manfaat keragaman sosial budaya

5 Manfaat Keragaman Sosial Budaya Bagi Masyarakat

Diposting pada 2.177 views

5 Manfaat Keragaman Sosial Budaya bagi Masyarakat – Manusia adalah makhluk sosial, yang berarti manusia tidak dapat hidup sendiri. Maka dari itu, manusia selalu bergantung dengan orang lain. Juga kita tidak bisa selalu bergantung dengan orang yang homogen (sama) dengan kita. Ada saatnya kita hidup heterogen (berbeda) dengan kita. Inilah yang menjadi keragaman sosial budaya. 

Sebenarnya manfaat yang bisa kita dapatkan bukan hanya manfaat dari homogen saja. Ternyata, heterogen pun juga bisa menghasilkan manfaat. Untuk memperoleh manfaat ini, kamu harus teliti dan bijak. Adapun manfaat keragaman sosial budaya akan dibahas pada artikel ini. 

5 Manfaat Keragaman Soasial Budaya Bagi Masyarakat

1. Sudut Pandang Kita Tentang Sosial Budaya akan Luas

Apabila kita bisa mencermati lebih lanjut mengenai manfaat keragaman sosial budaya, maka kita akan memiliki lebih banyak sudut pandang. Semakin banyak sudut pandang yang kita miliki, maka semakin bijak pula kita dalam bertindak nantinya.

Orang yang sombong, egois dan apatis ada banyak sekali faktor penyebabnya. Salah satunya ialah kurangnya sudut pandang. Sudut pandang ini bisa membukakan pikiranmu terhadap golongan (atau sefrekuensi denganmu) dan juga dengan orang yang berbeda darimu. Sehingga nantinya kamu akan menjadi pribadi yang lebih toleran dan bijak.

2. Memiliki Sifat Toleransi yang Lebih Tinggi

Ketika kita hidup di kawasan yang heterogen, maka secara tidak langsung, sikap toleransi kita akan terbentuk. Lalu apa yang menyebabkan orang tidak bisa toleransi? Salah satu penyebabnya ialah mereka memiliki sudut pandang yang terbatas. Dengan hidup heterogen, kita bisa mendapatkan sudut pandang yang lebih luas.

Memang toleransi tidak bisa didapatkan serta merta. Toleransi nantinya akan berhubungan langsung dengan intuisi. Selain itu, manfaat keragaman sosial budaya bisa menghadirkan objek wisata yang ditujukan untuk edukasi mengenai toleransi, sejarah dan lain sebagainnya. 

Baca juga : 10 Manfaat Keberagaman Budaya di Indonesia

3. Kaya Akan Sosial Budaya

Ini merupakan salah satu manfaat keragaman sosial budaya yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat indonesia dan bahkan pemerintah indonesia. Mengapa demikian? karena manfaat ini bisa meningkatkan jumlah pendapatan dari sektor pariwisata. Entah itu dari luar negeri maupun dalam negeri.

Selain itu, manfaat langsung yang bisa dirasakan oleh masyarakat ialah meningkatnya jumlah pendapatan. Mengapa bisa begitu? Karena masyarakat setempat bisa membuka tempat wisata kebudayaan, jasa, dan bahkan menjual produk atau souvenir dari budaya tersebut.

4. Sebagai Ciri Khas atau Identitas

Indonesia sudah dikenal dengan negara yang heterogen. Negara yang memiliki banyak sekali wisata alam dan wisata budaya. Dengan demikian, negara negara lain akan mengenal indonesia sebagai negara budaya. Dan kita akan mendapat julukan negara kaya akan budaya.

5. Sumber Ilmu Pengetahuan

Keragaman sosial budaya bisa menghadirkan sebuah ilmu baru. Ilmu yang dapat berkembang ialah sejarah, budaya, sosiologi, antropologi, psikologi dan lain sebagainnya.

Semua ilmu ini dapat memperkaya ilmu pengetahuan sehingga nantinya dapat menjadikan manusia lain lebih tahu, bijak dan dapat menyelesaikan kesenjangan sosial yang ada.

Memang manfaat keragaman sosial budaya di bidang perkembangan ilmu sangatlah banyak dan terus bertambah banyak. Hal ini disebabkan manusia akan terus berkembang pola pikirnya, hidupnya, dan sosialnya ke masyarakat. Hal ini juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang ada.

Baca juga : Faktor Penyebab Keberagaman Budaya

Di atas merupakan 5 manfaat keragaman sosial. Memang keragaman sosial bisa menjadi keuntungan bahkan kerugian. Agar kerugian dari keragaman sosial budaya tidak mendominasi, perlu adanya sikap kita untuk menghilangkan rasa ego dan terus meningkatkan kebijaksanaan terhadap menyikapi keragaman sosial budaya.