yang dipelajari di jurusan teknik sipil
Apa yang dipelajari dalam jurusan teknik sipil?

6 Hal Pokok Yang Dipelajari Di Teknik Sipil

Diposting pada 77 views

6 Hal Pokok Yang Dipelajari Di Teknik Sipil? Ini Jawabannya! – Mendengar jurusan teknik sipil, apa yang ada di pikiran anda? Apakah perkuliahan yang rumit dan peluang kerja susah? Faktanya, hal tersebut tidaklah benar. Di jurusan teknik sipil, perkuliahan yang ada cukup luas ilmunya. Selain itu, dengan ilmu yang dipelajari nantinya juga bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai pada bidangnya. Dengan begitu, yang dipelajari di jurusan teknik sipil jelas sangat luas.

Teknik sipil mempelajari bidang ilmu yang cukup luas. Kaitannya dengan perencanaan, perancangan, manufaktur dan implementasi pada proyek. Jadi, materi perkuliahan nantinya tidak jauh dari beberapa hal tersebut. Untuk lebih jelasnya, mari simak secara bersama mengenai apa saja yang dipelajari di jurusan teknik sipil.

6 Hal Pokok yang Dipelajari Di Teknik Sipil

Banyak dari anda yang ingin masuk ke jurusan ini tetapi ingin tahu terlebih dahulu mengenai apa yang akan dipelajari nantinya. Ini dia yang akan dipelajari antara lain:

1. Manajemen Konstruksi

Sebagai anak teknik sipil, nantinya sudah pasti akan mempelajari mengenai manajemen konstruksi. Apa yang dipelajari di materi ini? Yaitu berkaitan dengan Rancangan anggaran biaya, perizinan bangunan, monitoring proyek, penjadwalan proyek sampai dengan aspek hukum dalam proyek yang akan berjalan.

Apakah semua hal tersebut perlu untuk diperhatikan? Jelas, karena ini akan memberikan pengaruh pada proyek yang berjalan nantinya. Tentunya, anda tidak ingin bukan memiliki masalah pada proyek yang sedang berjalan. Jadi, para mahasiswa nantinya bisa mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat ini pada perkuliahan.

2. Ilmu Lingkungan

Salah satu yang nantinya akan dipelajari yaitu mengenai ilmu lingkungan. Pembelajaran mengenai materi ini sangat penting untuk diberikan kepada mahasiswa. Mengapa demikian? Dalam membuat sebuah proyek, lingkungan sekitar tentu harus diperhatikan. Jangan sampai, salah dalam memahami lingkungan dan membuat proyek menjadi gagal.

Untuk itu, pembelajaran nantinya akan diberikan pada perkuliahan. Seperti memahami bagaimana lingkungan yang cocok digunakan dalam membangun. Serta, melakukan pengecekan apakah lingkungan tersebut termasuk dalam zona yang aman untuk menjalankan konstruksi. Inilah yang nantinya akan dipelajari oleh anak teknik.

Baca juga : Jurusan Teknik Sipil | Informasi Lengkap dan Prospek Kerja

3. Geoteknik

Sudah mengenathui apa itu geoteknik? Yaitu ilmu yang mempelajari mengeni struktur dan sifat dari tanah, batuan dan fungsinya sebagai penopang bangunan yang berdiri di atasnya. Bagi anak teknik sipil, sangat penting untuk memahami mengenai geoteknik. Karena, nantinya banyak sekali pekerjaan yang berkatian dengan ilmu ini.

Dalam berbagai proyek, kondisi dari tanah yang ada tentu berbeda-beda. Jadi, ilmu tersebut akan bermanfaat nanti saat anda sudah masuk dalam bagian dari proyek investigasi. Menganalisis sifat tanah dan menentukan struktur tanah tersebut apakah sesuai untuk mendirikan bangunan.

4. Hidrologi

Para mahasiswa teknik sipil nantinya akan mempelajari mengenaI Hidrologi. Hidrologi merupakan ilmu yang berkaitan dengan curah hujan, banjir, cuaca debit air dan yang lainnya. Atau, ilmu ini biasa dikenal dengan ilmu yang mempelajari sifat material air, daya dorong air dan yang lainnya.

Untuk penerapan dari ilmu ini yang berkaitan dengan kanal, waduk, irigasi, bendungan, pelabuhan dan yang lainnya. Materi ini sangat penting untuk dipelajari oleh seorang teknik sipil agar paham mengenai implementasi nantinya di lapangan. Namun, materi ini mungkin akan dipelajari pada semester atas, bukan pada awal perkuliahan.

5. Struktur Bangunan

Dalam menjalankan sebuah proyek, tentu tidak bisa dilakukan sembarangan. Melainkan, harus paham mengenai struktur bangunan. Pada perkuliahan di teknik sipil, nantinya juga akan memahami mengenai struktur bangunan. Bagaimana bisa membangun bangunan yang minim terhadap resiko. Pembelajaran ini berkaitan dengan struktur kayu, struktur beton, maupun struktur baja.

Dengan mempelajari beberapa hal tersebut, bangunan yang dihasilkan akan berdiri dengan kokoh. Selain itu, juga meminimalisir kerusakan jika nantinya terjadi bencana seperti gempa, longsor dan lainnya. Nantinya, juga dipelajari mengenai pemodelan struktur bangunan,jembatan, terowongan, jalan dan yang lainnya. Semua hal tersebut harus dipahami secara lengkap agar bangunan pondasi yang dihasilkan berkualitas baik.

6. Desain Kontruksi

Masih banyak yang beranggapan bahwa teknik sipil hanya bekerja di lapangan saja. Tidak banyak diketahui, pada teknik sipil juga mempelajari mengenai desain konstruksi.

Bagaimana konstruksi tersebut dibuat terlebih dahulu, sebelum nantinya di implementasikan. Untuk era sekarang ini, dalam pembuatan desainnya sudah menggunakan software. Jadi, hasilnya juga akan terlihat dengan lebih jelas.

Salah satunya yaitu mempelajari mengenai pengguna Autocad dalam penerapan desain. Menggunakan software tersebut, dengan bantuan komputer dalam menghasilkan desain yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam proyek, pekerjaan ini lebih dikenal dengan sebutan drafter. Menjadi drafter harus memahami desain konstruksi dengan tepat, jadi jangan sampai materi yang satu ini dilewatkan.

Selain penting, pembelajaran ini juga menyenangkan!Bagaimana, sekarang anda sudah tahu ya apa saja yang dipelajari di teknik sipil. Jadi, apakah masih tertarik ingin masuk ke jurusan ini? Jika anda tertarik dengan beberapa hal diatas, maka sangat tepat masuk ke jurusan ini. Tidak perlu bingung mengenai peluang kerja yang tersedia, dijamin sangat luas!

Baca juga : Prospek Kerja Teknik Mesin – Peluang Besar di 10 Pekerjaan Ini

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.