pekerjaan untuk lulusan sd

14 Pekerjaan untuk Lulusan SD, Ini Pilihannya!

Diposting pada 4,711 views

Untuk Anda yang lulusan SD, jangan berkecil hati karena lulusan SD juga memiliki banyak pilihan pekerjaan.

Yang paling penting adalah, Anda memiliki kemampuan, minat, bakat dan pengalaman yang banyak untuk mendapatkan pekerjaan yang sesua.

Bukan tidak mungkin Anda bisa melampui keahlian mereka yang memiliki ijazah lebih tinggi dari Anda. Jadi jangan berkecil hati dan terus meningkatkan potensi diri.

Dalam artikel ini akan kami jelaskan pekerjaan-pekerjaan untuk lulusan SD, berikut daftarnya:

1. Pembantu Rumah Tangga

Pembantu rumah tangga adalah pekerjaan yang cocok untuk lulusan SD karena tidak membutuhkan keterampilan khusus. Semuga orang dapat menjadi pembantu rumah tangga asalkan mau untuk belajar, disamping itu biasanya pembantu rumah tangga yang sopan dan memiliki attitude yang baik adalah yang banyak disukai oleh majikan.

Pekerja rumah tangga bertugas membersihkan, merapikan, mencuci, memasak, dan menjaga kebutuhan rumah tangga.

Pekerja rumah tangga biasanya mendapatkan gaji bulanan atau harian tergantung kesepakatan dengan majikan. Biasanya setiap bulan pekerja rumah tangga bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 1.500.000/bulan. Di kota besar bisa saja gaji pembantu rumah tangga adalah Rp 2.500.000/bulan.

Pekerja rumah tangga juga bisa mendapatkan fasilitas seperti tempat tinggal, makan, dan transportasi.

2. Tukang Kebun

Tukang kebun adalah pekerjaan yang cocok untuk lulusan SD yang suka berkebun dan menyukai alam. Tukang kebun bertugas merawat tanaman, menyiram, memupuk, memangkas, dan menanam bunga atau sayuran.

Pekerjaan tukang kebun adalah pekerjaan yang menyenangkan. Untuk menjadi tukang kebun tidak perlu keahlian khusus, hanya saja mereka yang rajin dan tidak malas biasanya lebih disukai oleh majikan. Tukang kebun bisa bekerja di rumah pribadi, taman umum, hotel, atau perkebunan.

Tukang kebun biasanya mendapatkan gaji bulanan atau harian tergantung kesepakatan dengan majikan. Gaji setiap bulan kisaran Rp 2.000.000/bulan. Tukang kebun juga bisa mendapatkan fasilitas seperti tempat tinggal, makan, dan transportasi.

3. Cleaning Service

Cleaning service adalah pekerjaan yang cocok untuk lulusan SD yang rajin dan teliti. Cleaning service bertugas membersihkan ruangan, toilet, lantai, jendela, meja, kursi, dan peralatan lainnya di tempat kerja. Cleaning service bisa bekerja di perkantoran, mall, hotel, rumah sakit, atau sekolah.

Tidak ada persyaratan khusus untuk menjadi cleaning service, yang penting Anda adalah orang yang suka kebersihan, rajin, ulet dan teliti.

Gaji seorang cleaning service berkisar antara Rp 2.000.000 sampai Rp 3.400.000, tergantung dari UMR daerah tempat bekerja.

4. Petugas Keamanan

Petugas keamanan adalah pekerjaan yang cocok untuk lulusan SD yang berani dan bertanggung jawab. Petugas keamanan bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di tempat kerja. Petugas keamanan bisa bekerja di perkantoran, mall, hotel, rumah sakit, atau sekolah.

Persyaratan untuk menjadi petugas keamanan biasanya diprioritaskan untuk mereka yang memiliki keahlian bela diri seperti karate, silat atau sejenisnya. Selain itu ada juga sertifikasi satpam.

Petugas keamanan biasanya mendapatkan gaji bulanan dengan kisaran Rp 2.100.000 – Rp 3.500.000. Petugas keamanan juga bisa mendapatkan fasilitas seperti seragam, asuransi kesehatan, dan uang lembur.

5. Pegawai Toko

Pegawai toko adalah pekerjaan yang cocok untuk lulusan SD yang ramah dan komunikatif. Pegawai toko bertugas melayani pelanggan, menjual barang, menghitung uang, mengatur stok barang, dan membersihkan toko.

Pegawai toko bisa bekerja di toko kelontong, toko baju, toko buku, toko elektronik, atau toko online. Pegawai toko biasanya mendapatkan gaji bulanan berkisar Rp 1.800.000 – Rp 3.000.000. Pegawai toko juga bisa mendapatkan fasilitas seperti diskon barang, bonus penjualan, dan uang transportasi.

6. Kuli Bangunan

Kuli bangunan adalah pekerjaan yang cocok untuk lulusan SD yang kuat dan ulet. Kuli bangunan bertugas membantu pekerjaan konstruksi seperti mengangkat bahan bangunan, mencampur semen, memasang batu bata, mengecat dinding, dan membersihkan lokasi bangunan.

Kuli bangunan bisa bekerja di proyek perumahan, gedung perkantoran, jembatan, atau jalan tol. Kuli bangunan biasanya mendapatkan gaji harian dengan rata-rata Rp 80.000.000 sampai Rp 150.000. Kuli bangunan juga bisa mendapatkan fasilitas seperti makan siang, minum, dan alat keselamatan.

7. Ojek Online

Mitra ojek adalah pekerjaan yang cocok untuk lulusan SD yang suka berkendara dan fleksibel. Mitra ojek bertugas mengantarkan penumpang atau barang ke tempat tujuan dengan menggunakan sepeda motor.

