10 Manfaat Keberagaman Budaya di Indonesia

  • Whatsapp

Kitapunya.net, Di pagi menjelang siang ini admin mau share sedikit informasi mengenai manfaat keberagaman budaya, tadi pagi kami juga sudah membahas tentang faktor penyebab keberagaman budaya, yang mana faktor faktor yang menjadi penyebab keberagaman budaya adalah faktor manusia, faktor lingkungan alam, faktor perubahan nilai dan sikap, pengaruh kebudayaan masyarakat lain, faktor kemajuan teknologi dan faktor kependudukan.

Pengertian Keberagaman Budaya

Kata “Budaya” memiliki arti pikiran, akal budi. Budaya dalam bahasa Inggris dikenal sebagai culture yang asal usulnya dari bahasa Latin yaitu Colere, artinya adalah mengolah atau mengerjakan. Sehingga, jika dilihat dari asal katanya kebudayaan merupakan hal yang berkaitan dengan budi dan akal.

Muat Lebih

Menurut Tylor (1871), kebudayaan diartikan sebagai pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat, istiadat, kemampuan serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota dari sebuah kelompok masyarakat.

Lebih lanjut tentang keberagaman budaya adalah proses, cara atau pembuatan menjadikan banyak macam ragamnya tentang kebudayaan yang telah ada.

Beraneka ragam corak kehidupan di Indonesia, disertai dengan latar belakang kesukaan, wilayah, agama, maupun ras membuat Indonesia memiliki kebudayaan yang beragam.

Keberagaman budaya tersebut dapat kita lihat dari unsur-unsur kebudayaan (umum) sebagai berikut :

a. Kesenian
b. Religi
c. Sistem Pengetahuan
d. Organisasi social
e. Sistem ekonomi
f. Sistem teknologi
g. Bahasa.

Sekilas Tentang Keberagaman Budaya di Indonesia

Sebagai bangsa yang kaya akan suku dan budaya, kita harus bangga. Kita juga harus menghargai dan menghormati budaya yang kita miliki, yaitu dengan mengapresiasinya dan melestarikannya.

Tercatat, Indonesia memiliki sedikitnya 743 bahasa yang tersebar di seluruh wilayah nusantara. Indonesia juga memiliki 1.128 suku, yang masing-masing suku tentu memiliki budayanya masing-masing.

Dengan bermacam-macam budaya yang kita miliki, jangan sampai malah membuat perpecahan, tetapi seharusnya membuat kita semakin bersatu agar Indonesia tercinta ini terkenal sebagai negara yang kaya akan budaya dan dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang favorit.

Budaya yang kita miliki sangat berharga, untuk itu harus kita jaga dan lestarikan. Jangan sampai budaya yang kita miliki diakui oleh negara lain, seperti yang terjadi beberapa tahun silam.  

Setiap daerah mempunyai budaya masing-masing, dan sikap kita adalah harus saling menghormati budaya daerah lain tersebut sehingga kerukunan dan keamaan dalam kehidupan di masyarakat dapat tercapai. 

Keberagaman budaya memberikan keunikan tersendiri bagi sebuah bangsa, untu itulah sebuah bangsa harus pedulis dan terus melestarikan budaya yang ada. Apalagi keberagaman budaya ini memiliki sejuta manfaat yang bisa langsung maupun tidak langsung kita rasakan.

Manfaat Keberagaman Budaya

Di bawah ini adalah beberapa manfaat keberagaman budaya :

  1. Dapat mempererat tali persaudaraan
  2. Menjadi aset wisata yang dapat menghasilkan pendapatan negara
  3. Memperkaya kebudayaan nasional
  4. Sebagai identitas negara indonesia di mata seluruh negara di dunia
  5. Dapat dijadikan sebagai ikon pariwisata sehingga para wisatawan dapat tertaarik dan berkunjung di Indonesia
  6. Dengan banyaknya wisatawan maka dapat menciptkan lapangan pekerjaan
  7. Sebagai pengetahuan bagi seluruh warga di dunia
  8. Sebagai media hiburan yang mendidik
  9. Timbulnya rasa nasionalisme warga negara terhadap negara Indonesia
  10. Membuat Indonesia terkenal dimata dunia berkat keberagaan budaya yang kita miliki

Demikian saja 10 manfaat keberagaman budaya di Indonesia. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *