peluang kerja teknik sipil bagi wanita

Bagaimana Peluang Kerja Teknik Sipil bagi Wanita?

Diposting pada 235 views

Peluang Kerja Teknik Sipil bagi Wanita – Wanita sering dianggap remeh saat masuk ke jurusan teknik sipil. Padahal, kualitas lulusannya tetaplah sama seperti laki-laki. Pembelajaran yang dilakukan sama, begitu juga dengan praktek yang dilakukan. Jadi, untuk para wanita tidak perlu takut jika memang tertarik ingin masuk ke jurusan teknik sipil.

Jangan beranggapan bahwa wanita yang berkarir dalam industri sipil sangat rumit. Namun, anggapan tersebut tentu tidaklah benar. Faktanya, begitu banyak peluang kerja teknik sipil wanita yang bisa dimasuki. Ingin tahu apa saja peluang kerjanya? Simak bersama pada artikel ni.

Peluang Kerja Teknik Sipil bagi Wanita

Dibawah ini, akan kami berikan beberapa peluang kerja untuk lulusan teknik sipil wanita. Ini dia peluang kerjanya:

1. Quality Control Alat Dan Bahan Proyek

Bekerja menjadi seorang QC Alat dan bahan proyek bisa dilakukan oleh anak teknik sipil. Pekerjaan ini sebenarnya tidak terlalu sulit, mengingat anak teknik sudah pasti memahaminya. Karena, dalam perkuliahan juga selalu diberikan informasi mengenai bagaimana menentukan alat dan bahan yang akan digunakan dalam proyek tersebut.

Pekerjaan QC menuntut untuk bisa memahami standar kebutuhan dalam proyek. Melakukan pengecekan secara berkala mengenai alat dan bahan yang digunakan.

Kemudian, pada saat proses proyek berjalan juga diharuskan untuk melakukan pengecekan apakah sudah sesuai dengan perencanaan. Termasuk dengan kualitas yang didapatkan pada hasil proyek tersebut.

2. BUMN

Untuk para lulusan teknik sipil, terbuka kesempatan untuk bisa bekerja di Badan Usaha Milik Negara. Setiap tahunnya, BUMN membuka banyak sekali lowongan kerja sesuai dengan bidang masing-masing. Termasuk untuk para lulusan teknik sipil yang masih sangat bisa untuk masuk ke BUMN.

Untuk bisa masuk di BUMN tidaklah sulit, terpenting harus memenuhi syarat dan kriteria yang diperlukan. Untuk lulusan jurusan teknik sipil, bisa bekerja di sektor Konstruksi. Seperti menjadi pengawas proyek atau yang lainnya. Dengan begitu, tidak perlu bingung mengenai pekerjaan yang nantinya akan dilakukan.

Baca juga : Jurusan Teknik Sipil | Informasi Lengkap dan Prospek Kerja

3. Pegawai Negeri Sipil

Jangan khawatir bagi para lulusan jurusan teknik sipil, karena masih bisa ikut serta mendaftar menjadi pegawai negeri sipil. Pastinya, banyak dari kalian yang ingin menjadi PNS kan? Nah, untuk jurusan teknik sipil apakah ada? Tentu ada, karena formasi yang tersedia juga sangatlah banyak. Setiap tahunnya, selalu ada pembukaan formasi yang berkaitan dengan jurusan teknik sipil.

Untuk itu, jika tertarik ingin masuk ke PNS maka sangat bisa. Jangan ragu untuk mencoba mendaftar menjadi PNS. Kesempatan yang diberikan untuk lulusan jurusan teknik sipil masih sama seperti yang lainnya. Terpenting, tetap perhatikan syarat dan ketentuan serta mencari informasi dengan sebaik mungkin.

4. Drafter

Lulusan teknik sipil diharuskan untuk memahami mengenai gambar proyek. Bagi para wanita lulusan teknik sipil sangat bisa untuk menjadi drafter. Profesi ini bertugas untuk membantu pekerjaan kaitannya dengan gambar. Seperti membuat gambar kerja yang sesuai arahan dari engineer proyek serta jadwal yang ditetapkan.

Selain itu, memberikan kesesuaian gambar dari konsultan, dan bisa menerapkannya dalam pembuatan shop drawing. Pekerjaan ini bisa dilakukan oleh para wanita lulusan teknik sipil. Terpenting, memahami pekerjaan yang akan dilakukan. Menjadi drafter jelas memiliki tanggung jawab yang besar terhadap proyek yang berjalan.

Baca juga : 6 Hal Pokok Yang Dipelajari Di Teknik Sipil

5. Project Supervisor Interior

Salah satu pekerjaan yang cocok untuk wanita lulusan teknik sipil yaitu Project Supervisor Interior. Pekerjaan ini memiliki tugas untuk membaca gambar kerja, membuat time schedule proyek, serta Rancangan Anggaran Biaya. Selain itu, tugasnya juga ikut serta mengawasi pekerjaan mandor maupun sub con.

PSI juga ditugaskan untuk selalu membuat laporan terhadap pekerjaan yang dilakukan. Tanggung jawab proyek yang berjalan ada pada Project Supervisor Interior. Jadi, jika nantinya terdapat kendala maka dapat dilakukan penyelesaian dengan segera. Jangan sampai, kendala tersebut menyebabkan proyek mangkrak.

6. Perencana Struktur

Dalam membuat sebuah bangunan konstruksi, maka dibutuhkan perancangan perencanaan yang tepat. Struktur bangunan tidak bisa dibuat secara sembarangan, semuanya harus dilakukan perencanaan dengan matang. Tugas dari perencana struktur yaitu membuat struktur yang sesuai pada kebutuhan proyek. Nantinya, perencanaan tersebut akan digunakan sebagai dasar dalam pengerjaanya.

Tidak mudah bekerja sebagai perencana struktur, karena tanggung jawab yang diberikan sangatlah besar. Untuk itu, seorang perencana struktur diharuskan yang memahami mengenai konstruksi bangunan secara tepat.

Kemudian, bisa melakukan perhitungan pada kebutuhan proyek tersebut. Semuanya harus dipastikan aman dan bisa berjalan dengan baik, tujuannya agar tidak membahayakan orang yang bekerja.

Baca juga : 6 Universitas Swasta dengan Jurusan Teknik Sipil Terbaik

Bukan hanya itu saja, melainkan juga aman untuk bangunan tersebut kedepannya.Itu dia beberapa peluang kerja teknik sipil wanita. Bagaimana, tertarik ingin bekerja di posisi mana? Semua pekerjaan di atas sangat cocok untuk wanita di bidang sipil.

Sekarang, tidak perlu khawatir mengenai anggapan bahwa para wanita di jurusan sipil susah dalam bekerja. Buktinya, sudah banyak sekali wanita karir jurusan teknik sipil yang bersinar. So, giliran anda selanjutnya!

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.