jurusan teknik sipil
Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil | Informasi Lengkap dan Prospek Kerja

Diposting pada 30 views

Pengertian Teknik Sipil Dan Materi Yang Dipelajari

Jurusan Teknik sipil merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari mengenai desain, perancangan, membangun, merenovasi yang berkaitan dengan konstruksi bangunan. Teknik sipil memiliki peranan yang begitu besar dalam industri pembangunan. Hampir di banyak kampus saat ini menyediakan program studi dengan jurusan teknik sipil.

Bidang ilmu yang satu ini memang memiliki artian yang sangat luas. Selain itu, banyak sekali materi yang nantinya akan dipelajari. Utamanya, berkaitan secara langsung dengan perhitungan untuk kebutuhan konstruksi proyek yang berjalan. Untuk lebih jelasnya, pada artikel ini akan membahas mengenai pengertian teknik sipil dan materi yang akan dipelajari.

pengertian jurusan teknik sipil
pengertian jurusan teknik sipil

Pengertian Teknik Sipil Secara Umum

Secara umum, pengertian teknik sipil adalah cabang ilmu yang mempelajari mengenai merancang, membangun, renovasi bukan hanya pada infrastruktur dan gedung namun juga dalam lingkungan untuk kebaikan hidup manusia. Dari pengertian tersebut, memberikan informasi bahwa cabang ilmu ini sangatlah luas.

Bukan berarti kaitannya pada hal infrastruktur an renovasi saja. Melainkan, juga yang berkaitan secara langsung pada lingkungan. Karena, peran dari lingkungan juga begitu penting untuk kenyamanan dalam menjalani kehidupan. Jadi, teknik sipil bisa dianggap memiliki peranan dengan cangkupan yang luas tidak terpaku pada satu peran saja.

Pengertian Teknik Sipil Secara Khusus

Secara Khusus, teknik sipil adalah ilmu yang mempelajari mengenai desain, perhitungan, dan implementasi pada bidang yang berkaitan dengan konstruksi, infrastruktur serta yang berkaitan secara langsung. Dengan kata lain, teknik sipil masih memiliki peranan dalam beberapa bidang yang saling berkaitan.

Sebagai contoh, teknik sipil bisa berperan sebagai Quality Control produk untuk alat dan bahan yang akan digunakan. Terpenting, dalam konteksnya masih sama untuk pekerjaan yang dilakukan. Masih memiliki keterkaitan dalam bidang proyek berkaitan dengan konstruksi yang dikerjakan.

Materi Yang Akan Dipelajari

Pastinya, banyak dari anda yang sangat tertarik untuk mengetahui materi apa saja yang nantinya akan dipelajari pada teknik sipil. Berikut ini beberapa materinya:

1. Ilmu Lingkungan

Nantinya, pada teknik sipil akan mempelajari mengenai ilmu lingkungan. Apa itu ilmu lingkungan? Yaitu ilmu yang berkaitan dengan konstruksi pada lingkungan sekitar. Pada proyek konstruksi yang berlangsung, tentunya akan berada dalam kondisi lingkungan yang berbeda-beda. 

inilah yang nantinya akan dipelajari pada ilmu lingkungan. Apakah kondisi lingkungan tersebut cocok untuk digunakan sebagai konstruksi. Jika tidak layak, maka bisa diberikan solusi dari permasalahan tersebut. Dengan begitu, pada saat mengerjakan proyek berjalan nantinya bisa minim resiko terhadap pengerjaanya. Jadi, ilmu yang satu ini sudah pasti sangat penting!

2. Merancang Konstruksi

Di Jurusan teknik sipil, juga mempelajari mengenai bagaimana merancang konstruksi dengan baik. Semua yang masuk pada jurusan teknik sipil harus siap untuk merancang konstruksi. Di era sekarang ini, untuk membuat desain bisa dilakukan dengan menggunakan software. Seperti penggunaan Autocad dalam membuat desain yang lebih nyata.

Tetapi, sebelum mempelajari desain menggunakan software juga harus paham mengenai desain menggunakan cara yang manual. Karena, penggunaan desain dengan cara yang manual masih tetap dibutuhkan pada beberapa proyek. Khususnya agar proyek yang dikerjakan lebih maksimal.

