daftar konsentrasi jurusan teknik sipil

Daftar Konsentrasi Teknik Sipil Yang Bisa Kamu Pilih

Diposting pada 56 views

Daftar Konsentrasi Teknik Sipil – Jurusan teknik sipil memiliki konsentrasi tersendiri dalam bidangnya. Jurusan teknik sipil lebih berfokus pada hal yang berkaitan dengan konstruksi bangunan. Dalam jurusan ini, begitu banyak pilihan konsentrasi yang bisa dipilih. Jadi, sebelum masuk ke jurusan teknik sipil diharapkan memahami terlebih dahulu beberapa konsentrasinya.

Pada jurusan teknik sipil, mempersiapkan mahasiswa untuk bisa menjadi seorang perencana, perancang, manajer dalam segala proyek yang berkaitan. Untuk itu, pemahaman mengenai konsentrasi ini penting agar memilih yang sesuai dengan bidang masing-masing. Lebih lengkapnya, pada artikel ini kami akan membahas konsentrasi teknik sipil yang bisa dipilih.

Daftar Konsentrasi Teknik Sipil

Berikut ini, akan kami sampaikan beberapa konsentrasi yang ada pada jurusan teknik sipil. Ini dia pilihan konsentrasi jurusan teknik sipil :

jurusan teknik sipil
Ilustrasi jurusan teknik sipil

1. Geotechnical

Konsentrasi ini berkaitan dengan mereka yang tertarik untuk bekerja di lapangan. Memahami konsep geotechnical jelas tidaklah mudah. Bahkan, banyak yang menganggap bahwa konsentrasi ini sebagai salah satu yang paling sulit. Mengapa demikian? Karena, geotechnical berkaitan dengan memprediksi kondisi tanah.

Pada prakteknya, akan terdapat perhitungan mengenai kekuatan tanah. Jadi, diharuskan untuk melakukan perhitungan secara benar. Jika perhitungan yang dilakukan salah, maka hasilnya nanti akan fatal. Untuk itu, diharapkan bisa memahami cara untuk menghitung kekuatan tanah dengan benar.

2. Hydraulics

Sudahkah anda paham mengenai konsentrasi yang satu ini? konsentrasi ini berkaitan dengan desain jalur air. Jadi, dalam beberapa keperluan seperti water run-off, open channel flow dan yang lainnya. Melakukan desain untuk pembuatan jalur air jelas tidaklah mudah. Dibutuhkan penggunaan yang tepat dan sesuai pada kebutuhannya.

Jika ada perhitungan yang salah, maka bisa menjadi masalah saat diimplementasikan. Sebagai contoh, hydraulics membahas mengenai besaran parit yang digunakan untuk menahan banjir. Selain itu, juga yang berkaitan dengan perhitungan air. Jika tertarik untuk masuk dalam konsentrasi bidang ini harus memahami mengenai perhitungan dengan tepat.

Baca juga : 6 Hal Pokok Yang Dipelajari Di Teknik Sipil

3. Kontruksi

Bidang teknik sipil, tentu sudah akan memahami mengenai konstruksi. Konsentrasi dari bidang ini memahami mengenai bagaimana konstruksi untuk kebutuhan pembangunan dibuat. Seperti jadwal kontruksi, perjalanan dari setiap bahan dan alatnya dan yang lainnya. Semuanya harus dilakukan dengan tepat.

Perhitungan mengenai  hal ini akan sangat membantu untuk proses pekerjaan yang lebih cepat. Untuk itu, disarankan agar bisa memahami mengenai bidang konstruksi dengan baik. Banyak dari mahasiswa yang sangat tertarik untuk masuk ke konsentrasi ini. Tidak dapat dipungkiri, di pekerjaan nantinya konstruksi memang sangat penting dalam menjalankan proyek pembangunan.

4. Materials

Berkaitan dengan pembangunan, konsentrasi materials juga sangat diperlukan. Materials terbagi dalam dua macam yaitu aspal dan beton. Kedua hal ini sangat membantu untuk menjalankan proyek pembangunan. Biasanya, para lulusan nantinya akan menjadi akademia serta melakukan riset yang berkaitan dengan konstruksi.

Namun, tidak banyak juga dari mereka yang menjadi kontraktor proyek. Kaitannya, materials dengan proyek sangatlah berarti. Jika tidak bisa memberikan kualitas yang baik, maka bisa bermasalah nantinya proyek yang sedang dikerjakan tersebut. Untuk para mahasiswa jurusan teknik sipil, tidak ada salahnya anda untuk masuk ke konsentrasi ini.

5. Transportation

Konsentrasi ini berkaitan dengan bagaimana optimalisasi penggunaan sebuah jalan untuk keperluan proyek yang berjalan. Memahami konsentrasi ini sangat penting bagi proyek agar bisa berjalan dengan baik. Setiap proyek yang berjalan tentu akan membutuhkan bagian konsentrasi ini agar lebih tepat dalam penerapannya.

Bagaimana contohnya? Sebagai contoh, dalam sebuah proyek pembuatan jalan apakah anti jalan tersebut membutuhkan lampu merah untuk mengurangi kecelakaan. Jika dibutuhkan, dimana letak yang tepat untuk menempatkannya. Disinilah,konsentrasi bidang lmui ini bekerja agar bisa sesuai dengan perencanaan.

6. Structural

Konsentrasi ini lebih mengedepankan pada konstruksi bangunan. Namun, lebih mengarah pada menghitung kekuatan pada sebuah bangunan. Sebuah bangunan yang baik tentu ditentukan dari banyak faktor. Salah satunya yaitu dengan kekuatan dari bangunan tersebut berdiri.

Bagaimana cara untuk melakukan perhitungannya? Konsentrasi struktural nantinya akan mempelajari mengenai hal ini. Bagaimana melakukan perhitungan dengan tepat dan cepat. Kemudian, memberikan informasi jika terdapat kekurangan pada kekuatan bangunan tersebut. Jika terdapat kekurangan, kemudian dilakukan penyelesaiannya agar bangunan tetap kuat.

7. Environmental

Konsentrasi environmental lebih berfokus mengenai bagaimana cara terlibat untuk pengolahan air limbah, air minum dan yang lainnya. Namun, di daerah Indonesia masih banyak yang masih belum tersedia konsentrasi ini. Meskipun begitu, konsentrasi ini sudah seharusnya masih tetap dilakukan pengembangan.

Mengingat, begitu pentingnya melakukan pengembangan terhadap konsentrasi environmental. Banyak diluaran sana yang sudah mulai tertarik untuk masuk ke konsentrasi environmental. Nantinya, jika memang sudah tersedia maka bisa masuk ke konsentrasi ini untuk bersama-sama mendapatkan ilmu yang terbaik dalam penerapan teknik sipil.

Baca juga : Jurusan Teknik Sipil | Informasi Lengkap dan Prospek Kerja

Bagaimana, sekarang anda sudah paham kan mengenai konsentrasi teknik sipil. Jadi, sekarang anda bisa memilih konsentrasi apa yang nantinya akan dipilih. Setiap konsentrasi memiliki fokus masing-masing dalam bidangnya. Semoga bermanfaat!

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.