tugas cook helper

12 Tugas Cook Helper: Kualifikasi, Skill, Jenjang Karir dan Gajinya

Diposting pada 97 views

Cook helper adalah posisi penting di dapur yang memiliki tugas untama untuk membantu koki dalam berbagai tugas mulai dari mempersiapkan bahan makanan hingga memasak dan mengatur tata letak dapur.

Tugas cook helper juga termasuk pengawasan terhadap persediaan bahan makanan dan peralatan dapur serta menjaga kebersihan dapur. Meskipun posisi cook helper tidak memerlukan pengalaman kerja yang terlalu lama atau pendidikan formal, namun kemampuan untuk bekerja dengan cepat dan teliti sangat dibutuhkan.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan lebih lanjut mengenai tugas-tugas cook helper, kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi seorang cook helper profesional, serta skill yang harus dimiliki untuk sukses dalam pekerjaan sebagai cook helper.

Apa itu Cook Helper?

Cook helper adalah profesi yang membantu koki atau juru masak dalam menyiapkan bahan-bahan makanan, membersihkan peralatan, dan area memasak. Profesi ini dikenal dengan beberapa istilah, seperti cook helper, assistant chef, assistant cook, atau food service worker.

Posisi ini sangat esensial di dapur, karena cook helper bisa memudahkan pekerjaan koki dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam menyajikan hidangan yang lezat dan sehat.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang pengertian, tugas, syarat, dan besaran gaji cook helper. Jika Anda tertarik untuk menekuni karir sebagai cook helper atau ingin mengetahui lebih banyak tentang peran ini, mari simak ulasannya!

Tugas Cook Helper

1. Membantu Koki dalam Menyusun Rencana Menu

Tugas cook helper yang pertama adalah membantu koki dalam menyusun rencana menu. Dalam hal ini, cook helper dapat memberikan saran atau ide untuk menu yang dapat disiapkan. Dengan demikian, cook helper dapat membantu koki dalam menyusun menu yang baik dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

2. Mengukur dan Menimbang Bahan Makanan yang Dibutuhkan

Tugas cook helper selanjutnya adalah mengukur dan menimbang bahan makanan yang dibutuhkan. Dalam hal ini, cook helper harus memiliki keterampilan dalam pengukuran bahan makanan dan memiliki kemampuan untuk membaca resep dengan baik. Tugas cook helper dalam hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa bahan makanan yang disiapkan sudah tepat dan sesuai dengan resep.

3. Mempersiapkan Bahan Makanan

Cook helper juga bertanggung jawab untuk mempersiapkan bahan makanan seperti mencuci, membersihkan, memotong, dan mengupas. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa bahan makanan yang akan digunakan bersih dan siap untuk digunakan.

4. Memasak dan Menyiapkan Makanan

Cook helper juga harus bisa memasak dan menyiapkan makanan sederhana seperti salad, sup, atau hidangan pembuka lainnya. Dalam tugas cook helper ini, cook helper harus bisa mengikuti resep dengan baik dan memasak dengan baik pula.

5. Mengoperasikan Peralatan Dapur

Cook helper harus bisa mengoperasikan peralatan dapur seperti blender, penggorengan, atau oven sesuai dengan instruksi koki. Dalam tugas cook helper ini, cook helper harus berhati-hati dalam mengoperasikan peralatan dapur agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Mengawasi Persediaan Bahan Makanan dan Peralatan Dapur

Tugas cook helper juga mencakup mengawasi persediaan bahan makanan dan peralatan dapur serta memastikan kondisinya selalu terjaga. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa bahan makanan dan peralatan dapur selalu tersedia dan siap digunakan.

7. Membersihkan Dapur dan Peralatan Setelah Digunakan

Cook helper harus membersihkan dapur dan peralatan setelah digunakan agar dapur selalu bersih dan rapi. Hal ini sangat penting untuk menjaga kebersihan dapur dan menjaga agar dapur selalu terlihat bersih dan rapi.