Pekerjaan ini tidak memerlukan keahlian khusus, yang paling penting adalah lihai dalam mengendari kendaraan bermotor dan mengetahui rute atau jalan.

Untuk menjadi ojek bisa bekerja secara mandiri atau bergabung dengan aplikasi online seperti Gojek, Grab, atau Lalamove.

Mitra ojek biasanya mendapatkan penghasilan berdasarkan jumlah order yang diterima. Mitra ojek juga bisa mendapatkan fasilitas seperti bensin, asuransi, dan bonus.

8. Penjaga Booth

Penjaga booth adalah pekerjaan yang cocok untuk lulusan SD karena tidak membutuhkan pendidikan tinggi.

Penjaga booth bertugas menjual produk atau jasa di booth atau stan yang berada di tempat ramai seperti pasar, mall, atau pameran. Penjaga booth bisa bekerja untuk diri sendiri atau untuk perusahaan tertentu.

Salah satu persyaratan penjaga booth biasanya adalah good looking, dapat menghitung uang dengan cepat, kuat berdiri dalam waktu yang lama dan menyukai kebersihan.

Penjaga booth biasanya mendapatkan penghasilan berdasarkan jumlah penjualan yang dilakukan. Terkadang dibayar harian dengan kisaran Rp 100.000 sampai Rp 200.000 per hari. Penjaga booth juga bisa mendapatkan fasilitas seperti diskon produk, bahan promosi, dan uang sewa booth.

9. Tukang Masak di Warung

Tukang masak adalah pekerjaan yang cocok untuk lulusan SD yang pandai memasak dan menyukai kuliner. Tukang masak bertugas membuat makanan atau minuman yang lezat dan sehat untuk pelanggan.

Tukang masak yang cocok untuk lulusan SD adalah tukan masak untuk rumah, warung, angkringan, atau catering. Untuk restoran atau cafe, biasanya mensyaratkan pendidikan tata boga minimal lulusan SMA.

Tukang masak biasanya mendapatkan gaji bulanan atau harian tergantung kesepakatan, umumnya memiliki gaji sekitar Rp 1.500.000 – Rp 2.500.000.

Tukang masak juga bisa mendapatkan fasilitas seperti makan, minum, dan tips.

10. Pengusaha

Jika Anda tidak mau bekerja kepada orang lain, maka menjadi pengusaha adalah pilihannya.

Pengusaha bertugas menjalankan bisnis sendiri dengan menghasilkan produk atau jasa yang dibutuhkan oleh pasar. Menjadi pengusaha tidak mensyaratkan pendidikan apapun, selama Anda bisa melakukannya itu sah-sah saja.

Anda bisa membuka usaha di bidang kuliner, perikanan, pertanian atau apapun.

Pengusaha biasanya mendapatkan penghasilan berdasarkan keuntungan yang diperoleh dari bisnisnya. Pengusaha juga bisa mendapatkan fasilitas seperti kebebasan waktu, kreativitas, dan prestise.

11. Sales Warung

Sales warung adalah pekerjaan yang cocok untuk lulusan SD yang gesit dan persuasif. Sales warung bertugas menjual produk-produk konsumen seperti sabun, sampo, pasta gigi, rokok, atau minuman ke warung-warung di sekitar tempat tinggalnya.

Sales warung bisa bekerja untuk perusahaan distributor atau agen tertentu. Sales warung biasanya mendapatkan gaji bulanan atau harian tergantung kesepakatan dengan majikan. Sales warung juga bisa mendapatkan fasilitas seperti komisi penjualan, bonus target, dan uang transportasi.

12. Pelayan Restoran

Pelayan restoran adalah pekerjaan yang cocok untuk lulusan SD yang sopan dan sabar. Pelayan restoran bertugas melayani pesanan pelanggan, menyajikan makanan atau minuman, membersihkan meja, dan memberikan tagihan.

Pelayan restoran bisa bekerja di restoran cepat saji, restoran keluarga, restoran mewah, atau restoran tematik. Pelayan restoran biasanya mendapatkan gaji bulanan atau harian tergantung kesepakatan dengan majikan. Pelayan restoran juga bisa mendapatkan fasilitas seperti makan, minum, dan tips.

13. Office Boy

Jenis pekerjaan yang cocok untuk lulusan SD selanjutnya adalah office boy, pekerjaan ini cocok untuk mereka yang rajin dan cekatan.

Office boy bertugas membantu pekerjaan administrasi di kantor seperti mengantar surat, dokumen, atau barang, mengurus fotokopi, mengisi air minum, dan membersihkan ruangan. Office boy bisa bekerja di perkantoran, bank, notaris, atau lembaga pemerintahan.

Office boy biasanya mendapatkan gaji bulanan dengan kisaran gaji Rp 1.800.000 sampai Rp 2.900.000. Office boy juga bisa mendapatkan fasilitas seperti seragam, asuransi kesehatan, dan uang lembur.

14. Staff Packing

Staff packing bertugas mengemas barang-barang yang akan dikirim ke pelanggan atau mitra bisnis. Staff packing bisa bekerja di perusahaan e-commerce, logistik, manufaktur, atau perdagangan.

Anda bisa bekerja di umkm yang membutuhkan staff packing untuk mengemas produk-produk mereka. Menjadi staff packing tidak memerlukan keahlian khusus, siapapun bisa menjadi staff packing asalkan mau belajar dan ulet.

Demikianlah beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan oleh lulusan SD. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan. Ingat, tidak ada pekerjaan yang rendah atau tinggi, yang penting adalah kamu bekerja dengan tekun, jujur, dan profesional. Selamat bekerja!

Baca juga:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.