tugas office boy

Tugas Office Boy: Kualifikiasi, Jenjang Karir dan Kisaran Gaji

Diposting pada 21,001 views

Tugas Office Boy dalam Perusahaan – Dalam setiap organisasi pasti membutuhkan peranan yang penting dalam melayani setiap karyawannya. Biasanya ada posisi tersendiri dalam hal orang yang melakukan itu. Hal pertama yang harus anda pahami adalah pengertian Office.

Office Boy adalah kata-kata yang berasal dari bahasa inggris yang memiliki arti sebagai pria yang memenuhi segala kebutuhan di dalam kantor.

Harus anda tahu, ada banyak sekali kebutuhan yang diperlukan oleh para pegawai yang ada didalam sebuah kantor. Entah itu makanan, kebersihan, dukungan, dokumen, dan berbagai bantuan lain didalamnya. Sebagai office boy, kamu berperan serta dalam membantu pemenuhan kebutuhan tersebut. Hanya saja saja seringkali office boy diperbantukan pada pekerjaan yang bersifat non administratif.

Tugas Office Boy di Perusahaan

Tidak semua tugas di kerjakan oleh seorang office boy. Berikut ini kami akan menjelaskan beberapa tugas office boy sesuai pada waktu-waktu tertentu dan tugas dengan peran yang memiliki tingkat kerumitan yang berbeda.

1. Tugas Rutin Office Boy

  1. Membersihkan dan merapikan meja, kursi, komputer dan perlengkapan lainnya. 08.00
  2. Membersihkan/vacuum karpet/lantai (bergiliran). 08.15
  3. Menyediakan minuman untuk karyawan. 09.00
  4. Mengirim/mengambil dokumen antar Divisi/Bagian. Tak Tentu
  5. Melayani permintaan fotokopi/faksimili. Tak Tentu
  6. Membelikan dan menyiapkan makan siang karyawan. 11.00
  7. Membereskan piring, gelas, & perlengkapan makan siang karyawan. 13.00
  8. Mengambil & membereskan gelas minum & perlengkapan makan/minum karyawan. 17.30
  9. Membuang sampah yang ada di ruang kerja dan areal tanggung jawabnya. 17.30
  10. Membersihkan/vacuum karpet/lantai (bergiliran). 18.00
  11. Mencuci piring, gelas & perlengkapan makan/minum lain (bergiliran). 18.00-18.30

2. Tugas Berkala

  1. Membersihkan kaca ruang kerja minimal 2x/minggu
  2. Menyiram/merawat tanaman 2x/minggu

3. Tugas Inseintal

  1. Menyediakan minuman/makanan & melayani keperluan tamu-tamu perusahaan. Tak Tentu
  2. Menyediakan minuman/makanan & melayani keperluan rapat/pertemuan/training. Tak Tentu
  3. Mengangkat/memindahkan meja, kursi & perabotan lainnya. Tak Tentu
  4. Melaksanakan tugas tertentu sesuai permintaan karyawan Divisi yang dilayani.  Tak Tentu
  5. Melaksanakan tugas tertentu sesuai permintaan Koordinator OB atau Staff GA. Tak Tentu

Syarat & Kualifikasi Menjadi Office Boy

Kualifikasi office boy yang diminta tidak terlalu rumit. Syarat yang dibutuhkan untuk menjadi office boy adalah orang yang memiliki mental kuat, pekerja keras, telaten, dan konsisten dalam melakukan pekerjaannya. Untuk syarat dari segi pendidikan office boy adalah minimum ijazah SMA. Namun office boy dengan pengalaman lebih dilirik oleh perusahaan. Office boy tidak selalu dipandang rendah. Karena pekerjaan ini memiliki peluang untuk dipromosikan jabatannya.

Berikut ini adalah syarat dan kualifikasi menjadi office boy:

  1. Pendidikan: Lulusan SMP atau setara.
  2. Pengalaman: Pengalaman kerja sebagai office boy atau dalam bidang yang terkait merupakan keuntungan.
  3. Kebersihan dan Kerapihan: Mampu menjaga kebersihan dan kerapihan area kantor.
  4. Keterampilan Komunikasi: Kemampuan komunikasi yang baik dalam berinteraksi dengan rekan kerja dan pengunjung kantor.
  5. Keterampilan Organisasi: Mampu mengatur jadwal tugas, mengelola inventaris, dan menjaga catatan dengan baik.
  6. Keterampilan Fisik: Fisik yang sehat dan kuat untuk menjalankan tugas-tugas fisik seperti mengangkat dan mengatur barang.
  7. Tanggung Jawab dan Disiplin: Mampu bekerja dengan tanggung jawab, mengikuti aturan dan prosedur dengan disiplin.
  8. Inisiatif: Mampu mengidentifikasi tugas-tugas yang perlu dilakukan tanpa harus diberi perintah langsung.
  9. Kerjasama Tim: Kemampuan untuk bekerja dalam tim dan berkolaborasi dengan rekan kerja lainnya.
  10. Integritas: Memiliki integritas yang tinggi dalam menjaga kerahasiaan dan keamanan informasi kantor.