3. Manajemen Kontruksi

Masuk pada jurusan teknik sipil, maka sudah seharusnya siap untuk mempelajari mengenai manajemen konstruksi. Apa saja yang termasuk dalam manajemen konstruksi? Seperti Rancangan Anggaran biaya, monitoring proyek, penjadwalan proyek, perizinan bangunan maupun yang lainnya. Semua hal tersebut harus dipelajari pada jurusan teknik sipil.

Manajemen konstruksi sangat berpengaruh pada berjalannya proyek. Jika manajemen konstruksi yang dilakukan salah, maka akan buruk juga hasilnya. Jadi, semuanya harus dilakukan secara tepat dan teliti. Salah sedikit saja, bisa berpengaruh pada proyek yang berjalan nantinya.

4. Struktur Bangunan

Teknik sipil, sudah seharusnya mempelajari mengenai struktur bangunan. Dalam pekerjaan yang berkaitan dengan bangunan, maka dibutuhkan struktur yang tepat. Tidak bisa menerapkan struktur bangunan secara asal-asalan. Karena, ini berkaitan dengan kualitas nantinya.

Struktur bangunan juga memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah proyek. Kaitannya dengan struktur kayu, struktur beton serta struktur baja. Mempelajari bagian dari struktur bangunan sangat berarti untuk meminimalisir terjadinya kerusakan nantinya pada bangunan yang telah berdiri. Jadi, materi ini sangat wajib untuk dipelajari.

5. Hidrologi

Hidrologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai sifat material air, daya dorong air dan yang lainnya. Ilmu ini penting digunakan untuk penerapan dalam beberapa proyek pekerjaan. Sepert proyek pekerjaan untuk irigasi, bendungang, pelabuhan, waduk dan yang lainnya.

Penerapan ilmu hidrologi sangat penting untuk membantu pekerjaan proyek tersebut. Dengan implementasi hidrologi yang tepat, maka proyek yang dihasilkan bisa berkualitas. Serta, proyek tersebut akan lebih minim resiko yang berjalannya.

Jadi, sangat bermanfaat penerapan hidrologi dalam proyeknya.Nah, itulah pengertian teknik sipil secara lengkap. Sekarang, anda sudah paham ya mengenai pengertiannya? Jadi, sudah tidak perlu bingung lagi. Meskipun pendapat diatas berbeda-beda tetapi untuk tujuan ilmunya masih tetap sama.

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat Kuliah Desain Interior

Konsentrasi Jurusan Teknik Sipil

konsentrasi teknik sipil
Ilustrasi Konsentrasi Jurusan Teknik Sipil
  1. Geotechnical : Berkaitan dengan memprediksi kondisi tanah, kekuatan tanah dll.
  2. Hydraulics : Konsentrasi yang berkaitan dengan desain jalur air.
  3. Kontruksi : Konsentrasi pada konstruksi dari sebuah bangunan.
  4. Materials : Terkait dengan bahan/material yang dipakai untuk pembangunan.
  5. Transportation : Berkaitan dengan optimalisasi penggunaan sebuah jalan untuk keperluan proyek yang berjalan.
  6. Structural : Hampir sama dengan konsentrasi konstruksi bangunan. Namun, lebih mengarah pada menghitung kekuatan pada sebuah bangunan
  7. Environmental : Lebih dekat dengan pengolahan air limbah, air minum dan yang lainnya.

Mata Kuliah Teknik Sipil – Apa yang dipelajari?

Teknik sipil merupakan cabang ilmu teknik yang mempelajari mengenai perencanaan, membangun, merenovasi infrastruktur pembangunan. Saat ini, para lulusan teknik sipil sangat dibutuhkan dalam banyak bidang. Terlebih, pembangunan konstruksi sedang berjalan dengan begitu masif. Jadi, para lulusannya sangat dibutuhkan oleh industri.

Bagi para siswa yang baru saja lulus jenjang Sekolah menengah Atas, mungkin tertarik ingin masuk ke jurusan teknik sipil. Tetapi, banyak yang ingin tahu terlebih dahulu nantinya apa saja materi yang akan diberi pelajari. Untuk itu, pada artikel ini kami akan membahas mengenai materi kuliah teknik sipil yang nantinya akan dipelajari.