8. Membantu Mengatur Tata Letak Dapur dan Menyimpan Bahan Makanan dan Peralatan Dapur dengan Rapi

Cook helper juga bertanggung jawab dalam mengatur tata letak dapur dan menyimpan bahan makanan dan peralatan dapur dengan rapi. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam proses persiapan makanan dan untuk menjaga agar dapur selalu terlihat rapi.

9. Membantu koki dalam mengatur waktu dan pengaturan suhu saat memasak

Tugas cook helper yang sangat penting adalah membantu koki dalam mengatur waktu dan pengaturan suhu saat memasak. Ini termasuk mengawasi waktu memasak dan memeriksa suhu oven atau penggorengan. Dalam hal ini, cook helper harus sangat terampil dalam mengatur waktu dan suhu agar makanan matang secara merata dan sesuai dengan resep yang telah ditentukan.

10. Memberikan dukungan dalam memenuhi permintaan pelanggan

Cook helper juga harus siap memberikan dukungan kepada koki dalam memenuhi permintaan pelanggan, seperti memasak makanan yang dipesan dan mengirimkannya ke meja pelanggan. Dalam hal ini, cook helper harus sigap dan tanggap terhadap permintaan pelanggan dan juga harus mengetahui menu dan bahan-bahan makanan yang tersedia.

11. Menjaga persediaan dan kebersihan

Tugas cook helper lainnya adalah menjaga persediaan dan kebersihan dapur. Ini meliputi pengawasan persediaan bahan makanan dan peralatan dapur serta membersihkan dapur dan peralatan setelah digunakan. Cook helper juga harus menjaga agar dapur selalu terlihat bersih dan rapi, serta membantu mengatur tata letak dapur dan menyimpan bahan makanan dan peralatan dapur dengan rapi.

12. Membantu koki dengan tugas-tugas lain yang diperlukan

Cook helper juga harus siap membantu koki dengan tugas-tugas lain yang diperlukan, seperti mengatur porsi, menambahkan bumbu, atau membersihkan bahan makanan lainnya. Dalam hal ini, cook helper harus sangat tanggap dan mampu bekerja secara efisien dan efektif untuk membantu koki dalam menghasilkan hidangan yang lezat dan berkualitas tinggi.

Persyaratan dan Kualifikasi Cook Helper

Terdapat beberapa persyaratan dan kualifikasi yang biasanya dipakai oleh perusahaan untuk menjaring cook helper yang profesional. Kualifikasi dibawah ini dapat Anda pakai sebagai acuan dalam meniti karir sebagai cook helper. Berikut ini adalah kualifikasinya:

  1. Pendidikan atau pelatihan di bidang kuliner, minimal SMA/SMK sederajat atau diploma atau sertifikat dari sekolah atau institusi kuliner terkemuka.
  2. Pengalaman kerja di bidang kuliner, terutama sebagai cook helper atau posisi terkait lainnya.
  3. Kemampuan memahami resep dan instruksi koki dengan baik, serta dapat mengikuti petunjuk dengan teliti.
  4. Kemampuan mengoperasikan peralatan dapur secara aman dan efektif, serta memahami cara merawat dan membersihkan peralatan dapur.
  5. Pengetahuan tentang berbagai jenis bahan makanan dan cara memilih dan menyimpannya dengan baik.
  6. Keterampilan dalam mempersiapkan bahan makanan seperti mencuci, membersihkan, memotong, dan mengupas.
  7. Kemampuan memasak dan menyiapkan makanan sederhana, seperti salad, sup, atau hidangan pembuka lainnya.
  8. Kemampuan bekerja dengan cepat dan efisien dalam lingkungan dapur yang sibuk dan terkadang stress.
  9. Kepatuhan terhadap standar keamanan dan kebersihan makanan dan dapur.
  10. Kemampuan untuk bekerja dalam tim dan berkomunikasi dengan baik dengan koki dan staf dapur lainnya.