Selain itu sistem kerja office boy adalah rotasi shift kerja atau standby 24 jam. Secara umum, jam kerja normal dari jam 08:00 sampai 17:00. Namun tidak dipungkiri jam kerja office boy dapat menjadi fleksibel. Pekerjaan ini dituntut untuk datang lebih pagi dibanding pegawai kantor lain dan pulang kerja paling akhir.

Jenjang Karir Office Boy

Tips Meningkatkan Jenjang Karir Office Boy

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan jenjang karir Anda sebagai office boy:

  • Menjaga kinerja dan sikap yang baik di tempat kerja. Anda harus selalu berusaha untuk menyelesaikan tugas-tugas Anda dengan cepat, rapi, dan bertanggung jawab. Anda juga harus bersikap sopan, ramah, dan kooperatif dengan rekan kerja dan atasan Anda.
  • Meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda. Anda dapat mengikuti pelatihan, kursus, atau sertifikasi yang berkaitan dengan pekerjaan Anda sebagai office boy. Misalnya, Anda dapat belajar tentang administrasi, komputer, bahasa asing, atau etika bisnis. Hal ini akan menambah nilai Anda di mata perusahaan dan membuka peluang untuk promosi atau rotasi jabatan.
  • Mencari mentor atau role model. Anda dapat mencari seseorang yang telah berhasil dalam karirnya sebagai office boy atau pekerjaan lain yang Anda minati. Anda dapat belajar dari pengalaman, tips, dan saran mereka untuk mengembangkan diri Anda. Anda juga dapat membangun jaringan profesional dengan orang-orang yang berpengaruh di bidang Anda.
  • Menetapkan tujuan dan rencana karir. Anda harus memiliki visi dan misi yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai dalam karir Anda sebagai office boy. Anda juga harus membuat rencana yang realistis dan terukur untuk mencapai tujuan tersebut. Misalnya, Anda dapat menentukan target waktu, anggaran, atau prestasi yang ingin Anda raih. Anda juga harus mengevaluasi kemajuan dan hambatan Anda secara berkala dan melakukan perbaikan jika diperlukan.
  • Menunjukkan inisiatif dan kreativitas. Anda harus berani untuk mengambil tantangan dan peluang baru yang muncul di tempat kerja. Anda juga harus berpikir di luar kotak untuk menemukan solusi atau ide-ide yang inovatif untuk meningkatkan kualitas pekerjaan Anda. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda memiliki potensi dan motivasi untuk berkembang dalam karir Anda sebagai office boy.

Perbedaan Office Boy dan Cleaning Service

Umumnya orang awam belum tau jika Office Boy dan Cleaning Service itu merupakan dua role yang berbeda. untuk mengetahui perbedaannya, simak berikut ini.

1. Pelayanan yang diberikan

Perbedaan pada hal pertama antara cleaning service dan office boy adalah pelayanan yang diberikan. Lingkup pekerjaan cleaning service hanya berupa jasa pembersihan pada perkantoran atau rumah. Sedangkan office boy juga bertugas melayanin para pegawai kantor dalam membantu memudahkan pekerjaanya. Dalam menjaga, merawat dan melayani fasilitas kantor atau gedung dilakukan oleh cleaning service.

2. Pelayanan yang diberikan

pelayanan OB dan Cleaning yang berbeda maka jenis pekerjaan yang dilakukan juga tidak sama. Cleaning service melakukan pekerjaan berupa pembersihan pada ruangan kantor dan perusahaan agar lingkungan tempat kerja bersih dan nyaman. Petugas cleaning service juga membersihkan kamar mandi agar nyaman, bersih dan terhindar penyakit.

Sementara itu, pekerjaan OB lebih luas dibandingkan dengan cleaning service. Pasalnya cleaning service hanya bertanggung jawab dari segi pembersihan ruangan kantor. Seperti menjadikan lingkungan kantor dan tempat kerja bersih, rapi dan nyaman, serta membersihkan kamar mandi agar bebas dari penyakit. Walaupun OB juga melakukan pekerjaan demikian, namun posisi OB ini harus melayani kebutuhan pegawai kantor seperti menyediakan minuman, membantu melakukan fotocopy, dan melayani kebutuhan pegawai kantor lain.