Pada perkuliahan jurusan teknik sipil nantinya akan mempelajari beberapa mata kuliah. Ini dia mata kuliahnya:

1. Mata Kuliah Teknik Sipil Semester 1

Pada semester pertama jurusan teknik sipil lebih membahas pada pengantar perkuliahan. Karena, tidak dapat dipungkiri jika banyak juga dari siswa yang belum paham mengenai teknik sipil.

Jadi, pada semester pertama nantinya ada materi kuliah pengantar serta sedikit praktikum. Selain itu, juga diberikan pembelajaran mengenai komunikasi yaitu bahasa inggris. Berikut ini mata kuliahnya:

  • MPKT B
  • Bahasa Inggris
  • Fisika Mekanika Dan Panas
  • Kalkulus 1
  • Praktikum Fisika Mekanika Dan Panas
  • Pengantar Sistem rekayasa sipil

2. Mata Kuliah Teknik Sipil Semester 2

Di semester 2, membahas mengenai lanjutan pada semester 1. Seperti mata kuliah kalkulus, praktikum dan tambahan beberapa materi kuliah baru.

Perlu dipahami, bahwa di teknik sipil perhitungan merupakan salah satu hal yang penting. Karena itu, tidak heran jika selalu ada mata kuliah yang berkaitan dengan perhitungan. Berikut ini mata kuliah di semester 2:

  • Agama
  • Kalkulus 2
  • Olahraga / Seni
  • MPKT A
  • Aljabar Linier
  • Fisika Listrik, MGO
  • Praktikum Fisika Listrik, MGO

3. Mata Kuliah Teknik Sipil Semester 3

Semester 3 sudah mulai mendalam mengenai jurusan teknik sipil. Kaitannya,dengan materi yang berkaitan pada konstruksi bangunan. Seperti ilmu ukur tanah, statistika, gambar konstruksi , kimia dasar dan lainnya.

Karena, pada semester ini sudah menjadi jembatan untuk masuk pada jurusan teknik sipil lebih dalam lagi. Berikut ini mata kuliahnya:

  • Statika
  • Mekanika Fluida
  • Ilmu Ukur Tanah
  • Gambar Konstruksi
  • Properti Material
  • Kimia Dasar
  • Kalkulus Lanjut

4. Mata Kuliah Teknik Sipil Semester 4

Di semester 4, mahasiswa sudah mulai memahami mengenai teknik sipil secara mendalam. Dimulai dari konstruksi, perancangan dan gambar sudah harus dipahami.

Karena, pada semester ini akan berkaitan pada perhitungan yang lebih dalam lagi. Jadi, jika pada semester 3 belum memahami nantinya akan sulit untuk menerapkan pada semester ini. Berikut ini mata kuliahnya:

  • Metode Numerik
  • Mekanika Solid
  • Hidrolika
  • Mekanika Tanah Dasar
  • Kimia Lanjut
  • Statistik dan Probabilistik

5. Mata Kuliah Teknik Sipil Semester 5

Teknik sipil membahas ilmu mengenai konstruksi bangunan yang lebih luas. Di semester 5, materi yang akan lebih dibahas yaitu mengenai perancangan dalam pembuatan konstruksi. Serta, mahasiswa diharuskan untuk mempelajari mengenai analisa struktur.

Fungsinya, agar nanti bisa diterapkan dalam pekerjaan yang berkaitan dengan konstruksi. Berikut ini mata kuliah ang akan dipelajari pada semester 5:

  • Struktur Beton 1
  • Mekanika Tanah
  • Analisa Struktur
  • Teknik Transportasi
  • Perancangan Geometrik Jalan
  • Perancangan Infrastruktur Keairan 1

6. Mata Kuliah Teknik Sipil Semester 6

Di semester 6, mahasiswa juga harus memahami dengan benar mengenai perencanaan dari konstruksi. Beberapa mata kuliah mungkin baru anda dengar. Tetapi, tidak perlu khawatir karena nantinya akan dipelajari secara perlahan dan lengkap. 

