alasan memilih jurusan teknik sipil

6 Alasan Memilih Jurusan Teknik Sipil

Diposting pada 821 views

6 Alasan Memilih Jurusan Teknik Sipil dan Peluang Kerjanya – Jurusan teknik sipil, mempelajari mengenai desain, perancangan yang berkaitan langsung dengan konstruksi pembangunan. Saat Ini, jurusan teknik sipil menjadi yang cukup banyak diminati oleh banyak kalangan. Banyak yang menganggap jurusan teknik sipil memiliki bidang keilmuan yang begitu luas. Sehingga, tertarik ingin mempelajarinya lebih dalam.

Pada jurusan teknik sipil, nantinya akan mempelajari yang berkaitan dengan konstruksi bangunan. Jurusan ini tidak menakutkan seperti yang banyak orang kira. Sebaliknya, justru menawarkan ilmu yang sangat luas untuk dipelajari agar bisa paham mengenai konstruksi bangunan. Sebenarnya, apa saja alasan memilih jurusan teknik sipil? Ketahui lebih jelasnya dibawah ini.

Beberapa Alasan Memilih Jurusan Teknik Sipil

Masih banyak dari anda yang ingin mengetahui apa saja alasan mengapa harus memilih jurusan ini. Berikut beberapa alasannya:

1. Ilmu Yang Sangat Bermanfaat

Salah satu alasan mengapa banyak yang tertarik masuk ke jurusan teknik sipil yaitu karena ilmu yang didapatkan sangat bermanfaat. Tentunya, mempelajari ilmu tek sipil tidaklah mudah. Melainkan harus dipelajari dengan sungguh-sungguh dan benar. Untuk itu, dengan masuk ke jurusan teknik sipil bisa mendapatkan semua hal tersebut.

Ilmu yang dipelajari dengan tepat dan implementasi yang sesuai akan sangat bermanfaat. Terlebih, yang berkaitan dengan konstruksi di era sekarang sangatlah dibutuhkan. Tidak semua orang bisa memahami mengenai ilmu teknik sipil secara cepat. Jadi, keputusan yang tepat jika anda tertarik ingin masuk ke jurusan teknik sipil. 

2. Peluang Kerja Begitu Luas

Siapa bilang jurusan teknik sipil tidak memiliki peluang kerja yang luas? Justru sebaliknya. Peluang kerja yang tersedia untuk lulusan teknik sipil begitu luas. Terlebih, di era sekarang ini kebutuhan terhadap industri teknik sipil sangatlah dibutuhkan. Proyek pembangunan konstruksi berjalan dengan sangat cepat.

Orang yang paham mengenai teknik konstruksi sangat dibutuhkan untuk membantu pekerjaan proyek tersebut. Nantinya, lulusan jurusan ini bisa bekerja menjadi kontraktor, pengawas, sampai dengan Quality control alat dan bahan proyek. Dengan begitu, tidak perlu khawatir mengenai pekerjaan yang nantinya tersedia.

Baca juga : 6 Universitas Swasta dengan Jurusan Teknik Sipil Terbaik

3. Menarik Untuk Dipelajari

Materi perkuliahan yang diajarkan tentu tidaklah mudah. Jika anda tertarik dengan jurusan ini, sudah pasti materinya akan dianggap menarik. Nantinya, mahasiswa akan mempelajari mengenai desain, perancangan, sampai dengan implementasi. Pada desainnya, mahasiswa diharuskan untuk menggambar.

Untuk menggambarnya terlebih dahulu menggunakan cara manual yaitu kertas gambar dan pensil gambar. Kemudian, jika sudah nantinya akan mempelajari mengenai proses menggambar dengan menggunakan software seperti autocad dan lainnya. Barulah, desain tersebut kemudian diimplementasikan pada pekerjaan. Itu hanya sebagian kecil dari materi menarik lainnya. Sangat menarik bukan?

4. Lulusan Yang Berkompeten

Terbukti! Para lulusan jurusan teknik sipil merupakan orang-orang yang berkompeten. Sehari-hari, banyak sekali tugas yang dibebankan kepada mahasiswa teknik sipil. Termasuk dengan tugas yang harus selesai dalam kurun waktu 1 hari. Di jurusan teknik sipil, nantinya akan lebih mempelajari bagaimana bisa manajemen waktu dengan  baik. Jadi, tugas yang ada semuanya bisa diselesaikan sesuai pada waktunya.

Inilah yang menjadikan mahasiswa teknik sipil bisa menciptakan lulusan yang berkompeten. Tidak perlu diragukan lagi mengenai kualitas dari lulusannya. Sudah pasti orang yang rajin, bisa memanage waktu dan siap untuk bekerja keras dalam segala kondisi. Termasuk nantinya yang berkaitan dengan konstruksi  bangunan.

Baca juga : 6 Hal Pokok Yang Dipelajari Di Teknik Sipil

5. Memiliki Banyak Relasi

Ingin memiliki banyak relasi saat berkuliah? Jurusan ini sangat cocok untuk dipilih. Jurusan teknik sipil sudah terbiasa untuk bertemu dan berkomunikasi dengan banyak kalangan. Bukan hanya untuk kalangan teman saja, melainkan juga para pekerja nantinya di luaran sana. Karena, beberapa tugas juga menekankan untuk mengetahui informasinya dari orang pekerja langsung.

Selain itu, di jurusan teknik sipil juga lebih sering mengadakan praktek. Termasuk nantinya juga akan diadakan praktek kerja lapangan yang mengharuskan untuk bertempat ke perusahaan tertentu.Kemudian, menjalin relasi dengan orang-orang yang ada di perusahaan tersebut. Dengan begitu, relasi yang didapatkan akan menjadi lebih banyak.

Baca juga : Daftar Konsentrasi Teknik Sipil Yang Bisa Kamu Pilih

6. Belajar Analisis Dan Problem Secara Cepat

Di jurusan teknik sipil, dituntut untuk bisa mempelajari mengenai analisis dan problem secara cepat. Pembelajaran mengenai hal ini memang nantinya akan dilakukan secara berulang. Tujuannya, agar para mahasiswa bisa melakukan analisis dari proyek yang akan berjalan. Kemudian, memahami mengenai resiko yang kemungkinan terjadi pra proyek yang berjalan.

Pada saatnya nanti proyek berjalan, jika terdapat masalah maka orang teknik sipil bisa mengatasinya dengan segera. Karena, para perkuliahan sudah diberikan cara yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan berdasarkan case yang terjadi.

Baca juga : Jurusan Teknik Sipil | Informasi Lengkap dan Prospek Kerja

Tidak ada alasan, bagi orang teknik sipil untuk bingung mengenai masalah yang terjadi pada konstruksi bangunan. Semua masalah yang terdapat pada konstruksi bangunan selalu ada solusinya!Begitulah beberapa alasan memilih jurusan teknik sipil. Masuk ke jurusan teknik sipil tentu memiliki keunggulan tersendiri. Jadi, jika memang anda tertarik ingin masuk ke jurusan ini tidak perlu ragu lagi. Semoga bermanfaat!

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.