Skill yang harus dimiliki oleh cook helper

  1. Kemampuan memahami resep dan instruksi koki dengan baik
    Cook helper harus dapat memahami setiap langkah dan instruksi dalam membuat suatu hidangan, sehingga dapat membantu koki dengan baik.
  2. Kemampuan mengukur dan menimbang bahan makanan dengan tepat
    Cook helper harus dapat melakukan pengukuran dan penimbangan bahan makanan dengan baik, agar takaran bahan makanan yang digunakan dapat sesuai dengan resep yang telah ditentukan.
  3. Kemampuan mempersiapkan bahan makanan dengan baik
    Cook helper harus dapat melakukan persiapan bahan makanan dengan baik, seperti mencuci, membersihkan, memotong, dan mengupas bahan makanan dengan benar.
  4. Kemampuan memasak dan menyiapkan hidangan sederhana
    Cook helper harus dapat memasak dan menyiapkan hidangan sederhana, seperti salad, sup, atau hidangan pembuka lainnya.
  5. Kemampuan mengoperasikan peralatan dapur
    Cook helper harus dapat mengoperasikan peralatan dapur seperti blender, penggorengan, atau oven sesuai dengan instruksi koki.
  6. Kemampuan mengawasi persediaan bahan makanan dan peralatan dapur
    Cook helper harus dapat memantau persediaan bahan makanan dan peralatan dapur, serta memastikan kondisinya selalu terjaga.
  7. Kemampuan membersihkan dapur dan peralatan setelah digunakan
    Cook helper harus dapat membersihkan dapur dan peralatan setelah digunakan, sehingga dapur selalu dalam kondisi yang bersih dan siap untuk digunakan kembali.
  8. Kemampuan menjaga kebersihan dapur
    Cook helper harus dapat menjaga kebersihan dapur dan menjaga agar selalu terlihat bersih dan rapi.

Jenjang Karir Seorang Cook Helper

Berikut penjelasan jenjang karir Cook Helper beserta gaji yang umum diterima di Indonesia:

1. Cook Helper

Cook Helper adalah posisi awal di dapur yang bertugas membantu koki dalam mempersiapkan bahan makanan, memasak, membersihkan, dan mengawasi persediaan bahan makanan serta peralatan dapur. Gaji yang diterima Cook Helper biasanya berkisar antara Rp 1,5 juta hingga Rp 3 juta per bulan tergantung pada lokasi kerja dan pengalaman.

2. Commis

Setelah bekerja sebagai Cook Helper selama beberapa waktu, Cook Helper dapat naik jabatan menjadi Commis. Commis bertanggung jawab dalam mempersiapkan bahan makanan, memasak, dan menyajikan hidangan dengan bantuan chef senior. Gaji yang diterima Commis berkisar antara Rp 2,5 juta hingga Rp 5 juta per bulan tergantung pada lokasi kerja dan pengalaman.

3. Supervisor

Setelah beberapa tahun bekerja sebagai Commis, Cook Helper dapat naik jabatan menjadi Supervisor. Tugas Supervisor adalah mengawasi tim dapur, mengelola persediaan bahan makanan, dan membantu Chef dalam menyusun menu. Gaji yang diterima Supervisor berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 8 juta per bulan tergantung pada lokasi kerja dan pengalaman.

4. Sous Chef

Sous Chef adalah posisi setelah Supervisor dan bertanggung jawab dalam memimpin tim dapur, menyusun menu, mengawasi persediaan bahan makanan dan peralatan dapur, serta memastikan kualitas makanan yang dihasilkan.

Gaji yang diterima Sous Chef berkisar antara Rp 8 juta hingga Rp 15 juta per bulan tergantung pada lokasi kerja dan pengalaman.

5. Executive Chef

Executive Chef adalah posisi puncak di dapur dan bertanggung jawab atas semua operasional dapur, termasuk menyusun menu, mengelola persediaan bahan makanan dan peralatan dapur, memimpin tim dapur, dan memastikan kualitas makanan yang dihasilkan.

Gaji yang diterima Executive Chef berkisar antara Rp 15 juta hingga Rp 30 juta per bulan tergantung pada lokasi kerja dan pengalaman.