3. Jumlah SDM yang Diperlukan Perusahaan

Di kantor, jumlah cleaning service dan OB tidak sama. Biasanya, jumlah pekerja cleaning service yang dibutuhkan lebih banyak dibandingkan OB. Hal ini disebabkan bangunan dan jumlah ruangan di perusahaan lebih banyak. Namun tidak berarti jumlah OB sedikit. Jumlah OB dibutuhkan berdasarkan jumlah karyawan di perusahaan. Sehingga, jumlah cleaning service dan OB sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Jam Kerja Office Boy

Secara umum, office boy ini memiliki jam kerja normal dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Hanya saja karena pekerjaannya yang begitu penting, seringkali jam kerja seorang office boy menjadi harus bisa mengerjakan apa saja. Mereka dituntut untuk datang lebih pagi dibanding staff dan pulanng paling akhir. Mayoritas perusahan tidak memberikan gaji lembut untuk office boy. Tapi peluang untuk mendapatkan tip harian diposisi satu ini sangatlah besar. Berikut ini akan kami jabarkan jam kerja office boy.

  • OB diwajibkan datang jam 08.00 dan pulang jam 18.30 dengan waktu istirahat jam 12.00-13.00 (kecuali Jumat jam 12.00-13.30).
  • Kelebihan jam kerja (8 jam/hari) selama 1,5 jam akan diperhitungkan sebagai lembur.
  • Datang sebelum jam 08.00 akan dianggap/dihitung sebagai lembur sejak jam datang.
  • Datang antara jam 08.00-08.30 akan dianggap/dihitung datang jam 08.30 atau tidak ada lembur.
  • Pulang setelah jam 18.30 akan dianggap/diperhitungkan sebagai lembur apabila disertai bukti SPL (Surat Perintah Lembur) dari Koordinator OB (Staff GA).
  • Agar mudah dicari untuk mengerjakan tugas selanjutnya, maka setelah selesai mengerjakan tugas tertentu OB harus stand-by di tempat tertentu yang ditunjuk pada areal kerja yang menjadi tanggung jawabnya (misalnya di dekat Sekretaris).
  • Sekretaris Direksi/Senior Management atau Staff Divisi/Bagian tertentu berkewajiban mengatur & mengawasi pelaksanaan tugas-tugas harian OB yang ditempatkan pada areal kerjanya, kemudian melaporkan perkembangan/keluhan/hasil kerja OB kepada Koordinator OB (Staff GA).
  • Koordinator OB bertanggung jawab terhadap pengaturan tugas dan lembur OB untuk melaksanakan/melayani kegiatan yang bersifat menyeluruh (seperti rapat/pertemuan/training, acara pesta/perayaan, perpindahan ruangan kerja, dan lain-lain) serta melakukan penilaian prestasi kerja tahunan terhadap OB.
  • Bagi OB yang tidak melaksanakan tugas & tanggung jawabnya dengan baik (tanpa alasan yang masuk akal) akan diberikan sanksi mulai dari Teguran Lisan, Teguran Tertulis, Surat Peringatan Pertama (SP-I), SP-II, SP-III/Terakhir atau Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sesuai dengan kadar dan akumulasi pelanggaran yang dilakukan (Jenis Pelanggaran & Sanksi terlampir).
  • Bagi OB yang melaksanakan tugas & tanggung jawab dengan baik akan dipilih yang terbaik setiap bulannya untuk dinobatkan sebagai “OB of The Month” (OB Teladan Bulanan) serta menerima penghargaan dari Perusahaan.
  • Areal tugas dan tanggung jawab OB akan dirolling (diputar) setiap 3 (tiga) bulan sekali.

Kisaran Gaji Office Boy

Jika bicara soal estimasi pendapat untuk cleaning service dan office boy, untuk saat ini office boy biasanya memiliki gaji sesuai dengan UMk di wilayahnya masing-masing. office boy juga berhak mendapatkan tunjangan berupa BPJS dan makan.

Bisa dikatakan, office boy adalah salah satu profesi yang paling berjasa di kantor. Tidak adanya office boy, otomatis orang-orang kantor harus melakukan apapun seorang diri. Mulai dari titip makanan hingga urusan fotokopi atau membuatkan kopi dipagi hari. Gaji office boy juga beragam, tapi kebanyakan ada di kisaran Rp 2,5 hingga Rp 3,5 juta.

Baca juga:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.