Salah satu yaitu mata kuliah struktur baja yang harus dipahami  oleh semua mahasiswa. Berikut ini mata kuliah yang akan dipelajari oleh jurusan teknik sipil pada semester 6:

  • Ekonomi Teknik
  • Rekayasa Pondasi
  • Struktur Baja 1
  • Perancangan Struktur Perkerasan
  • Perancangan infrastruktur Keairan 2
  • Metode Dan Peralatan Konstruksi
  • Manajemen Konstruksi

7. Mata Kuliah Teknik Sipil Semester 7

Di semester 7, nantinya mahasiswa sudah akan berfokus pada penyelesaian perkuliahan. Yaitu dengan mengadakan seminar sebagai syarat dari kelulusan. Serta, terdapat beberapa mata kuliah pilihan yang bisa dipilih sesuai dengan minat masing-masing.

Bukan hanya tu saja, pada semester 7 mahasiswa juga akan melakukan kerja praktek atau biasa dikenal dengan PKl. Jadi, semester ini yang akan menentukan selama ini bagaimana anda mendalami materi perkuliahan mengenai teknik sipil apakah bisa diterapkan. Berikut ini mata kuliahnya:

  • Seminar
  • Mata kuliah Pilihan
  • Kerja Praktek
  • Proyek

8. Mata Kuliah Teknik Sipil Semester 8

Di semester 8 atau terakhir, mahasiswa akan berfokus pada pembuatan skripsi yang berkaitan dengan teknik sipil. Namun, tetap ada mata kuliah tambahan yang diberikan kepada mahasiswa.

Seperti mata kuliah kewirausahaan, etika dan aspek hukum kontrak konstruksi dan mata kuliah pilihan. Mata kuliah pilihan bisa dipilih sesuai dengan minat masing-masing. Berikut ini mata kuliahnya:

  • Skripsi
  • Kewirausahaan
  • Etika dan Aspek Hukum Kontrak Konstruksi
  • Mata Kuliah Pikiran

Itu dia mata kuliah teknik sipil yang nantinya akan dipelajari. Jadi, apakah anda tertarik untuk mempelajari mata kuliah tersebut? Jika tertarik, maka sangat cocok untuk masuk ke jurusan ini. Setiap institusi bisa saja memiliki mata perkuliahan yang berbeda dari diatas, sesuai dengan kebijakan masing-masing. Semoga bermanfaat!

Prospek Kerja Teknik Sipil

Prospek Kerja Teknik Sipil
Prospek Kerja Teknik Sipil

Di era sekarang ini, jurusan teknik sipil semakin dibutuhkan oleh banyak industri. Karena, pembangunan yang berjalan saat ini tergolong sangat pesat. Untuk para lulusan teknik sipil, tidak perlu khawatir mengenai prospek kerjanya. Karena, begitu banyak lapangan kerja yang terbuka untuk lulusan jurusan ini.

Baik untuk para fresh graduate maupun lulusan yang telah memiliki banyak pengalaman akan selalu ada peluang kerjanya. Bahkan, berkaitan dengan gaji yang diberikan untuk lulusan jurusan teknik sipil juga tergolong tinggi. Untuk lebih jelasnya, kami akan memberikan referensi mengenai prospek kerja teknik sipil secara lengkap.

Berikut ini, kami berikan informasi mengenai prospek kerja yang nantinya bisa dimasuki oleh jurusan teknik sipil. Berikut beberapa prospek kerjanya:

1. Drafter

Sudahkah anda mengenal posisi pekerjaan yang satu ini? Bagi para lulusan jurusan teknik sipil bisa bekerja sebagai drafter jadi, drafter merupakan profesi yang bertugas untuk membuat gambar kerja berdasarkan sketsa kasar yang telah dibuat oleh seorang arsitek dalam pengerjaan sebuah proyek.

Menjadi seorang drafter tentu tidaklah mudah, dibutuhkan keterampilan yang tinggi. Khususnya, keterampilan dalam melakukan perencanan gambar, analisa dan perhitungan yang tepat. Karena, hasil dari drafter ini nantinya akan diimplementasikan pada proyek yang sedang berjalan.

2. Insinyur Sipil

Prospek kerja lulusan teknik sipil dapat bekerja menjadi insinyur sipil. Tanggung jawab yang dipegang oleh teknik sipil yaitu dalam hal desain, manajemen dalam proyek konstruksi yang sedang dijalankan. Sebagai contoh, untuk proyek seperti rel kereta api, jalan, bandara, jembatan, pelabuhan dan yang lainnya.