6. Food Service Manager

Food Service Manager adalah posisi yang lebih bersifat manajerial dan bertanggung jawab atas seluruh operasional dapur dan layanan makanan di sebuah tempat. Tugasnya meliputi mengelola persediaan bahan makanan dan peralatan dapur, menyusun menu, memimpin tim dapur, mengatur pelayanan makanan, dan memastikan kepatuhan terhadap standar kebersihan dan keamanan makanan. Gaji yang diterima Food Service Manager berkisar antara Rp 10 juta hingga Rp 25 juta per bulan tergantung pada lokasi kerja dan pengalaman.

Kisaran Gaji Cook Helper

Berikut adalah kisaran gaji cook helper di 20 kota besar di Indonesia:

No.KotaGaji (per bulan)
1JakartaRp 2.500.000 – 4.000.000
2SurabayaRp 2.000.000 – 3.500.000
3BandungRp 1.800.000 – 3.000.000
4MedanRp 1.500.000 – 2.500.000
5SemarangRp 1.500.000 – 2.500.000
6MakassarRp 1.500.000 – 2.500.000
7DepokRp 1.500.000 – 2.500.000
8TangerangRp 1.500.000 – 2.500.000
9PalembangRp 1.500.000 – 2.500.000
10South TangerangRp 1.500.000 – 2.500.000
11BekasiRp 1.500.000 – 2.500.000
12BogorRp 1.500.000 – 2.500.000
13BatamRp 1.500.000 – 2.500.000
14PekanbaruRp 1.500.000 – 2.500.000
15BalikpapanRp 1.500.000 – 2.500.000
16YogyakartaRp 1.500.000 – 2.500.000
17SurakartaRp 1.500.000 – 2.500.000
18MalangRp 1.500.000 – 2.500.000
19JambiRp 1.500.000 – 2.500.000
20PadangRp 1.500.000 – 2.500.000

Catatan: Kisaran gaji di atas dapat berbeda-beda tergantung dari pengalaman kerja, kemampuan, lokasi perusahaan, serta ukuran perusahaan tempat bekerja.

FAQ Tentang Cook Helper

Apa yang dilakukan seorang cook helper?

Seorang cook helper membantu koki dalam mempersiapkan dan memasak makanan, mengatur persediaan bahan makanan dan peralatan dapur, serta menjaga kebersihan dapur.

Apa persyaratan untuk menjadi seorang cook helper?

Tidak ada persyaratan khusus untuk menjadi cook helper, namun beberapa pengalaman dalam bidang kuliner dan sertifikat pelatihan dapat meningkatkan peluang anda.

Apa keahlian yang harus dimiliki oleh seorang cook helper?

Seorang cook helper harus memiliki kemampuan dasar dalam memasak, pengetahuan tentang kebersihan dan sanitasi, kemampuan dalam mengikuti instruksi, serta kemampuan dalam bekerja dengan cepat dan efisien.

Bagaimana peluang karir cook helper?

Peluang karir cook helper bervariasi tergantung pada pengalaman dan keterampilan. Beberapa cook helper dapat naik ke posisi supervisor atau bahkan menjadi seorang koki.

Apa gaji rata-rata cook helper di Indonesia?

Gaji cook helper bervariasi tergantung pada lokasi dan pengalaman. Namun, gaji rata-rata cook helper di Indonesia berkisar antara 2 juta hingga 3,5 juta rupiah per bulan.

Apa tantangan terbesar dalam pekerjaan cook helper?

Tantangan terbesar dalam pekerjaan cook helper adalah memastikan kebersihan dan sanitasi dapur terjaga dengan baik, serta bekerja dengan cepat dan efisien dalam situasi yang padat.

Apakah cook helper memiliki jam kerja yang fleksibel?

Jam kerja cook helper bervariasi tergantung pada restoran atau hotel tempat mereka bekerja, namun biasanya memiliki jam kerja yang cukup fleksibel dengan sistem shift.

Baca juga:

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.