Macam macam budaya lokal di Indonesia berdasarkan pola kegiatan ekonomi

Macam macam budaya lokal di Indonesia - Pada kesempatan sebelumnya saya sudah membahas tentang unsur-unsur budaya yang mana di dalam artikel tersebut juga sudah saya jelaskan dan sebutkan tentang contoh budaya lokal di Indonesia. Materi selanjutnya yang akan kita bahas yaitu tentang macam-macam budaya lokal di Indonesia. 

Definisi dai kebudayaan lokal yaitu suatu kebudayaan dalam wilayah atau daerah tertentu yang diwariskan secara turun temurun. Untuk lebih memahami tentang pengertian budaya lokal anda bisa melihat artikel kami sebelumnya tentang pengertian budaya lokal dan budaya internasional. Lalu apa sajakah macam-macam budaya lokal di Indonesia, berikut kami sebutkan beberapa macam budaya lokal yang berkembang di Indonesia berdasarkan pola kegiatan ekonomi : 

Macam macam budaya lokal di Indonesia berdasarkan pola kegiatan ekonomi


1. Kebudayaan berburu dan peramu
Kebudayaan yang seperti ini akan sangat jarang kita temui, mungkin kita bisa menemui di daerah-daerah pedesaan atau di daerah daerah terpencil di Indonesia. Umumnya mereka memburu hewan seperti ayam hutan, babi hutan dan masih banyak lagi.

2. Kebudayaan beternak
Macam kebudayaan yang kedua adalah kebudayaan beternak. kelompok kebudayaan peternak atau kebudayaan yang hidupnya berpindah-pindah tempat, kebudayaan ini banyak di jumpai di daerah padang rumput.

3. Kebudayaan berladang
Macam macam kebudayaan yang ketiga adalah kebudayaan berladang. Definisi dari kebudayaan ini aadalah kebudayaan yang biasanya hidup di daerah hutan rimba. Mereka akan membersihkan suatu lahan, entah itu dengan menebang pohon atau dengan cara yang lainnya kemudia akan menanam pohon yang mereka inginkan. Setelah mendapatkan hasil dari pohon yang ia tanam sebanyak dua atau tiga kali, kemudian ia tinggalkan dan kembali mencari lahan yang baru untuk ditanami.

4. Kebudayaan nelayan
Macam kebudayaan yang ke-empat adalah kebudayaan nelayan. Kelompok kebudayaan nelayan ini hidup di sepanjang pantai. Kebudayaan nelayan ditandai dengan penduduknya yang memiliki kemampuan dalam membuat kapal, memiliki pengetahuan cara cara berlayar di laut dan pembagian kerja nelayan laut.

5. Kebudayaan petani pedesaan
Macam kebudayaan yang kelima adalah kebudayaan petani  pedesaan. Kelompok kebudayaan petani pedesaan ini merupakan kebudayaan yang paling mendominasi di negara negara dunia. Masyarakat petani ini merupakan kesatuan ekonomi, sosial budaya dan adsminitasi yang besar. Sikap hidup gotong royog mewarnai kebudayaan petani di pedesaan.

6. Kebudayaan masyarakat perkotaan
Macam kebudayaan yang ke enam adalah kebudayaan masyarakat perkotaan. Kelompok ini memiliki ciri ciri di mana pusat pemerintahan, sektor perdagangan dan sektor industri masih lemas.

7. Kebudayaan masyarakat metropolitan
Budaya politik - budaya metropolitan
Budaya politik - budaya metropolitan

Macam kebudayaan yang ke tujuh adalah kebudayaan masyarakat metropolitan, kelompok ini mulai mengembangkan suatu sektor perdagangan dan industri yang cukup besar serta adanya aktivitas kehidupan pemerintahan dengan sektor kepegawaian yang luas dan dengan kesibukan politik yang tinggi.

Load disqus comments

0 comments