Tugas dari insinyur sipil yaitu menentukan keputusan-keputusan dalam proyek tersebut. Serta, melakukan analisa terhadap kemungkinan masalah dan resiko yang nantinya akan dihadapi. Tidak heran, pekerjaan ini dibutuhkan orang yang benar-benar paham mengenai proyek konstruksi. Gaji yang ditawarkan oleh pekerjaan ini juga tidak sedikit!

3. Konsultan Konstruksi

Sebagai lulusan teknik sipil, tentu memiliki ilmu yang lebih mendalam mengenai bidang konstruksi pembangunan. Para lulusan juga bisa bekerja menjadi konsultan konstruksi. Apa tugasnya? Yaitu memberikan saran terhadap ide desain, teknik pembangunan yang berkaitan dengan konstruksi.

Semua proyek yang berjalan saat ini tentu tidak langsung begitu saja. Melainkan, dibutuhkan konsultan yang mampu memberikan saran terhadap perencanaanya. Kemudian, memastikan bahwa perencanaan tersebut minim terhadap resiko. Saat ini, banyak sekali perusahaan yang membutuhkan orang agar bisa masuk di bagian konsultan konstruksi untuk menangani beberapa proyek besar.

4. Pengawas Proyek

Dalam sebuah proyek yang berjalan, selalu ada orang yang bertugas menjadi pengawas. Tugas pengawas tidak bisa dianggap enteng, justru memiliki peranan yang besar. Pengawas bertugas untuk mengawasi jalannya proyek tersebut. Memastikan semua alat dan bahan yang dibutuhkan sesuai pada perencanaan.

Selain itu, juga memastikan para pekerja bekerja sesuai dengan pekerjaanya masing-masing. Pengawas juga membantu untuk melakukan pengecekan konstruksi yang berjalan apakah terdapat kekurangan atau tidak. Para lulusan bisa menjadi pengawas proyek sesuai dengan perusahaan masing-masing.

5. Analis Quality Control

Teknik sipil memiliki konsentrasi dalam menentukan kualitas bahan baku untuk penggunaan konstruksi. Pada pengerjaan proyek, dibutuhkan orang yang mampu untuk melakukan QC terhadap bahan dan alat yang digunakan. Inilah, salah satu pekerjaan yang bisa dimasuki oleh lulusan teknik sipil.

Melakukan analisa terhadap alat dan bahan yang digunakan. Serta, menentukan standar dari kualitas produk konstruksi yang nantinya dihasilkan. Dengan begitu hasil dari konstruksi akan berjalan dengan baik dan tidak mengecewakan. Pada setiap proyek, pasti selalu membutuhkan analis QC agar pengerjaan berjalan dengan baik.

6. Perencana Struktur

Berbagai macam prospek kerja untuk lulusan jurusan teknik sipil tersedia. Salah satunya bisa bekerja menjadi perencana struktur. Pekerjaan ini bertugas untuk menyusun perencanaan struktur bangunan yang nantinya akan dikerjakan. Jelas, tidak mudah untuk bekerja dalam perencanaan struktur.

Diharuskan memiliki pemahaman yang tinggi mengenai struktur dalam konstruksi. Karena, tanggung jawab yang dimiliki juga terbilang begitu besar. Jika perencanaan strukturnya tepat, maka proses pekerjaan nantinya akan berjalan dengan baik. Untuk itu, jangan heran jika gaji yang diberikan untuk pekerjaan perencana struktur begitu besar. Khususnya, untuk proyek yang besar juga.

7. Pegawai Pemerintahan Dan BUMN

Untuk anda yang ingin berkarir dalam bidang pemerintahan, tentu tidak perlu khawatir. Karena, sangat memungkinkan untuk masuk ke dalam pekerjaan yang berkaitan dengan pemerintahan. Seperti Pegawai Negeri Sipil yang setiap tahunnya selalu membuka formasi untuk para lulusan teknik sipil.

Disisi lain, lulusan jurusan ini juga bisa masuk ke BUMN. Banyak sekali Badan Usaha Milik Negara yang membuka luas peluang bagi para lulusan teknik sipil. Penempatannya bisa sebagai pengawas, analis, dan yang lainya khususnya dalam bidang konstruksi. Dengan begitu, tidak perlu ragu jika ingin berkarir di pemerintahan meskipun lulusan teknik sipil.

