staff memerlukan keterampilan dan kualifikasi tertentu untuk dapat melaksanakan pekerjaan mereka dengan baik. Beberapa keterampilan dan kualifikasi yang umumnya dibutuhkan oleh clerical staff adalah:

  • Keterampilan komputer dasar hingga menengah, seperti mengoperasikan Microsoft Office, internet, email, dan aplikasi lain yang relevan dengan pekerjaan
  • Keterampilan komunikasi lisan dan tulisan yang baik dalam bahasa yang digunakan di organisasi
  • Keterampilan organisasi dan manajemen waktu yang baik untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas secara tepat waktu dan akurat
  • Keterampilan interpersonal dan kerjasama tim yang baik untuk dapat bekerja dengan baik dengan rekan kerja, atasan, dan pihak eksternal
  • Keterampilan penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan yang baik untuk dapat menangani situasi yang tidak terduga atau sulit
  • Sikap profesional dan etis yang baik untuk dapat menjaga kerahasiaan data dan informasi yang ditangani
  • Motivasi dan inisiatif yang tinggi untuk dapat belajar hal-hal baru dan meningkatkan kinerja

Clerical staff adalah bagian penting dari setiap organisasi. Mereka membantu memastikan bahwa operasi kantor berjalan lancar dan efisien. Dengan memiliki clerical staff yang berkualitas dan berdedikasi, organisasi dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas layanan mereka.

Prospek Karir Clerical Staff

Clerical staff merupakan salah satu profesi yang banyak dicari oleh berbagai sektor industri, seperti perbankan, asuransi, pemerintahan, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain. Hal ini karena clerical staff memiliki peran penting dalam mendukung kelancaran operasional dan komunikasi internal maupun eksternal suatu organisasi.

Bagaimana prospek karir clerical staff? Clerical staff memiliki prospek karir yang cukup baik, terutama bagi mereka yang memiliki keterampilan dan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Beberapa contoh posisi karir yang dapat dicapai oleh clerical staff antara lain:

  • Sekretaris: bertugas membantu atasan dalam hal-hal yang berkaitan dengan administrasi, seperti membuat jadwal rapat, menyiapkan dokumen-dokumen penting, menyampaikan informasi kepada pihak-pihak terkait, dan lain-lain.
  • Administrasi: bertugas melakukan pekerjaan-pekerjaan administrasi umum, seperti membuat laporan keuangan, mengurus pembayaran gaji karyawan, mengelola data-data karyawan, dan lain-lain.
  • Customer service: bertugas melayani pelanggan atau klien dalam hal-hal yang berkaitan dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh organisasi, seperti memberikan informasi, menangani keluhan atau masalah, memberikan saran atau solusi, dan lain-lain.
  • Receptionist: bertugas menerima tamu atau pengunjung yang datang ke kantor atau tempat kerja, serta menghubungkan mereka dengan pihak-pihak yang bersangkutan.
  • Data entry: bertugas memasukkan data-data yang diperlukan oleh organisasi ke dalam sistem komputer atau database.

Dari beberapa contoh posisi karir di atas, dapat dilihat bahwa clerical staff memiliki banyak pilihan karir yang dapat mereka tekuni sesuai dengan minat dan bakat mereka. Namun, untuk mencapai posisi-posisi tersebut, clerical staff harus terus meningkatkan keterampilan dan kompetensi mereka agar dapat bersaing dengan para pencari kerja lainnya.

Oleh karena itu, clerical staff harus selalu berusaha untuk belajar hal-hal baru, mengembangkan diri secara profesional maupun pribadi, serta membangun jaringan relasi yang luas. Dengan demikian, clerical staff dapat meraih prospek karir yang cerah dan memuaskan.

Gaji Clerical Staff

Clerical staff atau staf administrasi adalah pekerja yang bertugas melakukan berbagai kegiatan administratif, seperti mengurus surat-menyurat, dokumen, data, arsip, inventaris, dan lain-lain. Staf administrasi biasanya bekerja di berbagai jenis industri, seperti farmasi, konstruksi, perbankan, asuransi, manufaktur, dan lain-lain.

Berapa kisaran gaji clerical staff di Indonesia? Menurut data dari Indeed.com, rata-rata gaji pokok untuk staf administrasi adalah Rp 3.425.021 per bulan di Indonesia. Namun, besaran gaji bisa berbeda-beda tergantung dari perusahaan, lokasi, kualifikasi, dan pengalaman kerja.

Berikut ini adalah kisaran gaji clerical staff di 15 kota besar di Indonesia berdasarkan data dari Indeed.com dan Bisnis.com:

  1. Jakarta: Rp 4.024.375 – Rp 10.000.000
  2. Surabaya: Rp 4.162.356 – Rp 8.236.594
  3. Bandung: Rp 3.437.975 – Rp 8.193.671
  4. Medan: Rp 3.397.661 – Rp 11.218.030
  5. Bekasi: Rp 4.138.492 – Rp 7.000.000
  6. Semarang: Rp 3.985.083 – Rp 6.500.000
  7. Tangerang: Rp 3.619.510 – Rp 6.000.000
  8. Denpasar: Rp 3.056.623 – Rp 5.500.000
  9. Bogor: Rp 3.652.280 – Rp 5.000.000
  10. Yogyakarta: Rp 2.900.000 – Rp 4.500.000
  11. Makassar: Rp 2.800.000 – Rp 4.200.000
  12. Palembang: Rp 2.700.000 – Rp 4.000.000
  13. Balikpapan: Rp 2.600.000 – Rp 3.8000
  14. Batam: Rp 2..5000 – Rp 3..6000
  15. Malang: Rp 2..4000 – Rp 3..4000

Dari data di atas, terlihat bahwa Jakarta memiliki kisaran gaji clerical staff tertinggi di Indonesia, diikuti oleh Surabaya dan Bandung.

Baca juga:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, HR, dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.