Begitu banyak prospek kerja teknik sipil yang bisa dimasuki oleh para lulusan jurusan ini. Dengan begitu, tidak perlu ragu lagi untuk masuk ke jurusan teknik sipil. Terpenting, memiliki keterampilan dan siap untuk bekerja keras.

Daftar Kampus Yang Terdapat Jurusan Teknik Sipil

Apakah anda memiliki minat untuk masuk pada jurusan teknik sipil? Jika tertarik ingin masuk pada jurusan ini tentu harus memilih universitas yang berkualitas. Karena, dengan kampus yang berkualitas maka materi yang diberikan sudah pasti begitu baik. Sekarang, sudah banyak sekali kampus yang menyediakan jurusan teknik sipil.

Namun, apakah semua kampus tersebut menyediakan jurusan teknik sipil terbaik? Tentunya tidak. Banyak sekali faktor yang menentukan apakah jurusan teknik sipil di kampus tersebut berkualitas.

Mulai dari nilai akreditasinya, pembelajaran, sampai dengan bukti nyata lulusannya. Jika anda mencari pilihan universitas dengan jurusan teknik sipil terbaik maka jangan bingung. Artikel ini akan membahasnya secara lengkap mengenai rekomendasi universitasnya.

Terdapat beberapa pilihan universitas yang menyediakan jurusan teknik sipil dengan kualitas yang baik. Berikut ini pilihan universitas dengan jurusan teknik sipil terbaik di Indonesia:

1. Universitas Bina Nusantara

Sudahkah anda mengenal universitas yang satu ini? Pasti sudah banyak yang mengenalnya. Universitas Bina Nusantara dikenal dengan sebutan Binus. Kampus yang satu ini memiliki banyak program studi, termasuk jurusan teknik sipil. Meskipun berstatus sebagai kampus swasta tetapi untuk kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Akreditasi untuk jurusan teknik sipil binus mendapatkan nilai A dari BAN-PT.

Ditambah, dengan pelayanan berupa fasilitas dan layanan lainnya diberikan secara lengkap. Semuanya diberikan untuk menunjang kebutuhan dari mahasiswa jurusan teknik sipil. Termasuk dengan adanya dosen yang berpengalaman dan berkualitas semakin memberikan kualitas yang baik.  Binus sudah menerapkan standar yang tinggi untuk para lulusannya. Sangat wajar, jika para lulusan bisa bekerja di dalam maupun luar negeri!

2. Universitas Katolik Parahyangan

Jika anda mencari kampus dengan kualitas jurusan teknik sipil yang terbaik, maka UNPAR bisa menjadi pilihannya. Meskipun berstatus sebagai kampus swasta, namun kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Pada jurusan teknik sipil UNPAR sudah mendapat akreditas A dari BAN-PT. Hal ini membuktikan bahwa kampus ini memiliki kualitas yang baik untuk jurusan teknik sipilnya.

Institusi menyediakan pelayanan dan layanan yang baik untuk para mahasiswanya. Termasuk untuk mahasiswa di jurusan teknik sipil diberikan layanan yang sesuai. Seperti adanya ruang laboratorium,perpustakaan, akses e-learning,ruang praktikum dan yang lainnya. Ditunjang juga dengan dosen yang berkualitas menjadikan para lulusannya memiliki nilai tinggi.

3. Universitas Gadjah Mada

ugm
Source : ugm.ac.id

UGM merupakan kampus terbaik yang ada di Indonesia. Begitu banyak program studi yang tersedia di kampus ini dan biss dipilih oleh para calon mahasiswa. Jurusan teknik sipil di UGM menjadi yang cukup favorit. Setiap tahunya,selalu ada peningkatan terhadap ketertarikan pada jurusan ini. Perlu diketahui, untuk akreditasi teknik sipil di UGM yaitu A yang berarti begitu baik. UGM menjadi salah satu universitas jurusan teknik sipil terbaik saat ini.

UGM selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada semua mahasiswanya. Termasuk pada mahasiswa di jurusan teknik sipil. Semuanya diberikan pelayanan yang terbaik untuk menunjang pembelajaran mengenai teknik sipil. Seperti ruang laboratorium, perpustakaan dan ruang praktek. Selain itu, penelitian yang ada di kampus ini juga berjalan dengan sangat baik. Mahasiswa dan dosen saling berkolaborasi untuk melakukan penelitian dalam bidang teknik sipil.

Baca juga : Biaya Kuliah di UGM 2020/2021 Lengkap Semua Prodi

4. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia, siapa yang tidak mengenal kampus ini? UI dikenal sebagai kampus kuning karena memiliki almamater berwarna kuning. Program studi di kampus ini tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Jurusan teknik sipil UI menjadi favorit bagi para siswa yang ingin masuk ke perguruan tinggi.

Teknik sipil UI sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Untuk fasilitas dan layanan yang tersedia di kampus ini sudah sangat lengkap. Termasuk dengan adanya pengajar yang berpengalaman untuk proses pembelajaran. Jika anda tertarik ingin masuk ke kampus ini, maka sudah pasti harus bersiap bersaing dengan yang lainnya!

5. Universitas Tarumanegara

Universitas Tarumanegara atau biasa dikenal dengan sebutan UNTAR memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Kampus ini menyediakan berbagai macam program studi yang bisa dipilih. Jurusan teknik sipil di UNTAR sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Yang berarti untuk kualitasnya termasuk sangat baik.

Proses pengajaran yang dilakukan menggunakan metode yang terbaik. Selain itu, didukung dengan laboratorium yang sangat lengkap sangat menunjang pembelajaran dari para mahasiswa. Ditambah, ketertarikan mahasiswa dalam penelitian yang kaitannya dengan teknik sipil di kampus ini juga tergolong tinggi. Terbukti, para lulusannya sudah banyak yang berkarier di luar negeri dalam bidang teknik sipil.  

6. Universitas Islam Indonesia

Kampus bertajuk islam di daerah Yogyakarta ini memiliki jurusan teknik sipil yang sangat berkualitas. UII sudah begitu dikenal sebagai kampus yang berkualitas. Begitu banyak tersedia jurusan untuk bisa dipilih. Jurusan teknik sipil menjadi yang cukup diminati oleh para calon mahasiswa.

Untuk akreditasi dari jurusan teknik sipil di UII mendapatkan nilai A dari BAN-PT. Kualitasnya memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Karena, sudah sangat baik dengan ditunjang berbagai macam fasilitas dan layanan yang tersedia. Ditambah, dosen pengajar yang diberikan untuk para mahasiswa juga sangatlah berkualitas.

Universitas dengan jurusan teknik sipil terbaik diatas sangat bisa untuk dimasukan dalam daftar pilihan anda. Karena, kualitas yang ditawarkan sudah tidak perlu diragukan lagi. Dijamin, pembelajaran yang dilakukan berkualitas dan terbukti menghasilkan lulusan yang berkompeten. Selain daftar di atas, berikut adalah daftar universitas yang terdapat jurusan teknik sipilnya :

  • BINUS University (Swasta)
  • Institut Teknologi Nasional (Swasta)
  • Universitas Brawijaya / Negeri
  • Universitas Indonesia / Negeri
  • Institut Pertanian Bogor / Negeri
  • Universitas Gadjah Mada / Negeri
  • Institut Teknologi Bandung / Negeri
  • Universitas Tarumanagara / Swasta
  • Universitas Hasanuddin / Negeri
  • Universitas Diponegoro / Negeri
  • Universitas Gunadarma / Swasta
  • Universitas Trisakti / Swasta
  • Universitas Sumatera Utara / Negeri
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember / Negeri
  • Universitas Negeri Malang / Negeri
  • Universitas Sebelas Maret / Negeri
  • Universitas Negeri Semarang / Negeri
  • Universitas Sriwijaya / Negeri
  • Universitas Katolik Parahyangan / Swasta
  • Universitas Lambung Mangkurat / Negeri
  • Universitas Udayana / Negeri
  • Universitas Jenderal Soedirman / Negeri
  • Universitas Negeri Yogyakarta / Negeri

Semoga dengan ulasan lengkap tentang Jurusan Teknik Sipil di atas bermanfaat, terimakasih.

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.